Kenali Jenis Body Care Product Berikut Ini, Dijamin Bikin Kulitmu Cerah Alami

body care product (1)

Kebanyakan orang merasa merawat tubuh cukup dilakukan dengan mandi dan memakai losion saja. Padahal, ada banyak jenis body care product yang bisa kamu gunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit tubuh dengan lebih optimal.

Dengan menggunakan produk body care yang tepat, maka kulit tubuh kita juga bakalan lebih mulus dan tampak cerah terawat.

Coba bayangin, deh! Kalau wajah kita sudah ‘on’ banget, tapi ternyata kulit tangan dan kaki kita tampak kusam, kering, dan terasa kasar jika disentuh.

Pasti ketahuan banget kalau kita kurang memperhatikan kesehatan kulit tubuh kita. Sebab, kulit tubuh yang kering juga sangat memudahkan jamur dan bakteri berkembang biak, lalu menimbulkan masalah-masalah tertentu.

Nah, biar kamu bisa lebih optimal dalam merawat kulit tubuhmu, langsung cek berbagai jenis produk body care di bawah ini!

Body Wash

body care product (2)

Produk body care satu ini pasti enggak asing lagi bagimu. Gimana enggak? Body wash pasti sangat dibutuhkan untuk membersihkan tubuh kita ketika sedang mandi.

Meski begitu, body wash sebenarnya enggak cuma bisa membersihkan tubuh, lho. Karena kini enggak sedikit produk body wasj yang diinovasikan dengan menambah manfaat-manfaat lain, seperti melembutkan, mencerahkan, dan anti bakterial.

Untuk itu, ada baiknya kamu memilih produk body wash yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit tubuhmua. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan manfaat dari produk ini dengan lebih optimal.

Misalnya, ketika kamu bermasalah dengan kulit yang kering dan kasar, maka pilihlah produk body wash dengan efek melembapkan dan melembutkan.

Sebaliknya, hindari kandungan yang bisa membuat kulit tubuhmu jadi makin rentan kering dan bisa memicu terjadinya iritasi. Seperti ekstrak mint, alkohol, SLS, hingga pewangi tertentu.

Body Lotion

Produk satu ini enggak kalah populernya dengan body wash. Bahkan bisa dibilang, keduanya jadi satu-satunya produk body care yang sangat umum digunakan oleh masyarakat.

Sebab, seenggak pedulinya seseorang dan sesederhana apapun cara mereka merawat tubuh. Pasti body wash dan body lotion ada di daftar perawatan harian mereka.

Bodi lotion merupakan pelembap badan yang kandungan minyak alaminya terbilang cukup rendah dibanding produk body care sejenis lainnya.

Sebab itulah, formulanya juga sangat ringan dan mudah terserap ke dalam pori-pori kulit. Body lotion umumnya juga tidak menimbulkan kesan lengkek dan terlalu berminyak saat digunakan.

Produk satu ini cocok digunakan untuk kamu yang memiliki jenis kulit normal dan tidak terlalu kering. Oh, ya! Usahakan memilih body care dengan kandungan yang cocok dengan kebutuhan kulitmu.

Karena sekarang banyak banget jenis body lotion yang dijual di pasaran dan dengan beragam bahan dasar yang menarik. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat sekaligus hanya dalam satu produk ini.

Body Butter

Hampir serupa dengan body lotion, produk perawatan kulit tubuh satu ini juga sangat efektif untuk menghidrasi kulit. Bedanya, body butter memiliki tekstur yang lebih kental dan agak lama terserap dalam pori-pori.

Ini dikarenakan kandungan minyak dalam body butter sangatlah tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan produk body care lain bisa dibilang yang paling tinggi.

Karenanya, body butter sangat cocok digunakan untuk kamu yang memiliki jenis kulit sangat kering. Sebab kemampuannya yang bisa mengembalikan dan menjaga kelembapan alami pada kulit bertahan lebih lama.

Secara khusus, produk ini cocok untuk dioleskan di area yang rawan mengalami kekeringan hingga mengelupas,  seperti sikut, lutut, dan tumit kaki.

Body Milk

Dari namanya saja kamu pasti udah menebak karakter body product satu ini. Yap! Body milk merupakan produk perawatan tubuh yang dibuat dari susu.

Body milk pun memiliki tekstur yang lebih encer dari dibandingkan dengan body butter, karenanya mampu diserap kulit dengan lebih cepat.

Produk ini bisa digunakan untuk kulit yang normal dan tidak terlalu kering, namun kalau kamu ingin mendapatkan kelembapan yang lebih lama, maka aplikasikan body milk selama 3-4 jam sekali.

Body Serum

Tak hanya wajah, kulit tubuh kita pun memerlukan perawatan ekstra seperti body serum. Biasanya produk body care ini secara khusus dibuat untuk mengatasi beberapa masalah pada kulit tubuh.

Ini dikarenakan body serum diformulasikan dengan berbagai bahan aktif dan konsentrasi yang lebih tinggi dibandingkan produk perawatan tubuh lainnya.

Nah, untuk kamu yang ingin memiliki kulit tubuh yang lebih cerah, bisa banget menambahkan produk ini dalam daftar body care routine kamu.

Pilihlah produk body serum yang bisa mencerahkan kulit, misalnya yang mengandung vitamin C, probiotik, dan berbegagai bahan lain dengan fungsi sejenis.

Sayangnya, kamu enggak bisa hanya menggunakan body serum ketika beraktivitas di pagi hingga siang hari. Sebab, biasanya produk ini tidak dilengkapi dengan kandungan SPF untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Gunakan body serum setelah kamu membersihkan tubuh, dan kemudian tunggu beberapa menit sebelum mengaplikasikan body lotion.

Body Oil

Kalau kamu memiliki masalah kulit kering yang cukup mengkhawatirkan, produk satu ini bisa jadi alternatif yang bisa kamu coba.

Body oil merupakan pelembap badan yang berbentuk minyak. Teksturnya pun terbilang lebih lembut karena mirip dengan minyak alami pada kulit tubuh kamu.

Produk ini pun terbilang sangat mudah menyerap ke dalam kulit dan bersifat non-comedogenic, alias tidak akan menyumbat pori-pori kulit.

Namun, ada baiknya untukmu menghindari produk ini pada area yang rawan jerawat, seperti pada dada dan punggung.

Body Gel

Produk body care lainnya yang peru kamu tahu adalah body gel. Produk yang memiliki konsistensi unik dan cenderung menyegarkan ini bisa jadi pilihan lain untuk merawat kesehatan kulit tubuhmu.

Konsistensinya yang mudah terserap dalam kulit dan tidak menimbulkan rasa lengket sama sekali ketika digunakan jadi kelebihan tersendiri.

Umumnya, produk ini pun memiliki sifat menenangkan ketika diaplikasikan pada kulit. Sehingga cocok digunakan untuk merawat kulit yang meradang karena sunburn atau iritasi lainnya.

Sunscreen atau Tabir Surya

Berbagai masalah pada kulit cenderung diakibatkan oleh paparan sinar matahari berlebih, seperti dekolorasi, warnanya yang jadi kusam, hingga muncul tanda-tanda penuaan dini.

Untuk itu sangat penting bagimu menggunakan sunscreen atau tabir surya, apalagi bagi kamu yang punya segudang aktivitas di luar ruangan.

Pilihlah sunscreen dengan SPF lebih dari 30, dan janganlah bergantung pada kandungan sunscreen dalam produk perawatan tubuh saja. Akan lebih baik, kalau kamu memberikan perlindungan ekstrak pada kulitmu.

Body Scrub

Salah satu hal yang menyebabkan kulit tubuh kita tampak lebih kusam dan terasa kasar adalah banyaknya sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori kulit.

Oleh karenanya sangat penting bagimu untuk melakukan eksfoliasi secara rutin. Nah, kamu bisa memanfaatkan body scrub untuk membantu mengangkat sel-sel mati dari permukaan kulit.

Yang perlu diingat, eksfoliasi ini enggak bisa dilakukan setiap hari. Sebab, akan memicu iritasi pada kulit dan membuat kelembapan alami yang ada menghilang.

Cukup gunakan body scrub ini sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu saja, ya, Ladies. Lakukan dengan rutin dan lembut, agar kulitmu tetap bersih dan terawat.

Tips Memilih Produk Body Care yang Cocok Untukmu

Telah banyak disinggung sebelumnya bahwa ketika memilih produk body care kamu enggak boleh sembarangan. Karena selain tak akan ada hasil yang kamu dapatkan, juga ada resiko ketidakcocokan produk dengan kulit tubuhmu.

Nah, biar kamu enggak salah pilih, perhatikan tips memilih produk body care yang cocok untukmu di bawah ini!

Perhatikan Jenis dan Kebutuhan Kulit

khasiat susu untuk kecantikan rambut dan susu

Sama seperti skincare, dalam memilih produk body care pun enggak boleh asal-asalan. Melainkan harus disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit tubuh.

Secara umum ada empat jenis kulit, yakni kulit berminyak, kering, sensitif, dan normal. Keempat jenis ini juga pasti memiliki kebutuhan yang berbeda.

Kulit Kering

Kulit kering merupakan permasalahan yang sangat umum dialami oleh sebagian besar masyarakat, terlebih pada orang yang beraktivitas di luar ruangan ataupun yang berada diruangan ber-AC seharian.

Untuk mengatasi permasalah kulit tubuh yang kering ini, kamu bisa mencari atau memilih produk body care yang kaya akan zat pelembap dan mampu menutrisi kulit.

Misalnya dengan mempertimbangkan produk body care dangan kandungan humektan, seperti hyaluronic acid, niacinamide, yang keduanya akan membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan optimal.

Atau dengan memperhitungkan kandungan seperti glycerin yang bisa menarik air ke dalam jaringan kulit. Juga senyawa lonoli dan petrolatum yang mampu menguncui kelembapan alami kulit.

Selain bahan-bahan aktif tersebut, kamu pun bisa mempertimbangkan bahan-bahan alami dalam produk body care yang bisa membantu menjaga kelembapan kulit.

Seperti ekstrak green tea, probiotik, hingga berbagai macam buah-buahan yang juga bisa menutrisi kulit.

Kulit Normal

Beruntung bagi kamu yang memiliki jenis kulit nomral. Pasalnya, tipe kulit seperti ini tidak sulit dalam memilih produk perawatan yang tepat.

Untuk pemilik kulit normal bisa menggunakan body lotion dengan kandungan shea butter, hyaluronic acid, atau menambahkan komposisi yang kaya akan anti oksidan untuk membantu menjaga kulit dari efek buruk polutan.

Kamu pun bisa menemukannya pada produk dengan kandungan grapeseed, green tea maupun vitamin C.

Kulit Berminyak

Kulit yang berminyak cenderung terasa lebih lengket dan biasanya mudah memiliki jerawat atau komedo di kulit.

Untuk kamu yang memiliki kulit tubuh berminyak, sebaiknya pilih body care yang tidak akan menambah kadar minyak di tubuhmu.

Misalnya, gunakan produk body care yang bertekstur lebih ringan, mudah menyerap di kulit, serta yang bebas minyak.

Produk yang  mengandung asam alfa hidroksida (AHA) bisa jadi alternatif untukmu. Karena bahan aktif ini mampu mengontrol sebum tanpa membuat kelembapan alami menghilang dari kulit.

Bahkan AHA bisa membantu merawat kecantikan kulit tubuhmu dengan membuatnya tampak lebih kecang, sehat, bersinar, dan awet muda.

Selain itu kandungan alami lain seperti aloe vera, jojoba oil, hingga vitamin C, sama efektifnya untuk mencegah produksi sebum berlebih pada kulit. Namun, yang paling penting pilihlah produk body care noncomedogenic, atau yang tidak akan menyumbat pori-pori.

Kulit Sensitif

Memiliki kulit sensitif menjadikan kamu harus lebih hati-hati dalam memilih produk body care tertentu.

Sebab, selain melakukan perawatan, kamu pun harus memilih produk yang tepat, mengingat kulit dengan tipe ini cenderung mudah mengalami iritasi dan peradangan.

Pastikan kamu memilih produk berlabel hypoallergic, yang tidak mengandung pewangi dan alkohol.

Selain itu kamu juga bisa mempertimbangkan produk dengan kandungan ceramides dan asam lemak esensial. Jangan lupa, selalu lakukan tes sederhana sebelum mengaplikasikan produk ke seluruh tubuh agar terhindar dari masalah iritais.

Waspadai Beberapa Kandungan dalam Body Care Ini

kandungan berbahaya dalam kosmetik

Selain memperhatikan jenis dan kebutuhan kulit tubuhmu, hal lain yang harus kamu pertimbangkan adalah kandungan yang ada dalam body care tersebut.

Nah, tahukah kamu ada beberapa kandungan dalam body care yang musti kamu waspadai? Apalagi kalau kamu memiliki jenis kulit yang kering dan cenderung sensitif?

Biar kamu enggak salah pilih produk body care, simak beberapa kandungan dalam body care yang musti kamu waspai berikut ini.

Butylated Hydroxyanisole

Butylated Hydroxyanisole merupakan bahan kimia yang berfungsi sebagai pengawet, penstabil, anti oksidan, dan sumber wewangin pada produk kosmetik.

Dikutip dari Hellosehat, kandungan yang juga ditemukan pada produk body care, khususnya body lotion ini,  dapat menganggu sistem endoktrin dan mengandung zat karsinogenik. Akibatnya, paparan Butylated Hydroxyanisole yang terlalu lama dapat memicu risiko kanker kulit.

DMD Hydantoin

Kamu pasti cukup asing dengan kandungan body care satu ini. Sebab, DHD hydantoin merupakan jenis pengawet yang mengandung formalin dan banyak digunakan pada produk kecantikan, seperti pada cat kuku, lem bulu mata, gel rambut, dan body wash.

Kandungan ini disinyalir mampu mengiritasi mata dan memunculkan ruam kemerahan pada kulit. Ini disebabkan kandungan formalin yang ada bisa memunculkan reaksi alergi pada kulit dan bahkan mampu memicu kanker.

Retinil Palmitat

Retinil palmitat merupakan salah satu turunan vitamin A yang biasanya digunakan sebagai agen tabir surya.

Pada umumnya, bahan kimia ini dapat juga dimanfaatkan sebagai agen anti aging, sehingga membuat kulit jadi tampak cerah dan awet muda.

Sayangnya, dilansir dari Hellosehat, retinil palmitat diduga  bisa menimbulkan reaksi negatif pada kesehatan tubuh dan kulit kita setelah tubuh terpapar sinar matahari.

Oleh sebab itu, penggunaan body care atau body lotion dengan kandungan ini tidaklah boleh dalam kadar yang besar. Dan sangat disarankan untuk digunakan pada malam hari untuk mencegah berbagai resiko tersebut.

Triethanolamine

Bahan aktif satu ini cukup banyak ditemukan dalam produk body lotion. Triethanolamine memiliki sifat yang sangat basa, sehingga sering digunakan untuk menyeimbangkan pH dalam produk tersebut.

Meski cukup umum digunakan, bahan ini sebenarnya kurang dianjurkan untuk dipakai dalam jangka yang panjang. Sebab triethanolamine bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan meracuni sistem kekebalan tubuh.

Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

SLS merupana senyawa yang sering digunakan dalam produk body wash. Bahan ini berguna untuk memberishkan dan mengangkat kotoran pada permukaan kulit.

Namun, pada orang dengan tipe kulit yang kering dan sensitif, SLS dapat menimbulkan iritasi dan peradangan pad kulit.

Pewangi dan Alkohol

Dua bahan ini cukup sering digunakan dalam berbagai produk kosmetik, termasuk body care.

Namun, bagi pemilik kulit sensitif dan kering, kedua bahan ini wajib kamu perhatikan. Sebab, pewangi dan alkohol berpotensi membuat kulit makin kering hingga memicu reaksi negatif, seperti iritasi.

Well, setelah membaca mengenai berbagai jenis produk body care di atas, serta cara memilih yang cocok untukmu, kira-kira bagaimana pendapatmu?

Sebenarnya, merawat tubuh adalah hal yang sama pentingnya dengan merawat wajah kita. Terlepas dari alasan penampilan, dengan memberikan perawatan yang baik pada kulit tubuh kamu juga bisa menghindari kemungkinan munculnya masalah-masalah kesehatan kulit.

Karena, enggak sedikit bakteri dan jamur yang menempel pada tubuh kita setelah beraktivitas seharian. Nah, kedua hal ini bisa memicu berbagai penyakit kulit seperi gatal-gatal, iritasi, dan masih banyak lagi.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment