Tak Cuma Sedap Diseduh, Ini Dia Deretan Manfaat Teh Hitam untuk Kecantikan

manfaat teh hitam untuk wajah

Meski tidak sepopuler green tea atau chamomile tea, manfaat teh hitam untuk kecantikan kulit dan rambut rupanya cukup beragam, lho.

Belakangan ini, berbagai produk perawatan wajah menggunakan bahan-bahan alami dalam formulanya. Baik dari buah-buahan, minyak pembawa tertentu, hingga berbagai jenis teh yang dinilai bermanfaat untuk kulit dan rambut.

Salah stau jenis teh yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan adalah black tea. Kamu pun bisa menemukan banyak masker organic yang bisa menggunakan teh eksotik ini dalam racikannya.

Enggak mengherankan juga, sebab teh hitam atau black tea memiliki banyak kandungan antioksidan, yang mampu mendetoksifikasi racun dari tubuh kamu. Sehingga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit pun akan jauh lebih terjaga.

Selain itu, adakah manfaat teh hitam untuk kecantikan kulit dan rambut lainnya? Tentu ada! Cukup cek ulasan lengkapnya berikut ini, Guys!

Berbagai Manfaat Teh Hitam untuk Kecantikan Kulit

manfaat teh hitam untuk kecantikan

Telah disinggung sebelumnya bahwa teh hitam kerap digunakan dalam racikan masker organic. Ini karena bahan ini mengandung berbagai nutrisi yang bisa membantu melawan masalah kulit tertentu.

Penasaran apa saja manfaat teh hitam untuk kecantikan kulit wajah? Berikut ulasannya!

Membantu Merawat Keremajaan Kulit

mencerahkan kulit

Tak hanya karena usia yang kian bertambah, tampilan wajah kita pun bisa berubah karena pengaruh buruk dari lingkungan. Seperti paparan matahari berlebihan, hingga berbagai kotoran dari polusi lingkungan pun turut berpengaruh.

Nah, kabar baiknya, manfaat teh hitam untuk kecantikan kulit yang pertama adalah dapat membantu merawat keremajaan kulit kamu.

Ini karena bahan alami ini mengandung antioksidan dalam kadar yang tinggi. Sehingga mampu melawan radikal bebas dalam tubuh dan menetralisir dampak buruknya pada kulit wajah kamu.

Tak hanya itu, kandungan polifenol teh hitam pun mampu menyamarkan tanda-tanda penuaan dini dan melawan pembentukan kerutan.

Bahkan beberapa penelitian terbaru pun mengungkapkan bahwa, jenis teh satu ini bisa menekan gen yang dapat membunuh kolagen yang ada pada kulitmu. Sehingga dapat mendukung dan mendorong kelembapan alami dan kekenyalan pada kulit.

Menetralisir Dampak Buruk Paparan Matahari Berlebihan

paparan sinar matahari berlebihan (1)

Sinar matahari memang bisa memberikan efek yang baik bagi tubuh, namun kamu harus mendapatkannya dalam kadar yang tepat.

Jika kamu malah berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama, sehingga terpapar radiasi UV secara berlebihan, maka tidak sedikit pula masalah kecantikan kulit yang bisa kamu dapatkan.

Misalnya, hiperpigmentasi dan muncul flek-flek hitam, kulit yang jadi kering dan kusam, serta sun burning.

Untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan dan menetralisir dampak buruknya, kamu bisa menggunakan teh hitam sebagai perawatan kecantikan.

Sebab, teh hitam mampu membantu meningkatkan perlindungan kulit dan mendorong proses penyembuhan luka akibat paparan sinar matahari.

Lebih khususnya, kandungan antioksidan dalam teh hitam dapat mendorong lapisan pelindung kulit atau skin barrier untuk bekerja dengan lebih optimal.

Kamu bisa mendapatkan manfaat teh hitam untuk kecantikan ini dengan mengonsumsinya setiap hari, ataupun menggunakannya sebagai masker wajah organic sendiri di rumah.

Mendorong Proses Regenerasi Sel Kulit

manfaat pitera (4)

Manfaat teh hitam untuk kecantikan selanjutnya adalah mampu mendorong proses regenerasi sel kulit. Sehingga, membuat wajah tampak lebih sehat dan selalu awet muda.

Tahukah kamu, kalau sebenarnya kulit wajah kita itu selalu meregenerasi diri secara alami? Namun, proses ini tentu tidak bisa kamu lihat setiap hari di cermin, karena proses ini terbilang tak kasat mata.

Proses regenerasi sel kulit ini memiliki peranan yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, karena selain memunculkan sel yang lebih sehat, proses ini pun dapat mendorong sel kulit mati yang menumpuk pada epidermis.

Nah, karena tahu seberapa pentingnya proses ini untuk kesehatan kulitmu, maka akan sangat baik kalau kamu mendukungnya dengan merawat wajah dengan kandungan berkhasiat serupa.

Teh hitam pastinya menjadi salah satu bahan yang patut untuk kamu coba. Sebab antioksidannya mampu mendorong proses regenerasi kulit dan membantu pembentukan kolagen dalam tubuh.

Menenangkan Kulit yang Terkena Infeksi

iritasi kulit

Apakah kamu memiliki kulit yang mudah teriritasi atau mengalami peradangan? Barangkali, kamu bisa menggunakan teh hitam untuk menenangkan kulitmu yang terkena infeksi atau peradangan.

Hal ini karena teh hitam mengandung senyawa antiinflamasi yang membantu menenangkan kulit, serta membantu meredakan gejala infeksi maupun peradangan yang kamu alami.

Tak Cuma itu, umumnya penyebab utama infeksi adalah pertumbuhan mikroba pada pori-pori kulit. Nah, untungnya, teh hitam dapat memberikan perawatan ekstra pada kulit kamu, karena kandungan katekin dan flavonoid-nya mampu melawan infeksi mikroba.

Namun, apabila infeksi kamu tergolong cukup parah, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dan jangan sembarangan menempelkan kantung teh hitam bekas seduhan ke area yang bermasalah tersebut.

Meski bermanfaat, ada aturan penggunaan yang juga harus kamu perhatikan dengan baik, ya, Ladies.

Menyamarkan Noda dan Bintik Hitam di Wajah

menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam

Siapa yang tidak kesal jika punya banyak noda dan bintik hitam di wajah? Apalagi kalau jumlahnya tidak sedikit dan susah sekali disamarkan dengan make up.

Namun Ladies, janganlah merasa kesal terlebih dahulu. Sebab, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan teh hitam sebagai perawatan wajah secara alami.

Kandungan kafein dan antioksidan yang ada dalam teh hitam memiliki efek mencerahkan pada kulit, baik pada spot-spot tertentu saja maupun secara keseluruhan.

Antioksidannya yang tinggi pun disinyalir mampu bekerja untuk mendetoksifikasi kulit dan mengurangi penampilan noda di wajah.

Mengurangi Bengkak pada Kantung Mata

perhatikan jenis kulit wajahmu

Apakah kamu sering memandang layar HP terlalu lama atau bergadang untuk marathon drama Korea? Well, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan satu ini, deh.

Soalnya, selain enggak baik untuk kesehatan tubuh, tidur yang kurang bisa membuat kantung matamu membengkak dan sangat terlihat.

Namun, kalau kamu sudah terlanjur mengalaminya, bisa pakai teh hitam untuk mengurangi pembengkakan tersebut.

Kandungan kafeinnya akan membantu melancarkan sirkulasi darah, termasuk yang ada di bawah kantung mata kamu. Akhirnya, otot mata kamu pun akan jauh lebih rileks dan bengkak dapat lebih berkurang.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

skincare untuk rosacea

Meksi masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, ada banyak klaim yang mengungkapkan bahwa teh hitam beramanfaat untuk mempercepat proses penymebuhan luka.

Hal ini dikarenakan, kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam teh hitam mampu memperbaiki struktur kulit secara umum. Termasuk mendorong regenerasi sel kulit sehat, sehingga luka bisa lebih cepat sembuh.

Namun, kamu enggak dianjurkan untuk menggunakannya secara langsung pada area terluka, ya. Karena hal ini justru akan membuat lukanya semakin sakit, dan mungkin malah menimbulkan infeksi lain yang tidak diinginkan.

Cukup konsumsi teh hitam secara rutin dan secukupnya saja.

Manfaat Black Tea untuk Kecantikan Rambut

jenis teh untuk kecantikan

Selain merawat kulit wajah, manfaat teh hitam untuk kecantikan rambut pun tak kalah banyaknya. Apalagi kalau kamu memiliki masalah dengan kesehatan rambutmu, bahan alami ini bisa jadi alternatif perawatan yang cocok kamu coba.

Berikut beberapa manfaat black tea untuk kecantikan rambut yang perlu kamu tahu, catat ya!

Dapat Mengurangi Kerontokan Rambut

manfaat serum rambut untuk atasi rontok

Apakah rambutmu sering patah dan mengalami kerontokan yang lumayan banyak? Well, tak ada salahnya untuk mencoba teh hitam untuk mengatasi masalah satu ini, lho.

Kandungan kafein dan antioksidan dalam minuman ini mampu membuat kulit kepala lebih rileks. Tak hanya itu, rasa stress yang ada di pikiran pun bisa jadi lebih berkurang.

Karena seperti yang kamu ketahui, dua hal tersebut dapat menjadi pemicu kerusakan pada rambut dan membuatnya rontok dalam jumlah yang cukup banyak.

Kamu bisa menggunakan teh hitam yang dioleskan langsung pada rambut dan kulit kepala. Namun, pastikan suhu teh hitam berada pada suhu ruangan yang tidak terlalu dingin atau panas.

Memberikan Kilau Hitam Alami pada Rambut

Selain mencegah kerontokan, teh hitam pun dikatakan mampu membuat rambutmu lebih cantik dengan membuatnya tampak berkilau secara alami.

Untuk mendapatkan manfaat teh hitam satu ini, kamu bisa menggunakan air seduhan teh hitam sehabis keramas dan membiarkannya hingga terserap ke dalam akar serta batang rambut.

Agar hasilnya kian maksimal, jangan lupa lakukan perawatan secara rutin, paling tidak selama 2-3 kali dalam seminggu. Setelah itu, kamu akan mendapatkan rambut yang cantik, lembut, halus, dan tampak hitam berkilau.

Wah! Selain lezat, rupanya black tea punya banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. Apakah kamu juga tak sabar ingin menggunakannya untuk merawat kecantikan tubuhmu?

Selain dikonsumsi secara rutin, black tea pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan masker organic yang dapat kamu buat di rumah sendiri.

Tak hanya itu, banyak juga produk perawatan wajah dan tubuh yang menggunakan bahan alami satu ini untuk merawat dan menutrisi kulit.

Bagaimana apa kamu mau coba? Jangan lupa tinggalkan pendapat di kolom komentar, ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment