Jarang yang Tahu, Kenali Berbagai Manfaat Teh Rooibos untuk Kecantikan

manfat teh rooibos untuk kecantikan (1)

Jika dibandingkan dengan teh hijau maupun teh chamomile, teh rooibos bisa dibilang cukup jarang dikenali. Kecuali kalau kamu emang pecinta teh sejati, yang pastinya sudah menjelajah berbagai jenis minuman  ini.

Rooibos tea merupakan teh yang diambil dri tanaman Aspalantus linearis, yang ditemukan pada suatu daerah di Afrika Selatan.

Tahukah kamu, kalau jenis teh satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Bahkan sebenarnya, telah lama digunakan sebagai pengobatan herbal tradisional dari daerahnya ditemukan.

Teh yang terkenal karena rasa pahitnya yang khas ini rupanya juga bermanfaat untuk merawat kecantikan rambut dan kulit wajah, lho.

Penasaran apa saja manfaat teh rooibos untuk kecantikan rambut dan kulit wajah? Yuk, cek info lengkap soal jenis teh eksotik ini dalam ulasan berikut!

Mampu Bekerja Sebagai Anti Aging

mengatasi masalah penuaan

Siapa yang tak ingin memiliki wajah yang tampak sehat dan berseri-seri, pun selalu awet muda? Pastinya semua orang mengingkannya, tanpa peduli lelaki maupun perempuan.

Sayangnya, paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan, begitupun dengan berbagai kotoran yang menempel di wajah, bisa memicu kemunculan tanda penuaan dini secara premature.

Mulai dari munculnya kerutan dan garis halus di area ekspresi wajah, munculnya flek hitam atau sun spot, hingga kulit wajah yang telah kehilangan elastisitasnya sampai tampak mengendur.

Kabar baiknya, teh rooibos mampu membantumu merawat keremajaan kulit. Teh asal Afrika Selatan ini telah terbukti mengandung senya alfa hidroksi acid (AHA), yang mampu bekerja sebagai agen antioksidan alami.

Karena kandungan ini pula, teh rooibos mampu melawan radikal bebas dan meminimalisir dampak buruknya pada kulit kamu.

Tak cuma itu, bahan alami ini pun dapat membantu mengembalikan vitalitas sel kulit hingga dapat bekerja lebih optimal dalam melawan tanda-tanda penuaan dini.

Mencegah Kemunculan Jerawat dan Mengatasinya

jenis jerawat (1)

Teh rooibos merupakan salah satu jenis teh yang cukup unik, sebab ia tidak memiliki kandungan kafein dan memiliki sifat antiinflamasi yang tinggi.

Nah, karenanya jenis teh satu ini sangat cocok digunakan untuk merawat kulit berjerawat. Sebab, tak hanya membuat jerawat teratasi, minuman herbal ini pun bisa mencegah kedatangan masalah kulit tersebut kembali.

Tentunya, buat kamu yang sudah muak dengan jerawat membandel yang tak kunjung menghilang, teh ini bisa kamu manfaatkan sebagai masker wajah organic, maupun langsung menggunakan skincare dengan ekstraknya.

Meredakan Kulit yang Terkena Sunburning

paparan sinar matahari

Apakah kamu termasuk orang yang sering beraktivitas di luar ruangan dan cukup lama berada di bawah paparan sinar matahari?

Hati-hati, ya, karena selain bikin kulitmu tampak kusam dan kering. Paparan sinar matahari yang berlebihan pun rentan menyebabkan kulit terbakar.

Kondisi ini lebih dikenal dengan sun burning, yang biasanya memiliki ciri kemerahan, rasa perih, dan disertai dengan kulit yang melepuh.

Kabar baiknya, teh rooibos bisa digunakan untuk menenangkan peradangan yang diakibatkan oleh sunburning.  Kamu bisa mengaplikasikan air seduhan teh ini, yang telah didinginkan sebelumnya, langsung ke wajah maupun meraciknya dengan bahan-bahan lain.

Kandungan antioksidan yang ada dalam rooibos tea bisa membantu mempercepat proses pemulihan sel kulit yang bermasalah, serta mampu menenangkan peradangan yang kamu alami.

Membantu Menyehatkan Kulit Kepala

manfaat vitamin c untuk rambut

Sama halnya dengan kulit, rambut pun sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Salah satunya dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kepala kamu dengan teh rooibos.

Manfaat teh rooibos untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu menyehatkan kulit kepala kamu. Melalui kandungan vitamin, zinc, dan zat besi yang ada dalam bahan ini, kesehatan kulit kepala akan jauh lebih terawat.

Semua kandungan tersebut dapat menjaga kelembapan kulit kepala, menjadikannya tetap terhidrasi dengan baik, dan akan mempengaruhi kesehatan akar serta batang rambut.

Hasilnya, rambutmu akan jadi lebih sehat dan tidak mudah rontok. Kulit kepala pun tak akan mudah kering, serta terhindar dari ketombe yang mengganggu.

Beda Teh Rooibos dengan Jenis Lainnya

manfat teh rooibos untuk kecantikan (3)

Kamu mungkin bertanya-tanya, selain berbagai manfaat di atas adakah hal lain yang membuat teh rooibos berbeda dengan jenis teh lainnya?

Nah, berikut beberapa hal yang membuat teh rooibos berbeda dengan jenis teh lainnya. Cek sampai habis dan jangan lewatkan satu pun, ya!

Non Kafein

Bisa dibilang hampir semua teh mengandung kafein. Sayangnya, kadang kandungan ini dapat menyebabkan reaksi alergi tersendiri pada orang cukup hipersensitif terhadap kafein.

Nah, karena tidak mengandung kafein inilah, teh rooibos cukup aman untuk dikonsumsi pada orang yang memiliki hipersensitifitas terhadap kandungan tersebut.

Memiliki Kadar Tannin yang Rendah

Tannin memang memiliki banyak manfaat untuk kulit, namun sayangnya pada beberapa kasus kandungan ini justru bisa mempengaruhi penyerapan zat besi dalam tubuh.

Padahal zat besi sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit tubuh dan kepala kamu. Sehingga keberadaannya bisa membuat rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Untungnya, teh rooibos mengandung tannin yang sangat rendah dan justru memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

Karenanya, kamu enggak perlu khawatir lagi dan bisa merawat kesehan rambut serta kulit dengan lebih optimal.

Tidak Memiliki Asam Oksalat

Umumnya, tiap jenis teh memiliki kadar asam oksalat yang berbeda-beda. Namun, pada teh rooibos malah tidak ditemukan kandungan satu ini.

Yang artinya kabar baik, sebab asam oksalat dapat memicu risiko batu ginjal jika diminum dalam jumlah yang banyak.

Kaya Akan Berbagai Micronutrient

Tahukah kamu kalau teh rooibos pun mengandung banyak mikronutrien, yang sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Micronutrient yang ditemukan dalam teh rooibos antara lain adalah zinc, magnesium, mangan, hingga zat besi.

Berbagai micronutrient ini akan mampu bekerja untuk melindungi kecantikan dan kesehatan kulit tubuh kamu.

Cara Merawat Wajah dengan Menggunakan Teh Rooibos

manfat teh rooibos untuk kecantikan (2)

Nah, itu adalah berbagai manfaat teh rooibos untuk kecantikan kulit dan keunggulannya dibandingkan jenis teh lain. Apakah setelah mengetahuinya kamu ingin menggunakan teh rooibos ke dalam rutinitas kecantikanmu?

Kalau iya, berikut beberapa cara merawat wajah dengan menggunakan teh rooibos yang perlu kamu ketahui.

Mengonsumsinya Secara Langsung

Sama halnya dengan jenis minuman herbal lainnya, kamu pun dapat mengambil manfaat teh rooibos untuk kecantikan lewat mengonsumsinya secara langsung.

Tidak perlu khawatir residu teh yang menumpuk pada tubuh, karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa jenis teh satu ini cukup aman diminum tiap hari dibandingkan dengan black tea, karena tidak akan menganggu ginjal.

Menggunakannya Sebagai Toner Wajah

Cara merawat wajah dengan rooibos tea selanjutnya adalah dengan menggunakannya sebagai toner. Langkah yang harus kamu lakukan pun cukup mudah, lho.

Ya, cukup siapkan air seduhan rooibos tea pada secangkir gelas. Kemudian diamkan hingga mendingin dan pindahkan ke botol spray. Semprotkan secara merata pada wajah dan ratakan menggunakan kapas.

Membuat Masker Wajah Alami dari Rooibos Tea

Selain sebagai toner, kamu pun bisa menggunakan rooibos tea sebagai masker organic buatan sendiri. Kombinasikan dengan bahan-bahan seperti madu dan minyak zaitun agar khasiatnya lebih manjur.

Menggunakan Skincare Berkandungan Rooibos Tea

Meski tidak sepopuler teh hijau atau kamomil, kamu bisa saja menemukan skincare berkandungan teh rooibos yang dijual bebas di pasaran.

Menggunakan skincar berkandungan rooibos tea jelas lebih mudah dan praktis untuk kamu praktekkan. Namun, manfaat yang ada mungkin bisa kian optimal, karena dalam skincare juga biasanya mengandung berbagai bahan yang bisa mendukung fungsi utama produk tersebut.

Nah, itu adalah berbagai macam manfaat teh rooibos untuk kecantikan dan cara pemakaiannya yang bisa kamu coba. Semoga artikel kali ini dapat membantumu!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

pentingnya membuka bisnis untuk kecantikan (1)

Ketahui Berbagai Alasan Pentingnya Membuka Bisnis Sendiri Bagi Perempuan

Kamu pasti belakangan sangat menyadari bagaimana struktur sosial bergerak dan berubah. Salah satunya, bagaimana kedudukan perempuan dalam dunia bisnis dan industry. Tak hanya berperan dalam ranah domestic, kini kamu bisa menemukan dengan mudah perempuan-perempuan yang juga aktif dalam berbagai...

Continue Reading

Leave a Comment