8 Manfaat Reishi Mushroom Untuk Kulit, Ampuh Melembutkan dan Cerahkan!

manfaat reishi mushroom untuk kulit (2)

Tingginya kesadaran akan besarnya ancaman zat kimia berbahaya dalam produk kecantikan praktis membuat banyak orang beralih pada produk perawatan dengan bahan dasar alami.

Sayangnya, bahan dasar alami yang ada dalam setiap produk umumnya sama. Namun tidak dengan Reishi Mushroom. Di sini kamu akan lebih banyak mengetahui manfaat reishi mushroom untuk kulit.

Meningkatnya suhu dan tingginya tingkat polusi di sebagian besar daerah di Indonesia menjadikan perawatan kulit sebagai salah satu hal yang penting. Karena suhu dan polusi dapat menjadi sumber masalah dan kerusakan pada kulit kita.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, penggunaan produk kecantikan dengan bahan dasar alami akan memberikan hasil yang lebih baik. Tentu saja alasan utamanya adalah lebih kecilnya risiko serta hasil yang lebih baik dan sehat untuk kulit.

Jika membicarakan bahan alami untuk produk perawatan kulit, tentu yang kali pertama muncul dalam benakmu adalah aloe vera, kunyit, hingga teh hijau.

Bahan tersebut memang memiliki manfaat untuk kulit, namun jika kamu mencari bahan untuk membuat produk kecantikanmu sendiri maka kamu harus menemukan bahan yang berbeda dengan khasiat yang tak kalah baiknya.

Kamu bisa memanfaatkan jamur reishi atau lingzhi. Jamur ini banyak berkembang biak di daerah tropis seperti Indonesia sehingga mudah untuk mendapatkannya.

Selain itu, jamur ini memiliki manfaat yang dibutuhkan untuk kulit untuk menjaganya tetap sehat dan cantik. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Reishi Mushroom?

Jamur reishi atau yang dikenal juga sebagai Ganoderma lucidum atau lingzhi merupakan salah satu jenis jamur yang banyak berkembang biak di daerah dengan iklim tropis dan lembab.

Jamur ini banyak ditemui di Asia, salah satunya Indonesia. Selama ini, jamur ini sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam pengobatan tradisional.

Jamur ini memiliki bentuk setengah lingkaran dengan garis tengah berukuran antara 10 hingga 20 cm. Saat muda, jamur ini memiliki warna merah dengan tepian yang berwarna kuning.

Seiring waktu, warnanya akan berubah menjadi merah kecoklatan ketika tua. Jamur ini cukup tebal dengan ukuran ketebalan hingga 3,5 cm.

Kamu bisa menemui jamur ini menempel pada substrat atau kulit batang pohon yang membusuk. Bagian dari jamur ini yang menempel pada batang pohon adalah tangkai tubuhnya yang memanjang ke samping antara 3 hingga 10 cm.

Jamur ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai jenis penyakit. Dapat dimanfaatkan dengan cara dikonsumsi secara langsung ataupun dengan cara diekstrak.

Selain itu, jamur ini juga memiliki berbagai kandungan yang juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan kesehatan dan kecantikan kulit.

Penggunaan Reishi Mushroom dalam Industri Kosmetik

Pada mulanya, jamur reishi atau yang lebih dikenal sebagai jamur lingzhi ini sudah sejak dahulu dimanfaatkan oleh nenek moyang kita sebagai bahan pengobatan tradisional.

Jamur kayu satu ini memiliki banyak sekali manfaat untuk menjaga kesehatan dan penyembuhan berbagai jenis penyakit mulai dari yang sederhana hingga penyakit berbahaya.

Seiring berjalannya waktu, orang-orang mulai menyadari bahwa kandungan dalam jamur lingzhi bukan hanya bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk kesehatan. Ternyata kandungan yang beragam dari jamur ini juga bermanfaat untuk kecantikan, terutama kecantikan kulit.

Penggunaan jamur reishi atau jamur lingzhi sebagai bahan untuk produk kecantikan sebenarnya sudah ada di Indonesia sejak dulu. Namun, produk dengan bahan ini tidak sepopuler produk dengan bahan lain seperti mentimun, aloe vera maupun lainnya.

Alasan Menggunakan Reishi Mushroom dalam Formula Skincare

Kandungan dan manfaat dalam jamur lingzhi memiliki potensi besar dalam industri kecantikan. Beberapa alasannya adalah sebagai berikut:

  1. Jamur reishi belum banyak digunakan oleh produsen produk kecantikan lainnya.
  2. Mudah dibudidayakan karena kondisi iklim di Indonesia sangat mendukung.
  3. Produksi bisa kamu lakukan dengan mudah dengan bantuan jasa maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia.
  4. Kecanggihan teknologi memudahkan promosi lewat berbagai jenis media.

Nah, jika kamu penasaran apa saja sih kandungan dan manfaat jamur lingzhi ini sampai-sampai dikatakan sebagai bahan dengan potensi besar di Industri kecantikan, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini.

Kandungan Reishi Mushroom yang Baik untuk Kecantikan

manfaat reishi mushroom untuk kulit (2)

Terdapat beberapa manfaat reishi mushroom untuk kulit karena adanya kandungan-kandungan tertentu di dalamnya. Kandungan inilah yang menjadi alasan dijadikannya Reishi Mushroom cocok sebagai bahan utama produk perawatan kulit. Berikut ulasan selengkapnya:

Adaptogen

Adaptogen dalam reishi mushroom mendukung kulit untuk tetap sehat. Zat ini bekerja dengan cara membantu kulit untuk beradaptasi pada tingkat molekuler dengan lebih baik. Sehingga dapat membantu mengurangi stres pada kulitmu dan mencegah kulit mengalami kerusakan akibat stres.

Beta-glukan

Zat ini membantu kulit menghasilkan molekul glukosa antioksidan. Molekul ini bekerja dengan menarik air ke dalam kulitmu. Hal inilah yang menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga tidak kering dan tetap tampak kenyal.

Selain itu molekul ini juga berperan untuk melindungi kulit dari kerusakan oksidatif. Kerusakan oksidatif adalah kondisi ketika jumlah radikal bebas melebihi batas yang dapat diatasi oleh tubuh.

Sehingga dengan adanya molekul glukosa antioksidan ini dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas yang berlebih.

Polisakarida

Reishi mushroom juga mengandung polisakarida yang sangat baik dalam mendukung fungsi kekebalan alami kulit. Dengan demikian, kulitmu memiliki respons alami yang baik terhadap peradangan. Menjadikan peradangan yang terjadi pada kulit dapat lebih cepat teratasi.

Fruiting Bodies dan Miselium

Salah satu kandungan yang paling unggul dalam jamur ini adalah fruiting bodies dan miselium. Kedua senyawa dan nutrisi alami ini sangat membantu dalam mendukung fungsi kekebalan alami kulit. Sehingga kulit menjadi lebih baik dalam melawan efek radikal bebas.

Peptidoglikan

Mengandung asam amino yang membantu kulit menghasilkan peptida antimikroba yang sehat. Zat ini dapat sangat membantu dalam meningkatkan kekebalan sekaligus dapat berfungsi sebagai imunomodulator.

Imunomodulator sendiri merupakan zat yang dapat memodifikasi respons imun terhadap gangguan yang dialami tubuh, termasuk kulit. Zat ini mengaktifkan pertahanan alamiah maupun adaptif pada kulit.

Lisin

Tahukah kamu bahwa lisin sangat bermanfaat untuk kulit?. Zat ini sangat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Kulit yang elastis akan mencegah kulitmu terlihat kasar, berkerut atau bahkan kendur. Selain itu, lisin juga dapat membantu pembentukan kolagen pada kulit.

Leusin

Selain lisin, jamur reishi juga mengandung leusin. Leusin bermanfaat untuk meningkatkan proses penyembuhan alami kulitmu ketika mengalami kerusakan. Bahkan, leusin juga berpotensi membantu mengurangi garis-garis halus yang muncul pada kulit.

Asam Amino

Kandungan dalam jamur reishi yang bermanfaat untuk kulit selanjutnya adalah asam amino. Sudah bukan rahasia bahwa asam amino adalah zat yang bermanfaat untuk kulit. Zat ini membantu menjaga kekencangan kulit, tekstur, dan kesehatan kulit.

Asam amino memiliki banyak peran dalam menjaga penampilan, meningkatkan pembentukan sel kulit yang baru dan melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Oleh karena itu, zat ini banyak ditemukan pada sebagian besar produk kecantikan terutama perawatan kulit.

7+ Manfaat Reishi Mushroom untuk Kecantikan Kulit

kandungan pemutih wajah dalam skincare (1)

Dari berbagai kandungan yang dimilikinya tersebut, manfaat reishi mushroom untuk kecantikan kulit sangat beragam. Seperti yang terangkum dalam penjelasan berikut ini.

Dapat Menghidrasi Kulit

Kemampuan jamur ini dalam menarik air ke dalam kulit akan menjaga kulit tetap terhidrasi atau mencegahnya terlihat kering. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih segar, kenyal, dan lebih kencang. Selain itu, kulit tubuh dan wajahmu pun akan tampak cerah terawat.

Meningkatkan Elastisitas Kulit

Elastisitas kulit merupakan kemampuan kulit untuk kembali ke bentuk semula. Kulit yang elastis akan terhindar dari masalah kerutan hingga masalah kulit yang tampak kendor. Kulit yang kencang akan membuatmu tampak lebih muda dan segar.

Sebagai Agen Antioksidan

Beberapa kandungan dalam jamur reishi ini adalah sumber antioksidan yang baik bagi kulit. Antioksidan sangat penting untuk kulit dalam menangkal efek radikal bebas. Radikal bebas dapat membuat kulit mengalami berbagai masalah dan kerusakan seperti tampak kering, iritasi, jerawat dan lainnya.

Detoksifikasi

Kita tidak pernah tahu apa yang ada dalam udara di sekitar kita. Bisa jadi udara membawa zat berbahaya dan menempel di kulit kita sehingga menimbulkan gangguan kesehatan pada kulit. Salah satu kandungan dalam jamur reishi dapat berfungsi sebagai detoks yang melawan racun dari luar. Sehingga menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari masalah akibat paparan zat berbahaya.

Meningkatkan Pembentukan Sel Kulit

Pemanfaatan jamur reishi sebagai produk perawatan sangat tepat karena kandungannya baik untuk mendukung peningkatan pembentukan sel kulit baru. Pembentukan sel kulit baru yang terjaga akan menjaga kulit tetap cerah, lebih cepat dalam menghadapi kerusakan dan lainnya.

Bekerja Sebagai Anti-aging

Karena manfaatnya yang dapat mempercepat pembentukan sel kulit baru, menghidrasi kulit hingga kaya akan antioksidan. Pemanfaatan jamur reishi ini adalah senjata anti-aging yang ampuh. Membantu meremajakan kulit, menjaganya tetap sehat dan awet muda.

Dapat Menangkal Efek Radikal Bebas

Penggunaan produk kecantikan dengan produk berbahan jamur reishi secara rutin akan membantu kulit dalam melawan efek radikal bebas. Membuat kulit tidak mudah rusak dan dapat mengatasi kerusakan lebih cepat.

Cara Membuat Skincare dari Reishi Mushroom Sendiri

Nah, dengan banyaknya manfaat reishi mushroom untuk kulit yang bisa kamu ambil. Kamu dapat menjadikan produk kecantikan dengan bahan dasar dari jamur dengan nama lain lingzhi ini sebagai produk favorit masyarakat. Untuk itu, maka kamu harus menyusun strategi dengan tepat.

Di antara berbagai manfaat yang ada, manakah yang menurutmu dapat kamu tonjolkan sebagai kelebihan dari produkmu, serta menjadi pembeda dari produk lain dengan manfaat serupa? Atau kamu ingin menyajikan manfaat tersebut dalam bentuk berbeda dari produk perawatan kulit yang sudah ada?

Melalui maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia kamu dapat membuat berbagai jenis produk kecantikan sesuai yang kamu inginkan. Misalnya kamu ingin menghadirkan produk perawatan kulitmu dalam bentuk hand body, serum, ataupun lainnya.

Bukan hanya itu, kami memiliki tim-tim profesional yang akan menangangi setiap aspek yang kamu perlukan hingga produkmu siap dipasarkan. Mulai dari proses peracikan, desain kemasan, produksi massal hingga after sales service.

Tenang saja, bersama Tim Mash Moshem Indonesia kamu tak perlu khawatir soal legalitas. Kami akan membantu produkmu agar siap dipasarkan lengkap dengan nomor izin dari Badan POM.

Mudah sekali bukan membuat produk skincaremu sendiri bersama kami. Untuk membuktikannya, segera hubungi tim kami di Contact Us untuk dapat segera memulai konsultasi.

About Author

Related posts

Leave a Comment