Maksimalkan Gantengmu, Ini Rekomendasi Skincare Pria yang Praktis dan Mudah Diaplikasikan

skincare pria

Kini kesadaran untuk menjaga dan merawat penampilan telah tumbuh pada laki-laki. Kalau dulu barang kali kita masih banyak menemui banyak laki-laki yang enggan dan bahkan anti dengan skincare karena berbagai alasan.

Mulai dari menganggap hal itu tidak perlu, bingung mau memulai dengan produk apa, bahkan ada pula yang berpendapat bahwa hanya perempuan yang peduli dengan penampilan.

Padahal sebenarnya saat menilai seseorang kita memperhitungkan penampilannya, bukan? Terlepas dari apakah dia perempuan atau laki-laki.

Nah, karena banyaknya lelaki yang sudah mulai peduli, akhirnya produk kosmetik dan skincare khusus lelaki juga masif diproduksi. Enggak tanggung-tanggung, inovasinya juga sangat beragam. Misalnya skincare untuk mengatasi jerawat, kulit berminyak, dan lainnya.

Buat kamu yang baru memulai dan mencari produk skincare pria yang cocok dengan kulitmu. Bisa baca ulasan berikut sampai habis.

Rekomendasi Produk-produk Skincare Pria

Merawat wajah sangat penting dilakukan, apalagi untuk kamu yang sering beraktivitas di luar. Kegiatanmu seharian bisa membuat berbagai kotoran dan minyak menempel di wajah.

Jadi agar kulit kalian terlihat lebih sehat dan makin menawan di mata para cewek, enggak ada salahnya nih membeli beberapa produk skincare untuk pria di bawah ini.

Facial Foam

Produk yang satu ini emang wajib banget ada, ya. Mau laki-laki atau perempuan, kamu harus rajin membersihkan wajahmu secara teratur. Yakni saat pagi hari setelah bangun tidur dan saat malam hari, untuk menghilangkan sisa kotoran dan minyak di wajah.

Jangan sepelekan produk skincare yang satu ini. Karena dengan tidak mencuci muka berarti kamu membiarkan kotoran dan debu menempel sepanjang malam di kulitmu. Yang kemudian dapat menumpuk dan menyumbat pori-pori wajah.

Akhirnya muncul masalah-masalah wajah lain seperti komedo, jerawat, hingga iritasi kulit. Nah, kalau begini siapa yang mau disalahkan?

Dengan mencuci muka kamu bisa menjaga wajahmu tetap bersih dan sehat. Enggak hanya itu, banyak juga produk facial foam yang mengandung bahan-bahan mencerahkan dan melembapkan kulit. Jadi kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dalam satu skincare.

Scrub Wajah

scrub

Kamu pasti mikir, kenapa pula kita perlu melakukan eksfoliasi pada wajah? Padahal kita udah rajin dan rutin cuci muka.

Enggak semudah itu, Bambang. Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari wajah dan kotoran yang udah terlanjur menumpuk di pori-pori. Artinya lapisan epidermis terluar dari wajahmu akan dihilangkan.

Jelas beda banget dengan mencuci wajah biasa yang hanya menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel. Dengan melakukan scrub wajah, artinya kamu melakukan pembersihan yang lebih baik lagi.

Sebagai catatan proses eksfoliasi ini enggak bisa kamu lakukan setiap hari. Untuk orang dengan jenis kulit berminyak, kamu bisa melakukan eksfoliasi maksimal 3 kali seminggu.

Sementara orang dengan kulit kering dan sensitif, cukup sekali seminggu. Agar kulitmu tidak semakin kering dan menimbulkan gejala-gejala iritasi.

Toner

toner

Selain dianggap kurang penting, anggapan lain yang cenderung membuat laki-laki enggan memakai skincare adalah timbulnya efek tone up instan. Padahal enggak semua skincare meninggalkan bekas atau jejak putih di wajah lho, apalagi toner.

Toner terbilang memiliki peranan yang penting untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit wajah kamu. Produk skincare pria ini mampu membantu mengangkat sisa-soa kotoran  yang masih tertinggal setelah mencuci wajah.

Enggak hanya itu, jika sabun wajah cenderung membuat kulit jadi kering. Toner dapat menyeimbangkannya dengan menetralisasi pH kulit, dan mengembalikan kelembapan yang sempat hilang.

Memakai toner juga sangat penting dilakukan sebelum mengaplikasikan skincare pria lainnya. Hal ini dikarenakan toner dapat membuat kulit lebih siap menerima produk perawatan wajah selanjutnya, sehingga kandungan dan nutrisi yang ada dapat terserap dengan baik.

Manfaat toner untuk wajah lainnya bisa kamu pelajari di sini.

Moisturaizer atau Pelembap Wajah

jenis moisturizer

Para cowo tahu enggak, kalau kulit yang kering bisa memicu berbagai permasalahan kulit wajah? Mulai dari muncul komedo, kulit kusam, jerawat hingga kulit jadi sensitif dan mengalami iritasi.

Masalah-masalah itu bisa kamu hindari dengan rajin melakukan perawatan wajah, salah satunya dengan rutin memakai moisturizer. Produk skincare pria satu ini memiliki kegunaan untuk menjaga dan membuat kulit terhidrasi dengan baik.

Kamu bisa memakai moisturizer pada pagi dan malam hari. Pemakaian pada pagi hari dapat berfungsi sebagai pelindung dan pelembap wajah. Sementara pada penggunaan malam hari, dapat memberikan manfaat membuat kulit lebih kencang dan tampak glowing keesokan harinya.

Dengan memakai pelembap atau moisturizer secara rutin, kamu juga bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, lho. Apalagi seiring dengan bertambahnya usia, sel-sel kulit kamu juga tidak bisa menahan kelembapan seintens dulu.

Nah, moisturizer dapat membantumu mengatasi masalah ini. Dengan berbagai kandungan dan vitamin yang ada dalam formulanya, produk skincare pria ini dapat memberi kelembapan dan nutrisi penting pada sel kulit.

Untuk tahu soal manfaat moisturizer yang lain, bisa banget kamu cek di sini.

Sunscreen atau Tabir Surya

tabir surya

Mencegah lebih baik daripada mengobati, kalimat itu sangat cocok untuk menggambarkan fungsi sunscreen atau tabir surya bagi wajah kamu. Apalagi kalau aktivitas harian yang kamu lakukan umumnya berada di luar ruangan dan membuat kamu sering terkena paparan sinar matahari.

Sunscreen sangat berguna melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet dari matahari. Yang dapat memberikan berbagai dampak buruk pada kulitmu, misalnya membuat kulit jadi terbakar, kering dan iritasi.

Dalam sunscreen atau tabir surya terdapat kandungan Sun Protection Factor (SPF) yang dapat menangkal sinar ultraviolet. Kamu bisa mengaplikasikan produk skincare pria ini pada pagi hari dan mengulanginya kembali pada siang hari.

Masker Wajah

masker organik

Semakin tingginya minat akan kosmetik, membuat berbagai merk terkenal menciptakan inovasi-inovasi menarik dalam produk kosmetik yang mereka pasarkan. Termasuk dalam menciptakan masker wajah, yang semakin praktis dan mengandung banyak nutrisi.

Buat para cowo, ‘ribet’ jadi salah satu penyebab atau alasan lain untuk malas menggunakan skincare. Nah, karena masker sekarang makin praktis jadi enggak ada alasan buat tak mencobanya. Apalagi sudah terbukti masker dapat membantu menutrisi kulit dengan lebih baik.

Kamu bisa mengatasi berbagai masalah kulit sekaligus dengan memakai masker secara rutin. Tenang enggak perlu setiap hari juga kok, cukup seminggu dua kali aja.

Sebagai referensi, kamu bisa mencoba masker-masker organik yang sempat jadi tren. Kandungannya yang alami cenderung lebih aman dan minim resiko saat pertama kali digunakan.

Untuk tahu lebih jauh tentang masker organik, kamu bisa baca di sini.

Cara Penggunaan Skincare Pria yang Benar

cara menggunakan skincare pria

Dalam memakai skincare, kamu juga enggak boleh sembarangan lho. Melainkan harus sesuai urutannya yang benar.

Dengan demikian, kamu dapat merasakan manfaat maksimal dari rangkaian skincare yang kamu gunakan. Berikut cara dan urutan penggunaan skincare pria yang benar.

  1. Bersihkan wajah dengan facial foam
  2. Gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit, setelah cuci muka.
  3. Gunakan moisturaizer atau pelembap wajah untuk memberikan kelembapan pada kulit.
  4. Lalu aplikasikan sunblock atau sunscreen untuk memberikan perlindungan ekstra pada kulit wajahmu.
  5. Bila malam, gunakan masker wajah untuk menutrisi kulitmu.

Tips Memilih Produk Skincare Pria yang Cocok Buatmu

skincare pria yang cocok

Nah, itu adalah rekomendasi produk skincare pria yang simple dan mudah diaplikasikan. Sayangnya kamu enggak bisa sembarangan juga memilih toner atau produk perawatan lain yang telah disebutkan sebelumnya.

Karena dalam sebuah produk perawatan wajah, bisa saja ada bahan-bahan yang kandungannya malah merugikan kulitmu. Agar enggak salah pilih, simak lebih jauh rangkuman tips memilih produk skincare pria yang cocok untuk kulit wajahmu.

Sesuaikan dengan Jenis Kulit Wajah

Semua orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Mulai dari kulit yang berminyak, kering, kombinasi, hingga kulit yang sensif. Semuanya ini memiliki jenis perawatan yang berbeda pula.

Pada kulit yang berminyak, kamu harus menghindari produk-produk perawatan wajah yang bisa membuat produksi sebum meningkat. Misalnya dalam memilih moisturizer, usahakan memilih yang mengandung bahan penyegar dan dapat mengatasi kulit berminyak.

Lebih baik lagi, kalau produk moisturizer tersebut berbentuk gel. Yang akan dapat diserap dengan lebih baik oleh pemilik kulit berminyak.

Sementara untuk kulit kering, kamu bisa memilih moisturizer dengan kandungan yang dapat memberikan kelembapan ekstra. Misalnya yang mengandung bahan-bahan humektan dan bahan alami, seperti shea butter, coconut oil dan lainnya.

Pada kulit sensitif, kamu harus lebih selektif dengan bahan tertentu. Jangan menggunakan produk yang berbahan dasar keras dan malah membuat kulitmu makin iritasi.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Hal lainnya yang penting kamu pertimbangkan saat akan membeli skincare pria adalah kebutuhan kulitmu. Misalnya kulit wajahmu memiliki masalah jerawat yang serius, maka ada baiknya kamu mengutamakan membeli skincare yang dapat mengatasi kulit berjerawat.

Perhatikan Kandungan dalam Formula Skincare Pria

Kandungan sangat penting dalam sebuah formula kosmetik, begitupun skincare pria. Sebelum membeli kamu harus selektif dalam membaca dan mencari tahu soal bahan-bahan yang digunakan dalam produk tersebut.

Karena enggak sedikit lho, bahan-bahan yang ternyata bisa saja bereaksi negatif pada kulitmu. Juga banyak pula pebisnis-pebisnis nakal yang suka menggunakan bahan-bahan berbahaya secara legal di produk kosmetik yang mereka jual.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjadinya iritasi dan infeksi pada kulit wajah. Kita harus lebih jeli lagi dalam melihat bahan-bahan yang digunakan dalam skincare yang akan dibeli.

Kamu bisa mencoba produk-produk dengan bahan dasar alami atau skincare yang telah mendapatkan banyak feedback bagus dari pemakai-pemakai sebelumnya. Dengan demikian resiko terkena dampak buruk yang sebelumnya dibahas akan bisa diminimalisir.

Lakukan Secara Rutin dan Sesuai Urutan

Penggunaan skincare akan jadi sia-sia kalau kamu enggak konsisten dan salah dalam memakainya. Karena dengan pemakaian yang kurang tepat, nutrisi yang ada dalam berbagai produk skincare pria yang kamu gunakan tidak akan dapat diserap dengan baik oleh kulit.

Akhinya efek dari pemakaian skincare itu enggak akan maksimal dan bisa saja tidak menunjukkan perubahan sama sekali. Biasakanlah memakai skincare di pagi hari, sebelum memulai aktivitas harian. Serta di malam hari, untuk menetralisir dan menenangkan kulit.

Untuk mengetahui urutan pemakaian skincare yang benar, bisa nih kamu baca di sini.

Well, kamu udah tahu nih skincare pria apa saja yang bisa kamu coba. Mulai dari facial foam, scrub, toner, moisturizer, sunscreen, hingga masker wajah. Yang semuanya terbilang cukup praktis untuk diaplikasikan, apalagi untuk orang yang baru mau mulai memakai skincare secara rutin.

Enggak perlu insecure atau malu karena menggunakan produk skincare, ya. Karena menjaga kesehatan diri dan mengekspresikan karakter lewat penampilan adalah hak kamu. Tak memandang gender, baik laki-laki maupun perempuan.

Malah sejujurnya nih, laki-laki yang mau menjaga penampilan mereka juga sebenarnya memberi nilai lebih pada dirinya sendiri. Karena dengan begitu mereka mau memperhatikan dan peduli dengan kesehatan diri sendiri.

Jadi buat para cowo jangan sungkan atau ragu untuk mulai merawat kulit kalian, ya. Itu murni hak dan kebaikan untuk diri kalian sendiri.

So, what do you waiting for?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment