Simak 15 Jenis Jamur dalam Formula Skincare Berikut Ini, Yuk!

Sudah diketahui sejak lama jika jamur merupakan salah satu bahan yang bisa dipakai dalam produk-produk skincare. Terlebih keberadaan jamur-jamur ini memiliki popularitasnnya sendiri dan memang dikenal bermanfaat dalam perawatan kulit.

Jamur menjadi bahan alami yang juga menjadi tren di industri kecantikan. Pasalnya beberapa jamur ini memang sangat bermanfaat dan sangat kaya akan antioksidan yang baik untuk kulit.

Nah, untuk mengetahui jenis jamur apa saja yang biasanya digunakan untuk bahan skincare, kita perlu gali lebih dalam pembahasan berikut ini.

Yuk simak 15 jenis jamur untuk bahan-bahan dalam skincare berikut ini!

15 Jenis Jamur untuk Bahan Skincare

Penggunaan berbagai jenis jamur untuk bahan skincare sebenarnya bukan hal baru lagi. Ada banyak jenis jamur yang bisa kamu temui dengan mudah dalam formula produk perawatan wajah tersebut. Misalnya, yang telah Mash Moshem Indonesia rangkum dalam uraian berikut ini.

Jamur Reishi

Jamur reishi mengandung anti-oksidan, anti-tyrosinase yang membantu mencerahkan kulit, anti-inflamasi dan anti-aging yang baik untuk kulit. Emat manfaat tersebut menjadi manfaat utama yang bisa kamu rasakan saat menggunakan skincare dengan kandungan jamur reishi.

Jamur ini memiliki arti yaitu sebagai jamur keabadian. Di mana memiliki manfaat lain yang yaitu mampu meningkatkan sistem imun tubuh dan bisa mengurangi kadar hormon kortisol. Hal itu bisa membantu mengurangi munculnya jerawat akibat stres yang berlebihan.

Selain itu, jamur reishi juga berfungsi untuk memperbaiki sel kulit yang rusak akibat sinar UV dan radikal bebas.

Ingin tahu apa saja manfaat Reishi Mushroom untuk kecantikan? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Jamur Tiram

Jika kebanyakan yang kamu tahu jamur tiram kerap kali dijadikan olahan makanan. Kamu juga harus tahu jika jamur ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit.

Jamur tiram memiliki kandungan yang kaya akan anti-oksidan i-ergothioneine serta memiliki kemampuan untuk bisa mencerahkan dan menyamarkan pigmentasi pada kulit. Bahan ini juga berguna sebagai pelembap kulit alami, dan mengandung anti-microbial.

Tidak hanya itu saja, jamur tiram nyatanya dipercaya memiliki kemampuan anti-inflamasi yang baik dan berpotensi bisa menangani dermatitis pada kulit.

Jamur Shiitake

Jamur shiitake juga kerap kamu temukan pada makanan tertentu bukan? Namun nyatanya jamur ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kulitmu.

Jika kamu memiliki masalah hiperpigmentasi yang berlebihan akibat kehamilan atau bekas jerawat. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan skincare dengan kandungan jamur shiitake. Karena jamur ini sangat kaya akan kandungan kojic acid yang merupakan alternatif bahan alami dari hydroquinone.

Jadi saat kamu mengalami masalah kulit di atas, kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan jamur shiitake, karena bisa menyamarkan noda gelap pada kulit. Jenis jamur untuk bahan skincare ini juga memiliki kandungan vitamin D yang terbilang sangat berguna dalam mengatasi inflamasi pada kulit.

Jamur Tremella

Jenis jamur untuk skincare satu ini, populer juga dengan nama snow fungus. Tremella merupakan jamur yang sangat kaya akan kandungan protein, karbohidrat, serat, dan 18 jenis asam amino. Kandungan tersebut sudah pasti sangat baik untuk kesehatan tubuhmu.

Namun tidak hanya itu, jamur tremella juga mengandung vitamin D yang berfungsi sangat baik dalam menyembuhkan jerawat bila kamu aplikasikan secara topikal. Jamur ini mampu mengikat air pada kulit, sehingga akan menjaga kulit selalu lembab dan terhidrasi.

Biasanya kandungan jamur tremella bisa kamu temukan pada produk kosmetik seperi hydrating mositurizer.

Jamur Chaga

Jenis jamur untuk bahan skincare selanjutnya bernama chaga, yang merupakan jenis jamur dengan bentuk gumpalan hitam. Kamu bisa menemukan jenis jamur ini pada pohon Birch.

Berbagai manfaat dalam Chaga muncul karena kandungan anti-oksidan, zinc, dan melanin miliknya. Semua kandungan ini bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari ataupun radikan bebas.

Selain itu, jamur chaga juga sangat kaya akan beta glutan yang berfungsi dalam meningkatkan elastisitas kulit. Sehingga mampu menjadikan kulit lebih kenyal dan lembut.

Jamur Trametes Versicolor

Jenis jamur untuk bahan skincare selanjutnya adalah jamur tremetes versicolor juga sering di sebut dengan turkey tail atau ekor kalkun. Jamur yang satu ini sangat populer karena memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi, sehingga jamur ini juga banyak digunakan untuk bahan skincare.

Kemudian kandungan krestin di dalamnya juga bisa mendukung sistem imun dan menurunkan inflamasi pada kulit. Selain itu, jarmur tremetes versicolor juga bisa meningkatkan serkulasi daran dan DNA sel, loh!

Jamur Cordyceps

Selanjutnya, ada Jamur cordyceps dalam bidang kuliner dikenal memiliki manfaat untuk meningkatkan energi dan stamina. Namun jangan salah, karena jamur ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Jamur corsyceps memiliki sifat anti-inflamasi yang baik yang mampu meningkatkan imun pada tubuh. Dalam skincare, jamur ini nyatanya berguna untuk bisa menghidrasi kulit dengan baik, mampu meingkatkan produksi kolagen, hingga membantu menjaga elastisitas kulit kamu.

Jamur Galactomyces

Galactomyces merupakan jenis jamur yang masuk dalam famili Dipodascaceae yang banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bahan skincare. Jamur ini biasanya sudah dalam bentuk Galactomyces Ferment Filtrate (GFF).

Jamur ini dipopulerkan pertama kali di Jepang yang nyatanya memiliki banyak sekali manfaat dalam menyehatkan kulit. Manfaat yang utama dari Galactomyces adalah dapat meningkatkan kelembapan pada kulit.

Selain itu bahan ini juga mampu mengencilkan pori-pori kulit, mengontrol produkso sebum, bisa mencegah penuaan dini, bahkan mampu menyamarkan bintik hitam pada kulit.

Jamur Truffle

Jamur truffle merupakan jamur yang tumbuh secara alami dan memiliki harga yang fantastis. Karena jenis jamur ini merupakan jamur yang tidak bisa kita kontrol ataupun kita olah.

Namun tahukah kamu, jika jamur truffle nyatanya juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kulit. Manfaat yang paling utama dari jamur truffle adalah mampu menajdikan kulit terasa lebih halus dan mulus.

Kandungan vitamin C, kalsium, pottasium, dan micronutrient lainnya mampu membantu hidrasi pada kulit, dan membuat kulitmu menjadi lebih lembut.

Jamur Enoki

Jamur enoki dikenal dalam dunia kuliner memiliki rasa dan tekstur yang unik. Namun selain sebagai salah satu makanan, jamur ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulitmu. Jamur enoki dikenal memiliki anti-oksidan tinggi yang dapat mencegah efek buruk dari radikal bebas.

Kamu tahu jika radikal bebas yang menempel pada kulit bisa merusak kulitmu secara perlahan-lahan. Sehingga skincare yang memiliki kandungan jamur enoki bisa memperbaiki kulitmu dari kerusakan tersebut.

Jamur Kuping

Jamur kuping biasanya tumbuh bebas selama musim hujan dengan tekstur kulit yang berlendir. Disebut jamur kuping karena warnanya yang coklat dan bentuknya yang menyerupai telinga.

Jamur kuping ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Jenis jamur untuk bahan skincare ini akan membantu memberikan nutrisi untuk kulitmu, bahkan juga menutrisi rambutmu dengan sangat baik.

Jamur Morel

Mungkin kebanyakan dari kalian cukup asing dengan jamur morel ini. Namun jamur ini nyatanya sudah terkenal sebagai produk kesehatan sebagai obat tradisional.

Tidak hanya bermanfaat untuk obat tradisional, jamur morel juga memiliki manfaat yang snagat baik untuk kulit. Jamur ini bisa menjadi emolien yang baik untuk melembabkan kulitmu. Selain itu, jamur ini juga bisa mempercepat penyembugan luka saat kulit sedang mengalami peradangan.

Jamur Eringi

Selanjutnya ada jamur eringi dikenal karena rasanya yang lezat dengan kandungan gizi yang tiinggi, serta memiliki khasiat yang beragam. Jenis jamur untuk bahan skincare ini memiliki warna putih dan tekstur yang padat.

Salah satu manfaat dari jamur eringi adalah mampu mencegah penuaan dini pada kulit. Sifat ini akan mempertahankan kealamian dari kulit kamu. Selain itu, jamur ini juga bisa membuat kulit tampil lebih sehat, kenyalm dan mengandung anti inflamasi yang baik untuk kulit.

Jamur Kancing

Jamur kancing juga kerap dijadikan hidangan lezat untuk di makan. Namun kamu juga harus tahu jika jamur ini menjadi salah satu jamur yang dikenal memiliki manfaat baik dalam menyehatkan kulit.

Salah satu kandungan baik di dalamnya adalah jamur ini yaitu jamur kancing memiliki kadar anti-oksidan yang tinggi. Antioksidan untuk kulit sangat baik dalam merawat dan menjaga kesehatan kulit.

Jamur Merang

Jamur merang memang sudah tidak asing di dengar di telinga kita. Nyatanya jamur ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, tidak hanya menyehatkan tubuh, jamur merang juga memiliki manfaat untuk kulitmu.

Jamur merang dikenal bisa menangkal radikal bebas karena mengandung flavonoid. Radikal bebas ini biasanya bisa menempel pada kulit dari udara saat kamu melakukan aktivitas di luar ruangan. Sehingga kamu memerlukan kandungan yang mampu menangkal radikal bebas ini, salah satunya yang terkandung pada jamur merang.

Nah, inilah beberapa jenis jamur yang bisa digunakn untuk bahan skincare. Kamu bisa mengetahui manfaat-manfaat dari jamur, yang tentunya sangat bagus dalam menjaga kesehatan kulit.

Beautypreneurs, kamu bisa menggunakan salah satu dari ke-15 jenis jamur di atas untuk bahan dalam skincare atau produk perawatan kecantikan dari brand kosmetikmu. Bahkan, kamu bisa mengombinasikan beberapa bahan sekaligus untuk menciptakan produk yang unik dan khas di pasaran.

Dalam hal ini, Mash Moshem Indonesia dapat membantumu, lho. Bersama tim Research and Development kami, kamu bisa request berbagai jenis bahan atau kandungan dalam produk yang akan kamu buat.

Jangan khawatir soal kualitas, tim kami telah berpengalaman selama bertahun-tahun dan menciptakan ribuan produk kosmetik yang telah terdaftar secara resmi di BPOM.

Nggak percaya? Langsung cek informasi lengkapnya lewat nomor di Contact Us, ya!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts