Multifungsi dan Kaya Nutrisi, Serum Wajah Jadi Produk Skincare yang Wajib Kamu Miliki

serum wajah

Bagi para penggemar skincare pasti produk satu ini tidaklah asing lagi. Apalagi serum wajah hingga kini jadi produk skincare yang paling banyak digemari dan cukup populer digunakan untuk menjaga kesehatan serta kecantikan kulit wajah.

Hal ini dikarenakan serum wajah kaya akan nutrisi dan bahan-bahan aktif tertentu yang dapat memberikan efek baik pada kulit. Misalnya terdapat kandungan antioksidan  dan peptida, yang sangat berguna untuk memelihara dan meremajakan kulit.

Tak hanya itu, sifatnya yang ringan dan mudah menyerap ke bagian paling dalam kulit membuatnya semakin digemari. Dengan demikian kandungan yang ada dapat terserap dengan efisien dibanding produk skincare lainnya.

Dengan demikian serum sangat ideal untuk mengatasi beberapa masalah kulit sekaligus. Termasuk mengatasi jerawat, kulit kering, hingga penuaan dini.

Karena peranan serum yang sangat penting itu, Ladies. Akan lebih baik kamu memasukkan serum ke dalam rangkaian skincare harianmu.

Nah, agar kamu dapat menuai manfaat maksimal dari penggunaan serum wajah. Akan lebih baik kalau kamu mengenal serum wajah dengan lebih baik. Mulai dari kandungan, manfaat, cara pemakaian, hingga tips-tips lainnya.

Penasaran enggak? Yuk, baca ulasan ini sampai habis!

Jenis Serum Wajah yang Harus Kamu Ketahui

sample skincare (1)

Seiring dengan popularitasnya yang kian meroket, serum wajah hadir dengan berbagai inovasi. Dengan demikian, diharapkan produk serum wajah dapat digunakan oleh semua jenis kulit dengan aman.

Nah, di bawah ini ada jenis-jenis serum wajah dilihat dari bahan dasar yang digunakan. Serta jenis kulit apa saja yang cocok menggunakan jenis produk serum wajah berikut ini.

Water Based Serum

Jenis sekaligus versi pertama dari produk serum wajah adalah yang berbahan dasar air. Jenis ini memiliki tekstur yang lebih ringan, namun kandungan nutrisinya tak kalah banyak.

Untuk orang berkulit berminyak cocok banget menggunakan serum dengan bahan dasar air. Yang akan sangat bermanfaat karena tidak akan membuat produksi minyak pada wajah semakin banyak.

Oil Based Serum

Pemilik kulit kering dan sensitif, bisa deh pilih jenis serum yang satu ini. Karena oil based serum bisa memberikan kelembapan ekstra untuk kulitmu yang mengalami dehidrasi.

Berbagai nutrisinya juga bisa membantu kulitmu terhidrasi dengan baik. Juga bisa mengembalikan kondisi kulitmu agar tampak lebih sehat dan fresh.

Kandungan-kandungan yang Ada dalam Serum Wajah

kandungan skincare kulit sensitif

Berbagai manfaat yang kamu dapatkan saat menggunakan serum diperoleh dari bahan-bahan aktif yang dijadikan formula pada produk ini. Berikut ada beberapa kandungan yang umumnya digunakan dalam produk serum wajah.

Asam Glikolat

Merupakan bahan aktif yang berfungsi mempercepat pergantian sel kulit mati, sehingga bisa melembutkan dan memberikan efek cerah pada kulit.

Asam glikolat juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan kulit terluar. cara kerja ini akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru, sehingga membuat kulit lebih halus dan lebih cerah.

Hyaluronic Acid

Asam hialuronat berfungsi menahan air di dalam jaringan ikat dan kulit. Di dalam tubuh, senyawa yang juga dikenal sebagai hyaluronan ini mampu menahan air hingga ribuan kali melebihi aslinya.

Hal ini memungkinkan air untuk tetap berada dalam jaringan dan tidak menguap ke luar tubuh. air adalah pelumas alami yang membuat jaringan tubuh selalu lembap, bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan terlindung dari kerusakan.

Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu sumber antioksidan yang baik. Bahan yang sangat mudah ditemukan dalam buah-buahan ini dapat mencegah dan melindungi kulit dari berbagai kerusakan yang diakibatkan radikal bebas.

Dengan demikian, vitamin C dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Enggak hanya itu, fungsi utama vitamin C juga menunjang produksi kolagen, lho. Yang sangat berguna untuk menjaga kecantikan kulit.

Vitamin E

Vitamin E sudah sangat dikenal dengan khasiatnya untuk menjaga dan melindungi kesehatan kulit. Oleh sebab itu, bahan alami satu ini sangat sering digunakan dalam formula-formula produk skincare, termasuk serum wajah.

Vitamin E memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, mulai dari meremajakan kulit, menghilangkan keriput dan mengencangkan kulit. Hal ini karena vitamin E dapat merangsang produksi kolagen di kulit kita.

Asam Salisilat

Kandungan yang satu ini juga sangat berperan penting dalam formula serum. Yakni dapat bekerja dan meningkatkan kelembapan kulit. Bahkan asam salisilat juga sangat membantu untuk mempermudah proses eksfoliasi sel kulit mati.

Untuk mengatasi jerawat, asam salisilat dapat membersihkan pori-pori wajah. Sehingga tidak ada sebum dan kotoran yang tersumbat, lalu memunculkan masalah kulit lainnya.

Benzoyl Peroxida

Merupakan bahan aktif yang bekerja dengan mengurangi peradangan, membunuh bakteri penyebab jerawat dan membuka pori-pori kulit yang tertutup.

Manfaat Serum Wajah untuk Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Melembabkan Kulit

Karena mengandung bahan-bahan aktif yang sangat diperlukan untuk kulit, serum wajah dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan kulit. Termasuk untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul di wajah kita.

Agar semakin tahu, baca berbagai manfaat serum wajah untuk kesehatan dan kecantikan kulit di bawah ini, ya!

Mengurangi Bintik Hitam pada Wajah

Siapa yang  merasa risih karena memiliki bintik-bintik hitam pada wajah? Apalagi kalau hal itu adanya bukan karena faktor alami seperti keturunan. Melainkan karena paparan sinar matahari dan bertambahnya usia.

Serum wajah bisa menjawab masalah kulit yang satu ini. Kandungan yang ada dalam produk serum wajah dapat menyamarkan bintik hitam pada kulit.

Melawan Munculnya Tanda-tanda Penuaan Dini

melembutkan kulit

Dengan menggunakan serum wajah secara rutin kamu bisa melawan munculnya tanda-tanda penuaan dini lho. Seperti mengurangi munculnya kerutan dan membuat wajah tampak kenyal.

Hal ini dikarenakan dalam serum wajah terdapat kandungan hyaluronic acid dan vitamin C. Yang keduanya merupakan kunci dalam memerangi penuaan dini pada kulit wajah.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hyaluronic acid telah terbukti dapat memperlambat penuaan dini. Sebab kandungan ini mampu memperbaiki sel kulit yang telah rusak.

Mampu Mengencangkan Kulit Wajah

khasiat daun sirih untuk wajah

Manfaat lain dari serum wajah adalah dapat meningkatkan elastisitas kulit. Dengan demikian wajahmu jadi tampak lebih kencang dan enggak akan ada keriput-keriput yang berani muncul.

Apalagi saat kita beranjak dewasa, kulit akan secara bertahap akan kehilangan kelembapan dan menjadi kendor. Terutama di daerah-daerah sensitif, yakni pada tulang pipi atau di bawah mata.

Mengencangkan kulit bisa juga menjadi manfaat serum wajah. Saat usia semakin bertambah, maka secara perlahan kulit kita juga akan kehilangan kelembapan dan akhirnya jadi keriput.

Mengatasi Masalah Jerawat

penyebab kulit sensitif

Serum wajah juga banyak diformulasikan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, salah satunya untuk jerawat. Terutama kandungan benzoil peroksida dan asam salisilat yang mampu membantu menghilangkan jerawat di wajah.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa kedua zat tersebut secara umum sangat berguna untuk mengatasi masalah jerawat.

Dapat Membersihkan Pori-pori Kulit

Penggunaan serum dengan teratur dapat membantu membersihkan pori-pori kulit, yakni dengan membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan demikian sebum dan kotoran tidak akan tersumbat dalam pori-pori wajah kamu.

Kandungan AHA dan BHA, seperti asam laktat dan malat dapat melapisi kulit kembali agar terasa lebih halus merata. Dengan demikian kulitmu akan tampak lebih lembut dan sehat.

Say “Goodbye” pada Kulit Kusam

Karena bertambahnya usia dan sering terpapar polusi membuat pancaran cahaya pada kulit akan meredup. Sehingga kulit wajah akan terlihat kusam dan tidak bercahaya.

Nah, hal ini dapat diatasi dengan baik saat kamu rajin menggunakan serum wajah. Karena formula dalam serum dikenal bermanfaat untuk merangsang regenerasi sel kulit baru sehingga dapat memulihkan kulit yang sudah terlanjur kusam.

Mengembalikan Kecerahan Kulit Wajah

Manfaat Produk Perawatan

Serum wajah juga sangat berguna untuk mengembalikan kecerahan kulit wajahmu, lho. Hal ini dikarenakan dalam serum wajah terdapat kandungan asam kojic. Yang dikenal mampu mengobati masalah bintik hitam tanda penuaan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asam kojic berperan sebagai agen anti pencerah dengan memperlambat produksi melanin (pigmen coklat).

Dengan penggunaan yang teratur, asam kojic dapat membuat kulit kamu lebih  kuat terhadap sengatan matahari sehingga wajah tetap cerah.

Membantu Kulit Agar Tetap Terhidrasi dengan Baik

Yang satu ini bisa dibilang jadi manfaat utama dari penggunaan serum wajah, yakni membuat kulit senantiasa lembap dan tidak mudah dehidrasi.

Hal ini dikarenakan kandungan yang terkandungan dalam serum wajah yang dipercaya dapat mengatasi masalah kulit kering. Misalnya hyaluronic acid yang sangat efektif untuk melembapkan kulit wajah.

Kandungan asam hyaluronik yang dipakai dalam sejumlah formula serum wajah dipercaya dapat mengatasi masalah kulit kering dan sensitif.

Mengurangi Kulit Berminyak

menyegarkan wajah

Serum wajah juga bisa digunakan untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak. Pasalnya serum wajah juga ada yang berbahan dasar air, sehingga bisa mengendalikan minyak berlebih pada wajah.

Enggak hanya itu, buat kamu yang ingin menggunakan produk berbahan dasar ringan dan tidak menghasilkan minyak berlebih. Penggunaan serum wajah sangat cocok dijadikan sebagai alternatif.

Melindungi Kulit dari Bahaya Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Beraktivitas seharian di luar ruangan membuat kulit jadi sering terpapar sinar matahari. Hasilnya resiko wajah terkena berbagai masalah kulit juga akan lebih besar. Mulai dari kulit mengalami iritasi, jadi kusam dan lain sebagainya.

Penggunaan serum wajah secara teratur dapat membantumu melindungi kulit akibat sinar matahari. Misalnya kandungan vitamin C dalam serum yang dapat memperbaiki kulit wajah akibat paparan sinar matahari. Juga memperbaiki kulit kusam dengan merangsang produksi kolagen.

Cara Memilih Serum Wajah yang Cocok Buatmu

cara memilih serum wajah

Memilih serum wajah yang cocok dengan wajah kita bisa dibilang susah-susah gampang. Padahal saat memilih serum yang kurang cocok dengan kita, bisa saja efeknya enggak akan maksimal.

Nah, agar kamu tidak salah dalam memilih. Yuk perhatikan cara memilih serum wajah yang cocok untuk kulitmu.

Perhatikan Jenis Kulit Wajahmu

Beda jenis kulit wajah, maka berbeda pula perawatan yang kamu butuhkan. Karena itu kamu harus selalu memastikan untuk memilih serum wajah yang sesuai dengan tipe kulit wajahmu.

Untuk Kulit Wajah Kering

Wajah yang kering dapat memicu kulitmu jadi sensitif dan mudah teritasi. Ada baiknya kamu memilih serum wajah yang mengandung bahan-bahan aktif untuk melembapkan dan menjaga kulit agar terhidrasi dengan baik.

Misalnya kamu bisa cari produk serum wajah yang mengandung vitamin E, niacinamide, ceramide dan asam glikolat. Yang ketiganya sangat berguna untuk menutrisi dan menghidrasi kulitmu dengan baik.

Untuk Kulit Wajah Berminyak

Wajah berminyak bisa memicu berbagai masalah kulit lain, misalnya rawan terkena jerawat dan muncul komedo. Pemilik kulit berminyak bisa menggunakan serum dengan bahan dasar air, teksturnya yang ringan enggak akan dapat menyeimbangkan kadar sebum di kulit.

Kamu juga bisa mempertimbangkan kandungan-kandungan dalam serum yang sangat berguna mengontrol produksi minyak berlebih.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan Kulitmu

Nah, selain jenis kulit kamu juga harus memperhatikan manfaat apa saja yang kamu butuhkan.

Misalnya kalau kulitmu cenderung berjerawat dan memiliki banyak bintik hitam. Serum wajah dengan kandungan vitamin C dianggap dapat mencegah dan memudarkan bintik hitam di wajah.

Sementara pada kulit berjerawat kamu bisa memilih serum dengan kandungan asam salisilat. Yang sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan mencegah pori-pori tersumbat yang dapat menyebabkan terbentuknya komedo dan jerawat.

Cara Menggunakan Serum Wajah yang Benar

cara menggunakan serum wajah

Untuk mendapatkan manfaat serum wajah yang efektif, cara menggunakan serum wajah dilakukan setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan produk skincare wajah lainnya.

Pastikan Wajah dalam Kondisi Sudah Bersih

facial foam

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan wajahmu terlebih dahulu. Karena enggak hanya bikin skincare tak bekerja dengan baik. Wajah yang kotor juga akan merusak kandungan dalam skincare.

Oleh sebab itu kamu harus membersihkan wajahmu terlebih dahulu. Baik dengan menggunakan cleanser, sabun pencuci wajah, hingga memakai toner.

Aplikasikan Serum ke Seluruh Wajah

Kamu harus memperhatikan ukuran atau seberapa banyak serum wajah yang akan kamu gunakan. Pada umumnya tiap produk akan mencantumkan cara penggunaan dan seberapa banyak serum yang akan diaplikasikan.

Kemudian gosokkan serum ke kulit dengan gerakan memutar dengan lembut. Agar meresap sempurna, tepuk-tepuk wajah dengan lembut.

Gunakan Serum Wajah Secara Rutin

Hasil produk perawatan wajah apapun tidak akan maksimal, jika tidak diaplikasikan secara rutin. Begitupun saat kamu mau menggunakan serum wajah.
Hendaknya gunakan sebanyak dua kali sehari, yakni di pagi dan malam hari.  Saat pagi serum akan berguna melindungi kulit dari berbagai dampak paparan sinar matahari.

Sementara di malam hari, serum bisa memberikan banyak nutrisi pada kulit dan membantu meningkatkan efektivitas proses regenerasi kulit.

Nah, kamu telah mengetahui berbagai manfaat serum wajah. Serta nutrisi dan kandungan yang beragam di dalamnya untuk menjaga kesehatan serta kecantikan kulit.

Oleh sebab itu, serum wajah jadi salah satu produk skincare yang wajib kamu miliki. Dan sangat baik untuk diaplikasikan setiap hari dan secara rutin.

Namun dalam memilih produk ini juga enggak boleh sembarangan, ya. Tetap sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulitmu. Dan bila ada gejala alergi, hentikan pemakaian produk tersebut, agar kesehatan kulit tetap terjaga.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment