Fitur Rilisan Spesial Tokopedia: Manfaat dan Tips Memaksimalkannya!

Siapa yang tidak kenal dengan Tokopedia? Nyatanya market place yang berdiri pada tahun 2009 ini memiliki banyak sekali pengguna di Indonesia. Tidak sedikit orang memilih berbelanja pada market place ini karena dirasa sangat terpercaya.

Memberikan tempat nyaman tersendiri bagi penggemarnya. Tokopedia terus bertransformasi menjadi aplikasi jual-beli online yang memberikan pelayanan terbaik untuk kamu berbelanja.

Saat ini, Tokopedia memiliki campaign terbaru untuk para seller yang berjualan pada aplikasi ini. Campaign tersebut disebut Rilisan Special yang mampu mempromosukan produk terbarumu atau produk spesial pada halaman awal toko.

Nah, penasaran dengan campaign Rilisan Spesial dari Tokopedia yang satu ini? Yuk bisa simak dengan cermat artikel ini ya!

Apa Itu Rilisan Spesial Tokopedia?

Rilisan Spesial merupakan fitur yang dibuat oleh Tokopedia untuk mempromosikan produk terbaru secara eksklusif di halaman awal toko. Tokopedia akan menampilkan produk-produk tertentu, yang baru dan special di halaman toko mereka.

Dengan adanya fitur Rilisan Spesial ini, para penjual bisa membuat campaign secara mandiri. Terlebih Rilisan Spesial ini bisa digunakan oleh Penjual Official Store dan Power Merchant, loh!

Jika kamu merupakan seller yang berjualan di Tokopedia, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk mempromosikan produkmu agar diburu pembeli. Produkmu akan menjadi produk terbaru, perpopuler, dan tentunya terspesial.

Nah, sekarang kamu bertanya-tanya, apa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari fitur Rilisan Spesial ini ya? Baca penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Manfaat Fitur Spesial di Tokopedia untuk Seller

Setelah mengerti dan mengenal apa itu Rilisan Spesial Tokopedia, sekarang kamu bertanya-tanya apakah manfaat yang bisa kamu dapatkan melalui fitur ini. Nah, berikut beberapa manfaat dari fitur Rilisan Spesial untukmu para seller!

Produk akan Tampil Pada Halaman Awal Toko

Manfaat yang pertama dari Rilisan Spesial ini adlaah produkmu akan muncul pada halaman awal di aplikasi Tokopedia iOS ataupun Android versi terbaru. Karena produkmu yang muncul pertama kali saat membuka aplikasi Tokopedia ini, tentunya akan semakin banyak orang yang melihat produkmu.

Jika produkmu sesuai dengan kebutuhan pembeli, tidak menutup kemungkinan produkmulah yang mereka beli. Terlebih, saat produkmu muncul di halaman utama aplikasi ini, para konsumen juga tidak akan kesulitan untuk menemukan dan membeli produkmu.

Jadi, dengan adanya fitur Rilisan Spesial ini kamu juga bisa meningkatkan penjualan melalui aplikasi ini ya!

Produk yang Diikutkan Campaign Sangat Banyak

Rilisan Spesial ini memungkinkan kamu untuk memuat produk sangat banyak. Jumlah maksimum dari produk dalam satu campaign adalah 50 produk, dengan jumlah minimun 1 produk. Ini tentunya sangat berguna untuk kamu yang sedang ingin melakukan promosi besar-besaran.

Karena jumlah produk yang bisa kamu ikutkan Rilisan Spesial sangat banyak, kamu bisa menentukan sendiri berapa produk yang akan kamu ikutkan campaign. Terlebih kamu juga bisa mengatur teaser campaign dengan maksimal teaser 5 produk. Tentunya sudah cukup untuk membuat promosi yang maksimal untuk menaikkan penjualanmu.

Fitur Rilisan Spesial Bersifat Gratis!

Jika kamu khawatir dengan biaya saat ingin melakukan promosi, kamu tidak perlu khawatir dengan Rilisan Spesial yang satu ini. Karena Tokopedia membuat fitur Rilisan Spesial ini secara gratis untuk para seller.

Fitur Rilisan Spesial dapat digunakan oleh toko dengan masing-masing kuota bulanan. Nah, pembagian kuota tersebutt dibagi sebagai berikut:

  • Regular Merchant: 0 kuota.
  • Power Merchant: 5 kuota.
  • Power Merchant PRO (Advance): 10 kuota.
  • Power Merchant PRO (Expert: 15 Kuota.
  • Power Merchant PRO (Ultimate): 20 kuota
  • Official Stote: 50 kuota.

Nah, itulah penjelasan pembagian kuota yang bisa diikuti oleh fitur Rilisan Spesial ini. Semoga kamu bisa masuk dalam toko-toko tersebut ya!

Memiliki Campaign Fitur Rilisan Spesial yang Sesuai

Sebelum melakukan campaign Rilisan Spesial, kamu harus menyiapkan campaign itu terlebih dahulu. Kamu sudah harus menyiapkan campaign Rilisan Spesial-mu dengan minimal 2 jam dan maksimal 90 hari sebelum jadwal campaign akan berlangsung.

Campaign dengan menggunakan fitur Rilisan Spesial ini bisa berlangsung selama 30 menit dan maksimal selama 24 jam. Lamanya waktu campaign memang diseusikan dengan jenis campaign apa yang nantinya kamu pakai dalam fitur Rilisan Spesial.

Untuk mengetahui  jenis campaign pada Rilisan Spesial, kamu bisa membaca penjelasan berikut ini!

Jenis Campaign pada Rilisan Special

Saat kamu tertarik untuk melakukan Rilisan Spesial ini, kamu tentunya harus memilikirkan jenis campaign apa yang sesuai dengan fitur ini. Nah, kamu bisa mencoba campaign menarik di Rilisan Spesial dengan 2 tema berikut:

Exclusive Launching

Jika kamu memiliki koleksi produk terbaru yang ingin kamu rilis, kamu bisa memilih tema Exclusive Launching untuk tema Rilisan Spesial. Tema ini akan mengoptimalkan perilisan produk terbarumu agar lebih maksimal menarik perhatian para pembeli.

Dengan tema campaign ini, peluncuran produk bau kamu bisa lebih optimal. Kamu juga bisa memberikan diskon khusus yang mendukung peluncuran produk baru ini. Untuk membuat promosimu semakin heboh, kamu juga bisa mengguanakan banner yang sesuai dengan campaign atau produkmu di Rilisan Spesial ini!

Webhunt

Tema kedua pada campaign di Rilisan Spesial adalah dengan jenis campaign Webhunt. Jenis campaign ini memiliki ciri khas yaitu penjualan produk dengan periode dan stok yang terbatas. Ini memberikan kesan bahwa produk yang kamu jual ini merupakan produk exclusive.

Campaign ini mampu mendorong para pembeli untuk lebih bersemangat dalam memburu produk-produkmu. Kamu juga bisa memberikan diskon yang semenarik mungkin selama campaign ini berlangsung. Karena dengan campaign Webhunt ini kamu bisa meningkatkan antusias para pembeli yang mengikuti campaign ini.

Cara Promosi Rilisan Spesial

Jika kamu seller dan sudah memantapkan diri untuk mengikuti fitur Rilisan Spesial ini, maka kamu harus paham dan mengatur stategi untuk mempromosikan campaign ini. Nah, berikut tips yang bisa kamu terapkan untuk meramaikan campaign pada fitur Rilisan Spesial, yakni sebagai berikut:

Melakukan Review Produk dan Promosi Melalui Tokopedia PLAY

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar produk Rilisan Spesial-mu lebih meyakinkan di mata pembeli. Yaitu dengan melakukan review dan mempromosikan priduk melalui Live Streaming Tokopedia PLAY.

Lewat Live Streaming Tokopedia PLAY ini, pembeli bisa langsung membeli atau meng-klik produk Rilisan Spesial selama live streaing berlansung. Pembeli akan melakukan tindakan memasukkan produk ke keranjang, dan kemudian langsung membelinya.

Kamu bisa mengakses Tokopedia PLAY melalui iOS dan Android untuk membagikan produk Rilisan Spesial-mu lewat live streaming ini.

Sebarkan Melalui Fitur Broadcast Chat

Nah sebelum melakukan fitur Rilisan Spesial untuk produkmu, kamu bisa menyebarkan informasi tersebut melalui fitur Broadcast Chat. Metode ini dilakukan untuk menggaet lebih banyak calon pembeli, dan mereka akan tahu bahwa akan ada Rilisan Spesial produk terbaru dari tokomu.

Kamu bisa langsung pakai Broadcast Chat, karena fitur ini memungkinkan pembeli untuk lagsung klik banner Rilisan Spesial-mu melalui inbox chat. Dengan begitu, kamu sangat bisa melihat peningkatan dai jualanmu.

Cara melakukan fitur Broadcast Chat ini sangat mudah. Setelah kamu selesai membuat campaign Rilisan Spesial. Akan muncul pesan pop-up yang akan mengarahkan kamu untuk membagikan campaign ini lewat Broadcast Chat. Jadi penggunaannya sangat mudah dan praktis!

Bagikan Rilisan Spesial di Media Sosial

Nah tips selanjutnya agar campaign Rilisan Spesial-mu semakin ramaki dan kebanjiran pembeli. Kamu harus menyebarkan informasi Rilisan Spesial produk terbaruu melalui semua platform media sosial yang kamu punya!

Kamu hanya perlu meng-klik Bagikan dan pilih ke mana kamu akan membagikan campaign dari Rilisan Spesial-mu. Entah itu Facebook, Isntagram, Twitter, dan sosial media yang lainnya. Dengan begitu, campaign produk Rilisan Spesial-mu akan semakin dilihat dan diketahui oleh calon pembeli.

Inilah beberapa penjelasan mengenai penertian, manfaat, dan tips mengoptialkan Rilisan Spesial di Tokopediamu. Kamu bisa mengetahui keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan dari fitur yang dikeluarkan oleh Tokopedia ini.

Kamu tentunya bisa melajukan banyak cara untuk terus mengembangkan tokomu, salah satunya dengan mengikuti campaign produk Rilisan Spesial. Semoga kamu bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas setelah membaca artikel ini ya!

Terima kasih telah meluangkan waktu, sampai jumpa di waktu berikutnya! Bye!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

maklon hotel toiletries

5 Keuntungan Maklon Hotel Toiletries untuk Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan yang dinamis, menyediakan hotel toiletries berkualitas merupakan kunci untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Mash Moshem Indonesia, sebagai salah satu penyedia layanan maklon hotel toiletries, hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Maklon hotel toiletries adalah praktik...

Continue Reading