Ketahui Berbagai Manfaat Nanas untuk Kecantikan Berikut Ini

manfaat buah nanas untuk kecantikan (2)

Kamu pasti udah akrab banget dengan buah nanas, mengingat buah satu ini sangat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional maupun tukang buah di pinggir jalan.

Tapi tahukah kamu, kalau buah nanas juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit wajah dan tubuh?

Ya, bisa banget, dong! Sebab bahan alami ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang mampu merawat kesehatan serta kecantikan kulit kamu.

Penasaran apa saja kandungan dan manfaat nanas untuk kecantikan? Yuk, cek ulasan lengkapnya di bawah ini, Ladies!

Kandungan dalam Nanas yang Baik untuk Kecantikan

Sebelum membahas manfaat nanas untuk kecantikan, kamu pun perlu mengetahui berbagai kandungan gizi yang ada dalam buah bewarna kuning ini.

Sebab, kandungan-kandungan inilah yang memiliki peranan dan bekerja untuk melindungi kulitmu dari berbagai kerusakan yang mungkin terjadi.

Penasaran apa saja kandungan dalam nanas yang baik untuk kecantikan? Temukan penjelasan super lengkapnya di bawah ini, ya, Ladies!

Vitamin C

Nutrisi pertama yang ada dalam buah nanas adalah vitamin C. Kandungan satu ini merupakan jenis antioksidan alami terbaik, yang diyakini mampu meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit.

Vitamin C dalam buah nanas mampu membantu menetralisir partikel radikal bebas dari tubuh, sehingga membuat kulit terhindar dari berbagai masalah kecantikan.

Tak cuma itu, jenis vitamin ini pun diyakini mampu mengatasi masalah hiperpigmentasi. Yakni dengan mecerahkan kulit kusam, memudarkan bintik hitam, dan bekas jerawat di wajah.

Vitamin B6

Dalam buah nanas pun ditemukan kandungan vitamin B6. Jenis vitamin ini diketahui memiliki peranan penting dalam membantu pembentukan asam amino, yang juga penting untuk memelihara kekuatan skin barrier.

Thiamin (Vitamin B1)

Kandungan yang bernama lain vitamin B1 ini rupanya juga berperan sebagai antioksidan alami dalam tubuh. Perannya yakni untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah, termasuk yang berada pada jaringan kulit.

Hal ini tentunya akan berefek baik untuk kesehatan kulit kamu, dengan begitu berbagai nutrisi dan oksigen akan masuk serta diserap lebih efektif oleh sel kulit.

Kalium

Selain vitamin, kamu pun dapat menemukan kandungan mineral dalam buah nanas. Kandungan ini, tentunya enggak kalah hebat dengan berbagai jenis vitamin yang telah disebutkan sebelumnya.

Salah satu jenis mineral yang ada pada buah nanas adalah kalium, yang ternyata juga ditemukan dalam berbagai produk perawatan kecantikan.

Enggak heran juga, sebab mineral ini mampu menjaga kadar air dalam tubuh, sehingga dapat mengontrol hidrasi kulit dengan baik.

Tak cuma itu, kalium pun bisa membantu menyeimbangkan pH pada kulit. Sehingga kulit jadi lebih sehat, tidak mudah kering, ataupun berminyak terlalu berlebihan.

Niacin (Vitamin B3)

Jenis vitamin lain yang bisa kamu temukan dalam buah nanas adalah niacin atau vitamin B3, yang pastinya udah enggak asing lagi buatmu.

Gimana enggak? Niacin atau niacinamide merupakan salah satu jenis vitamin yang kerap digunakan dalam berbagai formula skincare. Bahkan, belakangan ini, bahan alami ini jadi populer dan incara para beauty enthusiast.

Niacin ini dikenal ampuh untuk membantu menccerahkan warna kulit, yakni dengan mencegah perkembangan melanin atau sel pigmentasi kulit.

Tak hanya itu, niacinamide pun dapat membuat kelembapan alami pada kulit jauh lebih bertahan lama. Hasilnya, wajah akan selalu terhidrasi dengan baik dan tidak mudah kering.

Asam Pantotenat

Kandungan lain yang ada dalam buah nanas adalah asam pantotenat, yang juga dikenal dengan nama vitamin B5.

Tak kalah kerennya dengan yang lain, kandungan ini dikenal ampuh mengatasi dehidrasi kulit, yakni dengan bekerja memberikan kelembapan ekstra, menenangkan kulit dari peradangan ataupun gejala iritasi, serta jerawat.

Meski bukan antioksidan, vitamin B5 ini pun diketahi mampu membantu menangkal dampak buruk radikal bebas. Serta menghalangi kemunculan berbagai tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah dan tubuh kamu.

Riboflavin

Riboflavin atau yang lebih dikenal dengan nama vitamin B2 ini juga bisa kamu dapatkan dari ekstrak buah nanas, lho.

Kandungan ini terbilang memiliki peranan penting dalam merawat kecantikan kulit. Yakni dengan melindungi kulit, membantu sekresi regenerasi kulit, dan mencegah adanya jerawat yang muncul di wajah.

Tak hanya itu, riboflavin pun memiliki peranan besar dalam pembentukan kolagen. Yakni protein yang penting untuk menjaga kekenyalan dan keramajaan kulit wajah kamu.

Selenium

Mineral yang ada dalam buah nanas ini, rupanya sangat baik untuk membuat kulit selalu sehat dan cantik, lho.

Sebab, selenium mampu mencegah terjadinya kanker kulit, pun melindungi kulit kamu dari kerusakan yang disebabkan oleh stressor lingkungan.

Folat

Senyawa antioksidan dalam buah nanas sangatlah besar, salah satunya folat. Kandungan ini mampu menghilangkan racun dari tubuh dan kulit, sehingga mengurangi terjadinya masalah pada kecantikan.

Tak hanya itu, kandungan ini pun bisa mencegah dan mengatasi jerawat, melawan tanda penuaan, dan membuat wajahmu tampak lebih sehat.

Beta Karoten

Beta karoten atau vitamin B12 ini merupakan jenis vitamin yang bisa kamu temukan dalam buah nanas. Kandungan ini dapat bekerja sebagai antioksidan alami dalam tubuh.

Dengan penggunaan yang tepat, beta karoten pun disinyalir ampuh melawan penuaan dan mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan.

Nah, itu adalah berbagai nutrisi yang ada dalam buah nanas. Selain yang telah disebutkan di atas, sebenarnya buah ini memiliki beberapa gizi lainnya yang juga baik untuk kecantikan, misalnya zat besi, protein, zinc, flavonoid hingga fenolik.

Manfaat Nanas untuk Kecantikan Kulit

manfaat nanas untuk kecantikan (3)

Setelah mengetahui berbagai kandungan dalam buah nanas di atas, kamu pasti udah tak sabar untuk menggunakan buah tropis ini sebagai perawatan wajah harianmu, bukan?

Eits! Sabar dulu! Sebelum tergesa-gesa mencobanya, kamu bisa cari tahu lebih jauh lagi soal manfaat nanas untuk kecantikan kulit berikut ini.

Membantu Mengatasi Jerawat

muncul jerawat dan beruntusan

Manfaat nanas untuk kecantikan yang pertama adalah membantu mengatasi jerawat, dengan bekerja mempercepat proses penyembuhannya.

Ini karena nanas mengandung banyak vitamin C dan jenis antioksidan lainnya, yang efektif mengatasi jerawat, maupun memperbaiki sel kulit secara umum.

Membuat Wajah Tampak Lebih Awet Muda

galactomyces

Tahukah kamu, selain pertambahan usia, paparan sinar matahari yang berlebihan, terlalu sering berada di ruangan ber-AC, hingga terpapar polusi bisa menyebabkan munculnya tanda penuaan secara premature?

Ya, kondisi ini bisa semakin menjadi-jadi dan akhirnya membuat wajahmu jadi tampak lebih kusam, kering, muncul keriput, hingga banyak garis halus yang ada di wajah.

Karenanya, kamu perlu memberikan perawatan ekstra untuk kulit wajahmu. Salah satunya dengan menggunakan skincare berekstrak buah nanas.

Ini dikarenakan buah nanas menagndung berbagai senyawa antioksidan yang dapat memelihara keremajaan kulit. Yakni menjadikannya lebih kencang, sehat, dan bahkan cerah merona.

Dapat Menyamarkan dan Menghilangkan Flek Hitam

memperkuat skin barrier

Selain kerutan dan garis halus, flek atau bintik hitam yang ada di wajah pun bisa menjadi tanda penuaan dini, lho.

Kemunculan flek hitam ini enggak melulu karena faktor usia, melainkan karena paparan sinar matahari berlebih, salah menggunakan produk kosmetik tertentu, hingga bekas-bekas jerawat yang enggak menghilang.

Untungnya, buah nanas bisa menjadi solusi untukmu mengatasi hal ini. Kandungan niacin yang ada dalam buah ini mampu mencerahkan bagian kusam dari wajahmu, termasuk flek dan bintik hitam yang mengganggu.

Bekerja Sebagai Eksfoliator Alami

Minyak dan kotoran yang menumpuk pada permukaan kulit akan membuat pori-pori tersumbat, lalu memicu berbagai masalah kecantikan lainnya. Seperti munculnya jerawat, komedo, dan infeksi bakteri pada kulit.

Kabar baiknya, ekstrak nanas mengandung senyawa eksfoliator alami, yang bernama bromelanin. Senyawa ini mampu membantu mengangkat sel kulit mati dan juga berbagai kotoran dari permukaan wajah kamu.

Tak hanya itu, karena sifatnya yang antiradang, kandungan ini pun tidak akan menimbulkan iritasi dan kemerahan pada kulit. Malahan dapat membantumu meredakan berbagai gejala peradangan yang kamu alami.

Membantu Mengecilkan Pori-pori Kulit

Pori-pori kulit yang terlalu besar bisa menyebabkan masalah pada wajah, pun membuat tekstur kulit jadi tampak kasar dan mudah sekali berminyak.

Untuk mengatasi masalah pori-pori besar ini kamu bisa menggunakan buah nanas, baik sebagai masker alami, maupun menggunakan skincare yang mengandung ekstraknya.

Kandungan vitamin C dan asam yang tinggi pada nanas mampu memperkecil lubang pori, membuat minyak berlebih terangkat, dan memberikan wajahmu sensasi menyegarkan tersendiri.

Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami

mencerahkan kulit wajah

Apakah kamu memiliki wajah yang kusam dan terlihat tidak bercahaya? Coba, deh, atasi masalah tersebut dengan menggunakan buah nanas.

Kandungan niacin yang ada dalam buah ini mampu membantu mencerahkan wajah kamu secara menyeluruh.

Tak hanya itu, niacin pun dapat berperan penting dalam mendorong produksi kolagen dan sel kulit baru yang lebih sehat. Hasilnya wajahmu pun akan tampak lebih mudah, cerah, dan lebih mempesona.

Enggak nyangka, bukan, kalau dalam buah bewarna kuning satu ini terkandung berbagai manfaat untuk ekcantikan yang sangat beragam?

Selain mengonsumsinya, kamu juga bisa merasakan manfaat nanas untuk kecantikan dengan menggunakan produk perawatan kecantikan yang diolah dari buah satu ini.

Sekarang ada banyak, kok, skincare atau body care yang menggunakan nanas. Mulai dari facial foam, lotion, hingga cream wajah.

Yang perlu diingat, apapun produk yang akan kamu gunakan, utamakan untuk mengetahui fungsi dan kandungannya terlebih dahulu. Cocokkan keduanya itu dengan jenis kulit wajahmu, sehingga kemungkinan adanya iritasi bisa lebih dihindari.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment