10 Jenis Rumput Laut yang Bisa Digunakan untuk Bahan-Bahan dalam Skincare!

jenis rumput laut untuk skincare

Mungkin banyak dari kamu yang tahu jika rumput laut biasanya menjadi bahan makanan yang bisa dikonsumsi. Namun, apakah kamu juga sudah mengetahui jika rumput laut nyatanya memiliki banyak sekali manfaat untuk kulitmu? Bahkan penggunaan berbagai jenis rumput laut untuk bahan skincare sangat marak di industri kosmetik, lho.

Beberpa dari kamu yang sangat menyukai dunia kosmetik, kamu tentunya tidak akan asing dengan bahan skincare yang mengandung rumput laut ini. Karena kandungan rumput laut dalam skincare tentunya sudah banyak ditemukan pada produk-produk skincare manapun.

Karena nyatanya banyak sekali manfaat yang bisa diberikan oleh rumput laut untuk menjaga kesehatan kulit dan memberi nutrisi yang baik untuk kulit kamu.

Nah, di dalam artikel ini, kamu bisa mengetahui 10 jenis rumput laut yang bisa digunakan untuk bahan-bahan dalam skincare. Yuk simak artikel ini dengan seksama ya!

10 Jenis Rumput Laut untuk Bahan Skincare

Eucheuma Conttonii

Jenis rumput laut Eucheuma Cottonii termasuk ke dalam jenis rumput laut merah penghasil karaginan. Jenis rumput laut ini sangat banyak digunakan pada produk non pangan. Di mana Eucheuma Cottonii biasanya menjadi bahan dalam formulasi produk-produk skincare.

Eucheuma Cottonii dikenal menjadi bahan baku pencerah kulit, karena rumput laut ini mengandung hidrokuinon, flavonoid, dan triterpenoid yang merupakan kandungan antioksidan yang membantu menyehatkan kulit.

Dengan kandungan baik di dalam Eucheuma Cottonii, tanaman tersebut kemudian bisa menjadi salah satu bahan baku dari krim wajah ataupun masker. Di mana antioksidan di dalamnya mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan melindungi kulit dari penuaan.

Selain itu, manfaat dari Eucheuma Cottonii ini juga bisa menjadi pelebap alami dan memberi hidrasi yang maksimal untuk kulit kamu.

Fucus Vesiculosus

Jenis rumput laut yang bisa digunakan untuk bahan-bahan dalam skincare yang kedua adalah Fucus Vesiculosus. Jenis rumput laut ini merupakan genus dari ganggang coklay yang mudah ditemukan di pantai berbatu.

Umumnya, seiring bertambahnya usia, kulit kamu akan menjadi lebih tebal dan kemudian kehilangan elastisitasnya. Nah, bahan skincare yang mengandung Fucus Vesiculosus ini membawa berbagai manfaat untuk kecantikan kulit, khususnya dalam masalah penuaan.

Kemudian kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan juga antioksidan di dalam Fucus Vesiculosus mampu menjadi salah satu nutrisi yang bagus dalam mencegah penuaan kulit. Fitonutrien yang berada di dalamnya juga mampu memperlancar aliran darah, sehingga membantu mengeluarkan racun dari pori-pori kulit.

Dengan berbagai manfaat baik tersebut, Fucus Vesiculosus ini kemudian dipakai oleh banyak perusahaan kosmetik sebagai salah satu bahan dasar skincare mereka.

Laminaria Digitata

Jenis rumput laut yang ketiga adalah Lamaria Digitata yang termasuk rumput laut coklat dalam keluarga Laminariaceae. Jenis rumput laut ini umumnya dikenal dengan nama Oarweed. Lamaria Digitata sangat kaya akan sumber alami dari antioksidan juga asam amino.

Kandungan antioksidan dan asam amino tersebut dikenal memiliki manfaat dalam meningkatkan kolagen pada kulit. Kolagen sendiri berguna untuk “mengisi” garis halus dan kerutan pada kulit wajah, sehingga menjadikan kulit tampil lebih kenyal dan tampak awet muda.

Lamaria Digitata juga dikenal memiliki kandungan kalsium, potasium, juga magenesium. Di mana komponen tersebut mampu membantu merawat kulit agar selalu tampil cantik.

Corallina Officinalis

Jenis rumput laut untuk bahan skincare selanjutnya adalah Carollina Officinalis yang termasuk ke dalam jenis rumput laut merah. Jenis rumput laut ini biasanya tumbuh diterumbu karang di bagian bawah dan tengah, di pantai yang berbatu.

Carollina Officinalis mulai dikenal dalam dunia kosmetik dan sudah dipakai sebagai salah satu bahan skincare. Manfaat utamanya yaitu mampu menjadi detoks karena mengandung kalsium karbonat. Kandungan tersebut akan secara lembut mampu mengangkat sel-sel kulut mati dari permukaan kulit.

Dengan manfaat yang diberikan oleh Carollina Officinalis ini, diharapkan mampu menjadikan kulit terasa lebih lembut dan halus. Sehingga, saat ini sudah banyak produk skincare yang menggunakan Carollina Officinalis ini sebagai salah satu bahan baku untuk skincare.

Sargassum sp

Jenis rumpt laun yang bisa digunakan untuk bahan skincare yang selanjutnya adalah Sargassum sp. Jenis rumput laut ini termauk kedalam jenis rumput laut coklat yang sering ditemukan di sepanjang pantai di Indonesia.

Sargassum sp ini dikenal memiliki kandungan alginat, fukoidan, serta pigmen warna fukosantin. Kandungan fukoidan itu sendiri memiliki fungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, Sargassum sp bisa dimanfaat sebagai salah satu bahan pelembap pada skincare. Tentunya jenis rumput laut ini sangat baik jika diaplikasikan pada kulit yang sedang mengalami masalah kulit kering dan kusam. Sehingga banyak produk skincare menggunakan jenis rumput laut Sargassum sp sebagai bahan alami produk pelembap mereka.

Cladosiphon Okamuranus

Jenis rumput laut yang keenam adalah Cladosiphon Okamuranus, di mana bahan ini merupakan salah satu jenis rumput laut berwarna coklat. Cladosiphon Okamuranus juga menjadi salah satu bahan skincare yang sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit.

Cladosiphon Okamuranus ini banyak ditemukan dan hidup diperairan Okinawa, Jepang. Rumput laut ini dikenal memiliki manfaat yaitu untuk membantu mencerahkan kulit dan meregenerasi kulit kamu. Dengan manfaat tersebut,

Cladosiphon Okamuranus kemudian dipakai menjadi salah satu bahan untuk produk skincare dan kosmetik lainnya.

Jania Rubens

Jenis rumpt laut yang selanjutnya yang biasa digunakan dalam bahan skincare adalah Jania Rubens, yang termasuk ke dalam rumput laut merah yang dapat dan sering ditemukan di perairan Eropa.

Jania rubens tentunya sudah sering terdengar di telinga pecinta skincare, karena sudah banyak produk yang menggunakan Jania Rubens ini. Bahan ini mengandung mineral baik yang membantu menambah kelembapan untuk kulit.

Selain itu, Jania Rubens juga bisa membantu kulit tampak lebih awet muda. Biasanya jenis rumput laut merah ini berguna sebagai booster pada skincare, yang mampu membantu mempercepat kinerja bahan aktif dalam skincare.

Karena memiliki manfaat yang sangat banyak, seperti melembapkan, mencerahkan, hingga mencegah penuaan. Maka Jania Rubens kemudian sangat dikenal dan sangat bisa kamu temukan pada produk-produk skincare.

Kappaphycus Alvarezii

Jenis rumput laut yang bisa digunakan untuk bahan-bahan dalam skincare yang ke-delapan adalah Kappaphycus Alvarezii. Jenis rumput laut ini termasuk ke dalam rumput laut merah yang saat ini banyak dibudidayakan di Maluku Tenggara.

Kappaphycus Alvarezii ini juga penghasil karaginan, di mana karaginan penting sebagai stabilisator dan juga bahan pegental pembentuk gel. Bahan ini juga bisa menjadi pengemulsi, penggumpal, dan pencegah kristalisasi, di mana bahan ini sangat berguna dalam pembuatan kosmetik dan skincare.

Tidak lupa, jenis rumput laut ini menjadi sumber multivitamin untuk kulit. Manfaatnya untuk kulit juga sangat beragam, salah satunya untuk detoksifikasi kulit. Kandungan anti-inflamasi di dalamnya mampu mengurangi pembengkakan akibat jerawat, mengencilkan pori-pori, dan mengangkat sel kulit mati.

Selain itu, Kappaphycus Alvarezii juga baik dalam menjaga kelembapan kulit, mencegah penuaan, menutrisi kulit, mencerahkan, mengenyalkan, dan menyehatkan kulit.

Ulva Lactuca

Jenis rumput laut selanjutanya adalah Ulva Lactuca yang sangat mudah ditemukan di seluruh perairan di dunia. Rumput laut ini memiliki warna hijau, dan sering disebut sebagai selada laut karena bentuknya yang bergelombang seperti selada.

Jenis rumput laut hijau ini juga sering dikonsumsi, dan menjadi bahan pangan yang menyehatkan untuk tubuh. Karena Ulva Lactuca ini ini bisa menjadi sumber protein dan zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Ulva Lactuca juga mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi. Di mana antioksidan yang ditemukan di dalam rumput laut ini sangat baik dalam menetralkan racun radikal bebas, sehingga akan sangat baik dalam mejaga kesehatan kulit.

Gracilaria Verucosa

Jenis rumput laut yang bisa digunakan untuk bahan-bahan dalam skincare yang terakhir adalah Gracilaria Verucosa. Jenis rumput laut ini termasuk rumput laut merah yang tumbuh pada perairan laut tropik dan subtropik.

Saat ini, Gracilaria Verucosa mulai dilirik dan mulai dijadikan bahan skincare. Hal ini dikarenakan rumput laut merah ini sangat berguna sebagai antibakteri dan atimikroba. Penggunaan Gracilaria Verucosa dicoba untuk penyembuan penyakit pada kulit.

Kandungan antibakteri tersebut meliputi alkaloid, saponin, pentadecane, dan lainnya. Dari kandungan baik di dalam Gracilaria Verucosa, kemudian bisa menghambat penyakit kulit yang sedang meradang.

Nah, inilah beberapa penjelasan tentang 10 jenis rumput laut yang bisa digunakan untuk bahan-bahan dalam skincare. Semoga apa yang kamu baca bisa berguna untuk menambah pengetahuanmu. Dan siapa tahu kamu bisa membuat skincare dengan bahan-bahan rumput laut ini lewat maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia.

Yap! Bersama formulator handal kami, kamu bisa membuat berbagai jenis skincare dengan beragam manfaat dan sifat unik menggunakan rumput laut sebagai bahan dasarnya. Kami juga bisa membantumu mendapatkan izin edar BPOM dan sertifikasi produk lainnya.

Nggak percaya? Langsung konsultasikan ide dan konsep produkmu bersama tim kami via Contact Us, ya!

About Author

Retno Ayu Wulandari

Seorang yang suka tidur, makan, dan menulis.

Related posts

Leave a Comment