Tak Cuma Melembapkan, Ini Manfaat Gliserin untuk Kecantikan Kulit Lainnya

manfaat gliserin untuk kecantikan

Ketika kamu membeli produk perawatan kecantikan kulit, apakah kamu memperhatikan komposisi atau bahan yang digunakan dalam produk tersebut?

Langkah satu ini emang penting banget untuk kamu lakukan. Sebab kandungan menjadi penentu dari keberhasilan dan efek yang diberikan oleh produk perawatan kecantikan kulit apapun.

Nah, salah satu jenis kandungan dalam skincare yang cukup terkenal dan memiliki banyak khasiat untuk membantu merawat kecantikan kulit adalah gliserin.

Kandungan ini dapat dengan mudah kamu temukan dalam berbegai produk perawatan wajah, khususnya dengan manfaat untuk membantu menghidrasi kulit.

Produk-produk berkandungan gliserin antara lain pelembap, serum wajah, essence, toner, facial foam, hingga lotion pelembut kulit.

Nah, selain melembapkan apakah ada manfaat gliserin untuk kecantikan lainnya? Lalu dari manakah asal dan cara kerja kandungan ini?

Untuk menjawab berbagai pertanyaan soal gliserin di atas, kamu bisa menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya, Ladies!

Sekilas Soal Gliserin yang Perlu Kamu Tahu

kandungan skincarae

Sebelum terlalu jauh membahan manfaat gliserin untuk kecantikan kulit, apakah kamu tahu asal kandungan ini dan bagaimana cara kerjanya dalam merawat kesehatan wajahmu?

Well, for your information, Ladies. Gliserin merupakan salah satu jenis senyawa alami yang bisa didapatkan dari tumbuhan, petroleum, maupun dari hewan. Kandungan ini pun dapat terbentuk secara alami melalui proses fermentasi dari alcohol dan roti.

Tahukah kamu, penemuan awal kandungan gliserin ini terbilang cukup mengejutkan karena tidak disengaja. Pada tahun 1779, seorang ilmuan di Swedia sedang memanaskan minyak zaitun, dalam proses itu ia menemukan lemak hasil pemanasan yang kemudian diketahui sebagai gliserin.

Kini, gliserin terbilang sangat popular dalam dunia kecantikan. Bisa dipastikan, kandungan ini kerap digunakan dalam berbagai jenis produk perawatan kecantikan kulit.

Hal ini dibuktikan dari beberapa penelitian yang juga telah menyatakan bahwa manfaat gliserin untuk wajah juga sangat tinggi. Bahkan, gliserin dulu juga telah digunakan sebagai sabun oleh masyarakat pendahulu kita.

Caranya, mereka memanaskan minyak tanaman tertentu, mendinginkannya, kemudian membiarkan minyak tersebut mengeras hingga membentuk balok sabun yang diinginkan.

Cara Kerja Gliserin pada Kulit

Gliserin tergolong ke dalam kandungan humektan, yang artinya bisa bekerja dnegan membantu menarik uap air dari udara hingga ke dalam bagian kulit.

Hal inilah yang akhirnya membuat gliserin sangat efektif dalam menjaga kelembapan alami pada kulit wajah kamu.

Tak hanya itu, bahan ini pun dapat meniru karakter dan komponen dalam senyawa pelembap alami pada kulit. Sehingga ketika digunakan di wajah, gliserin terbilang cukup rendah risiko menimbulkan reaksi iritasi maupun alergi karena kosmetik.

Berbagai Manfaat Gliserin untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

manfaat gliserin untuk kecantikan (2)

Setelah mengetahui asal dan cara kerjanya pada kulit yang aman, kamu pasti enggak sabar pingin mencoba skincare dengan kandungan gliserin untuk merawat kecantikan wajahmu.

Eits! Sayangnya jangan terlalu buru-buru terlebih dahulu. Kamu pun harus mengetahui, meski tidak akan menimbulkan reaksi negative, pemilihan bahan kandungan yang tidak tepat pun enggak akan menjawab kebutuhan kulit yang kamu rasakan.

Nah, biar enggak cuma kebawa arus, berikut ini beberapa manfaat gliserin untuk kecantikan dan kesehatan kulit yang perlu kamu tahu. Jangan sampai terlewat, ya, Guys!

Menghidrasi dan Mengunci Kelembapan Kulit

Yang satu ini emang bisa dibilang jadi andalannya gliserin, sih. Ya, apalagi kalau bukan membantu menghidrasi dan mengunci kelembapan pada kulit wajah kamu.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa gliserin merupakan bahan yang sangat baik dalam bekerja sebagai pelembap untuk kulit.

Kandungan ini dpaat membuat kulit terhidrasi dengan menyerap air dari udara, sehingga risiko kulit kering dan adanya bercak kusam pada kulit pun dpaat diminilaisir.

Tak hanya itu, kamu pun bisa menggunakan krim wajah atau skincare lain untuk kulit kering untuk mengatasi masalah kulit kering, membuat teksturnya lebih lembut, dan mencegah adanya iritasi pada kulit.

Membantu Menenangkan Kulit

Apakah kamu memiliki tipe kulit yang mudah teriritasi, misalnya oleh perubahan cuaca yang ekstrem atau karena paparan sinar matahari yang cukup lama?

Kalau iya, kamu bisa menggunakan bahan satu ini untuk merawat kecantikan kulit wajahmu dengan menenangkan gejala iritasi tersebut.

Tak hanya itu, kalau iritasi atau rasa tidak nyaman itu muncul karena kulit yang terlalu kering. Bahan ini pun bisa bekerja lebih efektif lagi.

Sebab, gliserin diketahui dapat mengisi celah-celah kecil yang ada di kulit kering. Sehingga mencegah adanya pengelupasan, sensasi ketat pada kulit, dan membuat kulit terhindar dari luka.

Mempertahankan Kadar Air dalam Jaringan Kulit

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gliserin bisa membantu menghidrasi kulit wajahmu. Khususnya dengan menarik air dari udara dan mempertahankannya agar tidak mudah hilang.

Manfaat satu ini sangatlah penting. Karena berbagai faktor ekstrernal atau radikal bebas bisa menambah buruk kondisi kulit wajahmu yang kering. Nilai plusnya lagi, sifat humektan pada gliserin ini bisa menjaga keseimbangan kadar air hingga dalam tingkat antar sel kulit.

Membantu Menutrisi Kulit Wajah

Tak hanya baik dalam menghidrasi dan mengunci kadar air dalam kulit, manfaat gliserin untuk kecantikan lain adalah dapat membantu memberi nutrisi pada kulit wajah.

Kandungan ini secara alami akan membuat kulit wajahmu menjadi lebih sehat dan terawat, apalagi kalau digunakan dengan rutin tiap hari.

Selain itu, sifat melembapkan dari gliserin pun akan membantu kulit memaksimalkan proses penyerapan kandungan dalam skincare lain yang kamu gunakan.

Hasilnya, wajah akan jauh lebih sehat karena skincare yang kamu gunakan pun dapat bekerja kian maksimal.

Menjaga Kekenyalan Kulit

Enggak cuma sebagai humektan, gliserin pun bisa bekerja layaknya emolien dalam menjaga kelembapan kulit wajah.

Ya, kandungan ini pun diketahui dapat memberikan dukungan positif pada struktur kulit kamu, yakni dengan membuatnya terasa kian kenyal, lembut, dan halus ketika disentuh.

Sifat melembapkan dari gliserin, bisa memperbaiki struktur dan tekstur kulit kamu. Misalnya dengan menghindarkan kulit dari pecah-pecah, pengelupasan, dan iritasi.

Membantu Proses Penyembuhan Masalah Kulit

Manfaat gliserin untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah membantu proses penyembuhan masalah kulit.

Ini karena gliserin bisa membantu pertumbuhan sel untuk jadi lebih efektif dan cepat, karenanya proses penyembuhan kulit pun bisa berjalan lebih optimal.

Selain mengatasi luka iritasi akibat jerawat maupun sunburn, gliserin pun bisa memberikan kerja yang sama baiknya dalam merawat luka akibat infeksi jamur, eksim, hingga psoriasis.

Kandungan ini pun diketahui dapat mengurangi peradangan, membantu jaringan dan sel yang terinfeksi untuk memperbaiki diri dengan lebih cepat.

Memberikan Perlindungan Tambahan dari Radikal Bebas

Tak hanya menyembuhkan, gliserin pun bisa memberikan perlindungan tambahan dari dampak buruk radikal bebas.

Seperti yang kamu ketahui dengan baik, paparan radikal bebas yang terlalu tinggi bisa membuat berbagai masalah kecantikan muncul di kulit wajah dan tubuh.

Termasuk membuatnya jadi kering, kusam, memicu jerawat, adanya hiperpigmentasi dan bintik penuaan yang muncul, hingga munculnya berbagai tanda penuaan secara premature.

Untungnya, gliserin dapat membantu meningkatkan ketebalan lapisan epidermis pada kulit dan memberikan penghalang ekstra demi menghalau radikal bebas.

Bahan inilah yang juga bisa bekerja untuk menjaga kulit kamu dari berbagai dampak buruk residu kimiawi dari kosmetik, serta berbagai material stressor lingkungan lain.

Mencegah Kemunculan Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kecantikan yang mudah muncul, meski kamu sudah pernah mengalami dan mengatasi sebelumnya.

Faktor kemunculan jerawat ini pun beragam, termasuk ketika kamu menggunakan skincare yang memiliki bahan terlalu keras, sehingga dapat membuat kulit mengalami over exfoliating.

Namun, dengan menggunakan gliserin, kamu bisa mengatasi jerawat dan menghalaunya kemunculannya kembali dengan baik, lho.

Sebab bahan ini bisa membantu kulit terbebas dari minyak, tanpa membuat wajah terlalu kering. Tak hanya itu, gliserin pun bersifat non-komedogenik jadi tak akan membuat kulit pori-pori wajah tersumbat.

Dapat Memberikan Khasiat Antiaging

Banyak orang yang menganggap bahwa penggunaan skincare secara teratur bisa dijadikan sebagai investasi. Ya, ini berkaitan dengan manfaat antiaging dalam skincare, penggunaan produk yang tepat secara rutin akan memperpanjang usia sel dan membuatnya kian sehat.

Hasilnya wajah pun akan tampak sehat dan awet muda. Hal yang sama bisa kamu dapatkan dengan menggunakan skincare berkandungan gliserin.

Sebab kandungan ini bisa membantu mengurangi gejala kulit kering dan menjaga kelembapan pada wajah. Wajah yang terlalu kering akan memberikan pengaruh pada aktivitas protease di kulit dan menyebabkannya mengelupas serta mengkatalis proses penuaan.

Membantu Mengurangi Tampilan Bekas Luka dan Jerawat

Selain mempercepat proses penyembuhan luka dan ampuh mengatasi jerawat, gliserin bisa membantu mengurangi bekasnya, lho.

Ya, manfaat gliserin untuk kecantikan ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan krim pencerah wajah yang mengandung bahan tersebut di dalamnya.

Sifatnya yang menenangkan dan melembapkan, bisa membuat gliserin aman digunakan pada berbagai jenis kulit, termasuk yang sensitif sekalipun.

Membersihkan Komedo

Selain jerawat yang meradang, komedo pun bisa jadi sangat mengganggu, apalagi kalau jumlahnya cukup banyak hingga mudah terlihat.

Kabar baiknya, gliserin bisa dengan aktif merawat kulit yang terkena komedo. Tak hanya itu, kandungan ini pun bersifat non-comedogenic, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori kulit dan memperparah kondisi komedo yang kamu alami.

Well, itu dia berbagai manfaat gliserin untuk kecantikan kulit yang perlu kamu tahu. Tak disangka, bukan, kalau ternyata bahan aktif ini memiliki banyak khasiat di luar membantu melembapkan kulit wajah?

Tahukah kamu, kalau kamu pun dapat membuat produk perawatan kulit tubuh dan wajah berkandungan gliserin dengan merk pribadimu sendiri?

Yap! Lewat maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia, kamu bisa jadi beautypreneur dengan menciptakan produk skincare dengan label milik sendiri.

Penasaran bagaimana cara melakukannya? Mudah banget, kamu hanya perlu menghubungi tim marketing kami atau membaca paduannya di sini.

Ayo! Sudah waktunya bagimu untuk membangun usaha sendiri dan mendulang sukses dari bidang yang kamu sukai.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment