Jangan Salah Pilih, Kenali 9 Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat Ini

kandungan skincare untuk kulit berjerawat (1)

Kalau ada yang tanya, masalah kulit apa yang paling sering terjadi dan ganggunya minta ampun, jawabannya pasti jerawat, apalagi kalau disertai dengan masalah peradangan.

Sebab, jerawat enggak hanya muncul pada pemilik kulit berminyak maupun acne pore. Malahan semua jenis kulit, mau normal, kering, hingga sensitif berkemungkinan sama besarnya untuk mengalami masalah ini.

Faktor penyebab jerawat sangatlah beragam, mulai dari dalam diri sendiri, seperti pengaruh hormone, asupan gizi yang tidak seimbang, stress berlebihan, hingga pengaruh kondisi kesehatan tertentu.

Selain itu, ada pula faktor eksternal seperti pengaruh radikal bebas, misalnya polusi dan paparan sinar matahari. Juga karena pemilihan dan penggunaan produk skincare tertentu yang memicu alergi.

Meski sering terjadi dan cukup mengganggu, jerawat juga tergolong masalah kecantikan yang mudah untuk ditangani. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan produk skincare dengan kandungan yang tepat.

Nah, kira-kira kandungan apa yang baik untuk merawat kulit berjerawat? Yuk, cek beberapa daftarnya di bawah ini, ya!

Salicylic Acid

kandungan skincare untuk kulit berjerawat (2)

Kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang pertama adalah salicylic acid. Bahan aktif ini merupakan jenis yang paling terkenal dari golongan Beta Hydroxy Acids (BHA).

Salicylic acid terbilang sangat cocok untuk merawat kulit berjerawat, khususnya kalau disertai dengan kondisi yang sangat lembap dan berminyak.

Kandungan ini dapat bekerja dengan mengangkat sel kulit mati, mengangkat kotoran dari debu maupun residu kosmetik, yang berpotensi menumpuk serta menyumbat pori wajah.

Sifat asam dari salicylic acid pun bisa membantu mempercepat proses keringnya jerawat, sehingga kesembuhan masalah kulit satu ini juga bisa jadi lebih efektif.

Tak hanya bisa mengatasi jerawat, kandungan ini bisa menjadi agen pencerah yang baik untuk menghilangkan bintik hitam dari bekas jerawat.

Centella Asiatica

centella asiatica (1)

Kalau di Indonesia, centella asiatica dikenal juga dengan nama daun pegagan. Ya, kandungan satu ini terbilang sangat popular di industry kosmetik, sebagai contoh kamu bisa dengan mudah menemukan kandungan ini dalam berbagai produk skincare ternama.

Cica atau centella asiatica merupakan salah satu kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang bisa kamu coba.

Tak hanya bisa membantu mempercepat proses pemulihan sel kulit, bahan alami ini memiliki sifat calming dan shooting. Yang artinya bisa membantu meredakan kondisi peradangan, kemerahan, dan rasa tak nyaman akibat jerawat aktif.

Tak kalah dengan salicylic acid, centella pun bisa mengatasi bekas jerawat membandel dan mencerahkan kulit wajah secara keseluruhan.

Witch Hazel

manfaat witch hazel untuk kecantikan (2)

Bahan alami lain yang bisa digunakan sebagai kandungan skincare untuk kulit berjerawat adalah witch hazel. Yap, daun dan kayu dari tumbuhan ini kerap diolah menjadi berbagai produk kosmetik seperti toner, teh, dan salep yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat.

Selain itu, kandungan satu ini dapat bekerja sebagai astringent alami yang bisa mengeringkan jerawat lebih cepat, serta mengurangi noda bekasnya.

Ah! Yang lebih penting lagi, witch hazel mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dapat melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit, termasuk jerawat.

Tea Tree Oil

Tea tree oil ini beda dengan daun teh yang biasa diseduh sebagai minuman, lho. Minyak pohon teh diambil dari pohon teh yang berbeda.

Tea tree oil mengandung berbagai senyawa aktif yang mampu bekerja sebagai agen antimikroba, antioksidan, dan antiinflamasi yang sangat efektif. Ketiganya tentu akan sangat ideal jika digunakan untuk merawat kulit berjerawat.

Tak cuma itu, kandungan skincare untuk kulit berjerawat ini bisa membantu mengempiskan pembengkakan, peradangan yang terjadi saat jerawat aktif.

Selain itu, minyak pohon teh pun bisa membantu mengatasi kelenjar minyak yang tersumbat kotoran, mengurangi produksi sebum berlebih, memperkecil dan meredakan pori-pori, pun membantu mengeringkan komedo.

Selain mengatasi jerawat dan mencegahnya datang kembali, penggunaan tea tree oil sebagai perawatan kulit berjerawat bisa membantu menghilangkan bekasnya dari wajah kamu.

Niacinamide

Salah satu jenis kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang patut untuk kamu coba adalah niacinamide atau niacin. Kandungan ini merupakan vitamin B3 yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit.

Utamanya, niacinamide memiliki fungsi untuk mengatasi masalah kulit kering, mencerahkan wajah, dan melawan munculnya tanda-tanda penuaan yang datang terlalu dini.

Hal ini karena secara alami niacinamide dapat membantu memperkuat pertahanan kulit wajahmu, memperbaiki tekstur dan struktur kulit yang terdapampak, sehingga dapat memberikan peningkatan kesehatan pada kulit.

Tak hanya itu, yang menjadikan kandungan ini kian baik adalah sifatnya mampu menenangkan dan meredakan peradangan dari jerawat aktif, serta menghilangkan bekas hitamnya dari wajah.

Alpha-Hydroxy Acid (AHA)

Kandungan lain yang bisa kamu gunakan untuk merawat dan mengatasi jerawat membandel adalah Alpha Hydroxy Acid (AHA). Kamu pasti udah sering banget denger tentang kandungan satu ini, bukan?

Ya, AHA memiliki banyak jenis, seperti glycolic acid dan lactic acid yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati dari pori-pori kulit wajah kamu.

AHA pun memiliki sifat yang lebih gentle dan stabil, sehingga mampu mengatasi jerawat serta membuat tekstur kulit lebih halus.

Retinoid

Retinoid atau vitamin A merupakan kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang bakalan dibahas selanjutnya. Tak kalah dari bahan lain yang telah disebutkan di atas, kandungan ini pun terbilang cukup popular di industry kecantikan.

Kandungan ini umumnya digunakan dalam formula perawatan wajah dengan manfaat mencerahkan dan meremajakan kulit, seperti cream antiaging.

Namun tahukah kamu kalau retinoid juga dapat digunakan untuk merawat kulit yang berjerawat? Ya, kandungan ini bisa bekerja efektif untuk mengontrol jerawat dan merangsang proses penyembuhannya.

Retinoid pun bisa mengurangi berbagai penyebab inflamasi atau peradangan, sehingga dapat menenangkan kulit dan meredakan peradangan yang terjadi akibat jerawat.

Jenis vitamin A ini pun bisa membantu memudarkan bintik atau flek hitam yang diakibatkan oleh bekas jerawat.

Nah, kalau kamu punya masalah dengan jerawat meradang atau ingin membersihkan bekasnya yang membandel, kandungan ini bisa kamu pertimbangkan dengan baik.

Benzoyl Peroxide

Kalau cukup sering berurusan dengan jerawat, kandungan ini mungkin sudah sangat kamu kenal dengan baik. Ya, benzoyl peroxide merupakan kandungan yang khusus dibuat untuk mencegah dan mengatasi jerawat di wajah.

Benzoyl peroxide bisa bekerja sebagai antimikroba yang sangat efektif dalam membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi produksi minyak berlebihan, serta membantu mendorong sel-sel kulit mati dari epidermis.

Umunya, benzoyl peroxide bisa ditemukan dengan mudah di acne treatment gel dan cream, moisturizer, maupaun cleanser. Kadar yang dipakai pun telah diatur oleh Badan POM sebesar 2,5 hingga 10%.

Clay

bentonite clay

Clay atau tanah liat merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kulit berjerawat, serta mencegahnya datang kembali dengan mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebihan dari kulit.

Kamu bisa dengan mudah menemukan kandungan ini dalam berbagai produk kecantikan, seperti masker wajah, sabun muka, maupun scrub.

Tak hanya mampu mengangkat kelebihan minyak dan kotoran, bahan ini pun bisa bekerja sebagai agen anti radang yang dapat menenangkan kulit berjerawat.

Karena mampu mengangkat kotoran dan minyak berlebih, kandungan ini bisa membantumu mencegah kemunculan jerawat dan komedo kembali.

Sulfur

Kandungan skincare untuk kulit berjerawat lainnya adalah sulfur. Apakah kamu sudah tahu mengenai kandungan satu ini?

Sulfur sebenarnya telah digunakan untuk merawat kesehatan dan mengatasi berbagai masalah kulit secara tradisional. Jangankan jerawat, beberapa penyakit kulit yang cukup mengganggu pun bisa diatasi oleh bahan satu ini.

Kandungan ini dapat bekerja sebagai antibacterial alami, yang mampu meredakan dan mengatasi jerawat, juga mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit.

Selain itu, bahan ini pun memiliki komponen penyembuh, sehigga ketika jerawat hilang kandungan ini pun bisa membantu mengurangi tampilan bekasnya.

Untuk merawat kulit kombinasi hingga berminyak, kamu dapat memilih skincare berkandungan sulfur dengan kadar sekitar 10%, ya.

Azelaic Acid

Last but not least, ada satu bahan lagi yang bisa digunakan dalam kandungan skincare untuk kulit berjerawat. Kandungan ini pun enggak kalah efektifnya dengan yang telah disebutkan tadi. Ya! Apalagi kalau bukan azelaic acid!

Bahan aktif satu ini didapatkan dari gandum, khususnya dari yeast naturalnya. Kandungan ini dapat membantu mengeksfoliasi sel kulit mati dari epidermis, serta mendorong proses regenerasi sel kulit agar lebih baik.

Hal ini tentunya sangat baik untuk mengontrol dan mendorong penyembuhan jerawat. Tak cuma itu, asam azelaic pun diketahui dapat menyamarkan bekas jerawat dengan menghancurkan sel melanosit.

Merawat kulit berjerawat memang bukanlah hal yang mudah, namun dengan memilih kandungan skincare untuk kulit berjerawat dengan tepat, tentu masalah ini bisa diatasi sedikit demi sedikit.

Tak hanya itu, kandungan-kandungan yang telah disebutkan di atas pun bisa mengurangi gejala peradangan, mencegah adanya infeksi lanjutan pada jerawat, hingga ada pula yang memudarkan bekas jerawat dari wajah.

Nah, dari sekian bahan-bahan yang telah disebutkan di atas, apakah ada yang pernah kamu coba untuk mengatasi kulit berjerawat? Jangan lupa kasih pendapat dan tanggapanmu tentang artikel satu ini di kolom komentar, ya, Guys!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment