Kaya Vitamin, Ini Manfaat Pomegranate untuk Kecantikan Kulit Tubuh dan Wajah

manfaat pomegranate untuk kecantikan (1)

Kamu mungkin udah enggak asing dengan manfaat pomegranate untuk kecantikan, sebab bahan alami satu ini cukup sering digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan kulit.

Pomegranate atau buah delima dikenal memiliki banyak nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh sebab itulah, buah ini seringnya diolah sebagai jus atau diambil ekstraknya untuk dikonsumsi secara rutin.

Selain untuk kepentingan tubuh kita secara umum, pomegranate juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit kita.

Kok bisa, ya? Baca penjelasan super lengkapnya di ulasan berikut ini, ya, Guys!

Kandungan dalam Pomegranate yang Baik untuk Kulit

pomegranate untuk kecantikan

Berbagai manfaat pomegranate untuk kecantikan ini didapat dari kandungan-kandungan yang dikandunganya. Mulai dari vitamin, asam ellagic, dan masih banyak lainnya.

Vitamin

Pomegranate diketahui mengandung beragam jenis vitamin, yang merupakan senyawa penting untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit kita.

Berbagai jenis vitamin dalam pomegranate ini antara lain vitamin K, C, E, A, dan B Complex. Yang masing-masing memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda, lho.

Vitamin K merupakan senyawa yang sangat berguna untuk membantu proses penyembuhan luka dan lebam. Tak hanya itu, vitamin ini juga dikenal mampu mengurangi bintik hitam, memudarkan mata panda, bekas luka, hingga stretch mark.

Selain itu, vitamin C yang ada dalam buah delima dapat bekerja sebagai antioksidan alami dan membantu melindungi kesehatan kulit kamu.

Sementara vitamin E yang bersifat menenangkan, dapat meredakan peradangan pada kulit dan menjaga kelembapan alaminya agar tidak mudah menghilang.

Buah delima pun kaya akan vitamin A dan B Compleks, yang keduanya sangat menunjang kecantikan kulit kamu. Yakni membuatnya jadi lebih cerah, senantiasa awet muda, dan tampak lebih sehat secara alami.

Terdapat Kandungan Ellagic Acid

Jika biji delima diekstraksi maka akan menghasilkan minyak pembawa yang sangat baik kalau digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan kulit.

Ini dikarenakan kandungan asam ellagic dalam ekstrak biji delima yang berkonsentrasi cukup tinggi. Asam ellagic merupakan senyawa polifenol yang juga dapat bekerja sebagai antioksidan alami dalam tubuh.

Manfaatnya pun beragam dan bisa mengatasi berbagai jenis masalah kulit, seperti mencegah adanya keriput dan garis halus, hingga mencegah terjadinya kanker kulit.

Kandungan ini juga berguna untuk mencegah kerusakan pada jaringan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan. Selain itu, asam ellagic juga diklaim mampu mencerahkan kulit wajah kamu secara alami.

Senyawa Antioksidan

Yang menjadikan buah delima jadi primadona pada berbagai formula skincare adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. Bahkan, kadar antioksidan alaminya mengalahkan yang ada dalam buah anggur dan setara dengan teh hijau.

Senyawa antioksidan yang ada dalam pomegranate antara lain flavonoid dan asam punicic. Kedua kandungan ini pun dapat bekerja sebagai antiinflamator dan antimikroba alami juga, lho.

Mengandung Asam Lemak Omega-5

Ketika diekstrak, biji delima pun mengandung asam punici sebanyak 70 persen. Asam ini merupakan jenis asam lemak omega-5 yang dapat membantu mengurangi gejala peradangan pada kulit dan bisa memulihkan sel-sel yang bermasalah.

Asam lemak omega-5 ini juga diketahui dapat melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari berlebihan serta stress oksidatif.

Mineral

Pomegranate pun kaya akan kandungan mineral, mulai dari zinc, kalium, kalsium, zat besi, dan masih banyak lainnya.

Mineral diketahui sangat penting dan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita, termasuk untuk mempercantik kulit juga, lho.

Manfaat Pomegranate atau Buah Delima untuk Kulit

pomegranate untuk kecantikan

Setelah mengetahu kandungan gizi dalam buah delima, kamu pun pasti sudah memiliki gambaran mengenai manfaat buah delima untuk kecantikan kulit.

Daripada terus menebak-nebak tanpa kepastian jelas, cek fakta soal manfaat pomegranate untuk kecantikan berikut ini, ya!

Mengatasi Kulit yang Terkena Sunburn

melindungi dari sinar matahari

Sama halnya dengan lidah buaya yang bisa menenangkan dan mengatasi sunburn, buah delima pun diklaim memiliki khasiat yang serupa.

Ini disebabkan sifat antiinflamasi dalam buah delima yang bisa meredakan gejala peradangan dan iritasi yang diakibatkan oleh radiasi ultraviolet.

Kamu pun bisa mengaplikasikan gel, krim, atau losion berkekstrak buah delima untuk mengatasi diskolorasi warna kulit, bercak hitam dan sunspot, kemerahan, hingga iritasi pada kulit.

Merangsang Pengelupasan Sel Kulit Mati

slugging skincare untuk kulit kering

Minyak biji delima juga bisa membantu proses eksfoliasi sel kulit mati pada bagian epidermis kulit. Sebab buah delima memiliki kandungan yang mampu merangsang proliferasi keratinosit.

Selain mendorong pengelupasan kulit yang sudah tua, minyak alami ini juga mampu menstimulus produksi sel kulit baru yang jauh lebih sehat dan membuat kulitmu jadi kian lembut.

Dengan begitu, kulit wajahmu akan selalu tampak kenyal, muda, dan jauh dari keriput yang muncul terlalu dini. Proses pengelupasan ini pun mengurangi risiko adanya jaringan parut pada bekas luka di permukaan kulit.

Mencegah Munculnya Garis Halus dan Keriput di Wajah

Manfaat buah delima untuk kecantikan satu ini didapatkan dari kandungan asam ellagic, yang bisa memperbaiki kondisi kulit dan mengurangi penampakan kriput di kulit wajah kamu, khususnya yang diakibatkan oleh paparan sinar UVB.

Selain itu, asam punicic yang ada dalam buah delima juga membantu menjaga kelembapan alami pada kulit. Sehingga wajahmu enggak akan mudah kering dan kusam..

Sebab dengan wajah yang terhidrasi dengan baik, maka semakin rendah pula munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit secara premature.

Untuk mendapatkan manfaat anti aging dari buah delima ini, kamu bisa menggunakan minyak carrier pomegranate dan mencampurnya ke krim pelembap yang biasa kamu pakai.

Mencerahkan Kulit Secara Alami

Mencerahkan kulit yang kita bicarakan ini bukan seperti “memutihkan”, melainkan memberikan efek glowing dan bercahaya pada kulit kita.

Nah, pomegranate tergolong kaya akan kandungan vitamin C, yang sangat baik untuk membuat kulit wajah kita tampak lebih bercahaya dan segar seharian.

Tak hanya itu, vitamin B3 (niacin) dalam pomegranate pun bermanfaat untuk menutrisi dan merawat keremajaan kulit secara alami.

Mengontrol Produksi Sebum

Selain bagus untuk mengatasi kulit kering, buah delima juga bisa digunakan untuk merawat wajah yang berminyak.

Kandungan asam punicat dan oleat dalam buah delima diketahui mampu memperbaiki kondisi kulit dan mengontrol produksi sebum di wajah kamu, bahkan tanpa membuat kelembapan alaminya menghilang dari lapisan epidermis.

Dengan demikian, kesehatan dan kecantikan wajahmu akan jauh lebih terjaga. Sebab akan terhindar dari masalah jerawat atau komedo yang seringnya bikin resah.

Membantu Melawan Jerawat

wajah berjerawat

Munculnya jerawat pada kulit wajah kita memiliki penyebab yang beragam, baik karena produksi sebum berlebih, masalah hormonal atau pencernaan. Bahkan jerawat pun bisa dipicu oleh oksidasi komponen tertentu dari minyak alami kulit sehingga dapat menarik bakteri.

Selain itu, rendahnya asupan vitamin dan antioksidan pun dikatakan mampu memicu timbulnya jerawat. Nah, berbagai nutrisi ini dapat kamu penuhi dengan mengonsumsi buah delima, pun kalau digunakan sebagai pemakaian topical.

Kandungan vitamin  C dan E yang tinggi dalam buah delima juga bisa membantu menyelesaikan masalah pencernaan yang jadi penyebab munculnya jerawat di wajah. ~

Namun, ada hal yang perlu kamu ingat adalah untuk tidak mengonsumsi jus buah delima ketika kamu juga meminum obat anti anti konvulsan, hipertensi, anti-koagulan, atau kolesterol. Sebab hal itu akan menyebabkan efek samping yang tidak baik untuk tubuhmu.

Membantu Penyembuhan Eksim dan Psoriasis

Kalau kamu memiliki masalah kulit seperti eksim dan psoriasis, bisa mencoba menggunakan buah delima utnuk menanganinya.

Karena dalam buah delima terdapat kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang cukup tinggi, sehingga bisa meredakan dan mengurangi gejala dari kedua penyakit kulit tersebut.

Bahkan, sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak buah delima mengandung antioksidan tertentu yang dapat menekan sel mast (sejenis sel darah putih) dan mampu mencegah peradangan.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, cukup konsumsi buah delima sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan, ya. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mulai merawat kesehatan kulitmu dengan buah delima ini.

Mencegah Kanker Kulit

Kadar antioksidannya yang tinggi ternyata membuat jus buah delima juga bisa mencegah terjadinya kanker kulit, lho. Sebab antioksidan ini dapat membantu melindungi tubuh dari karsinogen, peradangan, dan racun yang dipicu oleh paparan radikal bebas.

Nah itu adalah beberapa manfaat pomegranate untuk kecantikan kulit. Kamu bisa merasakan manfaat dari buah delima ini dengan meramunya secara langsung di rumah, atau menggunakan produk yang telah dijual bebas di pasaran.

Yang pasti, sesuaikan penggunaan buah delima untuk kecantikan ini dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu. Jangan berlebihan dan melakukannya hanya demi tren, pokoknya lakukan secukupnya dan seperlunya saja!

Well, semoga artikel ini dapat bermanfaat untukmu! Always be beauty, healthy, and happy, Ladies!

About Author

Related posts

Leave a Comment