Manfaat Peanut Oil untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut, Apa Saja?

manfaat peanut oil untuk rambut

Peanut oil merupakan minyak sayur yang biasanya berasal dari ekstrak dari biji kacang yang diolah untuk diambil minyaknya. Meski sering digunakan sebagai bahan pangan, manfaat peanut oil untuk rambut rupanya cukup beragam. Tak heran bahan alami ini kerap diformulasikan ke dalam berbagai produk perawatan rambut.

Peanut oil ini sering digunakan dalam masakan dari Amerika, Tiongkok, India, Afrika, Asia Tenggara, dan negara lainnya. Namun karena saat perang terjadi kekurangan minyak, terjadilah lonjakan penggunaan peanut oil di Amerika Serikat selama Perang Dunia Ke-2.

Pada tahun 1925, George Washington Caver, mematenkan tiga inovasinya. Satu diantaranya adalah paten untuk produk pomade yang berbahan dasar kacang tanah.

Karenanya dapat diketahui, bahwa sudah lama peanut oil dan atau kacang tanah ini sendiri memiliki manfaat yang baik untuk rambut.

Jenis Peanut Oil Berdasarkan Proses Pengolahannya

Ada beberapa jenis peanut oil berdasarkan pada proses pengolahannya, yakni sebagai berikut.

Peanut Oil Olahan

Jenis peanut oil olahan ini diproses dengan cara disuling, diputihkan, dan dihilangkan baunya. Dalam proses ini mampu menghilangkan alergen dalam minyak, dan inilah yang membuat peanut oil aman dikonsumsi bagi penderita alergi kacang.

Cold-Pressed Peanut Oil

Peanut oil yang diperas dingin ini diproses dengan cara dihancurkan, dan minyak dalam kacang dipaksa keluar. Jenis peanut oil yang ini mampu mempertahankan lebih banyak rasa dan nutrisi.

Peanut Oil Gourmet

Peanut oil gourmet ini diproses dengan cara dipanggang. Jenis minyak kacang satu ini memiliki aroma yang kuat daripada beberapa jenis lainnya.

Peanut Oil Campuran

Peanut oil campuran, sesuai dengan julukannya, peanut oil jenis ini dalam proses pembuatannya dicampur dengan minyak lain yang memiliki rasa yang mirip.

Kandungan dalam Peanut Oil yang Baik untuk Kecantikan

kandungan peanut oil

Peanut oil sendiri memiliki berbagai macam kandungan yang ada. Seperti asam lemak yang menjadi komponen utamanya adalah asam oleat (46,8% sebagai olein), asam linoleat (33,4% sebagai linolein), dan asam palmitat (10,0% sebagai palmitin).

Minyaknya juga mengandung beberapa asam stearat, asam arakidat, asam behenat, asam lignoserat, dan asam lemak lainnya.

Peanut oil ini sendiri memiliki berbagai manfaat yang tak terlepas dari kandungan nutrisinya. Bahkan peanut oil ini sendiri dianggap sebagai minyak yang lebih sehat dibandingkan dengan jenis minyak lainnya. Peanut oil diyakini rendah kolesterol dan lemak jenuh, namun penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengonfirmasi hal tersebut.

Berkat kandungan antioksidan, vitamin E dan Fatty Acid dalam peanut oil, bahan alami ini mampu membantu merawat kesehatan serta kecantikan rambut.

Manfaat Peanut oil Terhadap Kesehatan Rambut

Selain manfaat pada tubuh bagian dalam, peanut oil ini juga mampu membawa dampak baik pada kesehatan rambut. Peanut oil memiliki kandungan Vitamin E, yang terbukti mampu mempercepat pertumbuhan rambut apabila dikonsumsi.

Namun, terdapat keterbatasan atas informasi mengenai apakah efek yang sama akan dicapai apabila peanut oil tanah ini diaplikasikan pada pemakaian luar.

Karena terdapat anggapan bahwa pemakaian luar peanut oil atau vitamin E ini mampu mengurangi atau bahkan menghilangkan secara total kandungan protein dari rambut. Namun terdapat anggapan lain pula, yakni peanut oil ini mampu merawat rambut apabila digunakan dengan benar.

Mengatasi Jerawat dan Psoriasis

Peanut oil tanah ini terbukti mampu membantu mengobati psoriasis. Hal ini dibuktikan melalui beberapa penelitian yang menyatakan bahwa vitamin E dapat membantu pengobatan pada penderita psoriasis, termasuk permasalahan pada wajah yang berjerawat, kulit tubuh, dan kulit kepala.

Psoriasis ini sendiri merupakan peradangan pada kulit, yang membuat tekstur kulit menjadi bersisik dan menebal, juga membuat kulit mudah terkelupas.

Yang mana juga dirasakan oleh mereka yang sedang mengalami Terkadang penderita psoriasis ini bisa merasakan gatal-gatal pada kulit. Selain itu, peanut oil ini juga mengandung antioksidan.

Vitamin E pada peanut oil juga mampu membantu mencegah ketidakseimbangan antara stres oksidatif dan pertahanan antioksidan pada penderita psoriasis.

Berdasarkan pernyataan tersebut, maka dapat diketahui bahwa peanut oil dapat membantu merawat permasalahan pada penderita psoriasis dan pada rambut yang berketombe.

Mengembalikan Minyak Alami pada Helaian Rambut

Peanut oil mampu digunakan untuk mengembalikan minyak alami pada batang rambut. Karena normalnya kelenjar sebaceous di kulit kepala akan mengeluarkan minyak (sebum) ke dalam folikel rambut. Sehingga akan membantu melapisi batang rambut. Sebum ini berfungsi membuat batang rambut terasa lembut, halus, dan lentur.

Namun, bagi mereka yang memiliki kulit kepala yang kering, akan mengalami masalah yang lebih apabila kulit kepala dan batang rambut dibiarkan kering. Oleh karenanya, penggunaan peanut oil bisa dijadikan alternatif untuk menggantikan minyak alami atau sebum.

Membantu Mengondisikan Rambut Mengembang

Rambut yang mengembang pada dasarnya dikarenakan produksi minyak atau sebum di rambut berkurang, sehingga rambut nampak kering dan mengembang.

Peanut oil mampu membantu melembapkan kulit kepala dan rambut, juga mampu menggantikan minyak alami atau sebum. Oleh karena itu, minyak rambut mampu mengatasi atau mengondisikan rambut mengembang agar lebih mudah untuk diatur.

Melebatkan Rambut dan Mendorong Pertumbuhan Rambut

Seperti yang telah disebutkan, bahwasannya peanut oil mampu digunakan untuk mengembalikan minyak atau sebum. Sebum ini sendiri berfungsi untuk melindungi rambut dari kerusakan.

Oleh karenanya, rambut dapat lebih terfokus untuk menutrisi, meregenerasi, dan menyembuhkan kerusakan yang ada.

Sehingga rambut bisa lebih sehat, tidak mudah rontok, dan juga memiliki pertumbuhan yang sehat pula. Berkurangnya rambut rontok dan pertumbuhan rambut yang sehat, mampu membuat rambut lebih lebat.

Mengatasi Kerusakan Rambut

Peanut oil digadang-gadang mampu membantu melembapkan ujung rambut yang bercabang, juga dapat membantu untuk meregenerasi rambut yang telah rusak.

Karena kandungannya yang mampu melapisi folikel rambut, sehingga rambut yang telah atau sedang dipulihkan mampu terlindungi. Selain itu, peanut oil juga diketahui dapat melindungi rambut dari radiasi sinar matahari.

Membantu Merawat Rambut Keriting

Sifat peanut oil yang mampu meregenerasi dan melembapkan ini dapat membantu melebatkan rambut, membantu merawat rambut yang kering dan keriting, juga mampu membantu rambut agar mudah untuk diatur.

Cocok untuk Merawat Kulit Kepala yang Cenderung Kering

Dari yang telah disebutkan, tentunya dapat diketahui bahwa peanut oil ini mampu membantu melembapkan rambut dan kulit kepala. Oleh karenanya, peanut oil dapat digunakan untuk mereka yang memiliki permasalahan pada kulit kepala dan rambut yang kering. Karena minyak rambut akan melindungi kulit kepala, juga membuat kulit kepala agar lebih lembap.

Selain itu, karena peanut oil dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut, maka cocok pula digunakan pada mereka yang mengalami kerontokan rambut, juga cocok untuk mereka yang ingin menebalkan rambut.

Cara Menggunakan Peanut Oil untuk Perawatan Rambut

cara menggunakan peanut oil untuk rambut

Sesuai rekomendasi, penggunaan peanut oil dapat kamu lakukan sekali atau dua kali tiap minggu. Karena penggunaan peanut oil yang berlebihan mampu membuat minyak alami yang penting, hilang dari rambut.

Karena penggunaan peanut oil untuk perawatan rambut butuh perhatian lebih, oleh karena itu kamu perlu menerapkan cara yang benar saat pengaplikasiannya. Para ahli merekomendasikan cara tertentu dalam pengaplikasian peanut oil ini, yakni sebagai berikut.

Racikan Masker untuk Menumbuhkan dan Memanjangkan Rambut

Peanut oil yang diproses dengan cara diperas dingin, dianggap dapat bekerja dengan sangat baik. Karena organik, maka tidak akan mengandung racun atau tidak mengandung bahan kimia yang dianggap berbahaya.

Salah satu cara menggunakan peanut oil untuk membantu menumbuhkan dan memanjangkan rambut adalah dengan membuat suatu racikan.

Racikan ini terdiri dari dua sendok makan peanut oil yang dicampur dengan satu kuning telur. Kemudian tambahkan kacang tanah, tumbuk terlebih dahulu atau sesuai keinginan. Setelahnya oleskan racikan masker rambut ke kulit kepala.

Pijat kulit kepala secara merata dengan lembut, lalu tungguselama kurang lebih dua jam. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih.

Racikan Masker untuk Mengatasi Ketombe

Peanut oil seperti yang disebutkan, sangat melembapkan dan sangat bagus sebagai pengobatan untuk ketombe dan psoriasis kulit pada kepala.

Untuk mengatasi ketombe, cara yang paling baik adalah dengan menggabungkan peanut oil tanah dengan minyak esensial tree tea atau pohon teh dan air perasan jeruk lemon.

Setelahnya, balurkan ke rambut dan kulit kepala sambil dipijat lembut. Biarkan racikan tersebut selama tidak lebih dari dua jam. Kemudian bilas hingga bersih.

Racikan Masker untuk Perawatan Kulit Kepala

Peanut oil seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dapat merawat kulit kepala yang mengalami masalah. Sebagai perawatan kulit kepala untuk mengatasi kulit bersisik.

Pertama-tama, hangatkan beberapa sendok makan peanut oil, kemudian oleskan peanut oil tersebut dengan hati-hati ke kulit kepala.

Diamkan selama beberapa menit atau tutupi dengan topi mandi untuk hidrasi ekstra sebelum membilasnya. Saat merawat kulit kepala, usapkan sedikit minyak sisa ke rambut dengan lembut, karena peanut oil ini juga ampuh untuk mengatasi rambut kusut yang tentunya sulit diatur.

Jika setelahnya nampak terlihat ada minyak berlebih yang keluar, selanjutnya kamu bisa langsung membilasnya. Akan lebih baik pula untuk menggunakan sampo yang lembut untuk membersihkan rambut dan kulit kepala setelahnya.

Apakah Ada Efek Samping dari Penggunaan Peanut Oil?

Namun perlu kamu perhatikan agar tidak mengombinasikan peanut oil bersamaan dengan surfaktan atau zat pembersih dalam produk sampo atau produk perawatan rambut lainnya.

Karena sifat zat pembersih tersebut yang mampu menghilangkan minyak, kotoran, dan residu lain pada permukaan rambut, maka dapat menghambat bahkan menangkal reaksi perawawatan rambut dengan peanut oil.

Sebagai tambahan, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa olahan yang mengandung peanut oil, aman untuk penggunaan topikal atau diaplikasikan sebagai penggunaan luar, bahkan untuk orang yang sensitif terhadap kacang.

Oleh karenanya, perlu keterlibatan tenaga ahli yang profesional pada bidang ini. Seperti melibatkan Mash Moshem Indonesia, perusahaan manufaktur kosmetik dan perawatan kulit, yang mampu membantu untuk memproduksi barang dengan kualitas yang tentunya amat terjamin.

Sedikitnya produk perawatan rambut yang menggunakan peanut oil sebagai bahan dasar produk, mampu jadi alasan untuk membuat produk kita sendiri bukan? Terlebih dengan jasa maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia, brand owner juga dapat pelayanan pengurusan legalitas produk. Seperti nomor registrasi atau izin edar BPOM, sertifasi HAKI, Halal, Vegan Kosmetik, sampai HSA Singapura.

Tiap formulator Mash Moshem Indonesia telah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam menciptakan produk kosmetik. Setidaknya, hingga kini terdapat lebih dari 2000 produk kosmetik terdaftar secara resmi di pangkalan data BPOM.

Apakah kamu mau jadi salah satunya? Yuk, langsung hubungi tim pemasaran kami dan konsultasikan ide produkmu bersama Mash Moshem Indonesia.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment