Bikin Lembut dan Glowing, Intip Manfaat Jamur Truffle untuk Kecantikan Ini

manfaat jamur truffle untuk kecantikan

Selain emas, tahukah kamu ada bahan kosmetik lainnya yang tak kalah mewah dan mahalnya? Yap! Jawabannya adalah jamur truffle.

Meski, jika dibandingkan dengan bahan alami lainnya, seperti ginseng, centella asiatica, maupun aloe vera, truffle sangat jarang disebut-sebut karena khasiatnya untuk kecantikan.

Bahan alami ini umumnya memang dikenal sebagai bahan utama dalam sajian-sajian eksklusif di restoran ternama.

Truffle atau khususnya white truffle merupakan jenis jamur liar nan langkah dengan harganya yang sangat fantastis. Gimana enggak? Per kilonya, jamur truffle bisa dibandrol lebih dari tiga puluh juta rupiah, lho!

Sebab, jamur ini termasuk sangat susah dibudidayakan, sehingga populasinya pun kian menurun dari waktu ke waktu.

Seperti yang telah dijelaskan singgung sebelumnya, jamur truffle memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah.

Bahan ini diketahui mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh kulit wajah kamu. Seperti vitamin, mineral, hingga protein yang cukup beragam.

Penasaran apa saja manfaat jamur truffle untuk kecantikan kulit dan apa saja kandungan yang ada di dalamnya? Yuk, simak ulasan berikut ini sampai tuntas, ya, Ladies.

Kandungan dalam Jamur Truffle yang Baik untuk Kecantikan

manfaat pitera (5)

Telah disinggung sebelumnya, bahwa white truffle memiliki banyak kandungan yang dapat mencukupi kebutuhan kulit wajahmu.

Apa saja kandungan yang dimaksudkan tersebut? Langsung baca uraiannya sampai habis, ya, Ladies!

Vitamin C

Salah satu jenis kandungan yang ditemukan dalam jamur white truffle adalah vitamin C. Ya, jenis antioksidan alami satu ini emang memiliki banyak manfaat untuk menjaga vitalitas kulit wajahmu tetap optimal tiap saat.

Gimana enggak? Kandungan ini dapat melawan radikal bebas dari tubuh dan membantu menetralisir dampak buruknya dari kulit wajah serta tubuh kamu.

Tak cuma itu, vitamin C pun dikenal karena kemampuannya dalam menjaga keremajaan kulit. Yakni dengan mendukung fungsi kulit dan mendorong produksi kolagen dalam tubuh.

Karenanya, berbagai tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus bisa dilawan, bahkan disamarkan oleh vitamin C ini.

Yang lebih kerennya lagi, vitamin C pun dapat membantumu melawan hiperpigmentasi kulit, dengan mencerahkan bagian wajah yang tampak gelap maupun secara keseluruhan.

Vitamin B

Selain vitamin C, jenis vitamin lain yang ditemukan dalam jamur white truffle adalah beberapa varian vitamin B.

Seperti yang kamu ketahui, vitamin B pun diketahui memiliki banyak jenis dan kesemuanya dapat membantu merawat kecantikan kulit.

Jenis vitamin B yang dikandung jamur white truffle antara lain vitamin B6 dan B12. Keduanya, bisa membantu menjaga kelembapan alami pada kulit agar tidak mudah hilang dan terjaga seharian.

Lebih khususnya, vitamin B6 bisa berperan penting dalam pembentukan protein yang ada pada kulit. Seperti elastin dan kolagen, yang keduanya bekerja untuk menjaga keremajaan kulit dan membuatnya selalu kencang.

Sementara itu, vitamin B12 mampu menghidrasi kulit dan mengikat kelembapan alaminya agar tidak mudah hilang. Tak hanya itu, vitamin ini pun bisa membantu mencerahkan kulit dengan melawan hiperpigmentasi yang terjadi.

Vitamin B12 mengatur formasi sel kulit, sehingga dapat mengontrol proses pigmentasi yang ada pada kulit wajah kamu.

Kalsium

Tak cuma dibutuhkan dalam pertumbuhan tulang dan gigi, jenis mineral satu ini pun berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah kamu.

Kalsium termasuk mineral yang juga banyak ditemukan dalam lapisan epidermis, yang rupanya juga dapat bekerja untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit. Sehingga membuat wajah terhidrasi dengan baik, tampak lebih sehat, dan kencang.

Potasium

Tak jauh beda dengan kalsium, potasium pun bisa membantu kulitmu jadi lebih sehat dan terawat.

Mineral satu ini mampu mengatur kadar air dalam sel tubuh, sehingga membuat wajah tak mudah dehidrasi maupun kering.

Selain itu, potasium dapat mendukung fungsi sel agar bekerja normal. Yang artinya, jika kamu kekurangan mineral ini, maka dapat menyebabkan kulit kering dan timbul berbagai masalah kecantikan lainnya.

Selain beberapa kandungan yang telah disebutkan di atas, white truffle memiliki berbagai nutrisi lain yang juga tak kalah pentingnya untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Misalnya senyawa antioksidan dan antiinflamasi, yang mampu mengembalikan kesehatan kulit dan menutrisinya dengan lebih baik.

Berbagai Manfaat Jamur Truffle untuk Kecantikan

manfaat jamur truffle untuk kecantikan

Setelah mengetahui berbagai kandungan dalam jamur white truffle di atas, kamu pasti kian penasaran dan tak sabar ingin mencoba menggunakan bahan alami ini untuk perawatan wajahmu.

Well, sebaiknya tahan dulu. Sebab, sayang banget kalau kamu melewatkan berbagai manfaat jamur truffle untuk kecantikan berikut ini.

Memperhalus Tekstur Kulit Wajah

Manfaat jamur truffle untuk kecantikan yang pertama adalah mampu membuat kulit wajah kamu agar lebih halus dan mulus.

Khasiatnya ini didapat dari kandungan vitamin C, kalsium, potassium, dan micronutrient lain yang mampu membantu menghidrasi kulit dan membuat permukaan kulit jadi lebih lembut.

Bahkan, pada vitamin  C, yang pada dasarnya sebagai antioksidan alami, mampu membuat pori-pori wajah lebih kecil. Sehingga, permukaan kulit pun akan tampak lebih halus dan kencang.

Tak cuma itu, kandungan dalam truffle ini pun akan membantu proses pemulihan sel kulit yang bermasalah akibat radikal bebas. Sampai dapat berfungsi normal dan sehat kembali, yang tentunya akan sangat berpengaruh pada penampilan kulit.

Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati

Menumpuknya sel kulit mati di permukaan kulit dapat membuat wajah menjadi tampak kusam, dan berpeluang besar memicu kemunculan komedo ataupun jerawat.

Karenanya, kamu harus rajin membersihkan kulit dan mengangkat sel-sel yang tua itu sebelum terlalu menumpuk.

Untungnya, salah stau manfaat jamur truffle untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit.

Dengan kandungan polisakarida yang dimilikinya, white truffle terbukti ampuh bekerja untuk membersihkan sel kulit mati dari kulit. Bahkan, dapat membantu mengangkat sisa kotoran dan makeup yang menempel di kulit wajahmu, lho.

Selain itu, kandungan antioksidannya yang tinggi mampu membantu merangsang pembentukan sel kulit yang jauh lebih sehat. Sehingga proses eksfoliasi akan lebih efektif lagi dan dapat memberikan efek yang sangat signifikan pada kesehatan kulit wajahmu.

Meningkatkan Kecerahan Kulit

Tak Cuma menjaga kesehatan kulit, white truffle pun bisa membuat wajah kamu jadi lebih cerah dengan menggunakannya sebagai perawatan yang rutin.

Kemampuannya ini didapatkan dari kandungan vitamin C dan antioksidan lainnya, yang mampu memberikan efek mencerahkan pada kulit secara alami.

Tak cuma itu, bahan ini pun dikenal ampuh menyamarkan berbagai noda hitam yang ada di wajah. Termasuk yang disebabkan oleh jerawat, paparan sinar matahari berlebihan, hingga karena bekas luka yang tak kunjung menghilang.

Mencegah Munculnya Gejala Penuaan pada Kulit

Salah satu yang membuat jamur truffle wajib kamu pertimbangkan sebagai bahan perawatan wajah adalah kemampuannya untuk mencegah kemunculan gejala penuaan pada kulit, terlebih yang datang lebih dini.

Kombinasi dari kandungan B3, B6, dan B12 yang ada pada jamur truffle mampu menjaga kelembapan alami kulit dan memelihara protein yang dibutuhkan untuk menjaga kecantikannya.

Khususnya, niacin (vitamin B3) mampu mencerahkan wajah dan mengikat kelembapan alami pada kulit agar tidak mudah menghilang. Hal inilah yang akhirnya membuat wajah jadi tampak lebih kencang, sehat, cerah dan segar.

Pun kandungan vitamin B6 dan B12, yang mampu berkerja bersamaan untuk melawan kemunculan berbagai tanda penuaan pada kulit. Termasuk keriput, garis halus, kulit yang jadi kendor, hingga munculnya bintik-bintik hitam di sekitar pipi.

Setelah mengetahui berbagai manfaat jamur truffle untuk ekcantikan di atas, apakah kamu berniat untuk menggunakannya sebagai perawatan kecantikan?

Kamu enggak perlu menggunakan atau membeli jamurnya, melainkan langsung menggunakan produk skincare olahan jamur truffle secara langsung.

Harganya pun enggak akan semahal kamu membeli jamur tersebut dalam keadaan utuh. Dan pastinya pemakaiannya pun jadi lebih praktis.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment