Bantu Perkuat Kulit, Ini Dia Manfaat Propolis untuk Kecantikan

manfaat propolis untuk kecantikan

Meski tak sepopuler madu, tahukah kamu kalau ada bahan skincare lain yang diperoleh dari lebah madu? Ya, bahan itu dinamakan propolis.

Buat kamu yang masih awam dengan bahan alami ini, propolis adalah sejenis lem dari lebah yang biasanya digunakan untuk merekatkan, melindungi, dan memperbaiki retakatan atau celah yang ada pada dinding sarang lebah.

Pada dasarnya, propolis telah lama digunakan dalam berbagai resep pengobatan tradisional. Karena alasan yang sama pula, akhirnya propolis diteliti dan dikembangkan dalam berbagai formula produk perawatan kecantikan.

Enggak mengherankan sebenanrya. Sebab, pada proses pembuatannya, lebah akan memanen sekresi yang meningkatkan kekebalan dari pohon, seperti getah dan resin. Kemudian menambahkan enzim melalui tubuh mereka, serta lilin lebah biasa.

Hal inilah yang akhirnya membuat propolis memiliki sifat-sifat mengagumkan bila digunakan dalam merawat kesehatan kulit. Propolis pun dikenal memiliki sifat antioksidan dan emolien, yang sangat baik dalam merawat kecantikan kulit.

Tak terbatas pada penyembuhan, bahan alami ini bisa bekerja melindungi kulit dari bakteri, bekerja sebagai antiinflamasi, dan mempersempit pori-pori wajah.

Nah, apakah kamu penasaran tentang manfaat propolis untuk kecantikan kulit lainnya? Yuk, cek ulasan lengkapnya di bawah ini, ya, Ladies!

Manfaat Propolis untuk Kecantikan Kulit Wajah

manfaat propolis untuk kecantikan

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa propolis dibuat dengan kandungan yang sangat baik, terutama untuk melindungi kulit dari infeksi bakteri penyebab masalah kecantikan.

Karenanya, produk ini pun terhitung sangat marak digunakan dalam produk perawatan kecantikan. Sebagai contoh, kamu pasti mudah sekali menemukan kosmetik berkandungan propolis yang dijual bebas di pasaran.

Well, kira-kira apa saja manfaat propolis untuk kecantikan kulit wajah? Langsung lihat daftar dan penjelasannya di bawah ini, ya!

Mengendalikan Produksi Sebum di Wajah

Pada dasarnya, kulit kita akan memproduksi minyak alami yang juga disebut sebagai sebum. Fungsinya, untuk membantu melembapkan dan melindungi kulit dari berbagai dampak buruk lingkungan.

Nah, pada beberapa orang dan kondisi tertentu, terkadang produksi sebum terjadi secara berlebihan. Hal inilah yang akhirnya membuat wajah jadi tampak sangat berminyak dan mempunyai kilau berlebihan.

Kondisi ini juga enggak bisa dibilang baik, karena minyak yang menumpuk bisa menyumbat pori-pori bersamaan dengan kotoran dan residu kosmetik. Karenanya, kulit yang berminyak pun sangat rentan berjerawat dan berkomedo.

Kalau kamu memiliki jenis wajah berminyak, kayaknya propolis bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kamu coba sebagai bagian dari perawatan wajah harianmu.

Sebab, bahan alami dari madu ini bisa membantu mengontrol produksi sebum dan mengangkat minyak berlebih dari wajah kamu.

Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kecantikan yang sangat umum terjadi. Penyebabnya pun terbilang beragam, mulai dari produksi minyak berlebih, penyumbatan pori-pori, kesalahan menggunakan produk perawatan kecantikan tertentu, dan lainnya.

Perawatan kulit berjerawat pun tidak boleh sembarangan, karena jika dilakukan asal-asalan jerawat bisa saja bertambah banyak dan terjadi breakout.

Nah, untuk mencegah hal itu, kamu bisa menggunakan skincare berkandungan propolis sebagai perawatan kulit berjerawat.

Sebab, manfaat propolis untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah membantu mengatasi jerawat. Kandungan ini enggak hanya akan menghidrasi kulit, sifat antibakteri dan antijamur pada propolis dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Sementara sifat antiinflamasinya akan menenangkan kulit yang meradang akibat jerawat. Pun mempercepat proses penyembuhan luka yang ada.

Meningkatkan Kecerahan Kulit Wajah

Selain menyehatkan kulit dan mengatasi masalah jerawat, propolis pun diklaim ampuh membantu meningkatkan kecerahan kulit.

Sifat antioksidan dalam propolis diketahui dapat merangsang produksi kolagen, mendorong peluruhan sel-sel kulit mati, dan meningkatkan kesehatan sel kulit.

Hal inilah yang akhirnya akan berperan besar pada penampilan kulit wajahmu secara menyeluruh. Tak hanya itu, flaovonoid dalam propolis pun bisa mengatasi noda-noda hitam di kulit, seperti bekas jerawat, bekas luka, bintik hitam penuaan, pun membantu meratakan warna kulit.

Karenanya, penggunaan skincare berkandungan propolis yang teratur akan membuat wajahmu tampak lebih bersih dan cerah alami. Menarik, bukan?

Membantu Melembapkan Kulit

Kulit yang lembap dan berminyak adalah dua hal yang berlainan. Lembap artinya kulitmu terhidrasi dengan baik, namun tidak akan menimbulkan kesan lengket maupun kilap berlebihan pada wajah.

Dengan kelembapan kulit yang terjaga, wajah pun akan jauh lebih sehat. Karena sejatinya, hidrasi ini dapat mendukung fungsi kulit dalam menyerap berbagai kandungan dalam skincare kamu, memperkuat skin barrier, hingga memaksimalkan regenerasi kulit.

Tak hanya itu, kulit yang kering pun lebih mudah terkena masalah iritasi, kusam, pun tanda-tanda penuaan dini akan lebih mudah muncul dalam kondisi ini.

Kabar baiknya, propolis termasuk bahan alami yang bersifat emolien atau dapat membantu mengembalikan kelembapan pada kulit.

Karenanya, bahan ini pun akan sangat sering ditemukan dalam produk-produk perawatan kecantikan kulit, khususnya dengan fungsi melembapkan dan menghaluskan.

Menangkal Dampak Buruk Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan salah satu faktor penyebab masalah kecantikan yang cukup besar. Dari masalah jerawat, kulit yang kering dan kusam, hiperpigmentasi, hingga memicu kemunculan tanda-tanda penuaan kulit secara premature.

Untuk itu, akan sangat penting bagimu menggunakan produk perawatan kecantikan kulit dengan bahan atau kandungan antioksidan yang tinggi, seperti halnya propolis.

Kandungan antioksidan dalam propolis diyakini ampuh membantu melawan dan menetralisir berbagai dampak buruk radikal bebas, seperti polusi, residu make up, maupun sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan berbagai masalah kecantikan pada kulit.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam propolis pun bisa membantu memperbaiki sel-sel kulit yang bermasalah. Serta membuat vtialitasnya kembali prima, akhirnya wajahmu pun akan jadi jauh lebih sehat dan tampak terawat

Mengontrol Proses Eksfoliasi Sel Kulit Mati

Manfaat propolis untuk kecantikan kulit lainnya adalah membantu mengontrol sel kulit mati.

Seperti yang kamu ketahui, sel kulit mati bisa menjadi salah satu penyebab masalah kecantikan di wajah, seperti jerawat, penyumbatan pori-pori, dan membuat kulit kusam.

Tahukah kamu, meski propolis tidak memiliki kemampuan sebagai eksfoliator alami. Bahan ini kerap digunakan dalam produk pencerah, karena mampu mengontrol pengelupasan sel kulit dan menekan adanya iritasi setelah proses eksfoliasi terjadi.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Satu lagi manfaat propolis untuk kecantikan kulit wajah adalah mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Ya, termasuk luka yang diakibatkan oleh jerawat, maupun luka ringan lainnya.

Hal ini karena kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam propolis, yang bersinergi dalam merawat luka pada kulit.

Sementara antioksidan bisa bekerja mendorong produksi kolagen pada kulit, sehingga proses regenerasi sel kulit yang sehat lebih optimal. Maka, senyawa antiinflamasi akan membantu menenangkan peradangan dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Tak hanya itu, kedua kandungan di atas pun akan membantu menghilangkan bekas luka dari kulit wajahmu.

Cara Membuat Skincare Berkandungan Propolis dengan Brand Sendiri

manfaat bakuchiol untuk kecantikan

Setelah melihat berbagai manfaat propolis untuk kecantikan kulit wajah, apakah kamu tidak tergoda untuk membuat produk skincare dengan brand sendiri menggunakan bahan alami satu ini?

Apalagi kini proses pembuatan produk skincare private label tidaklah sesusah pada tahun-tahun lalu. Kok bisa, ya?

Yap! Ini karena ada Mash Moshem Indonesia yang akan membantumu menciptakan berbagai formula kosmetik atau skincare dengan kandungan propolis.

Kami menyediakan jasa maklon skincare yang cukup ramah untuk kantongmu, namun dengan kualitas bahan dan kemasan yang tetap terjamin.

Sebab, kesuksesan dari brand kosmetik yang kamu buat pun adalah cerminan jerih payah dan reputasi perusahaan kami. Karenanya, kami enggak akan asal-asalan atau setengah-setengah dalam membuat skincare impianmu.

Nah apakah kamu tertarik untuk maklon skincare di Mash Moshem Indonesia? Kami tunggu telpon darimu, ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

startegi penjualan saat pandemi

Omset Kian Turun, Pahami Strategi Penjualan Produk Kosmetik Saat Pandemi

Selama pandemic covid berlangsung, banyak hal yang menyebabkan kebiasaan konsumsi masyarakat berubah. Karenanya, kamu bisa menentukan strategi penjualan produk kosmetik saat pandemi. Sebab, di masa yang tidak pasti ini banyak usaha yang ditutup secara sementara maupun permanen. Karenanya dengan...

Continue Reading

Leave a Comment