Intip Manfaat Mugwort untuk Kecantikan Ini – Rahasia Cantik Ala Artis Korea

manfaat mugwort untuk kecantikan (2)

Apakah kamu termasuk salah satu beauty enthusiast yang menaruh minat pada beberapa produk kecantikan yang berbau K-Pop?

Kalau iya, bahan alami dalam skincare kekinian ini bisa kamu masukkan ke dalam list bahan alami yang patut kamu coba.

Yap! Mugwort merupakan salah satu tanaman herbal yang secara tradisional sebenarnya telah digunakan untuk merawat kesehatan tubuh dan kulit masyarakat Korea.

Tanaman yang juga banyak ditemukan di daratan Eropa dan Amerika ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pada kulit wajah kamu.

Bahkan, di industry kosmetik Korea Selatan, bahan alami ini dikenal secara khusus karena kemampuannya dalam mencerahkan dan memberikan rona alami pada kulit.

Eits! Tahan dulu rasa kagummu, karena manfaat mugwort untuk kecantikan kulit enggak hanya itu, lho. Mau tahu apa saja manfaat yang akan kamu dapatkan dari bahan alami satu ini?

Yuk, cek informasi lengkap soal kandungan dan manfaat mugwort untuk kecantikan kulit berikut ini, ya!

Kandungan Mugwort yang Baik untuk Kecantikan Kulit

manfaat mugwort untuk kecantikan (1)

Sebelum lebih jauh membahas manfaat mugwort untuk kecantikan kulit, ada baiknya untukmu mengetahui apa saja kandungan yang ada dalam tanaman satu ini.

Karena berbagai nutrisi yang ada pada mugwort diyakini bekerja dan berperan penting dalam memelihara kesehatan dan kecantikan kulit.

Apa saja nutrisi yang dimaksudkan tersebut? Cek ulasan lengkap soal kandungan mugwort yang baik untuk kulit berikut ini.

Flavonoid

Salah satu kandungan yang ditemukan pada ekstrak mugwort adalah flavonoid. Kandungan yang disinyalir mampu bekerja sebagai antioksidan alami ini, mampu melindungi kulit wajah kamu dari berbagai masalah yang diakibatkan oleh radiasi sinar matahari.

Tak hanya itu, kandungan ini pun mampu mengembalikan kesehatan sel kulit yang bermasalah. Yakni dengan bekerja menenangkan, mengurangi peradangan, hingga mendukung proses regenerasi pada sel kulit.

Silika

Tanaman mugwort pun memiliki kandungan silika yang cukup banyak. Silika merupakan satu jenis mikronutrient yang bisa membantu memperkuat jaringan penghubung dalam tubuh, termasuk pada kulit kamu.

Tak sampai situ saja, silika pun disinyalir memiliki peranan penting untuk membentuk kolagen dalam tubuh. Di mana fungsi kolagen pun terbilang cukup krusial untuk menjaga kecantikan alami wajahmu agar tetap terawat.

Inulin

Kandungan satu ini mungkin enggak cukup populer. Meski begitu, inulin merupakan salah satu jenis serat prebiotik yang sangat baik untuk menutrisi dan menjaga kesehatan kulit wajah.

Dalam masker wajah organik, inulin merupakan kandungan yang sering banyak ditemui dalam bahan-bahan yang digunakan.

Beta Karoten

Tahukah kamu kalau mugwort mengandung beta karoten yang cukup tinggi? Ya, kandungan yang sangat bermanfaat untuk kulit ini bisa membuat kulit wajahmu sehat dan cantik alami.

Gimana enggak? Beta karoten rupanya dapat bekerja sebagai antioksidan alami, dengan melawan dampak buruk radikal bebas dan membuat wajahmu jadi awet muda selalu.

Lebih dari itu, kandungan ini pun disinyalir mampu mengurangi kerusakan pada kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari berlebihan. Dan kalau digunakan dengan takaran yang tepat, beta karoten mampu membuat kulitmu tampak merona dengan alami.

Kalsium

Tak cuma dibutuhkan untuk tulang dan gigi kamu, kalsium pun rupanya juga baik untuk merawat kecantikan kulit wajah.

Jenis mineral satu ini pada dasarnya banyak ditemukan pada lapisan epidermis, yang mampu menjaga kekuatan skin barrier dan mendorong proses regenerasi pada sel kulit kamu.

Dan kandungan yang sangat berguna untuk kulit ini, bisa kamu dapatkan dalam ekstrak mugwort, lho!

Zinc (Seng)

Selain kalsium dan silika, dalam mugwort pun ditemukan jenis mineral lain yang tak kalah baiknya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit kamu.

Ya, dalam tanaman asal Korea ini juga terdapat kandungan zinc (seng). Mineral ini mampu memelihara kecantikan kulit kamu dengan mengontrol produksi sebum, mempercepat proses penyembuhan jerawat, dan mengurangi iritasi atau peradangan yang diakibatkannya.

Tak hanya itu, seng pun disinyalir sangat diperlukan dalam pembentukan lapisan sel dan protein pada kulit, sebagai agen anti peradangan, dan menangkal dampak buruk dari paparan sinar matahari yang berlebihan pada kulit.

Vitamin C

Selain mineral, tahukah kamu kalau dalam tanaman mugwort pun terkandungan vitamin C yang tinggi?

Seperti yang sudah kamu ketahui, jenis vitamin satu ini merupakan antioksidan alami yang sangat efektif dalam merawat kecantikan dan kesehatan kulit.

Vitamin C diketahui mampu merawat keremajaan kulit, yakni dengan melawan kerutan, menyamarkan garis halus, pun mencerahkan bagian wajah yang tampak kusam dan menggelap.

Minyak Atsiri

Tanaman mugwort merupakan salah satu jenis tanaman yang mampu diambil ekstrak minyak esensialnya.

Minyak atsiri daun mughwort bisa digunakan untuk herbal alami, yang sebenarnya telah lama digunakan untuk merawat kesehatan secara tradisional.Berbagai Manfaat Mugwort utnuk kecantikan

Berbagai Manfaat Mugwort untuk Kecantikan Kulit

manfaat mugwort untuk kecantikan

Tanaman mugwort merupakan jenis tumbuhan yang sangat multifungsi, sebab seluruh bagian tumbuhan ini dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk kepentingan manusia. Mulai dari bunganya, daunnya, hingga bagian akarnya.

Selain menjadi obat herbal, kini mugwort pun digunakan dalam berbagai formula produk perawatan kulit.

Kira-kira apa saja manfaat mugwort untuk kecantikan kulit? Cek informasi lengkap soal bahan alami khas Korea Selatan ini sampai habis, ya!

Membantu Menenangkan Peradangan

iritasi kulit

Apakah kamu memiliki kulit yang sensitive atau barangkali tengah mengalami iritasi, baik yang diakibatkan oleh jerawat, alergi kosmetik, maupun dikarenakan oleh penyakit tertentu?

Kamu bisa mengatasi peradangan itu dengan menggunakan ekstrak mugwort, lho. Bahan alami ini mengandung berbagai jenis mineral dan vitamin yang dapat bekerja sebagai agen antiinflamasi alami, yang bisa menenangkan kulit kamu.

Membantu Mengatasi Jerawat

skincare kulit berjerawat

Selain baik untuk mengatasi peradangan yang ditimbulkan oleh jerawat membandel, bahan alami satu ini pun disinyalir mampu merangsang proses penyembuhan jerawat.

Ini dikarenakan dalam mugwort terkandung senyawa silika, betakaroten, hingga antibacterial yang tinggi. Kandungan-kandungan inilah yang membantu mengatasi dan merawat jerawat membandel.

Senyawa antibacterial pada mugwort akan melawan bakteri penyebab jerawat, sehingga akan mencegahnya muncul kembali.

Sementara silika dan beta karoten akan mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka, khususnya yang disebabkan iritasi oleh jerawat tersebut.

Mampu Melembapkan Kulit Wajah

pelembap kulit

Kulit yang kering akan membuat wajahmu jadi tampak lebih kusam, mudah kering, dan bahkan lebih rentan jadi keriput hingga muncul garis-garis halus pada area wajah tertentu.

Untungnya, manfaat mugwort untuk kecantikan kulit lainnya adalah membantu mengidrasi kulit wajah.

Tanaman ini pun diketahui mengandung vitamin E, sehingga mampu mengembalikan kelembapan alami kulit dan mempertahankannya agar tidak mudah hilang.

Cocok untuk Merawat Kulit Sensitif

Tahukah kamu kalau mugwort memiliki sifat yang sangat ramah pada kulit, termasuk untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitive atau mudah teriritasi.

Karenanya, mugwort bisa digunakan untuk merawat kulit wajah yang sensitive. Kandungan antiinflamasinya yang beragam akan membantu menenangkan kulit.

Sementara itu, kandungan beta karoten dan antioksidan dalam mugwort akan mampu memperbaiki sel kulit dan merangsang proses penyembuhan luka atau iritasi yang kamu alami.

Membuat Kulit Jadi Cerah Alami

Telah disinggung sebelumnya, kalau bahan alami satu ini sangat digadang-gadang karena kemampuannya dalam memberikan kulit rona alami.

Bahkan karena manfaatnya ini, mugwort dibilang akan menyaingi popularitas centella asiatica dalam dunia industry kecantikan.

Enggak heran juga, sih. Kalau mengingat kandungan vitamin C yang ada dalam bahan alami ini sangatlah tinggi. Sehingga produksi kolagen pada kulit akan jadi lebih maksimal, bahkan berbagai flek hitam dan warna kusam pada wajah dapat teratasi.

Melindungi Kulit dari Dampak Buruk Radiasi Sinar Matahari

paparan sinar matahari

Radiasi sinar matahari pada kulit mungkin bisa memberikan manfaat, kalau kamu mendapatkannya dengan kadar yang cukup, alias tidak berlebihan.

Namun, kalau yang terjadi sebaliknya, tentulah sinar matahari yang berlebihan ini akan membuat berbagai masalah kecantikan muncul di kulit wajah kamu.

Mulai dari dark spot atau flek hitam, kulit yang jadi kering dan kusam, hingga terjadinya sunburning. Tentu hal ini enggak hanya akan mengganggu penampilanmu, namun juga akan menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan menyakitkan.

Nah, untungnya ekstrak mugwort yang digunakan dalam skincare bisa membantu melindungi kulit dari berbagai dampak buruk yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari berlebihan.

Kandungan yang dimaksud adalah flavonoid, beta karoten, silika, hingga antioksidannya yang tinggi. Semua nutrisi ini akan memperkuat perlindungan kulit, dan menetralisir berbagai dampak buruk sinar UV pada kulit wajah kamu.

Merangsang Produksi Kolagen

Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang sangat dibutuhkan dan berpengaruh besar pada kesehatan serta penampilan kulit wajahmu.

Namun, seiring bertambahnya usia kamu, produksi kolagen pun akan kian menurun dan berkurang. Karenanya, kamu memerlukan skincare atau produk perawatan kecantikan yang mampu merangsang pembentukan kolagen.

Nah, untungnya manfaat mugwort untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah untuk merangsang produksi kolagen.

Dengan produksi kolagen yang terjaga, maka kulit wajahmu pun akan jadi awet muda, tampak lebih cerah, bahkan sehat terawat.

Mengoptimalkan Fungsi Skin Barrier

Lapisan pelindung kulit, atau yang lebih dikenal dengan nama skin barrier, memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan kulitmu. Terutama dari interferensi berbagai masalah eksternal, seperti polusi, sinar matahari, dan juga radikal bebas.

Untuk menjaga dan mengoptimalkan fungsi skin barrier ini kamu bisa menggunakan skincare dengan ekstrak mugwort. Sebab, kandungan antioksidan yang tinggi dalam bahan alami ini mampu mendukung fungsi utama skin barrier.

Tak hanya itu, kemampuannya yang melembapkan kulit pun bisa memperkuat skin barrier wajah. Agar tidak mudah kering, rapuh, bahkan menghilang dari lapisan epidermis.

Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dalam mugwort ini pun diketahui mampu melindungi kulit dari kerusakan sel-sel yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet, radikal bebas, juga polusi.

Kalau melihat dari penjelasan mengenai manfaat mugwort untuk kecantikan di atas, serta kandungan baiknya untuk kulit. Emang enggak mengherankan juga, kalau sampai kandungan ini sangat marak digunakan dalam produk kecantikan.

Nah, apakah kamu berniat mencoba skincare mugwort? Siapa tahu, kamu bisa seglowing dan secantik cewek-cewek Korea Selatan.

Well, selamat mencoba, beauty people!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment