Tinggi Vitamin, Begini Manfaat Bunga Krisan untuk Kulit yang Perlu Diketahui

Manfaat-bunga-krisan-untuk-kecantikan-1

Siapa yang tak ingin memiliki kulit wajah yang sehat, lembut, bahkan tampak awet muda selalu? Hal ini tentunya menjadi impian semua orang, khususnya bagi para beauty enthusiast.

Nah, untuk menjaga kecantikan alami wajah ini, kamu bisa menggunakan berbagai produk perawatan kecantikan yang dijual di pasaran ataupun menggunakan bahan-bahan alami sebagai beauty treatment sendiri.

Ngomong-ngomong soal bahan alami, nih, kamu bisa menggunakan bunga krisan untuk merawat kecantikan kulit wajahmu, lho!

Ya, bunga yang memiliki warna cerah dan aroma yang khas ini, rupanya enggak hanya enak dipandang. Krisan memiliki segudang nutrisi yang sangat baik untuk menyehatkan dan mempercantik penampilan kulit.

Enggak nyangka, kan? Supaya kamu makin tahu baiknya bahan alami ini untuk kecantikan, simak berbagai manfaat bunga krisan untuk kulit dan kandungannya di bawah ini, ya!

Kandungan dalam Buga Krisan yang Baik untuk Kecantikan

manfaat bunga krisan untuk kulit

Pada dasarnya, bunga krisan telah lama digunakan dalam berbagai ramuan tradisional untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Berbagai fungsi yang dimiliki bunga krisan ini pastinya enggak terlepas dari kandungan nutrisi miliknya. Penasaran apa saja kandungan tersebut? Simak ulasan berikut ini sampai habis, ya!

Vitamin C

Salah satu hal yang membuat bunga krisan sangat baik dijadikan perawatan kecantikan adalah senyawa antioksidannya yang sangat tinggi, termasuk vitamin C.

Selain ampuh menangkal dampak buruk radikal bebas untuk kulit, vitamin C mmeiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan kulit wajah kamu.

Mulai dari mencerhkan wajah, melawan hiperpigmentasi kulit, hingga melindungi dampak buruk sinar matahari berlebihan.

Tak cuma itu, vitamin C pun merupakan agen anti aging yang sangat efektif untuk melawan penuaan dini. Salah satunya dengan mendorong fungsi skin barrier, merangsang produksi kolagen, dan membuat proses regenerasi sel kulit baru jadi kian efektif.

Beta Karoten

Selain vitamin C, salah satu senyawa yang banyak ditemukan dalam bunga krisan adalah beta karoten. Yang juga merupakan salah satu sumber antioksidan tinggi dalam bunga krisan.

Dengan memenuhi asupan beta karoten, kamu bisa mencegah kemunculan berbagai tanda penuaan dini. Seperti kerutan, garis halus, bintik-bintik penuaan, hingga kulit yang mengendur.

Tak cuma itu, beta karoten pun disinyalir mampu mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari berlebihan. Serta membuat kulit wajah tampak lebih bercahaya.

Kalsium

Selain berbagai vitamin, kamu pun bisa mendapatkan asupan kalsium dalam bunga krisan. Ya, jenis mineral satu ini enggak cuma baik untuk merawat kesehatan tulang dan gigi, melainkan sama pentingnya untuk kulit tubuhmu.

Kalsium pada dasarnya sangat banyak ditemukan pada epidermis kulit. Karenanya berperan penting untuk mendorong regenerasi sel kulit, menjaga kelembapan alami kulit, bahkan menjaga elastisitas kuli.

Sebab itulah, jika kamu kurang asupan mineral ini, bisa jadi kulit akan jadi kering, mudah iritasi, dan rapuh.

Kalium

Mineral lain yang bisa kamu temukan dalam kandungan bunga krisan adalah kalium. Yap! Jenis mineral ini emang sangat populer digunakan dalam berbagai produk kosmetik.

Gimana enggak? Kalium merupakan agen pelembap yang baik. Yang enggak cuma bisa menghidrasi kulit, tapi juga menguncinya agar tidak mudah hilang.

Tak sampai situ, mineral ini juga akan membantu memperbaiki tekstur kulit, menyeimbangkan pH dalam tubuh, sehingga

Vitamin B

Bunga krisan terbilang sangat kaya akan kandungan vitamin. Buktinya tak cuma vitamin C dan beta karoten, ia juga mengandung vitamin B!

Seperti yang sudah banyak diketahui, vitamin B memiliki banyak jenis dengan keunggulan masing-masing. Beberapa vitamin B yang sering digunakan dalam kosmetik antaralain Vitamin B3, B12, B7, dan masih banyak lainnya.

Namun, secara umum, vitamin B membantu menjaga kelembapan dan memperbaiki penampilan kulit. Bahkan beberapa jenisnya, mampu menjadikan kulit jadi lebih cerah dan tampak bercahaya secara alami.

Vitamin A

Kamu pasti udah enggak asing dengan senyawa dalam bunga krisan ini. Ya, vitamin A atau yang lebih dikenal dengan retinoid ini sudah santer diketahui karena kemampuannya untuk mempercantik kulit wajah.

Sama halnya dengan vitamin C, senyawa ini pun dapat bekerja sebagai antioksidan, sehingga mampu melindungi kerusakan sel kulit dari paparan radikal bebas.

Tak cuma itu, bahkan vitamin A mampu menutrisi dan memperlambat penuaan sel kulit, sehingga wajah jadi tampak lebih muda.

Bahkan, penggunaan vitamin A sebagai produk kecantikan mampu mengurangi kecepatan sel kulit mengelupas, meminimalisir adanya penyumbatan pori-pori, dan mencegah munculnya jerawat di wajah.

Selain dari berbagai kandungan yang telah disebutkan di atas, bunga krisan juga masih memiliki beragam senyawa yang baik untuk kesehatan kulitmu. Mulai dari polifenol, flavonoid, lutein, dan zaexantahin, yang dapat bekerja sebagai antioksidan alami.

Ada juga mineral lain, seperti zat besi dan magnesium yang dibutuhkan untuk memaksimalkan fungsi kulit, dengan memperlancar aliran darah dan nutrisi dalam tubuh.

Beberapa studi pun menunjukkan kalau bunga krisan juga memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antijamur.

Manfaat Bunga Krisan untuk Kulit

manfaat  bunga krisan untuk wajah (4)

Mengetahui berbagai nutrisi pada bahan alami satu ini, pasti membuatmu semakin ingin tahu manfaat bunga krisan untuk kulit, bukan?

Ya, wajar aja, karena hanya dilihat dari kandungannya yang sangat beragam itu pasti membuatmu tergoda untuk menggunakan krisan sebagai bagian dari perawatan wajah yang kamu lakukan.

Nah, tanpa terlalu lama berbasa-basi, berikut manfaat bunga krisan untuk kulit yang perlu kamu ketahui. Jangan sampai terlewat, Guys!

Mencegah Dehidrasi Pada Kulit

slugging skincare untuk kulit kering

Jika dilihat dari berbagai macam kandungannya, kamu pasti udah enggak heran dengan manfaat bunga krisan untuk kulit ini.

Ya, berbagai mineral dan vitamin yang ada dalam bunga krisan mampu membantu menghidrasi kulit dan mengunci kelembapan yang ada agar tidak mudah menguap.

Karenanya, bahan ini mampu mencegah adanya dehidrasi pada kulit. Yang akan membuat wajah jadi kusam, kering, bahkan mengelupas ataupun mudah teriritasi.

Mengurangi Berbagai Gejala Peradangan

jenis jerawat (1)

Apakah kamu memiliki kulit yang cukup sensitif sehingga sering mengalami peradangan ataupun iritasi? Nah, kamu bisa menggunakan bunga krisan sebagai perawatan wajah kamu, lho.

Kandungan senyawa antiinflamasi atau antiradang dalam bunga krisan bisa membantu mengurangi dan menenangkan kulit yang mengalami berbagai gejala peradangan. Mulai dari kemerahan, iritasi, hingga pembengkakan.

Ditambah adanya vitamin B dan kalsium yang bisa membantu menghidrasi kulit, peradangan akan semakin reda perlahan dan tidak akan kian parah jika kulit dalam keadaan terlalu kering.

Mencegah Hiperpigmentasi

keremajaan kulit

Salah satu manfaat bunga krisan untuk kulit lainnya adalah mampu mencegah terjadinya hiperpigmentasi kulit.

Masalah kecantikan terbilang sangat umum terjadi. Karena enggak cuma faktor genetic, hiperpigmentasi pun bisa dipicu karena faktor eksternal, seperti sinar matahari berlebihan, bekas jerawat yang tak kunjung hilang, dan banyak lainnya.

Nah, untuk mengatasi masalah hiperpigementasi ini kamu bisa menggunakan perawatan wajah dari bunga krisan. Sebab, kandungan antioksidan, vitamin A, B, dan C-nya bisa membantu mencerahkan kulit dan melawan hiperpigmentasi kulit.

Keempat kandungan tersebut bahkan akan merangsang pembentukan kolagen dan proses produksi sel kulit baru, yang sangat penting untuk perbaikan jaringan kulit dari dalam.

Memperlambat Proses Penuaan Dini

manfaat pitera (4)

Jangan dikira masih 20-an, lantas kamu bebas dari ancaman penuaan kulit. Sebab, banyak dari gejala penuaan ini justru muncul terlalu dini karena kamu tidak merawat kulit dengan baik, dan dampak buruk radikal bebas.

Berbagai tanda penuaan yang biasanya sangat mudah muncul adalah kerutan halus di area ekspresi, bintik hitam di sekitar pipi dan hidung, pun kulit yang sudah mulai kehilangan elastisitasnya.

Untuk merawat kemudaan kulit ini, kamu bisa menggunakan produk perawatan kecantikan yang mengandung ekstrak bunga krisan. Sebab, bahan alami satu ini bisa dibilang merupakan agen anti aging yang sangat efektif.

Kandungan antioksidannya yang tinggi akan menghalau kerusakan sel kulit yang diakibatkan serangan radikal bebas. Sementara, mineral dan vitamin akan membantu menjaga elastisitas dan kelembapan alami pada kulit.

Mencerahkan Kulit yang Kusam

mencerahkan kulit wajah

Apakah kamu merasa wajahmu tampak kusam dan kian hari kehilangan kecerahan alaminya? Well, tenang dulu Sayangku, sebab kamu bisa pakai bunga krisan untuk mengatasinya.

Bunga bewarna kuning terang ini memiliki kandungan vitamin A dan C yang sangat tinggi. Seperti yang kamu tahu, keduanya sangat efektif untuk membantu mencerahkan kulit wajah.

Yakni dengan memproduksi kolagen dalam tubuh, mendorong pengelupasan sel kulit mati, memperbaiki jaringan yang bermasalah, hingga merangsang proses regenerasi sel kulit baru yang jauh lebih sehat.

Hal ini tentunya akan memberikan perubahan yang sangat signifikan pada penampilan kulit, yakni akan menjadi lebih cerah dan merona secara alami.

Well, setelah mengetahui berbagai manfaat bunga krisan untuk kulit di atas, apakah kamu tidak berniat untuk menggunakannya sebagai perawatan wajah?

Selain menggunakan produk skincare berkestrak bahan alami ini, kamu pun bisa meracik masker organic sendiri dari daun maupun teh bunga krisan dan menjadikannya perawatan rumahan alami.

Atau, kamu juga bisa mendapatkan manfaat bunga krisan ini dengan cara menyeduhnya dan mengonsumsinya sebagai teh.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment