Deretan Manfaat Cokelat untuk Kecantikan, Bikin Wajah Kian Kinclong!

manfaat cokelat untuk kecantikan (2)

Bagi pecinta dessert, cokelat pasti bukan menjadi hal yang baru. Apalagi, kalau mengingat rasa pahit manisnya yang sangat menggoda, pasti yang tebayang hanyalah berbagai jenis kue-kuean, es krim, dan berbagai hidangan penutup lainnya.

Meski seringnya diolah sebagai hidangan penutup, tahukah kamu kalau cokelat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit kamu?

Ya, cokelat hitam diam-diam rupanya menyimpan berbagai manfaat untuk kecantikan kulit. Ini dikarenakan kandungan nutrisinya yang sangat beragam, seperti vitamin, mineral, kafein, hingga antioksidannya yang tinggi.

Penasaran apa saja manfaat cokelat untuk kecantikan kulit? Cek ulasan lengkapnya di bawah ini, ya, Ladies!

Kandungan dalam Cokelat Hitam yang Baik untuk Kecantikan

manfaat cokelat untuk kecantikan (1)

Enggak hanya mengenal manfaatnya, kamu pun perlu tahu lebih banyak mengenai berbagai kandungan yang ada dalam cokelat hitam.

Sebab, kandungan-kandungan inilah yang akan membantu merawat dan mempertahankan kecantikan kulit wajahmu secara alami.

Nah, tanpa perlu banyak basa-basi lagi, yuk cek kandungan dalam cokelat hitam yang baik untuk kecantikan berikut ini!

Kalsium

Kandungan dalam cokelat yang pertama adalah kalsium. Ya, mineral satu ini memang sangat terkenal untuk membantu perkembangan tulang dan gigi.

Namun, lebih dari itu, kalsium juga bisa berperan sangat penting untuk menjaga kecantikan kulit wajah dan tubuhmu.

Kalsium berguna untuk menghidrasi kulit dan menguncinya agar tidak mudah menghilang. Akhirnya kulit akan segar sepanjang hari.

Kalium

Selain kalsium, kamu pun dapat menemukan kandungan kalium dalam cokelat. Mineral ini sangat bermanfaat untuk menjaga kadar air dalam sel tubuh, termasuk pada kulit.

Mineral yang juga merupakan elektrolit ini pun sangat umum digunakan sebagai formulasi produk perawatan kecantikan.

Sebab, kalium dapat menjaga kelembapan kulit, memaksimalkan fungsi perlindungan kulit, dan menjaga pH dalam tubuha agar tetap seimbang.

Zinc

Zinc merupakan kandungan yang bisa juga kamu temukan dalam cokelat. Zinc atau seng juga dikenal ampuh dalam mengontrol kadar minyak pada kulit wajah kamu, mendukung proses penyembuhan jerawat, hingga mengatasi luka yang diakibatkan jerawat meradang.

Selain itu, mineral ini juga dapat mendukung pembentukan membran sel dan protein, antiperadangan, dan memberikan perlindungan kulit dari sinar UV.

Kafein

Cokelat hitam memiliki rasa yang pahit, ini dikarenakan kandungan kafeinnya yang cukup tinggi.

Selain memberikan rasa pahit yang lezat, sebenarnya kafein juga bisa membantu merawat kecantikan kulit wajahmu, lho!

Ya, kandungan ini mampu menjadikan wajah lebih cerah dengan mengangkat sel kulit mati, menghidrasinya, dan mendorong proses regenerasi sel kulit.

Tak hanya itu, kafein pun bisa digunakan untuk menagatsi mata panda, menennagkan peradangan, dan membuat kulit jadi tampak awet muda selalu.

Vitamin

Selain berbagai jenis mineral yang telah disebutkan di atas, kamu pun dapat menemukan beragam vitamin dalam cokelat.

Cokelat mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, B, E, dan K. Yang semuanya juga sangat baik untuk merawat kecantikan kulit kamu.

Supaya lebih jelas, simak manfaat kandungan vitamin dalam cokelat berikut ini, ya, Ladies!

Vitamin A

Dikenal sebagai retinoid, jenis vitamin satu ini laris banget dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik.

Sebab vitamin A dapat membantu meningkatkan kecerahan kulit, menjaganya agar tetap sehat, dan merawat keremajaan kulit.

Vitamin A dapat mendorong produksi kolagen dan mempercepat proses regenerasi sel kulit yang lebih sehat. Sehingga, sel-sel kulit yang sudah tua dan bermasalah dapat terangkat, kemudian digantikan dengan yang baru serta lebih sehat.

Vitamin B

Vitamin B memiliki beberapa varian, yang juga mengandung berbagai manfaat berbeda-beda.

Namun, secara umum vitamin B bekerja melindungi kesehatan kulit dengan memberikannya hidrasi yang cukup dan mengunci kelembapan alami kulti agar tidak mudah menghilang.

Karenanya, wajah pun akan jadi lebih sehat, tidak mudah kering, dan selalu tampak kencang meski usia kian bertambah.

Vitamin E

Kamu pasti udah enggak asing dengan jenis vitamin  satu ini, apalagi ia sudah sangat sering digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan.

Ya, vitamin E merupakan salah satu jenis antioksidan alami yang sangat baik jika digunakan untuk merawat kesehatan kulit, baik dari dalam hingga ke lapisan terluar kulit kamu.

Vitamin E dapat menutrisi, memperbaiki sel yang bermasalah, menjadikan kulit lebih tehidrasi dan terasa lembut, serta melindunginya dari berbagai dampak buruk yang disebabkan oleh sinar UV dan radikal bebas.

Antioksidan

Tak hanay didominasi oleh vitamin dan mineral, dalam cokelat pun terkandung berbagai jenis antioksidan yang baik buat kesehatan kulit kamu. Seperti flavonoid, polifenol, dan katekin.

Senyawa antioksidan memang memiliki peranan besar dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Sebab, mampu menangkal dampak buruk radikal bebas dan mengembalikan vitalitas sel atau jaringan kulit yang bermasalah.

Bahkan, antioksidan pun telah diketahui ampuh menjaga kulit kamu agar selalu awet muda. Yakni dengan menghalangi kemunculan keriput, hiperpigmentasi, memelihara elastisitas kulit, dan memperkuat fungsi skin barrier.

Berbagai Manfaat Cokelat untuk Kecantikan Kulit

clay mask

Kalau dilihat dari berbagai kandungan yang dimilikinya, enggak heran juga ya kalau kamu bisa menjumpai banyak produk kecantikan yang menggunakan cokelat sebagai bahan dasar maupun campuran dalam formulanya.

Kandungan-kandungan inilah yang akhirnya dapat bekerja dan membuat manfaat cokelat untuk kecantikan kulit jadi sangat beragam. Ketahui ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Mampu Mendetoksifikasi Racun

Sebagai orang yang sering beraktivitas di luar ruangan dan menghabiskan banyak waktu untuk bekerja, kulitmu rentan terkontaminasi polusi, debu, serta beragam kotoran lainnya.

Kotoran-kotoran ini pun bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan kulit wajahmu. Karenanya, kamu perlu bekerja untuk mendetoksifikasi atau membuang racun yang ada, salah satunya dengan menggunakan cokelat.

Ya, manfaat cokelat untuk kecantikan ini didapat dari kandungan kafein yang dimilikinya. Sehingga, berbagai racun yang menempel pada wajah akan terangkat dan terdorong keluar dari bagian dalam kulit.

Akhirnya, wajah akan terebas dari berbagai masalah kecantikan, khususnya yang disebabkan oleh paparan racun yang menempel akibat polusi ataupun kosmetik yang kamu kenakan.

Membantu Menghidrasi Kulit Wajah

Manfaat cokelat untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu menghidrasi kulit wajah dengan optimal. Hal ini sangat perlu kamu perhatikan, sebab untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat kamu perlu menjaga kelembapannya.

Cokelat mengandung berbagai jenis mineral yang mampu menghidrasi dan mengunci kelembapan alami kulit, mengatur kadar air dalam tubuh, dan menjaga pH yang ada agar seimbang.

Tak hanya itu, vitamin B yang dikandung cokelat pun dikenal sebagai pelembap alami yang baik untuk kulit. Bahkan, salah satu varian vitamin B pun diketahui ampuh menghidrasi, menenangkan, hingga menjaga keremajaan dan elastisitas kulit wajah.

Dapat Menutrisi Kulit Wajah dengan Optimal

Tak disangka-sangka, cokelat juga bisa membantu wajahmu jadi tambah memesona dengan memberikan nutrisi optimal pada kulit.

Hal ini pulalah yang akhirnya merangsang dan mendorong proses regenerasi sel-sel baru pada kulit wajah. Kandungan vitamin yang ada dalam cokelat, magnesium, serta zat besi diketahui dapat melindungi dan merawat kulit dengan maksimal.

Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan menggunakan cokelat sebagai masker wajah alami, ataupun menggunakan skincare yang menggunakannya sebagai bahan dasar.

Meningkatkan Kecerahan Kulit

Apakah kamu memiliki masalah dengan kulit yang tampak kusam dan terasa kering? Well, jangan khawatir, Guys! Sebab, cokelat bisa membantumu mengatasinya.

Manfaat cokelat untuk kecantikan ini didapat dari kandungan vitamin A dan E yang dimilikinya. Kedua vitamin ini dapat bekerja sebagai antioksidan alami dan membantu menjaga kulit dari berbagai dampak buruk dari sinar UV, termasuk masalah hiperpigmentasi.

Selain itu, vitamin A pun telah lama popular karena kemampuannya dalam meningkatkan kecerahan kulit dengan signifikan. Khususnya dengan bekerja mendorong produksi kolagen, mempercepat regenerasi kulit, hingga membantu mengangkat kulit mati penyebab warna kusam.

Tak hanya itu, kandungan kafein dalam cokelat pun dikenal dapat membantu menghambat proses pigmentasi kulit, sehingga wajahmu enggak akan mudah jadi kusam.

Mengatasi Jerawat dan Menghilangkan Bekasnya

Siapa yang menyangka, kalau manfaat cokelat untuk kecantikan lainnya juga termasuk mengatasi dan menghilangkan bekas jerawat dari wajah?

Nah, cokelat mengandung antioksidan dan vitamin A yang cukup banyak. Keduanya berperan aktif dalam membantu memperbaiki kondisi kulit yang bermasalah, termasuk dalam mempercepat proses pemulihan kulit berjerawat.

Vitamin A sendiri diketahui dapat mendorong pengelupasan kulit, membantu mengangkat kotoran dari wajah, memperkecil pori-pori, hingga mempercepat proses pengeringan jerawat.

Hal inilah yang kemudian membuat jerawat jadi lebih cepat sembuh dan teratasi dengan baik. Sementara itu, kandungan vitamin E akan membantu menghidrasi dan menenangkan kulit selama proses penyembuhan berlangsung.

Manfaat cokelat untuk kecantikan ini pun akan semakin lengkap, karena bisa membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas jerawat dari permukaan kulit juga.

Membersihkan Pori-pori Wajah

Tahukah kamu kalau kotoran yang menumpuk pada pori-pori wajah bisa menimbulkan berbagai masalah pada kulit? Ya, masalah itu seperti komedo, jerawat, hingga iritasi tertentu.

Nah, untuk menghindari berbagai permasalah yang telah disebutkan itu kamu bisa menggunakan cokelat sebagai perawatan wajah, khususnya sebagai masker alami.

Kandungan kafein dan vitamin A-nya, dikenal sebagai eksfoliator yang sanga baik. Sehingga mampu mengangkat dan membersihkan hingga ke dalam pori-pori kulit.

Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Tanda penuaan pada kulit enggak hanya muncul karena umur kita kian bertambah, melainkan disebabkan juga karena paparan radikal bebas dan kebiasaan hidup yang buruk.

Nah, untuk mengatasi kemunculan tanda-tanda penuaan ini secara premature, kamu perlu menggunakan perawatan wajah khusus yang bisa melawannya. Misalnya dengan menggunakan skincare yang berkandungan cokelat.

Ya, bahan alami satu ini didapatkan dari kandungan antioksidannya yang sangat tinggi, sehingga ampuh menyamarkan dan melawan berbagai bentuk tanda penuaan kulit. Seperti keriput, garis halus, hiperpimentasi, dan masih banyak lainnya.

Menenangkan dan Menyegarkan Kulit

Paparan polusi dan sinar matahari berlebih, bisa memicu tekanan pada wajah kita. Membuatnya terasa lengket, tidak nyaman, dan bahkan kadang merasa gatal.

Nah, untuk mengembalikan kesegaran kulit ini kamu bisa menggunakan cokelat sebagai masker organic dan memakainya secara rutin.

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam cokelat akan membantu kulit mendapatkan hidrasi optimal agar tetap lembap, sehingga bisa menjaganya tampak segar sepanjang hari.

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Radiasi sinar UV merupakan penyumbang terbesar dari berbagai masalaha kecantikan yang sangat umum terjadi dan dialami banyak orang. Mulai dari hiperpigmentasi, iritasi, sunburning, dan masih banyak lainnya.

Kabar baiknya, cokelat mengandung senyawa triptofan yang berperan penting dalam memberikan perlindungan pada kulit dari sinar ultraviolet, polusi, dan pengaruh cuaca yang buruk.

Itu adalah berbagai manfaat cokelat untuk wajah yang wajib kamu ketahui agar tidak ketinggalan. Apakah kamu berniat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan alami satu ini?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment