Kaya Antioksidan, Yuk! Cari Tahu Manfaat Strawberry untuk Kecantikan

manfaat strawberry untuk kecantikan (1)

Penggunaan bahan-bahan alami kini menjadi tren dalam dunia kecantikan, bahkan bisa dibilang penggemarnya pun bertambah banyak seiring dengan berjalannya waktu.

Salah satu jenis bahan alami yang juga kerap digunakan dalam formula skincare adalah ekstrak buah-buahan, termasuk buah strawberry.

Buah yang memiliki rasa masam dan manis ini, diklaim mampu memberikan aroma dan sensasi menyegarkan ketika diaplikasikan pada kulit.

Benarkah, begitu? Sebenarnya, terlepas dari aromanya yang menyegarkan, buah strawberry ini memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kamu.

Nutrisi yang dimaksudkan antara lain vitamin, mineral, hingga antioksidan alami yang bisa membuat kulit kamu jadi lebih sehat dan cantik terawat.

Lantas apa saja sih nutrisi dan manfaat strawberry untuk kecantikan? Sampai-sampai buah yang satu ini kerap digunakan dalam berbagai formula produk kecantikan?

Yuk, cari tahu semua jawaban pertanyaan itu dengan membaca ulasan ini sampai habis! Jangan sampai terlewat, ya, Guys.

Kandungan dalam Strawberry yang Baik untuk Kecantikan

manfaat strawberry untuk kecantikan (2)

Telah disinggung sebelumnya, bahwa salah satu alasan yang membuat buah strawberry digunakan dalam berbagai produk kecantikan adalah karena nutrisinya yang sangat kaya.

Tak cuma vitamin C, buah ini pun menyimpan berbagai jeni vitamin dan mineral yang tak kalah pentingnya untuk tubuh dan kulit wajah kamu.

Penasaran apa saja kandungan yang dimaksudkan tersebut? Cek ulasan lengkap mengenai kandungan dalam buah strawberry, khususnya yang baik untuk kecantikan, berikut ini!

Folat (B9)

Kandungan pertama yang ditemukan dalam buah strawberry adalah folat (B9). Jenis vitamin B9 ini memiliki banyak manfaat untuk kulit wajahmu, termasuk untuk mendetoksifikasi racun yang ada pada jaringan kulit.

Tak hanya itu, folat pun dapat membantu mencegah dan mengatasi kemucnulan jerawat. Dengan menggunakannya sebagai perawatan wajah harian, folat akan membantu mengurangi kemunculan tanda penuaan pada kulit wajah kamu.

Vitamin C

Kamu pasti udah enggak kaget kalau tahu buah strawberry punya kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Yap! Kandungan yang bekerja sebagai antioksidan alami ini emang mendominasi dalam ekstrak strawberry.

Selain ampuh untuk menangkal radikal bebas, kandungan vitamin C pun bisa membantu memelihara keremajaan kulit. Yakni dengan melawan tanda penuaan, mencegah hiperpigmentasi pada wajah, pun merangsang produksi kolagen pada jaringan kulit.

Kalium

Selain kaya akan vitamin, dalam buah strawberry pun kamu dapat menemukan kandungan mineral yang tak kalah beragam. Salah satu jenis mineral itu adalah kalium.

Yap! Mineral yang sangat umum digunakan dalam ramuan skincare ini memiliki banyak fungsi untuk mempertahankan kecantikan kulit wajahmu.

Misalnya, kalium membantu menjaga keseimbangan kelembapan pada kulit dengan mengatur kadar air dalam sel tubuh.

Tak hanya itu, kalium pun dapat mengatur keseimbangan pH alami pada kulit. Dengan demikian, kulit enggak akan mudah mengalami kekeringan, maupun terlalu berminyak.

Vitamin B6

Jenis vitamin yang juga ditemukan dalam buah strawberry ini juga dikenal berperan dalam pembentukan asam amino dan baik untuk menjaga skin barrier kulit.

Seperti yang kamu tahu, skin barrier merupakan lapisan pelindung kulit yang sangat penting untuk dijaga. Sebab, ia merupakan garda terdepan yang bisa melindungi kulitmu dari berbagai dampak buruk yang disebabkan oleh stressor lingkungan.

Vitamin K

Apakah kamu memiliki masalah dengan bekas luka atau jerawat yang tak mudah hilang? Kamu bisa menggunakan ekstrak strawberry untuk mengatasinya.

Sebab kandungan vitamin K dalam buah strawberry dapat menjadi solusi efektif untuk membantumu menyamarkan bekas luka maupun jerawat dari wajah.

Tak hanya itu, vitamin ini pun terbilang ampuh dalam meringangkan lingkaran mata panda dan stretch mark, lho.

Vitamin E

Tak cuma vitamin C, dalam strawberry pun terkandung jenis antioksidan lain, yakni vitamin E. Jenis antioksidan alami ini mampu memebrikan sensasi menenangkan dan meredakan peradangan pada kulit.

Tak cuma itu vitamin E dapat mengembalikan keremajaan kulit yang sempat menghilang, seperti mencerahkan kulit kusam, mengatasi keriput dan garis halus, hingga membuat wajah jadi kian kencang.

Sebab, kandungan stroberry ini mampu merangsang produksi kolagen dan elastin yang sangat penting untuk membuat wajahmu jadi selalu tampak awet muda.

Asam Ellagic

Kandungan lain yang juga ditemukan dalam ekstrak buah stawberry adalah asam ellagic. Jenis asam satu ini mampu membantu membuat kulit wajahmu jadi lebih cerah dan bercahaya secara alami.

Sebenarnya, selain beberapa kandungan yang telah disebutkan di atas, buah strawberry masih memiliki beberapa nutrisi lainnya. Seperti ellagitannins, procyanidins, zat besi, dan mangan.

Yang kesemuanya juga berkhasiat baik untuk kesehatan tubuh, serta untuk kecantikan kulit kamu.

Manfaat Strawberry Untuk Kecantikan Kulit

manfaat strawberry untuk kecantikan

Setelah membaca berbagai jenis kandungan yang ada dalam buah strawberry di atas, kamu pasti udah bisa menebak beberapa manfaat dari bahan alami ini untuk kecantikan wajahmu.

Nah, tanpa perlu banyak basa-basi lagi, langsung cek beberapa manfaat strawberry untuk kecantikan berikut ini!

Mengontrol Produksi Minyak Berlebih

Sebenarnya, secara alami jaringan dan sel kulit memang bekerja untuk menghasilkan minyak alami yang dapat melembapkan diri mereka. Akan tetapi, kadang produksi minyak berlebih malah muncul berbagai masalah pada kulit.

Termasuk menjadikan wajah jadi lebih berminyak, pun bikin jerawat lebih mudah muncul. Untungnya, buah strawberry bisa memberikan solusi untuk masalah satu ini.

Kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi dapat membantu mengontrol produksi minyak yang berlebihan. Yakni dengan memberi nutrisi yang cukup pada kulit, merevitalisasi sel-sel yang bermasalah, dan mengangkat kelebihan minyak dari epidermis.

Tak hanya itu, kandungan asamnya yang tinggi pun membuat strawberry mampu mengecilkan pori-pori wajah. Hal ini kemudian akan berpengaruh pada volume sebum yang dikeluarkan dari dalam kulit kamu.

Membantu Menyamarkan Noda Hitam di Wajah

jenis jerawat (1)

Apakah kamu memiliki bekas luka dan jerawat yang susah hilang? Tenang, buah strawberry bisa membantumu menyamarkan noda hitam di wajah, lho!

Yap! Manfaat strawberry untuk kecantikan ini didapat dari kandungan vitamin C, E, dan asam ellegic yang dikandungnya.

Ketiga kandungan tersebut dapat bekerja bersamaan sebagai antioksidan alami dan membuat sel kulit jadi kian sehat.

Tak Cuma itu, kandungan-kandungan itu pun sangat ampuh dalam mengatasi hiperpigmentasi dan menyamarkan noda hitam pada wajah.

Bekerja sebagai Agen Anti Penuaan

mengatasi masalah penuaan

Apakah kamu termasuk orang yang sangat sering beraktivitas di luar ruangan? Atau malahan terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC?

Hati-hati, ya, karena kedua hal tersebut bisa menimbulkan penuaan dini pada kulit. Yap! Dengan membuat wajahmu jadi lebih kering, kusam, muncul keriput dan garis halus terlalu dini.

Lalu apa dong, yang perlu dilakukan untuk mencegah penuaan dini?

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi dari dalam, kamu pun bisa merawat kulit dengan skincare dengan ekstrak buah stroberi.

Sebab, bahan alami satu ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan berperan penting untuk melawan tanda-tanda penuaan agar tidak muncul secara premature.

Sementara itu, antosianin pada buah ini pun diduga dapat melindungi kulit wajah kamu dari proses oksidasi yang bisa menimbulkan penuaan dini. Misalnya dari paparan sinar matahari berlebih, polusi dan asap kendaraan, sisa makeup, hingga dinginnya AC.

Manfaat strawberry untuk kecantikan kulit wajah satu ini pun didapat dari kandungan vitamin C dan asam ellagic-nya, yang bisa merangsang produksi kolagen, merawat skin barrier, dan menyehatkan kulit wajah.

Meminimalisir Tampilan Mata Panda

mata panda

Girls, bekerja terlalu keras bahkan over time, juga sebenarnya sangat enggak dianjurkan buatmu. Selain enggak bagus untuk tubuh, hal ini pun akan memicu berbagai masalah kecantikan pada wajahmu, termasuk munculnya mata panda.

Lingkaran hitam pada area mata ini umumnya terjadi karena otot di area tersebut terlalu tegang, hingga menghambat aliran peradaran darah di bawah kulit.

Meski bisa hilang dengan sendirinya, kamu pun bisa mengatasi mata panda dengan menggunakan buah strawberry, lho.

Karena sifatnya yang menyegarkan, skincare dengan ekstrak buah ini akan mampu membuat tampilan mata pandamu jadi jauh lebih berkurang.

Tak cuma itu, kandungan vitamin C dan AHA yang ada dalam strawberry pun akan membantu memaksimalkan fungsi kulit, serta membuatnya tampak cerah dan lembut dengan alami.

Mengurangi dan Mengatasi Jerawat

skincare kulit berjerawat

Meski sangat umum terjadi, berurusan dengan jerawat selalu menjadi masalah yang cukup menyebalkan bagi sebagian orang.

Apalagi kalau kemunculan jerawat itu disertai dengan peradangan, kemerahan, atau rasa tidak nyaman. Pasti siapapun yang mengalaminya ingin segera mengatasi jerawat tersebut.

Salah satu penyebab kemunculan jerawat adalah penumpukan sebum, kotoran, dan sel kulit mati dalam pori-pori kulit.

Nah, untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan scrub wajah dengan ekstrak buah strawberry. Karena bahan alami ini mengandung vitamin C, AHA, asam salisilat, dan flavonoid yang mampu mengangkat kotoran menumpuk dari pori-pori, tanpa membuat kulit meradang.

Tak hanya akan mengurangi jerawat pada kulit, stroberi pun bisa mencegah kemunculannya kembali dengan menghambat perkembangan bakteri penyebab jerawat.

Menangkal Dampak Buruk Sinar Matahari

paparan sinar matahari

Selain dari radikal bebas, kebanyakan masalah kulit pun disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan.

Untuk melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari yang berlebihan ini, kamu bisa menggunakan skincare dengan ekstrak buah stroberi.

Kandungan ellagic acid, vitamin E, dan C yang tinggi dalam stroberi dapat bekerja sebagai antioksidan. Yang mampu mendukung kemampaun skin barrier dalam melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari.

Mencerahkan Wajah secara Alami

mencerahkan kulit

Tak hanya mengatasi bintik hitam, manfaat strawberry untuk kecantikan kulit lainnya adalah membuat wajah kamu cerah secara menyeluruh.

Hal ini karena buah strawberry diperkaya dengan kandungan antioksidan yang tinggi yang mampu merangsang produksi kolagen, sehingga membuat tampilan kulit jauh lebih bercahaya.

Manfaat strawberry untuk kecantikan memang sangatlah banyak, enggak heran buah satu ini sering digunakan dalam berbagai produk perawatan wajah.

Enggak hanya membantu merawat kecantikan alami kulit, bahkan buah strawberry pun bisa membantu mengatasi beberapa permasalahan kulit yang umum terjadi.

Nah, setelah mengetahui fakta ini apa kamu berminat menggunakan buah strawberry sebagai bahan rangkaian perawatan kecantikanmu?

Pokoknya, jangan lupa bagikan pendapatmu dan pengalamanmu soal merawat wajah dengan buah strawberry di kolom komentar, ya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, Guys!

About Author

Related posts

Leave a Comment