Tak Kalah Mewah, Intip Berbagai Manfaat Caviar untuk Wajah Berikut Ini

Selain DNA salmon yang kini sedang viral, ada bahan alami lain dari laut yang enggak kalah mahal dan berkhasiatnya untuk wajahmu, lho!

Yap! Bahan alami tersebut adalah caviar, merupakan telur ikan sturgeon yang kerap ditemukan di perairan Amerika Utara.

Caviar sebenarnya lebih dikenal karena bisa dikonsumsi dan dihidangkan di restoran-restoran mewah. Bahan alami ini biasanya dihidangkan sebagai appetizer maupun sebagai garnis pada hidangan tertentu.

Namun, tahukah kamu kalau manfaat caviar untuk wajah terbilang cukup beragam? Sebab, makanan mewah dan bertekstur lembut ini rupanya mengandung berbagai nutrisi yang bisa menyehatkan kulit wajahmu.

Penasaran apa saja manfaat caviar untuk wajah? Ladies, simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk!

Kandungan dalam Caviar yang Baik untuk Kulit Wajah

manfaat caviar untuk wajah

Telah disinggung sebelumnya bahwa caviar memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk merawat kulit wajah kamu. Seperti berbagai jenis vitamin, protein, hingga mineral dengan fungsi yang sangat beragam.

Agar lebih jelas, berikut beberapa kandungan dalam caviar yang baik untuk kulit wajah dan wajib banget untuk kamu ketahui.

Asam Lemak Omega-3

Dalam caviar terkandungan asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang mampu menutrisi dan menyehatkan kulit wajah kamu.

Gimana enggak? Omega-3 mampu menjaga kelembapan alami kulit dan menghidrasinya, pun membantu meredakan kondisi peradangan, baik yang dikarenakan jerawat maupun penyakit kulit tertentu.

Tak hanya itu, omega-3 pun diketahui mampu meningkatkan fungsi kulit secara umum. Yakni, mengoptimalkan kerja skin barrier, meningkatkan hidrasi kulit, serta mencegah adanya iritasi atau infeksi pada kulit wajah kamu.

Seleium

Tahukah kamu, kalau caviar pun mengandung mineral yang baik untuk tubuh dan kulit? Yap! Salah satunya adalah selenium.

Jenis mineral satu ini memiliki peran yang sangat penting untuk mempertahankan vitalitas kulit wajahmu. Sebab, ia mampu melawan antioksidan dan melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkannya.

Tak hanya itu, selenium pun disinyalir mampu memperbaiki kondisi jaringan kulit, khususnya yang terdampak paparan sinar matahari berlebih, polusi, maupun faktor eksternal lainnya.

Vitamin B

Selain mengandung asam lemak dan mineral yang tinggi, dalam caviar pun ditemukan berbagai jenis vitamin B. Mulai dari vitamin B1, B2, B6, hingga B12.

Semua jenis vitamin B tersebut sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit wajah kamu. Misalnya, vitamin B1 (tiamin) bekerja untuk membantu memperlancar aliran darah, oksigen, hingga nutrisi yang akan memenuhi kebutuhan sel tubuh, termasuk pada kulit kamu.

Karenanya, kulit wajah pun akan beregenerasi dengan lebih optimal. Sehingga dapat menghasilkan sel kulti baru yang lebih sehat dan tampak awet muda.

Sementara itu, pada vitamin B2 (riboflavin) sangat penting untuk menjaga skin barrier dan jaringan kolagen pada kulit. Kandungan ini mampu mengurangi peradangan, mempercepat proses penyembuhan kulit, serta mampu mencegah kelembapan alami kulit menghilang.

Pada vitamin B6, kandungan ini mampu mendukung kerja asam amino untuk memperkuat skin barrier kulit. Sehingga berbagai pengaruh eksternal yang berpotensi menimbulkan masalah pada kulit dapat dihalau.

Sedangkan, vitamin B12 (cobalamin) dapat bekerja sebagai agen antiradang. YAng mampu mencegah gejala peradangan pada kulit, baik kemerahan, gatal, iritasi, dengan menghambat pembentukan radikal bebas pada tubuh.

Vitamin A

Jenis vitamin yang satu ini pasti tidaklah asing lagi bagi kamu, apalagi kalau sering menggunakan skincare malam.

Yap! Vitamin A atau yang lebih kerap dikenal dengan retinoid merupakan senyawa yang ampuh merawat kecantikan kulit wajah.

Salah satu kandungan yang ditemukan dalam caviar ini dapat menutrisi dan mencegah datangnya berbagai masalah pada kulit. Tak hanya itu, vitamin A pun mampu memaksimalkan fungsi kulit wajah kamu.

Jenis vitamin ini pun dikenal efektif melawan tanda penuaan, meningkatkan kecerahan kulit wajah kamu, serta membuat kulit kian sehat seiring dengan bertambahnya usia kamu.

Kolagen

Tahukah kamu kalau caviar bisa memberikan kolagen tambahan pada tubuh kamu? Yap! Bahan alami pun mengandung kolagen esensial, lho!

Seperti yang kamu tahu, kolagen merupakan protein yang sangat baik untuk memelihara elastisitas kulit wajah kamu. Pun memelihara struktur kulit dan menjaganya agar tetap kencang.

Dengan usia kamu yang kian bertambah, produksi kolahen dalam tubuh pun bisa jadi berkurang. Karenanya, akan sangat menguntungkan bila kamu memiliki dan menggunakan skincare berkandungan caviar ini.

Asam Oleat

Selain vitamin, protein, dan mineral, caviar pun mengandung asam lemak yang baik untuk kulit, salah satunya adalah asam oleat.

Asam oleat sangat baik untuk memelihara kesehatan kulit wajah, termasuk menjaga kelembutan dan kelembapan alaminya, mendorong proses penyembuhan luka, hingga menetralisir berbagai dampak buruk yang disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin D

Satu lagi kandungan antiinflamasi ditemukan dalam caviar, yakni berupa vitamin D. Jenis vitamin yang umumnya sangat dikenal karena manfaatnya untuk gigi dan tulang ini, sebenarnya pun sangat baik untuk merawat vitalitas kulit wajahmu.

Vitamin D dapat membantu mengatur fungsi sel, meredakan beberapa penyakit kulit seperti vitiligo, psoriasis, hingga eksim.

Vitamin K

Vitamin K merupakan salah satu jenis vitamin yang mampu memudarkan bekas luka pada kulit. Karenanya, jenis vitamin satu ini kerap juga ditemukan dalam formula krim antijerawat, antiaging, hingga untuk menghilangkan mata panda dan stretch mark.

Asam Amino

Selain kolagen, dalam caviar pun ditemukan berbagai jenis asam amino lainnya yang tak kalah bermanfaatnya untuk kulit.

Kandungan ini antaralain lisin, glisin, histidin, arginin, dan asparagin. Yang kesemuanya, mampu membantu mengoptimalkan kecantikan dan kesehatan kulit wajahmu dengan lebih baik.

Berbagai Manfaat Caviar untuk Wajah

manfaar caviar untuk wajah

Setelah melihat berbagai nutrisi yang dikandung dalam caviar, kamu pasti sedikit banyak udah tahu dong apa saja manfaat caviar untuk wajah dan kecantikan kulit secara umum.

Pasti banyak banget! Karenanya, enggak heran juga kalau bahan alami ini kerap digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan, khususnya pada krim antiaging.

Penasaran apa saja manfaat caviar untuk wajah? Cek informasi lengkapnya berikut ini, ya, Ladies!

Memperkuat Skin Barrier

memperkuat skin barrier

Skin barrier merupakan lapisan pelindung kulit, yang bekerja melawan berbagai dampak buruk faktor lingkungan dari kulit wajah kamu.

Sayangnya, kemampuan skin barrier pun bisa menurun dan jadi tidak optimal, baik karena usia kamu yang kian bertambah, ataupun kurangnya nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit.

Namun, kamu enggak perlu khawatir, sebab caviar bisa membantu menjawab permasalaganmu ini. Kandungan asam amino, vitamin B1, B2, dan B6 yang ada dalam bahan alami ini dapat mendukung fungsi skin barrier dan memperkuatnya.

Merawat Keremajaan Kulit Wajah

keremajaan kulit

Siapa yang tak ingin punya kulit dengan tampilan selalu segar dan awet muda? Pastinya tidak ada, karenanya kini sangat banyak ditemukan berbagai produk antiaging yang dijual di pasaran.

Salah satu bahan skincare antiaging terbaik adalah caviar. Telur ikan dengan cita rasa yang lumer ini rupanya sangat ampuh melawan kemunculan tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah kamu, baik yang disebabkan oleh faktor usai, polusi, maupun paparan sinar matahari berlebihan.

Ini dikarenakan, caviar mengandung berbagai macam senyawa antioksidan yang mampu melindungi dan meperbaiki fungsi kulit, bahkan dari pengaruh buruk lingkungan yang tak sehat.

Tak hanya itu, vitamin A dalam caviar pun diketahui mampu menyamarkan kerutan dan garis halus pada wajah, juga menjadikan kulit tampak lebih cerah dan sehat terawat.

Kandungan kolagen bawaan yang ada dalam caviar pun bisa membantu menjaga elastisitas kulit, sehingga menjadikan wajah kamu tampak lebih kencang dan mencegahnya agar tidak mudah kendur.

Menghidrasi Kulit Wajah

manfaat untuk wajah (8)

Menjaga agar wajah terhidrasi dengan baik adalah hal yang sangat penting untuk kamu lakukan.

Pasalnya, wajah dengan kelembapan yang cukup akan jauh lebih sehat, sebab fungsi kulit akan bekerja lebih optimal. Baik dalam menyerap berbagai nutrisi skincare tertentu, hingga menjaga kekuatan skin barrier kamu.

Salah satu manfaat caviar untuk kecantikan kulit wajah adalah mampu memberikan kelembapan ekstra pada kulit dan menjaganya agar tidak hilang.

Vitamin D dan K yang ada dalam caviar mampu membuat kelembapan kulit kamu terjaga. Tak hanya itu, keduanya pun mampu memberikan kelembapan ekstra pada kulitmu, mencegahnya dari dehidrasi, dan menenangkan iritasi kulit yang bisa saja muncul.

Menjaga Elastisitas Kulit Secara Alami

manfaat emas untuk wajah

Salah satu hal yang membuat kulit wajah selalu terlihat sehat dan muda adalah elastisitas kulit yang terjaga dengan baik.

Nah, manfaat caviar untuk wajah dan kecantikan selanjutnya adalah untuk membantu menjaga elastisitas dan membuat wajahmu jadi tampak lebih kencang secara alami.

Manfaatnya ini didukung oleh kandungan vitamin A, asam oleat, asam amino, selenium, hingga vitamin D yang ada dalam caviar.

Kesemua bahan ini mampu menjaga kelembapan alami pada kulit wajah, merangsang produksi kolagen dan sel kulit baru yang lebih sehat.

Hal inilah yang akhirnya membuat elastisitas kulit kian terjaga dan tidak mudah hilang, meski pun usia kamu perlahan kian bertambah.

Mendorong Proses Regenerasi Sel Kulit

Manfaat caviar untuk wajah lainnya adalah mampu mendorong proses regenerasi sel kulit. Kemampuannya ini didukung oleh sel dalam caviar yang hampir serupa dengan kulit manusia.

Sebab itulah, Ladies, caviar mampu mendorong proses regenerasi pada sel kulit kamu dengan sangat mengagumkan.

Tak hanya itu, beberapa jenis protein yang ada dalam pembentukan jaringan kulit kamu pun ada dalam bahan alami satu ini. Seperti asam amino, omega-3, hingga kolagen.

Membuat Kulit Tampak Cerah dan Merona Natural

ceramide

Salah satu manfaat caviar untuk kecantikan kulit wajah lainnya adalah membuatnya tampak lebih cerah dan merona secara natural.

Sebab, kandungan vitamin A dalam caviar ini mampu mendorong produksi kolagen, menyamarkan flek hitam, bekas jerawat, hingga mencerahkan wajah secara umum.

Selain itu, kandungan antioksidannya yang tinggi pun akan membuat kulit wajahmu lebih terlindungi dari dampak buruk paparan sinar matahari. Yang mana bisa memicu kulit wajah jadi kusam dan hiperpigmentasi.

Well, itu adalah manfaat caviar untuk wajah yang perlu kamu tahu. Menurutmu apakah worth it membeli skincare dengan bahan baku semahal itu?

Kalau melihat dari banyaknya kandungan dan manfaatnya untuk kecantikan kulit wajah, kayaknya masih pantas saja untuk digunakan merawat kecantikan kulit.

Karena sesungguhnya, merawat kesehatan dan kecantikan tubuhmu, mau seberapa mahal pun itu, adalah hakmu sebagai manusia. So, do you want to try it?

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment