Kepoin Sederet Manfaat Bunga Edelweiss untuk Kecantikan Berikut Ini

manfaat bunga edelweiss untuk kecantikan (2)

Belakangan ini masyarakat kian teredukasi dan lebih memilih menggunakan kosmetik dengan bahan yang aman, termasuk yang memakai bahan organic di dalam formulanya.

Seperti yang kamu tahu, bahan organic dipercaya memiliki resiko menimbulkan iritasi maupun masalah kesehatan jauh lebih rendah dibanding bahan aktif kimiawi.

Tak hanya itu, selain aman, bahan organic pun tak kalah ampuhnya dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Salah satu jenis bahan organic yang paling banyak ditemukan dalam skincare adalah ekstrak bunga-bungaan, termasuk bunga edelweiss.

Apakah kamu sudah pernah mendengar berebagai manfaat bunga edelweiss untuk kecantikan kulit? Kalau belum, kepoin tulisan ini sampai habis ya!

Bunga Edelweiss dan Kaitannya dengan Kesehatan Kulit

manfaat bunga edelweiss untuk kecantikan
Beauty salon, haircare and skincare products advertisement concept. Close-up of skeptical and unsure cute asian girl, smirk awkward, feeling uncomfortable, standing pink background.

Bunga edelweiss dikenal juga sebagai ikon ketangguhan dan cinta sejati. Tanaman yang habitat aslinya ada di pegununungan Alpen in memiliki kelopak berwarna putih dan sedikit berbulu, bentuknya pun cantik hampir menyerupai bintang.

Lebih dari makna romantismenya tersebut, sebenarnya bunga ini pun telah lama digunakan ke dalam ramuan-ramuan pengobatan tradisional, khususnya untuk masalah pernapasan dan pencernaan.

Nah, belakangan ini, kamu pun dapat menemukan berbagai produk kecantikan yang menggunakan ekstrak bunga edelweiss ke dalam formula produknya.

Sebab, berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa edelweiss mengandung sejumlah senyawa antioksidan, antiinflamasi, dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit agar tetap sehat serta cantik.

Tak hanya itu, bunga ini pun terbilang cukup ramah, sehingga tidak akan menimbulkan reaksi negative maupun alergi kepada kulit wajah kamu.

Berbagai Manfaat Bunga Edelweiss untuk Kecantikan Kulit

manfaat bunga edelweiss untuk kecantikan

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa bunga edelweiss mengandung banyak nutrisi yang bisa membantu merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Karenanya, bunga unik ini kerap digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan tertentu. Bisa berupa cream wajah, serum wajah, toner, dan masih banyak lainnya.

Lantas apa saja, sih, manfaat bunga edelweiss untuk kecantikan kulit? Langsung baca ulasan di bawah ini agar kamu menemukan jawabannya, Ladies!

Menangkal Dampak Buruk Radikal Bebas

Polusi dari kendaraan, asap pabrik, dan debu di jalanan, serta paparan radiasi ultraviolet dari matahari bisa menyebabkan stress oksidatif pada tubuh.

Kondisi ini terjadi karena molekul radikal bebas menumpuk dan bertambah hingga melebihi jumlah maksimum yang bisa ditahan oleh tubuh kita. Hasilnya, akan terjadi kerusakan sel-sel, termasuk pada bagian kulit.

Radikal bebas ini pun bisa menyebabkan masalah kulit yang kusam, membuat berbagai tanda penuaan dini muncul, hingga dapat memicu sel-sel kanker kulit, lho.

Nah, karenanya kamu membutuhkan perawatan kulit tambahan yang mengandung antioksidan tinggi. Sehingga berbagai dampak buruk radikal bebas di atas akan dapat diminimalisir bahkan ditangkal.

Kabar baiknya, bunga edelweiss memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Tak hanya bisa membantu mencegah munculnya masalah kulit di atas, kandungan ini pun akan membantu memperbaiki sel-sel yang bermasalah dan mengembalikan vitalitasnya.

Dengan penggunaan skincare berekstrak bunga edelweiss, kamu bisa membuat wajahmu jadi lebih halus dan melawan berbagai dampak buruk radikal bebas pada kulit.

Menambah Perlindungan Kulit dari Sinar UV secara Alami

Telah disinggung sebelumnya, bahwa sinar matahari berlebihan bisa memicu banyaknya partikel radikal bebas dalam tubuh.

Tak hanya itu, kamu pun pasti sudah banyak mengetahui kalau radiasi sinar UV bisa membuat banyak masalah pada kulit. Termasuk memicu hiperpigmentasi, membuat kelembapan alami menghilang, merusak skin barrier, hingga membuat kulit terbakar.

Nah, untungnya manfaat edelweiss untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara alami.

Edelweiss merupakan jenis bunga yang hidup di wilayah pegunungan tinggi. Karenanya, tanaman ini pun berkemungkinan besar terpapar sinar matahari lebih banyak dan dalam jangka yang cukup lama.

Namun, edelweiss memiliki sistem perlindungan diri alami yang sangat baik. Sehingga bunga ini tetap segar dan tidak gampang mati tersengat panasnya sinar matahari.

Rupanya kemampuan bertahan hidup bunga edelweiss ini pun juga ada dalam esktraknya. Beberapa penelitian menyebutkan, bahwa ekstrak edelweiss dapat menyerap sinar matahari sebelum mencapai permukaan kulit.

Selain itu, bunga ini pun mengandung flavonoid dan asam fenolat dalam kadar tinggi, sehingga bisa memerangi dan menyembuhkan kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV.

Karena itulah, bunga edelweiss sangat ideal bila digunakan sebagai komponen dalam skincare, utamanya dalam menghadapi ancaman paparan sinar matahari berlebihan.

Bekerja Menenangkan Gejala Inflamasi pada Kulit

Inflamasi pada kulit dapat terjadi karenya banyak faktor, mulai dari munculnya jerawat yang meradang, pengaruh suhu atau cuaca, sengatan sinar matahari secara berlebihan, rosacea, maupun alergi kosmetik.

Selain dapat memberikan pengaruh pada tampilan fisik, inflamasi pun menyebabkan rasa yang tidak nyaman bahkan menyakitkan untuk orang yang mengalaminya.

Karenanya, kamu bisa menggunakan skincare atau produk perawatan kulit yang bisa membantu meredakan inflamasi tersebut.

Well, manfaat bunga edelweiss untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu menenangkan gejala inflamasi pada kulit.

Kemampuan bunga edelweiss ini didapat dari berbagai kandungan yang dimilikinya, seperti bisabolol, sesquiterpen trisiklik, kumarin, serta lignin.

Beberapa kandungan ini bisa didapat pada akar, daun, dan kelopak bunga edelweiss. Sifatnya pun sangat baik dalam menjaga dan mengkurasi masalah kulit.

Selain menenangkan berbagai gejala peradangan tersebut, komponen dalam bunga edelweiss tersebut pun bisa menjaga adanya infeksi bakteri atau jamur yang bisa memperparah kondisi peradangan.

Tak hanya itu, bunga ini pun bisa mendorong proses penyembuhan alami pada kulit dan menjaganya dari interfensi gangguan eksternal lainnya.

Mencegah Kemunculan Tanda Penuaan secara Prematur

Tingginya tingkat stress, kurangnya asupan nutrisi dalam makanan, juga berbagai pengaruh buruk dari lingkungan dan polusi, bisa menyebabkan kemunculan tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Tanda penuaan yang dimaksud antara lain, kulit yang kusam, warna yang tidak merata, muncul bintik-bintik hitam, dan kerutan serta garis halus di area ekspresi.

Apakah kamu merasa memiliki beberapa tanda-tanda di atas? Kalau iya, kamu enggak perlu panik. Sebab, bunga edelweiss bisa membantumu mengatasi masalah penuaan dini ini dengan baik.

Kandungan antioksidannya yang tinggi akan membantu melindungi kulit dan memperbaiki strukturnya secara umum.

Tak hanya itu, kandungan ini pun dapat merangsang pertumbuhan kolagen dan membantu proses regenerasi sel kulit yang lebih sehat. Hasilnya, wajah akan tampak lebih sehat, cerah, kencang, dan senantiasa awet muda.

Mendorong Pembentukan Kolagen

Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang paling banyak ditemukan di jaringan ikat kulit. Fungsi utamanya adalah menjaga kesehatan, kelembapan alami, dan merawat elastisitas kulit wajah maupun tubuh.

Meski terdapat dalam tubuh secara alami, produksi dan jumlah kolagen dapat menurun seiring dengan pertambahan usia. Hal inilah yang akhirnya membuat berbagai tanda penuaan muncul di kulit wajah.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah satu ini? Yup, kamu bisa menggunakan skincare berkandungan edelweiss sebagai solusinya.

Ekstrak edelweiss memiliki konsentrasi asam Leontipodic A dan B, kaya antioksidan sehingga dapat merangsang peningkatan asam hialuronat dan mencegah adanya pengurangan kadar kolagen dalam jaringan kulit.

Mencegah Adanya Infeksi Jamur dan Bakteri

Selain radikal bebas, kulit pun sangat rentan terinfeksi jamur dan bakteri. Keduanya dapat memicu rasa gatal, iritasi, dan masalah-masalah kecantikan lain.

Kabar baiknya, para peneliti telah membuktikan bahwa ekstrak edelweiss dapat bekerja sebagai antibakteri dan antijamur yang sangat efektif.

Karenanya, bunga ini dapat memberikan perlindungan pada kulit dengan lebih optimal, bahkan dari infeksi jamur dan bakteri sekalipun.

Nah, itu adalah manfaat bunga edelweiss untuk kecantikan kulit yang perlu kamu tahu. Sangat menarik untuk dicoba, bukan?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment