8+ Manfaat Sea Moss untuk Kulit dan Penggunaannya dalam Kosmetik!

manfaat sea moss untuk kulit

Tidak ada habisnya memang ketika kita berbicara tentang produk kecantikan dan kesehatan kulit. Hampir setiap hari ada bahan perawatan kulit baru yang muncul di industri kosmetika dan industri perawatan kulit.

Produk perawatan kulit dan kosmetik semakin berkembang dan beragam. Produk perawatan kulit yang umum masyarakat gunakan biasanya berupa krim atau minyak. Krim atau minyak alami yang digunakan sebagai produk perawatan kulit ini dihasilkan dari ekstrak hewan atau tumbuhan yang memang terpercaya memiliki banyak manfaat baik untuk kulit.

Bumi dan seisinya memang ada untuk diambil manfaatnya oleh manusia, termasuk laut dan isinya. Laut dan isinya membawa beragam manfaat bagi makhluk hidup, mulai dari pasir laut yang ada di daratan hingga ekosistem yang ada di bagian dasar laut.

Mungkin tidak banyak bahan perawatan kulit dan kosmetik yang mampu tumbuh subur di kedalaman laut yang asin. Namun, kali ini kita akan mengupas tuntas tentang keajaiban sea moss untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Sea moss atau yang juga bernama lumut laut tengah ramai dperbincangkan karena dipercaya dapat membawa kebaikan bagi tubuh.

Sea moss atau lumut laut saat ini sedang jadi perbincangan hangat di kalangan beauty enthusiast. Hal ini terbukti dengan popularitasnya semakin meningkat dan munculnya sea moss di daftar bahan produk perawatan kulit. Namun, selain karena tren, apakah sea moss benar-benar layak untuk kamu masukkan ke dalam rutinitas perawatan kulitmu? Untuk mengetahui lebih lanjut tentang keajaiban sea moss, mari simak artikel berikut ini.

Apa Itu Sea Moss?

Sea moss atau lumut laut sering juga masyarakat sebut sebagai lumut Irlandia yang sedang populer saat ini. Sea moss atau lumut laut adalah rumput laut merah Iralndia yang tumbuh subur di sepanjang pantai Atlantik di Irlandia. Bahan ini merupakan tumbuhan bentuk ganggang yang juga dikenal sebagai Chondrus Crispus.

Tanaman sea moss ini memiliki banyak nama yang berbeda. Menurut para ahli, dfatra bahan pada produk kosmetik maupun produk perawatan kulit selalu menggunakan nama INCI pada daftar bahannya.

Namun, nama yang lebih populer atau umum digunakan dalam pemasaran produk dan liputan editorial untuk bahan-bahan ini yaitu lumut laut dan lumut Irlandia. Dalam hal ini tidak pasti apakah nama tersebut mewakili satu atau dua entitas yang berbeda.

Hal yang perlu kamu tahu bahwa lumut laut dan lumut Irlandia mungkin saja sama atau berbeda, tetapi keduanya memiliki nama INCI yang sama yaitu Chondrus Crispus. Jika kamu menemukannya di label produk perawatan kulitmu maka produk tersebut mengandung ekstrak rumput laut.

Asal Usul Sea Moss

apa itu sea moss

Sea moss atau lumut laut ini merupakan salah satu jenis rumput laut yang telah masayrakat konsumsi selama ribuan tahun. Bahan ini juga banyak terdapat di sepangan pantai Atlantik Utara, Irlandia yang berbatu. Sea moss tumbuh dengan berbagai warna, antara lain hijau, kuning, merah, ungu, hitam, dan cokelat. 

Tanaman sea moss ini dipanen untuk mengekstrak karagenan yang terkandung di dalamnya. Karagenan adalah agar-agar yang umum digunakan dalam makanan panggang, digunakan dalam produk kosmetik dan atau produk perawatan kulit.

Sea moss juga banyak dikonsumsi karena dipercaya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Selain kesehatan, sea moss juga dipercaya memiliki manfaat untuk kecantikan. Oleh karena itu, tidak heran jika sea moss termasuk bahan yang ada dalam produk kosmetik dan produk perawatan kulit.

Kandungan Sea Moss

Sea moss memilki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Bahan ini bermanfaat ketika dicerna maupun ketika dioleskan pada kulit. Selain itu, sea moss juga mengandung fitonutiren seperti fucoidan dan laminarin yang bermanfaat untuk mengunduksi sifat antiphotoaging.

Sea moss mengandung zat besi yang tinggi sehingga dapat meningkatkan energi. Bahan ini juga mengandung banyak serat sehingga dapar memperlambat pelepasan glukosa dalam sistem tubuhmu.

Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa sea moss mengandung yodium yang cukup tinggi sehingga dapat menganggu fungsi tiroid jika dikonsumsi dalam dosis yang tinggi. Karena juga kaya akan vitamin A dan vitamin E, Sea Moss pun mengandung sifat antioksidan yang baik untuk tubuh.

Sea moss juga mengandung sulfur yang bagus untuk mengatasi jerawat, rosacea, dan juga anti bakteri. Lumut ini menghasilkan protein yang mirip seperti protein di kulit sehingga kulit dapat terlindungi serta produksi protein di dalam tubuh menjadi meningkat. 

Penggunaan Sea Moss dalam Skincare atau Kosmetik

Sebuah data menunjukkan bahwa sea moss telah populer untuk dijadikan sebagai bahan pembuat kosmetik maupun produk perawatan kulit. Hal ini karena tingginya kandungan mineral dan vitamin di dalamnya yang bermanfaat membantu menjaga serta mengunci kelembapan.

Saat ini terdapat banyak produk perawatan kulit yang menggunakan kandungan sea moss dalam formulasinya. Mulai dari pelembap hingga sabun mandi. Penggunaan produk dengan kandungan sea moss dapat mengatasi dehidrasi atau kehilangan kandungan air pada kulit.

Memiliki manfaat untuk melembapkan kulit, sea moss paling cocok dan paling baik digunakan dalam produk, seperti pelembap, serum, maupun produk kosmetik atau makeup tanpa bilas lainnya atau berbagai produk yang hanya ditaruh dan dibiarkan menyerap di kulit. Jadi, tidak disarankan untuk menggunakan sea moss dalam bentuk sabun muka atau facial wash.

Manfaat Sea Moss untuk Kulit

manfaat sea moss

Berasal dari keluarga ganggan merah, sea moss memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Hal ini tentu yang membuat sea moss menjadi salah satu bahan dan komposisi dalam produk perawatan kulit yang dapat diperhitungkan. Adapun beberapa manfaat sea moss untuk kesehatan dan kecantikan kulit dijelaskan sebagai berikut.

Membantu Melembapkan Kulit

Sea moss memiliki sifat nonkomedugenik dan sangat mampu melembapkan kulit. Selain itu, bahan ini juga membantu memberikan kelembapan pada kulit yang kering maupun kulit yang mengalami iritasi. Sea moss juga membantu kulit yang sehat agar tetap kenyal dan terhidrasi.

Pengendalian Peradangan Pada Kulit

Sea moss yang terkenal kaya akan vitamin dan mineral ini dapat menenangkan kondisi kulit yang meradang seperti eksim dan psoriasis. Menurut para ahli, sea moss ini memiliki banyak nutrisi yang umumnya kurang dalam pila makan rata-rata, seperti vitamin A dan asam lemak omega 3 yang tentu keduanya penting untuk kesehatan kulit dan pengendalian peradangan.

Memiliki Elemen Anti-inflamasi

Sea moss memiliki elemen anti-inflamasi karena konsentrasi seng dan belerang yang tinggi. Hal ini dapat membuat sea moss mampu mengatasi kulit kering dan masalah kulit lainnya.

Sea moss bahkan dapat meningkatkan fotoproteksi kulit dari paparan sinar matahari. Hal ini karena sea moss membantu memerangi radikal bebas pada sel-sel kulit. 

Melindungi Skin Barrier

Sea moss meninggalkan lapisan tipis pada kulit. Secara struktural, lapisan tipis ini mirip dengan protein kulit pada manusia. Oleh karena itu, karakteristik yang ada pada sea moss ini membnetuk lapisan pelindung di atas epidermis.

Membantu Menyeimbangkan Produksi Sebum

Kandungan sulfur yang tinggi juga dapat menurunkan sebum (minyak) yang berlebihan di kulit. Hal ini tentu dapar membantu mengurangi keparahan jerawat bagi orang yang menderita konsisi ini jika dikombinasikan dnegan dampak antibakteri pada bakteri jerawat. Kandungan sulfur pada sea moss berperan sebagai antimikroba yang dapat membantu menyeimbangkan bakteri baik di kulit, sehingga bisa mengatasi masalah jerawat.

Memberikan Kesan Sehat pada Kulit

Mineral yang terkandung pada bahan sea moss ini memiliki manfaat untuk kulit. Mineral ini juga bermanfaat bagi kesehatan kita serta dapat membantu mengatasi masalah kulit kita dari dalam ke luar.

Memiliki Elemen Antibakteri

Kandungan belerang yang tinggi pada sea moss membuat sea moss memiliki elemen antibakteri, antivirus, dan antimikroba. Oleh karena itu, sea moss berkemungkinan dapat membantu menyeimbangkan mikrobioma kulit.

Membantu Melawan Tanda Penuaan Kulit

Sea moss juga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan pada kulit yang tanda-tandanya seperti kondisi kulit yang kering pada musim dingin. Bahan ini dapat membantu mengurangi kerutan, melebapkan kulit, dan melindungi dari unsur lingkungan.

Hal ini karena sea moss mengandung unsur penting yang ada dalam tubuh manusia, seperti kalsium, magnesium, potassium, vitamin A, dan vitamin K.  

Jenis Kulit yang Dapat Menggunakan Sea Moss

Pada dasarnya, sea moss dapat digunakan oleh semua jenis kulit, terutama untuk kamu yang memiliki tipe kulit kering, berjerawat, maupun kulit yang meradang, seperti eksim dan psoriasis. Hal ini tentu berkaitan dengan manfaat utama dari sea moss yang dapat menghidrasi kulit dan dapat mengurangi peradangan jerawat karena kaya akan mineral dan vitaminya.

Sea moss juga mampu memberikan manfaat bagi kamu yang memiliki jenis kulit uanh berminyak dan berjerawat. Hal ini karena kandungan belerang di dalam sea moss yang tinggi sehingga berfungsi sebagai antibakter, antivirus, dan antimikroba. Kandungan sulfur yang tinggi pada sea moss ini terbilang dapat menurunkan produksi sebum yang berlebihan pada kulit.

Walaupun sea moss aman untuk berbagai jenis kulit, akan lebih baik jika sebelum menggunakan sea moss konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit. Bisa juga kamu melakukan uji tempel, jika sea moss merupakan produk yang baru saja kamu coba.

Hal ini merupakan tindakan teraman untuk menghindari keraguan dan risiko iritasi yang mungkin saja terjadi, terutama untuk jenis kulit yang sensitif.

Adakah Efek Samping Sea Moss untuk Kesehatan Kulit?

Pada dasarnya, penggunaan sea moss untuk perawatan kulit tidak memberikan efek negatif yang berbahaya. Namun,  seperti bahan pada produk perawatan kulit lainnya, jika sea moss merupakan produk yang baru kamu gunakan maka lakukan uji tempel atau konsultasikan kepada dokter spesialis kulit.  Hal ini karena mungkin saja sea moss dapat menyebabkan iritasi ringan jika Anda baru pertama kali menggunakannya.

Sebaiknya lakukan uji tempel di bagian dalam pergelangan tanganmu sebelum mengoleskan produk yang mengandung lumut laut ke seluruh wajah. Produk sea moss tidak akan berfungsi dengan baik jika digunakan dengan produk pembersih. Sebaliknya, produk sea moss akan bekerja dengan baik dalam bentuk serum atau pelembap.

Cara Menggunakan Sea Moss sebagai Bagian dari Skincare Routine

Ekstrak rumput laut cukup lembut bahkan untuk kulit sensitive. Jadi, terbilang aman untuk digunakan setiap hari, tetapi sebagian besar produk merekomendasikan untuk menggunakannya dua hingga empat kali seminggu. Ada baiknya untuk memperhatikan saran pemakaian produk yang tertera di kemasan.

Saat ini bukanlah hal yang sulit mencari produk perawatan kulit dengan kandungan sea moss. Sea moss dapat dengan mudah kamu temukan di semua jenis produk perawatan kulit, mulai dari pelembap hingga serum.

Dokter kulit menyarankan bahwa daripada menggunakan sea moss murni, lebih baik mencari produk yang terformulasikan dengan baik yang menggabungkannya dengan bahan lain.

Hal ini untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dan hasil yang optimal. Selain itu, belum diketahui pasti apakah produk dengan sea moss organik lebih baik, aman, dan efektif dibanding dengan produk sengan sea moss tanpa label organik.

Kamu bisa menggunakan gel sebagai masker yang digunakan satu hingga dua kali seminggu, tingkatkan frekuensinya sesuai kebutuhan. Seperti pada produk-produk perawatan kulit lainnya, jika kamu memiliki masalah tertentu dengan kulitmu maka konsultasikan dengan dokter spesialis kulitmu.

Amankah Membuat Skincare Berkandungan Sea Moss dengan Brand Sendiri?

skincare sea moss

Seperti yang kita tahu dari penjelasan di atas, sea moss merupakan bahan berkualitas tinggi yang dalam pengolahannya memerlukan tenaga ahli. Sehingga dapat tercipta produk perawatan kulit yang berkualitas dan aman untuk konsumen gunakan.

Hal yang perlu kamu perhatikan yaitu bahwa sea moss merupakan bahan yang berasal dari laut. Seperti yang kita tahu bahwa sea moss sangat memungkinkan mengakumulasi logam berat beracun dari laut tempatnya berasal, seperti kadmium, merkuri, timbal, dan arsenik. Jadi, dalam pembuatan produk menggunakan sea moss, sumber bahannya menjadi sesuatu hal yang penting untuk diperhatikan.

Berbicara soal keamanan membuat skincare atau produk perawatan kulit, kamu tak perlu merasa khawatir karena ada jasa maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia. Tim formulator kami telah berpengalaman dalam bidang pembuatan kosmetika selama bertahun-tahun, serta telah memproduksi lebih dari 2000 produk yang terdaftar resmi dalam regulasi BPOM.

Karenanya, kami yakin dapat memberikan pelayanan produksi kosmetik terbaik yang aman dan berkualitas untukmu. Selain sea moss kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan berkualitas lainnya, atau memadukan bahan baku lain agar mendapatkan produk dengan manfaat lebih optimal.

Bersama kami, kamu juga bisa memproduksi produk kecantikan dengan sea moss dalam berbagai bentuk sediaan, dari cair, krim, gel, padat, maupun bubuk. Dengan begitu, kemungkinan inovasi produk pun akan lebih beragam dan kamu dapat menjangkau konsumen dari berbagai segmentasi pasar.

Nah, tunggu apalagi, yuk segera buat skincare berkandungan sea moss dengan brand milikmu sendiri lewat klik Contact Us, ya!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment