Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Cocktailing Serum!

cocktailing serum (2)

Serum wajah menjadi produk perawatan kecantikan yang sangat populer akhir-akhir ini. Gimana enggak? Serum bisa mengemas berbagai manfaat dan kandungan yang dapat mengatasi masalah kulit apapun yang kamu alami.

Well, enggak heran, kalau belakangan banyak juga inovasi serum wajah yang bermunculan di pasaran!

Salah satu jenis inovasi serum wajah yang cukup populer adalah cocktailing serum. Apakah kamu punya gambaran soal trend ini?

Cocktailing serum merupakan tren mencampurkan dua jenis serum wajah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Biasanya, serum yang digunakan dalam trend ini memiliki kandungan yang sangat terkonsentrasi dan dibutuhkan oleh kulit.

Yang bikin trik ini jadi semakin diminati adalah bagaimana kamu bisa memegang kendali akan perawatan kecantikan kulit yang kamu gunakan. Karena, bisa memungkinkan kamu untuk meramu mana saja kandungan yang ingin kamu gunakna untuk merawat kulit.

Penasaran apa saja manfaat dan kelebihan dari cocktailing serum? Keep scrolling, ya, Guys!

Apa Itu Cocktailing Serum?

serum wajah

Kamu pasti pernah merasa kalau produk perawatan yang kamu gunakan sekarang, kadang kurang bisa mengcover permasalahan kulit yang kamu alami, bukan?

Mengingat keadaan dan jenis kulit wajah memang sangat rentan mengalami perubahan. Misalnya, karena dipengaruhi perubahan suhu dan cuaca, pun karena paparan radikal bebas, dan kondisi hormone yang tidak seimbang.

Inilah yang akhirnya membuatmu harus mengganti produk skincare yang lama dengan produk baru dengan manfaat lebih lengkap. Tapi, bukannya itu tidak efektif?

Untuk mengatasi masalah tersebut, munculah tren kecantikan baru yang kita sebut sebagai cocktailing serum.

Yap! Sama seperti namanya, cocktailing serum adalah sebuah praktik mencampur dua atau lebih serum wajah untuk merampingkan perawatan kecantikan yang kamu lakukan. Plus, meningkatkan manfaat dan khasiat sesaui dengan kondisi kulitmu.

Trend ini telah berkembang dengan sangat pesat, tak hanya produk-produk serum dari luar negeri. Beberapa brand lokal pun telah memproduksi serum yang cocok digunakan dalam trend ini.

Manfaat Cocktailing Serum yang Perlu Kamu Tahu

cocktailing serum (1)

Tak bisa dipungkiri, bagi sebagain orang mencampur sendiri skincare yang mereka gunakan mungkin kedengaran kurang meyakinkan. Tapi tren cocktailing serum ini tentu bukan hadir tanpa manfaat yang jelas, ya, Ladies.

Nah, biar kamu enggak salah paham dan ketinggalan, langsung cek manfaat cocktailing serum berikut ini, ya!

Membantu Mengoptimalkan Penyerapan Kandungan Produk

Manfaat cocktailing serum yang pertama adalah memabntu meningkatkan penyerapan produk. Sebagai gambaran, bayangkan kalau wajah kamu ini seperti spons yang dapat menyerap apapun yang diaplikasikan ke atas kulit.

Meski begitu, seperti spons juga, kulit kamu memiliki batasan daya serap. Sehingga penggunaan beberapa produk yang terlalu berlebihan pun enggak akan membawa banyak manfaat, karena enggak semua kandungannya bisa diserap oleh kulit.

Berbeda halnya, kalau kamu mencampurkan berbagai bahan tersebut menjadi satu dan mengaplikasikannya ke dalam satu usapan. Maka, proses penyerapan kandungan ini akan jauh lebih mudah.

Yap! Inilah yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan cocktailing serum. Kamu bisa meracik dua hingga tiga serum ke dalam satu pemakaian yang praktis.

Membuat Rangkaian Perawatan Kulit jadi Semakin Sederhana

Manfaat coctailing serum yang kedua adalah membantu menyedehanakan rangkaian perawatan kulit yang kamu lakukan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kulit dari waktu ke waktu akan mengalami perubahan serta menyebabkan masalah-masalah baru muncul.

Ini tentu membuat perawatan yang kamu lakukan tidak bisa sekadar ‘itu-itu’ saja. Kamu pasti memikirkan untuk menggunakan produk-produk tambahan, yang bisa saja membuat skincare routine-mu jadi panjang.

Cocktailing serum menawarkan kepraktisan ini pada penggunanya. So, banyak yang mengatakan bahwa mereka menemukan rutinitas perawatan kulit yang jauh lebih santai dan bisa mereka sesaikan dengan kondisi kulit wajah mereka.

Aplikasi Produk yang Jauh Lebih Mudah

Pernahkan kamu menggunakan produk perawatan yang terasa sangat tebal dan berminyak pada wajah? Sampai rasanya, kamu telah menuang setengah botol dari produk itu sekaligus?

Well, kalau menggunakan trik kecantikan satu ini, kamu enggak akan mengalaminya lho, Ladies. Sebab, ketika kamu menggunakan cocktail serum, kamu mencampur produk tersebut jadi satu dan bukan menggunakannya untuk layering.

Inilah sebabnya mengapa koktail serum adalah cara yang bagus untuk membantu menerapkan perawatan kulit dengan tekstur yang berbeda. Dengan mencampur serum yang lebih berat dengan serum yang lebih ringan, kamu pun dapat dengan mudah menyebarkan produk ke seluruh kulit tanpa ada yang terbuang.

Produk yang berbeda cenderung memiliki tekstur yang berbeda tergantung pada formula perawatan kulitnya yang unik. Serum yang lebih tebal bisa sulit untuk dioleskan ke wajah di atas serum tebal lainnya, yang sering membuat orang menggunakan lebih banyak produk daripada yang dibutuhkan.

Dapat Meramu Kandungan Serum Sesuai Kebutuhan Kulit

Hal positif lainnya dari cocktailing serum adalah kamu bisa mengubah kombinasi serum sesuai dengan kebutuhan, tentu dengan pertimbangan dan aturan tertentu.

Misal, ketika kamu bermasalah dengan kulit yang cenderung kering dan kusam, maka pilihan terbaik adalah dengan memadukan serum berkandungan humektan dengan vitamin C.

Nah, kalau masalah kulit kamu berubah, menjadi kombinasi. Maka ada baiknya untuk menambah campuran serum dengan menggunakan kandungan bakuchiol di dalamnya.

Well, ini tentu bisa memberikan keleluasaan untukmu menentukan kandungan mana yang cocok dan menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit wajah kamu.

Menarik, bukan?

Kombinasi Kandungan untuk Cocktailing Serum yang Perlu Kamu Coba

manfaat minyak cendana untuk kecantikan (1)

Untuk mengombinasikan dua serum wajah sekaligus tentu ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan. Karena enggak semua kandungan bisa bekerja sama baiknya ketika dikombinasikan dengan kandungan lainnya.

Salah-salah bukannya bikin wajah kamu tampak sehat dan glowing, justru iritasi yang bakalan kamu dapatkan.

Untuk itu, simak berbagai kombinasi kandungan untuk cocktailing serum yang perlu kamu coba di bawah ini, ya!

Serum Vitamin C dan Ferulic Acid

Kombinasi kandungan yang cocok digunakan untuk coctailing serum adalah vitamin C dan ferulic acid. Kedua bahan ini akan bersinergi dan saling mendukung kerja satu sama lain dalam mempercantik kulit wajah.

Tak hanya itu, kombinasi serum vitamin C dan ferulic acid ini akan mencegah dampak buruk radikal bebas dan membantu mengatasi kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebiham. Bahkan keduanya juga  bisa membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, lho!

Kombinasi Serum Vitamin C dan Vitamin E

Kombiansi vitamin C dan vitamin E dinilai dapat memberikan fungsi yang luar biasa pada kesehatan kulit wajah kamu. Dua kandungan skincare ini akan bekerja meningkatkan efektivitas satu sama lain  dalam menjaga kesehtan kulit.

Melakukan layering skincare dengan dua bahan ini akan membantu meningkatkan kesehatan kulit, membantu menutrisi kulit, juga membuat wajah jadi lebih kenyal dan awet muda.

Retinol dan Niacinamide

Kombinasi selanjutnya yang bisa kamu pakai dalam cocktailing serum adalah kandungan retinol dan niacinamide. Kedua kandungan ini bisa memantu mengurangi efek eskfoliasi dari retinol, seperti meredakan kemerahan, menenangkan iritasi dan kering pada kulit.

Selain itu, kamu bisa menggunakan dua kandungan ini untuk menjaga keremajaan kulit. Karena niacinamide juga membantu mendorong produksi kolagen, menjaga kadar air dalam jaringan kulit, serta membuat wajah jadi tampak lebih cerah bercahaya.

Kombinasi AHA/BHA dengan Ceramide

Hingaa kini, bahan aktif AHA/BHA masih menjadi salah satu exfoliator kimiawi yang paling banyak diburu oleh pecinta kosmetik. Sebab dinilai lebih ampuh dan bisa memberikan hasil yang mereka inginkan secara optimal.

Nah, sayangnya beberapa orang mungkin kurang bisa ‘tahan’ jika menggunakan AHA/BHA dalam waktu yang lama. Karena kulit akan mengelupas dan membuat kulit jadi teriritasi.

Untuk meredakan efek samping dari AHA/BHA ini kamu bisa melakukan layering dan memadukannya dengan serum berkandungan ceramide.

Bahan ini akan membantu melembapkan kulit dan menenangkan gejala iritasi yang mungkin timbul karena penggunaan serum berkandungan AHA/BHA.

Well, itu adalah berbagai hal soal cocktailing serum yang perlu kamu tahu. Apakah kamu sudah pernah mencoba tren ini sebelumnya? Jangan lupa bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Unik Banget! Manfaat Akar Yacon untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut

Melihat banyaknya produk perawatan kecantikan rambut yang belakangan ini menggunakan bahan-bahan organik, pernahkah kamu bertanya-tanya seberapa banyak bahan alami yang punya kemampuan ini? Well, sebenarnya alam bisa memberikan banyak bahan untuk membantu kebutuhan manusia. Termasuk untuk menjaga kesehatan dan...

Continue Reading

Ingin Punya Rambut Keriting yang Sehat dan Cantik? Hindari 7 Kandungan Ini Dulu!

Merawat rambut keriting sebenarnya cukup sulit, terlebih kalau kamu tidak tahu bagaimana perawatan yang tepat dan menemukan bahan yang benar-benar dibutuhkan rambutmu agar selalu sehat. Apalagi belakangan ini banyak produk-produk perawatan rambut baru yang dibuat dari brand baru juga....

Continue Reading

Leave a Comment