10 Manfaat Buah Belimbing untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat buah belimbing untuk kecantikan (3)

Bagi pecinta rujak dan manisan udah pasti kenal banget dengan buah satu ini. Yap, apalagi kalau bukan buah belimbing alias star fruit!

Meski enggak terlalu manis, buah belimbing memiliki cita rasa yang sangat menyegarkan disertai dengan sedikit rasa asam yang bikin nagih.

Enggak cuma itu, kandungan airnya yang tinggi pun membuat buah ini enak untuk dimakan di siang hari atau di jus sebagai minuman.

Nah, Ladies, tahukah kamu kalau selain memiliki rasa yang mantap ternyata buah belimbing punya banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut?

Bahkan, saking banyak manfaat buah belimbing untuk kecantikan ini, kamu bisa menggunakannya sebagai masker wajah organic atau langsung mengaplikasikannya ke kulit, lho!

Wah! Hebat, bukan? Biar kamu enggak lagi penasaran dan bertanya-tanya, simak beberapa kandungan dan manfata buah belimbing untuk kecantikan berikut ini, yuk!

Kandungan dalam Buah Belimbing yang Baik untuk Kecantikan

Sebelum membahas manfaat buah belimbing untuk kecantikan, tentunya kurang afdol kalau kandungan dalam buah tropis ini juga tidak dijelaskan.

Kok bisa? Sebab kandungan yang ada dalam buah belimbing inilah yang menjadi kunci dari berbagai manfaatnya untuk kecantikan rambut maupun kulit kamu.

Nah, kira-kira kandungan apa sih yang ada dalam buah belimbing? Dilansir dari Healthline, berikut beberapa kandungan yang ada dalam buah belimbing.

Vitamin C

Tidak mengejutkan kalau ternyata dalam buah belimbing terkandung vitamin C yang cukup tinggi. Apalagi kalau mengingat bahwa buah ini pun mengandung rasa masam dan menyegarkan.

Vitamin C merupakan salah satu kandungan ampuh dalam buah belimbing, fungsinya sangat beragam dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit maupun rambut.

Bagi kulit, vitamin C dapat bekerja sebagai antioksidan dan meminimalisir dampak buruk radikal bebas pada kulit. Termasuk menghalau munculnya kerutan dan tanda penuaan kulit, mencegah hiperpigmentasi, dan merangsang produksi kolagen.

Sementara itu, vitamin C pun tak kalah baiknya dalam mempertahankan kecantikan dan kesehatan rambut. Senyawa ini membantu menutrisi dan menyegarkan kulit kepala, memperkuat rambut, dan memberinya perlindungan tambahan.

Vitamin B

Kandungan lain yang ditemukan dalam buah belimbing adalah vitamin B. Senyawa ini kerap ditemui dalam sejumlah produk perawatan kecantikan kulit dan rambut.

Jenis vitamin B sebenarnya juga cukup banyak, karena itu fungsinya pun sangat beragam sesuai dengan jenis-jenis tersebut.

Namun, jenis vitamin B yang ditemukan dengan jumlah cukup besar dalam buah belimbing adalah asam folat (vitamin B9) dan asam pantotenat (vitamin B5).

Keduanya memiliki peranan yang sangat baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh kamu. Asam folat akan bekerja sebagai antioksidan dan bisa membantu merangsang proses regenerasi sel kulit baru yang jauh lebih sehat.

Sementara itu, asam pantotenat (vitamin B5) akan membantu mencegah dan mengatasi jerawat, khususnya dengan memecah penyebab jerawat yang ada dalam tubuh.

Tak hanya itu, vitamin ini pun memiliki kemampuan besar dalam mendorong proses penyembuhan luka. Nilai plus-nya lagi, jika dikombinasikan dengan vitamin C maka asam pantotenat akan dapat bekerja lebih optimal dan maksimal lagi.

Kalium

Selain berbagai jenis vitamin, dalam buah belimbing pun terdapat mineral alami, salah satunya adalah kalium.

Seperti yang kamu tahu, jenis mineral ini pun memiliki banyak manfaat dalam menjaga dan merawat kecantikan kulit. Karenanya, kalium kerap ditemukan dalam sejumlah produk perawatan kulit wajah.

Secara khusus, kalium dapat membantu menjaga kadar kelembapan alami pada kulit dan mengatur keseimbangan pH yang ada.

Vitamin A

Selain vitamin C dan vitamin B, kandungan vitamin A dalam buah belimbing pun enggak bisa diremehkan, lho.

Ya, kandungan ini merupakan salah satu agen pencerah, agen antiaging, dan agen anti jerawat yang banyak dipercaya dalam merawat kesehatan serta kecantikan kulit.

Vitamin A dapat membantu mendorong eksfoliasi kulit, merangsang pembentukan kolagen, menstimulasi regenerasi sel kulit baru, serta membantu mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan pigmentasi kulit.

Nah, selain beberapa kandungan yang telah disebutkan di atas, sebenarnya nutrisi dalam buah belimbing cukup berlimpah. Termasuk berbagai jenis antioksidan lain, yang bisa membantu mengatasi berbagai masalah kecantikan yang kamu alami.

10 Manfaat Buah Belimbing untuk Kecantikan

manfaat buah belimbing untuk kecantikan (2)

Setelah membaca ulasan mengenai kandungannya di atas, kamu pasti udah punya sedikit gambaran mengenai manfaat buah belimbing untuk kecantikan.

Enggak heran bukan, kalau banyak resep masker organic atau tips DIY kecantikan di rumah yang menggunakan buah belimbing sebagai bahannya.

Well, biar kamu kian mantap untuk mencoba, berikut beberapa manfaat buah belimbing untuk kecantikan yang perlu kamu tahu. Simak baik-baik, ya, Ladies!

Membuat Kulit Cerah Bercahaya

Apakah kamu memiliki masalah dengan kulit yang tampak kusam dan tidak bercahaya? Well, jangan resah! Karena masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami seperti buah belimbing.

Kulit yang kusam biasanya terjadi karena adanya penumpukan sel kulit mati pada epidermis, kondisi yang terlalu kering, rusaknya skin barrier, hingga paparan sinar matahari yang berlebihan.

Untungnya, manfaat buah belimbing untuk kecantikan yang pertama adalah membantu meningkatkan kecerahan wajah.

Kemampuannya ini didapat dari kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang dimilikinya. Ketiga komponen buah belimbing ini akan menutrisi kulit, memperbaiki sel-sel yang bermasalah, serta meningkatkan proses regenerasi kulit.

Hasilnya, wajah pun akan jadi tampak lebih sehat, cerah bercahaya, dan selalu awet muda. Kamu bisa mendapatkan manfaat belimbing ini dengan mengonsumsinya atau menggunakannya sebagai masker wajah alami secara berkala.

Menyembuhkan Masalah Kulit Tertentu

Manfaat buah belimbing untuk kecantikan dan kesehatan kulit selanjutnya adalah membantu mengatasi masalah kulit tertentu, seperti eksim, peradangan, kulit kering, dan lain sebagainya.

Khasiat buah belimbing ini didapat dari kandungan antimikroba dan antiinflamasi yang dimilikinya. Bahan alami ini enggak hanya akan menghambat perkembangan bakteri jahat penyebab masalah kulit, melainkan merawat kesehatannya dengan meredakan inflamasi kulit.

Membantu Mencegah Jerawat

Siapa sih yang enggak pingin punya kulit sehat dan terbebas jerawat? Semua pasti mau, dong!

Untuk mendapatkan kulit sehat dan bebas jerawat ini kamu bisa membiasakan pola konsumsi yang sehat dan bergizi, misalnya dengan makan buah belimbing.

Sebab, buah dengan rasa menyegarkan ini pun mengandung senyawa seng yang tinggi. Sifat antimikroba dalam seng akan membantu mengatasi jerawat dari dalam tubuh.

Menjaga Kelembapan Kulit

Salah satu cara mudah menjaga kecantikan kulit adalah dengan memberikan hidrasi yang cukup. Ya, kamu pun bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi maupun mengaplikasikan buah belimbing secara langsung di wajah.

Bahan alami ini tak hanya memiliki kandungan mineral dan vitamin yang tinggi, melainkan kaya akan kandungan air juga.

Nah, inilah yang kemudian akan membantu menghidrasi kulit dan membuatnya tetap lembap, serta tidak mudah mengalami dehidrasi.

Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Telah dikatakan sebelumnya, bahwa dalam buah belimbing terdapat berbagai jenis radikal bebas yang kuat. Termasuk vitamin A, vitamin C, polifenol, quercetin, dan asam galat.

Nah, kesemua kandungan antioksidan ini akan membantu memberikan proteksi tambahan pada kulit. Khususnya untuk melawan dan meminimalisir berbagai dampak buruk yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Tak cuma itu, antioksidan pun bisa membantu mengembalikan vitalitas kulit dalam kondisi prima. Yakni dengan bekerja mendorong produksi kolagen dan menyembuhkan sel-sel kulit yang bermasalah.

Mencegah Munculnya Penuaan Dini

Kemunculan tanda penuaan secara fisik enggak hanya terjadi sejalan dengan pertambahan usia. Hal ini pun bisa muncul lebih cepat kalau kamu terlalu sering terpapar radikal bebas.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, buah belimbing kaya akan antioksidan. Senyawa ini akan membantu menghalau dampak buruk radikal bebas yang menyebabkan munculnya penuaan dini.

Tak cuma itu, vitamin A pun terkenal sangat efektif dalam bekerja meremajakan kulit. Kandungan ini akan membantu memudarkan tampilan kerutan dan garis halus, mencerahkan wajah, mengembalikan elastisitas kulit, dan mendorong produksi kolagen.

Membantu Menghilangkan Komedo

Selain jerawat yang meradang, komedo pun menjadi masalah kulit yang cukup menganggu. Apalagi kalau jumlahnya cukup banyak, pasti akan sangat mempengaruhi tekstur kulit dan membuatnya tampak cukup kasar.

Kabar baiknya, manfaat buah belimbing untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu menghilangkan komedo dari pori wajah.

Manfaatnya ini didukung oleh vitamin A dan C yang bisa bekerja mendorong proses eksfoliasi sel kulit mati, kotoran, dan minyak dari pori-pori.

Kedua kandungan ini pun akan membantu memperkecil lubang pori, sehingga produksi minyak akan lebih minim dan kemungkinan adanya penyumbatan jadi kian kecil.

Menyamarkan Bintik Hitam di Wajah

Bintik hitam di wajah bisa muncul karena banyak hal, termasuk akibat bekas jerawat, paparan sinar ultraviolet, hingga karena penggunaan kosmetik yang salah.

Kalau kamu bermasalah dengan bintik hitam di wajah, buah belimbing bisa menjadi salah satu bahan alami yang perlu kamu coba.

Kombinasi vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang ada di dalamnya akan membantu membuat kulit jadi lebih cerah, termasuk bisa menyamarkan bintik hitam yang ada di wajah.

Memperbaiki dan Memperhalus Tekstur Kulit

Tahukah kamu, kalau buah belimbing pun bisa membantu memperbaiki tekstur kulit wajahmu? Ya, dengan menggunakan buah belimbing sebagai scrub wajah kamu bisa membuat kulitmu jadi lebih mulus dan halus.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam buah belimbing pun akan mendorong produksi kolagen dan merangsang proses regenerasi kulit. Ini pun akan membuat kulit jadi tampak lebih sehat, kenyal, dan terawat.

Memperkuat Akar dan Batang Rambut

Tak hanya untuk kecantikan kulit, buah belimbing pun bisa membantu menyehatkan kulit kepala dan rambut.

Kandungan vitamin B kompleks dan vitamin C yang ada dalam buah kuning ini bisa membantu mencegah kerontokan rambut .

Bahkan dengan penggunaan yang teratur kesehatan rambut pun akan berimprovisasi lebih optimal, yakni jadi lebih kuat, lebat, dan halus.

Nah, itu adalah manfaat buah belimbing untuk kecantikan kulit yang perlu kamu tahu. Dapatkan berbagai manfaat tersebut dengan memakai buah belimbing sebagai bagian dari perawatan wajah harian kamu.

Selamat mencoba, Ladies!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment