Jadi Alternatif Retinol, Kenali Manfaat Bakuchiol untuk Kecantikan Kulit Berikut Ini

manfaat bakuchiol untuk kecantikan (2)

Apakah kamu sudah pernah dengan tentang bakuchiol? Yap, mengingat kandungan ini sekarang banyak dipromosikan sebagai bahan kecantikan dengan manfaat yang sangat beragam pada kulit.

Sebagian besar orang, khususnya kurang mengikuti mode kecantikan, mungkin kurang familiar dengan bahan skincare baru ini.

Padahal bakuchiol memiliki banyak manfaat untuk menjaga serta merawat kesehatan kulit wajahmu, lho. Apalagi kabarnya bahan ini bisa digunakan untuk merawat kulit wajah sensitif.

Nah, cari tahu lebih banyak tentang asal dan manfaat bakuchiol untuk kecantikan kulit lewat ulasan berikut ini, yuk!

Sekilas Soal Bakuchiol

Sebelum terlalu jauh membahas manfaatnya untuk kecantikan kulit, enggak ada salahnya untuk mengenal dulu asal-usul bakuchiol.

Bahan alami ini merupakan esktrak biji dan daun dari tanaman Psoralea corylifolia atau babchi. Tanaman asli dari negeri India ini memiliki kelopak bunga yang cantik, dengan warna ungu segar.

Bakuchiol pada dasarnya telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai pengobatan kuna, di daratan Cina dan India. Khususnya untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit, baik yang terkena infeksi bakteri atau dalam kondisi meradang.

Selain itu, bakuchiol ini memiliki manfaat serupa dengan retinoid, sehingga kerap digunakan sebagai alternatif lain dari penggunaan retinoid.

Seperti yang kamu tahu, retinoid atau vitamin A merupakan jenis kandungan yang digunakan untuk mencegah dan mengatasi masalah penuaan kulit. Sayangnya, kandungan ini disinyalir bersifat terlalu keras, sehingga kerap membuat kulit kering dan kian sensitif.

Sementara itu, bakuchiol memiliki sifat yang jauh lebih ramah, sehingga dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Bahan alami ini tidak akan menimbulkan sensasi terbakar, memicu eritema, ataupun peradagan di wajah.

Tak hanya itu, kandungan ini pun tidak bersifat photosensitive atau sensitif terhadap sinar matahari. Berbeda dengan retinoid yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit bila terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Manfaat Bakuchiol untuk Kesehatan Kulit Wajah

manfaat bakuchiol untuk kecantikan

Kini bakuchiol bisa kamu temukan dengan mudah dalam berbagai formulasi skincare, mau dari produk-produk luar negeri hingga brand kosmetik lokal.

Umumnya, bakuchiol digunakan dalam serum, essence, hingga krim wajah. Khususnya yang membantu melembutkan, mencegahkan, dan menjaga keremajaan kulit.

Telah disibutkan sebelumnya, bahwa bakuchiol mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit. Karenanya, dengan penggunaan yang teratur kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat kecantikan berikut ini.

Proses Regenerasi Sel Kulit jadi Lebih Optimal

Regenerasi sel kulit merupakan hal yang sangat penting, karena dalam proses inilah sel-sel kulit mati dapat didorong hingga lepas dan digantikan oleh sel-sel kulit baru yang jauh lebih sehat.

Sayangnya, usia yang kian bertambah dan buruknya kondisi lingkungan bisa memicu defisiensi proses regenerasi sel kulit ini. Padahal, kondisi ini akan menyebabkan masalah kulit, seperti warna jadi kusam, muncul kerutan dan garis halus, serta kulit jadi kering.

Untuk mengatasi masalah satu ini, kamu harus menggunakan skincare yang bisa mendorong proses regenerasi kulit. Termasuk, skincare dengan kandungan bakuchiol.

Manfaat bakuchiol untuk kecantikan ini didukung  kemampuannya dalam mengirimkan sinyal pada sel-sel kulit untuk meningkatkan produksi kolagen.

Denagn demikian, proses regenerasi sel kulit akan jadi lebih optimal dan efektif. Hasilnya kulit wajahmu akan tampak lebih kenyal, sehat, dan awet muda.

Membantu Merawat Keremajaan Kulit

mencerahkan kulit wajah

Telah disebutkan sebelumnya, bakuchiol sering digunakan sebagai pengganti retinol. Yap, ini karena bakuchiol sangat membantu dalam merawat keremajaan kulit wajah.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa bakuchiol dapat bekerja aktif merangsang pertumbuhan kolagen, mendorong proses regenerasi sel kulit, dan memberikan nutrisi tambahan pada kulit.

Hal inilah yang akhirnya memberikan peranan yang besar pada penampilan kulit. Termasuk dalam mencegah kemunculan garis halus, memelihara elastisitas kulit, dan mengurangi bintik hitam penuaan pada permukaan kulit.

Memudarkan dan Menyamarkan Bintik Hitam

menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam

Bintik-bintik hitam atau yang kerap disebut dengan hiperpigmentasi, adalah kondisi di mana muncul bercak kulit berwarna lebih gelap dibanding area sekitarnya.

Hal ini dpaat terjadi karena paparan sinar matahari berlebihan, sehingga memicu kulit untuk memproduksi sel pigmen alami atau melanin pada kulit.

Meski tidak menimbulkan rasa tidak nyaman seperti peradangan, beberapa kasus menunjukkan bahan bintik hitam hiperpigmentasi ini pun bisa berkembang dan bahkan mungkin bertambah banyak.

Untuk itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan produk perawatan wajah yang bisa membantu memudarkan dan menyamarkan bintik hitam tersebut.

Salah satunya, dengan menggunakan skincare berkandungan bakuchiol. Sebab, kandungan ini diketahui dapat memudarkan bintik hitam tersebut dari wajah.

Manfaat bakuchiol untuk kecantikan ini didapatkan dari kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang dimilikinya. Sementara, senyawa antiinflamasi akan mencegah proses peradangan dan menenangkan reaksi kulit.

Maka, antioksidan akan memperbaiki struktur kulit dengan mengatasi kerusakan sel yang diakibatkan radiasi sinar matahari. Kemudian mendorong produksi kolagen, sehingga penampilan kulit bisa lebih meningkat.

Meski bakuchiol terhitung sangat efektif, tetap jangan sepelekan penggunaan tabir surya tiap hari. Apalagi kalau kamu beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama.

Membantu Meratakan Warna Kulit

Manfaat bakuchiol untuk kecantikan lainnya adalah membantu meratakan warna kulit. Cara kerjanya hampir serupa dengan menyamarkan noda hitam di wajah.

Kandugan ini disinyalir mampu terserap hingga ke dalam lapisan kulit. Kemudian dapat bekerja mengurangi noda hitam, area yang tampak kusam, dan melawan proses pigmentasi pada kulit kamu.

Karenanya, penggunaan bakuchiol secara rutin diyakini dapat membantu meningkatkan kecerahan kulit dan meratakan warna yang tak sama.

Merawat dan Mengatasi Kulit Berjerawat

beda jerawat purging dan breakout (2)

Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat umum terjadi, mulai dari yang ringan hingga yang susah diatasi. Meski kadang sudah berhasil dihilangkan, beberapa keadaan tertentu bisa memicu kemunculan jerawat kembali.

Namun, kamu tak perlu khawatir karena masalah ini pun bisa kamu atasi dengan menggunakan skincare berkandungan bakuchiol.

Sebab manfaat bakuchiol untuk kecantikan lainnya adalah mengurangi jerawat pada wajah dan mencegah kedatangannya kembali.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan bakuchiol dalam skincare mampu bekerja sebagai antiradang dan antioksidan yang sangat efektif.

Sehingga mampu mengurangi gejala peradangan akibat jerawat, dan turut mempercepat proses penyembuhannya. Tak hanya itu, beberapa kandungan bakuchiol pun dapat bekerja sebagai antibakteri yang mencegah kemunculan jerawat.

Dapat Menenangkan Kulit

Telah banyak disinggung sebelumnya, bahwa bakuchiol mengangdung senyawa antiinflamasi atau antiperadangan. Senyawa ini yang membuat bakuchiol sangat efektif jika digunakan untuk menenangkan kulit, khususnya area yang meradang.

Tak hanya itu, bakuchiol pun dapat mempercepat regenerasi sel kulit dan menggantinya dengan yang lebih sehat. Ini pun bisa berpengaruh besar pada relaksasi kulit wajah kamu, lho.

Memperkuat Lapisan Pelindung Kulit

Tahukah kamu kalau kulit kita memiliki lapisan perlindungan alami, yang juga disebut sebagai skin barrier. Yap, lapisan ini berada pada bagian terluar kulit dan berperan penting dalam menangkal racun atau toxin dari lingkungan yang tidak sehat.

Tak hanya itu, skin barrier pun bisa membantu menjaga keseimbangan air dan kelembapan dalam kulit. Karenanya, bila lapisan pelindung ini bermasalah maka kulit akan rentan teriritasi, terinfeksi bakteri, jadi mudah kering dan gatal.

Kabar baiknya, penggunaan produk skincare berkandungan bakuchiol bisa memelihara dan memaksimalkan fungsi barrier kulit wajah kamu.

Terlebih kalau bahan alami ini dikombinasikan dengan melatonin, dan ascorbyl tetraisopalmitate mampu meningkatkan fungsi lapisan terluar kulit dan menghidrasi kulit.

Nah, itu adalah berbagai manfaat bakuchiol untuk kecantikan kulit yang mungkin belum kamu tahu dengan rinci.

Apakah setelah mengetahuinya, kamu tertarik untuk menggunakan skincare berkandungan bakuchiol sebagai bagian dari perawatan kulit harianmu?

Ataukah kamu ingin menciptakan skincare berkandungan bakuchiol dengan brand milik sendiri? Tapi, kamu bingung dengan biaya dan tenaga kerja?

Well, kini itu bukan lagi masalah besar! Kamu bisa membuat brand kosmetik sendiri dan memproduksi skincare pribadimu dengan bahan serta formulasi yang kamu ciptakan sendiri bersama maklon skincare Mash Moshem Indonesia.

Tak hanya akan membantu menentukan ide dan formula produk, kami juga akan mengurusi proses legalitas dan halal dari produk yang kamu buat. Dengan begitu, bisnismu akan dapat dijalankan tanpa kendala berarti.

Nah, bagaimana apakah kamu tertarik untuk membuat brand bersama kami?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment