Efektif Menghidrasi Kulit, Cari Tahu Manfaat Cactus Fruit untuk Wajah Yuk!

manfaat cactus fruit untuk wajah (2)

Seiring dengan tren healthy skincare, kini kamu bisa dengan menggunakan berbagai jenis skincare yang menggunakan bahan organic dalam formulanya.

Bisa dari buah-buahan, sayuran, hingga jenis bunga-bunga tertentu. Salah satu jenis tanaman yang digunakan dalam skincare dan lagi nge-hype adalah cactus fruit.

Tanaman hias yang lucu ini diklaim memiliki banyak nutrisi yang mampu merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah kamu.

Mulai dari melembapkan kulit, menjadikannya tampak lebih segar, hingga membantu melawan masalah kecantikan tertentu.

Karenanya, enggak heran juga kalau menemukan tanaman ini dalam formula produk skincare tertentu.

Nah, tanpa berlama-lama, simak berbagai nutrisi dan manfaat cactus fruit untuk wajah berikut ini!

Kandungan dalam Cactus Fruit yang Baik untuk Kulit

manfaat cactus fruit untuk wajah (1)

Sebelum terlalu jauh membahas manfaat cactus fruit untuk wajah, enggak ada salahnya untuk mengetahui berbagai nutrisi yang dikandung dalam tanaman satu ini.

Sebab, salah satu hal yang membuat cactus fruit begitu marak digunakan dalam berbagai jenis skincare adalah nutrisinya yang cukup tinggi.

Kira-kira apa saja kandungan yang dimaksudkan di atas? Cek ulasan lengkap soal nutrisi dalam cactus fruit berikut ini, ya!

Vitamin A

Kandungan pertama yang ada dalam cactus fruit adalah vitamin A. Seperti yang diketahui, jenis vitamin satu ini emang punya banyak manfaat untuk kulit wajah.

Karenanya, vitamin yang juga dikenal dengan nama retinoid ini sangat sering digunakan dalam formula skincare.

Selain menutrisi dan menyehatkan kulit, vitamin A pun dapat melawan kemunculan tanda-tanda penuaan dini secara prematur pada kulit kamu.

Vitamin ini pun mampu memaksimalkan fungsi kulit, yakni dengan membuat proses produksi kolagen kian optimal, bekerja sebagai antiaging, dan pencerah wajah secara alami.

Vitamin C

Dalam kaktus pun terkandung vitamin C dengan kadar yang cukup tinggi. Vitamin ini dapat bekerja sebagai anti radikal bebas alami, yang bisa melindungi kesehatan kulit wajahmu.

Selain mampu meminimalisir kadar partikel radikal bebas dari tubuh. Vitamin C pun diketahui mampu memperkuat kesehatan kulit wajahmu, dengan merangsang produksi kolagen, menangkal dampak buruk paparan sinar matahari, mencerahkan wajah, hingga menurunkan risiko kanker.

Vitamin K

Selain baik untuk pencernaan dan kesehatan tubuh kita secara umum, vitamin K pun rupanya punya banyak khasiat untuk tubuh.

Kandungan yang juga banyak ditemukan dalam cactus fruit ini, dikenal mampu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit, dapat bekerja sebagai antioksidan alami, dan dapat membantu mencerahkan bagian kulit yang tampak gelap.

Kalsium

Selain berbagai jenis vitamin, dalam cactus fruit pun terdapat beberapa jenis mineral, termasuk kalsium.

Jenis mineral satu ini bisa membantu menjaga kesehatan kulit dengan mencegah atau meminimalisir risiko kanker kulit. Karena, kalsium dikatakan mampu mendorong produksi antioksidan dalam tubuh dan dapat mengatur pigmentasi kulit, agar bisa terlindungi dari paparan sinar matahari berlebihan.

Tak hanya itu, kalsium pun sangat baik untuk menjaga kulit agar terhidrasi dengan optimal. Karenanya, mineral ini bisa membantu wajahmu tidak mudah kering, lebih kenyal, bahkan tampak awet muda.

Asam Amino

Dalam cactus fruit pun terdapat kandungan asam amino yang cukup banyak. Seperti yang kamu ketahui, kandungan ini merupakan komponen senyawa yang menyusun protein dalam tubuh, termasuk pada kolagen dan elastin.

Dua jenis protein itu sangat berperan penting dalam menjaga kecantikan kulit wajahmu. Yakni menjadikannya cerah, kencang, dan tidak mudah muncul keriput ataupun kerutan halus.

Vitamin E

Selain vitamin C, cactus fruit punya senyawa antioksidan alami lain yang enggak kalah hebatnya, yakni vitamin E!

Tak cuma membantu meminimalisir dampak buruk partikel radikal bebas dari tubuh kamu, vitamin E pun mampu membantu menenangkan kulit dan mengurangi peradangan yang kamu alami. Ini karena vitamin E dapat membantu memperbaiki sel kulit yang bermasalah agar lebih sehat.

Vitamin ini pun bisa merangsang pembentukan kolagen, menjaga elastisitas kulit dengan membuatnya selalu lembap dan terhidrasi dengan baik.

Asam Linoleic

Kandungan yang juga ditemukan dalam cactus fruit ini mampu mengatasi peradangan pada kulit, serta meningkatkan kesehatannya secara umum.

Tak hanya itu, minyak ini pun mampu mencegah kemunculan beberapa masalah kulit, termasuk jerawat, eksim, psoriasis, dermatitis, hingga rosacea.

Berbagai Manfaat Cactus Fruit untuk Wajah

manfaat cactus fruit untuk wajah (6)

Setelah mengetahui nutrisi yang dikandungnya, kamu pasti enggak sabar pengen coba menggunakan produk dengan ekstrak cactus fruit sebagai perawatan harianmu, bukan?

Eits! Jangan gegabah dulu, Ladies. Mari cari tahu lebih banyak tentang berbagai manfaat cactus fruit untuk wajah berikut ini!

Membantu Melawan Kemunculan Tanda Penuaan

Apakah kamu tahu? Untuk selalu tampil sehat dan awet muda, kulit wajah kamu memerlukan senyawa dengan komponen antioksidan yang tinggi.

Meski pada dasarnya komponen ini bisa diproduksi secara alami pada kulit, kamu bisa memberikan tambahan antioksidan pada wajahmu dengan menggunakan skincare berekstrak cactus fruit.

Sebab, salah satu manfaat cactus fruit untuk wajah adalah mampu melawan kemunculan tanda penuaan dini, khususnya dengan bekerja melawan dampak buruk radikal bebas.

Kandungan antioksidan dalam cactus fruit pun disinyalir mampu mengurangi dan melawan pembentukan garis halus pada wajah, serta mencegah adanya keriput yang timbul.

Selain itu, air yang ada dalam cactus fruit pun memiliki senyawa flavonoid dan berbagai protein, yang bisa mencegah penuaan pada kulit wajah.

Kedua zat tersebutlah yang mampu membentuk sel-sel kulit baru, serta mengoptimalkan penyerapan nutrisi sampai pada lapisan epidermis kulit.

Mempertahankan Hidrasi Pada Kulit

Manfaat cactus fruit untuk wajah selanjutnya adalah mampu menjaga kelembapan pada kulit dan mengikat kadar air yang ada, agar tidak mudah menghilang.

Kemampuannya ini pun didukung dengan kandungan vitamin E yang sangat tinggi, sehingga kulit wajah jadi kian ternutrisi dan terhidrasi dengan baik.

Selain itu, kaktus pun diketahui mampu menyimpan air dalam volume yang tak sedikit. Ini juga yang membuat bahan alami ini mampu membuat wajahmu tampak segar dan menenangkan.

Membantu Meminimalisir Tampilan Mata Panda

Aktivitas kerja yang sangat panjang, terlalu lama di depan computer atau kebiasaan tidur yang tak teratur, pastinya akan membuat lingkaran hitam pada matamu tampak terlihat dengan jelas.

Untungnya, salah satu manfaat cactus fruit untuk wajah adalah membantu meminimalisir tampilan mata panda.

Kandungan air yang tinggi dan berbagai vitamin yang ada di dalamnya, membuat cactus fruit efektif menetralisir ketegangan di area sekitar mata dan membuat tampilan lingkaran hitam berkurang sedikit demi sedikit.

Mampu Menenangkan dan Mengurangi Peradangan

Apakah kamu memiliki tipe kulit wajah yang rentan iritasi? Misalnya mudah mengalami peradangan, kemerahan, bahkan membengkak?

Selain tipe kulit, beberapa faktor eksternal lain pun bisa menimbulkan peradangan pada kulit. Termasuk perubahan cuaca atau suhu lingkungan, hingga alergi terhadap kosmetik tertentu.

Untuk menangani gejala peradangan yang tidak mengenakkan ini, kamu bisa menggunakan cactus fruit sebagai salah satu penenangnya.

Bahan alami ini diketahi memiliki senyawa antiinflamasi yang cukup beragam, sehingga mampu meredakan peradangan yang kamu alami.

Tak hanya itu, kaktus pun memiliki kandungan analgesic properties untuk meredakan peradangan dan rasa sakit. Jika digabungkan, kulit wajah yang sedang meradang karena jarawat, luka, maupun alergi akan mereda karena sifat kaktus yang menenangkan.

Mencegah dan Mengatasi Komedo

Komedo merupakan jenis jerawat ringan yang sangat mudah muncul di wajah. Baik itu dikarenakan kandungan minyak berlebih pada kulit, penyumbatan pori-pori, hingga berbagai polusi yang menempel di wajah.

Meski tidak menimbulkan rasa sakit ataupun iritasi, komedo bisa mengganggu penampilan dan akan bertambah kian buruk jika tidak diatasi dengan baik.

Namun, kamu tak perlu khawatir sebab salah satu manfaat cactus fruit untuk wajah adalah mencegah dan mengatasi kemunculan komedo.

Bahan alami satu ini memiliki kandungan vitamin E dan mineral yang sangat tinggi sehingga mampu mendorong kesehatan kulit kamu, yakni dengan mengangkat kotoran dari permukaan kulit.

Tak hanya itu, kandungan linoleic acid yang ada di dalamnya pun mampu mengontrol produksi sebum dan mengecilkan pori-pori kulit.

Menutrisi dan Menyehatkan Sel Kulit

Manfaat cactus fruit untuk wajah yang sebenarnya adalah mampu menutrisi dan menyehatkan sel kulit secara umum. Bahkan, bahan alami ini diketahui mampu memulihkan sel-sel kulit yang bermasalah akibat paparan radikal bebas.

Wah! Enggak nyangka banget kan, kalau cactus fruit memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Bisa mencerahkan, menutrisi, menyegarkan, hingga memenangkan kulit yang mengalami peradangan.

Enggak heran juga kalau bahan alami satu ini kerap digunakan dalam berbagai formula produk perawatan wajah. Mulai dari essence, serum, moisturizer, bahkan skin booster juga menggunakan bahan eksotis satu ini, lho.

Apakah kamu sudah pernah mencobanya? Kasih tahu kami di kolom komentar, ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

manfaat emolien untuk kecantikan

Bantu Lembapkan dan Lindungi Kulit, Ini Manfaat Emolien untuk Kecantikan

Menjaga kelembapan kulit merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan kulit wajah, menghindarkannya dari kulit yang kering, mengelupas, maupun terasa kasar. Untuk menjaga kelembapan kulit ini sangatlah mudah, selain memenuhi asupan air yang cukup, kamu pun dapat menggunakan berbagai...

Continue Reading

Leave a Comment