Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kecantikan Kulit, Apa Saja?

manfaat burung walet untuk kecantikan

Burung walet terkenal dengan sarangnya yang memiliki manfaat dan bisa dijual. Tak heran jika sarang walet ini dihargai cukup mahal. Tahukah kamu, kalau ternyata manfaaat sarang burung walet untuk kecantikan kulit beragam, loh!

Sarang yang dihasilakan dari burung walet ini berasal dari air liur burung walet yang nantinya akan mengeras dan hanya terbentuk sebanyak tiga kali dalam setahun nih, Guys.

Eh! Jangan jijik dulu ya, liur burung walet justru memiliki bentuk seperti kulit bengkoang yang kering dan sangat tipis berwarna putih.

Sekarang pun banyak juga produk kesehatan yang menawarkan khasiat sarang burung walet. Mulai dari suplemen, produk kesehatan tubuh, dan produk kecantikan yang bisa kamu temui dalam setiap campurannya.

Di samping dijadikan sebagai produk kesehatan dan kecantikan, sarang burung walet juga dimanfaatkan sebagai makanan seperti sup, dan minuman. Sudahkah kamu mencobanya?

Jadi jangan heran kalau ada yang memanfaatkan air liur burung yang satu ini untuk produk kecantikan. Penasaran enggak sih kamu apa saja kandungan di dalamnya dan bagaimana efeknya untuk kecanatikan?

Yuk, langsung saja simak ulasan soal manfaat burung walet untuk kecantikan kulit berikut ini!

Kandungan Nurtisi pada Sarang Burung Walet

Burung walet merupakan salah satu hewan yang memiliki keunikan yang terletak pada air liurnya. Tapi tahukah kamu bagaimana kehidupan burung walet?

Jadi, burung walet ini hanya bisa dijumpai di negara Asia Tenggara saja, seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Kamboja, Laos, dan Indonesia tentunya. Habitat asli dari burung berliur ini hanya bisa hidup di daerah yang memiliki iklim tropis dengan curah hujan tinggi.

Kenapa begitu? Sebab daerah tropis dapat mempengaruhi unsur kelembapan yang ada di tempat itu yang menjadi faktor proses berkembangbiak burung walet atau populasinya.

Burung yang biasa hidup di gua atau bangunan kosong ini memiliki air liur yang banyak nilai gizinya, apa saja gizinya? Melansir dari laman kesehatan SehatQ, sarang burunng walet mengandung gizi sebagai berikut:

Protein

Sarang burung walet mengandung protein yang berguna untuk kecantikan. Protein sendiri merupakan kolagen dalam kulit yang berguna untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan pada kulit.

Kulit kamu akan dikatakan sehat jika memiliki kadar kolagen yang cukup dan baik sehingga kulit tubuh menjadi elastis dan kenyal terutama di area wajah.

Lemak

Sarang burung walet juga mengandung lemak yang penting yakni lipid atau lemak alami kulit. Lipid dalam sarang burung walet ini berfungsi untuk menahan kelembapan, melindungi kulit dari kerusakan, dan menjaga kotoran yang keluar.

Sama halnya seperti protein, kandungan lipid juga berguna untuk membantu kulit menjadi elastisitas dan tetap terjaga kelembapannya.

Kalsium

Selain protein dan lipid, sarang burung walet juga mengandung kalsium. Kalsium sendiri berperan untuk membantu proses regenerasi kulit pada lapisan epidermis.

Kulit yang kekurangan kalsium biasanya akan tampak kering, menipis, hingga rapuh. Selain itu kalsium juga berperan dalam proses pencegahan penyakit kanker.

Salic acid

Sarang burung walet juga mengandung salic acid yang berfungsi untuk menghidrasi kulit agar tidak kering. Sama halnya seperti tubuh, kulit juga membutuhkan asupan untuk teta terhidrasi dengan baik agar kulit tetap sehat.

Leucin

Salah satu gizi yang juga terdapat pada sarang burung walet adalah leucin. Apa itu leucin? Leucin merupakan kandungan baik yang dapat menjaga pertumbuhan jaringan kulit serta dapat membantu menghilangkan adanya sel kulit mati pada wajah.

Zat Besi

Nah, kandungan berikut pasti sangat dibutuhkan semua orang. Zat besi yang terkandung dalam sarang burung walet berfungsi untuk mengatasi munculnya jerawat. Selain itu, zat besi juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan akibat jerawat di wajah.

Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kecantikan Kulit

Sarang burung walet memiliki banyak kandungan gizi yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan, di antaranya:

Mencerahkan Kulit

Sarang burung walet juga terbukti dimanfaatkan sebagai produk kecantikan, di antaranya sebagai masker wajah. Tahukah kamu jika sarang burung walet bisa membantu mencerahkan kulit wajah, lho.

Tentu di antara kamu pasti ingin memiliki wajah sehat dan cerah kan? Jadi kamu bisa banget menggunakan produk kecantikan yang mengandung sarang burung walet ini, ya.

Kandungan protein dalam air liur burung walet inilah yang membuat kulit menjadi cerah karena protein di dalamnya membuat pertumbuhan sel menjadi optimal. Selain itu, kandungan protein ini juga membantu meregenerasi kulit wajah.

Membantu Proses Peremajaan Kulit

Memiliki kolagen yang cukup dalam kulit itu sangat penting. Kolagen berperan besar dalam menjaga kulit wajahmu agar tetap sehat, kenyal, dan elastis.

Itulah mengapa kamu penting untuk menjaganya sebab ketika usiamu bertambah maka produksi kolagen juga akan menurun.

Jadi baiknya kamu mencoba produk kecantikan berbahan sarang burung walet ini agar kebutuhan kolagen dalam wajahmu terpenuhi dengan baik.

Memudarkan Flek

Memiliki flek di wajah tentu membuat beberapa orang jadi kurang percaya diri. Tapi tenang, Guys! Kamu bisa menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung sarang burung walet. Ini karena di dalam sarang burung walet mengandung senyawa baik yang dapat mencegah munculnya flek hitam dengan mengurangi produksi melanin di wajah.

Jadi jika kamu ingin mengatasinya bisa dengan cara menggunakan produk kecantikan yang mengandung bahan sarang burung walet ini.

Mengatasi Kulit Kering

Siapa yang mau kulit kusam? Tentu jawabannya tidak ada yang mau. Kulit kusam biasanya disebabkan karena kondisi kulit yang kekeringan akibat terpapar sinar matahari dan terapar polusi yang tak sengaja menempel karena sering melakukan aktivitas di luar ruangan sehari-hari.

Lalu bagaimana mengatasinya? Kamu bisa menggunakan manfaat sarang burung walet ini karena di dalamnya mengandung salic acid yang dapat membantu kulit tetap terhidrasi dengan baik, kulit juga sama seperti tubuh yang harus dicukupi kebutuhan airnya agar tidak dehidrasi.

Menghaluskan dan Mengenyalkan Kulit

Sarang burung walet mengandung protein di dalamnya. Nah, protein ini memiliki manfaat untuk mengenyalkan kulit wajah sehingga kulit menjadi halus dan tidak kering.

Melansir dari laman RealFood, pada pengobatan tradisional China dulu, sarang burung walet dipercaya dapat menjaga kulit agar tetap halus dan kenyal, cara memanfaatkannya dengan mengolahnya menjadi minuman herbal.

Menyamarkan Bekas Luka dan Bekas Jerawat

Memakai produk kecantikan yang mengandung sarang burung walet juga dapat membantumu mengatasi masalah munculnya jerawat yang mengganggu penampilan.

Kandungan protein yang di dalamnya terdapat asam amino inilah yang berfungsi untuk mencegah jerawat wajah. Juga bisa membantu kamu dalam menghilangkan bekas jerawat akibat memencet jerawat sembarang sehingga meninggalkan bekas yang biasanya berwarna kehitaman di sekitar wajah.

Kamu tentu tidak akan percaya diri jika masih banyak memiliki bekas jerawat kan? Nah, salah satu solusinya adalah memanfaatkan sarang burung walet ini, ya guys.

Melawan Radikal Bebas

Sarang burung walet juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Radikal tersebut meliputi adanya perubahan warna kulit wajah atau yang disebut hiperpigmentasi, kulit yang tampak kusam, munculnya jerawat, munculnya garis halus tanda penuaan, dan adanya keriput yang muncul di sekitar wajah.

Melindungi Skin Barrier

Menggunakan produk sarang burung walet juga berguna dalam mengatasi masalah-masalah wajah, seperti melembapkan kulit, serta melindungi kulit dari oksidasi.

Sementara itu kandungan protein di dalam sarang burung walet juga terbukti dapat melindungi lapisan penghalang kulit atau skin barrier. Serta mencegah munculnya penuaan dini yang sering dikeluhkan oleh beberapa orang.

Membuat Produk Kecantikan dari Sarang Burung Walet

Siapa sangka kalau manfaat sarang burung walet untuk kecantikan kulit sangatlah beragam. Tak heran, kalau banyak produk perawatan keantikan yang menggunakan bahan alami ini ke dalam formulanya. Seperti dibuat menjadi krim wajah, serum, masker, hingga suplemen kecantikan.

Kandungan-kandungan gizi baik dalam sarang burung walet yang memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai masalah kulit di wajah.

Nah, Beautypreneurs, sebagai brand owner kosmetik kamu juga bisa membuat produk skincare atau body care menggunakan sarang walet sebagai bahan bakunya. Bahan alami ini dapat memberikan banyak manfaat dan nutrisi untuk kulit, juga akan memberikan nilai unik pada produkmu.

Bersama Mash Moshem Indonesia, kamu bisa bereksperimen dan menciptakan produk-produk skincare inovatif menggunakan sarang walet. Dari krim wajah, losyen, hingga masker wajah.

Tak hanya itu, kamu juga bisa dengan bebas menentukan aroma produk, tekstur atau jenis sediaan, manfaat produk, hingga kombinasi bahan apa saja yang mau kamu tambahkan. Kemudian, tim formulator kami akan meracikkan sample produk dan mendiskusikan hasilnya denganmu.

Setelah itu, semua proses produksi dan pengurusan legalitas akan tim kami lakukan untukmu. Hmm… Di mana lagi kamu bisa bikin produk kosmetik segampang dan sesederhana ini kalau nggak di Mash Moshem Indonesia!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment