Yuk! Intip Berbagai Manfaat Buah Kurma untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat kurma untuk kecantikan (2)

Ketika membicarakan tentang buah kurma, kamu pasti langsung terpikirkan suasana buka puasa. Yap, kurma memang identic dengan bulan Ramadan dan banyak dijual pada waktu tersebut.

Tak heran, kalau saat puasa kamu disarankan untuk mengonsumsi kurma sebagai menu buka puasa. Sebab buah yang memiliki rasa manis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Ini dikarenakan kandungan gizi dalam kurma pun cukup beragam. Mulai dari vitamin, mineral, antioksidan, serta masih banyak lainnya.

Penasaran apa saja manfaat buah kurma untuk kecantikan kulit dan rambut? Cek ulasan lengkapnya di bawah ini, ya, Guys!

Kandungan dalam Buah Kurma yang Baik untuk Kecantikan

manfaat kurma untuk kecantikan (1)

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa dalam buah kurma terkandung banyak nutrisi yang baik untuk kecantikan rambut dan kulit.

Karenanya, akan sangat kurang kalau membahas manfaat buah kurma untuk kecantikan tanpa mengetahui kandungan nutrisi apa saja yang ada dalam buah satu ini.

Sebab, nutrisi-nutrisi inilah yang bekerja untuk merawat kesehatan dan kecantikan pada kulit serta rambut kamu. Well, biar enggak kelamaan, langsung cek daftarnya di bawah ini, ya!

Kalium

Jenis mineral pertama yang banyak ditemukan dalam buah kurma adalah kalium. Mineral ini memiliki banyak manfaat untuk kulit, utamanya dalam menjaga kelembapan dan menyeimbangkan pH tubuh.

Selain untuk kulit, kalium pun berperan penting dalam mengurangi kerontokan pada rambut. Sebab, mineral ini bisa menjaga kekuatan dan kesehatan pada batang rambut.

Zat Besi

Selain kalium, jenis nutrisi lain dalam buah kurma adalah zat besi. Tahukah kamu kekurangan zat besi bisa memicu kerontokan pada rambut?

Ya, menurut penelitian perempuan dengan masalah rambut rontok biasnaya memiliki jumlah total cadangan zat besi yang lebih rendah.

Karenanya, akan sangat penting bagimu memenuhi kebutuhan nutrisi satu ini agar kesehatan dan kekuatan rambut terjaga.

Vitamin B6

Selain mineral, dalam kurma pun terdapat berbagai jenis vitamin, termasuk vitamin B6 atau pyrodixine.

Bagi kulit, vitamin B6 bisa membantu pembentukan asam amino yang sangat dibutuhkan dalam mendorong dan memelihara skin barrier.

Tak hanya itu, vitamin ini pun bisa membantu mendorong sikulasi darah di kulit kepala, sehingga membuat rambut jadi lebih sehat dan kuat. Akhirnya masalah kerontokan rambut pun dapat lebih dicegah.

Vitamin K

Buah kurma pun mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Kandungan ini bisa membantu pembekuan darah, sehingga dapat mendorong proses penyembuhan luka dan lebam.

Tak cuma itu, jenis vitamin untuk kecantikan kulit ini pun diketahui dapat mengatasi masalah bintik penuaan, kantung mata, bekas luka, hingga menyamarkan stretch marks.

Vitamin B5

Selain vitamin B6, ada pula vitamin B5 dalam kandungan buah kurma. Nutrisi ini akan berkerja untuk membuat kulit kamu tetap terhidrasi secara optimal, membuat kelembapannya lebih terjaga, hingga melawan berbagai dampak buruk radikal bebas pada kulit.

Tak hanya buat kulit, vitamin ini pun berperan penting dalam menghentikan kerontokan rambut, serta merangsang pertumbuhan rambut baru dengan cepat.

Betakaroten (pro-vitamin A)

Kandungan lain yang ada dalam buah kurma adalah betakroten atau pro vitamin A. Kandungan ini merupakan antioksidan alami yang sangat efektif.

Betakaroten bisa menjaga kesehatan kulit dan rambut, utamanya dalam menangkal radikal bebas. Meningkatkan kesehatan dan regenerasi sel sehingga jadi lebih terawat.

Vitamin C

Tahukah kamu kalau buah kurma pun mengandung vitamin C? Ya, senyawa dengan kemampuan mencerahkan, menyehatkan, dan ampuh merawat keremajaan kulit ini bisa kamu dapatkan dalam buah dengan rasa manis tersebut.

Vitamin C telah umum dikenal karena kemampuannya yang sangat baik dalam merawat keremajaan dan kecantikan kulit. Kamu bisa dengan mudah menemukan kandungan ini dalam berbagai produk perawatan kecantikan.

Kandungan ini bisa mendorong produksi kolagen, merawat sel-sel kulit yang bermasalah, menstimulasi proses regenerasi sel kulit yang jauh lebih sehat, dan meningkatkan kecerahan wajah secara alami.

Selain beberapa kandungan yang telah disebutkan di atas, kamu bisa mendapatkan berbagai nutrisi penting lainnya dalam buah kurma, lho.

Sebut saja vitamin E, vitamin D, selenium, magnesium, dan berbagai jenis mineral serta vitamin lain yang tak kalah baiknya untuk merawat kecantikan alami kamu.

Manfaat Buah Kurma untuk Kecantikan Kulit

manfaat kurma untuk kecantikan

Setelah mengetahui berbagai kandungan nutrisi dalam buah kurma di atas, kamu pasti sudah memiliki gambaran tentang manfaat buah ini untuk kecantikan kulit.

Well, berikut beberapa manfaat buah kurma untuk kecantikan kulit yang perlu kamu tahu. Jangan sampai ketinggalan!

Memperbaiki Sel Kulit yang Rusak

Sel kulit yang rusak menjadikan penampilan kulit kamu tidak segar dan berseri. Hal ini disebabkan kurangnya nutrisi yang dapat menyehatkan kulit.

Kurma adalah salah satu vitamin B5 atau asam pantotenat. Yang bisa jadi agen antioksidan terbaik untuk menangkal dampak buruk stressor lingkungan pada kulit kamu. Jadi dika kamu ingin mendapatkan kulit yang sehat dan cantik alami, tak ada salahnya mengonsumsi kurma secaara teratur.

Mengatasi Kulit Kusam

Paparan sinar matahari yang berlebihan, dehidrasi dan kulit kering, serta salah memilih skincare bisa menimbulkan masalah pada kulit wajah, termasuk membuat warnanya jadi kusam.

Kondisi ini akan membuat wajah seolah tidak dirawat dengan baik, bahkan bisa menimbulkan kesan tua. Namun, kamu tak perlu khawatir karena kondisi ini enggak bersifat permanen alias bisa diatasi dengan cukup mudah.

Untuk mengatasinya, kamu perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi vitamin B5, vitamin C, dan vitamin A. Dan semua nutrisi itu ada dalam kandungan buah kurma, lho!

Tak cuma itu, kandungan dalam buah kurma pun diklaim ampuh untuk mendorong pelepasan sel kulit mati. Buah kurma pun bisa memperbaiki jaringan serta sel kulit mati, sehingga dapat meningkatkan kecerahan kulit secara signifikan.

Mencegah Adanya Iritasi pada Kulit

Apakah kamu memiliki kulit yang terbilang cukup sensitif dan rentan mengalami iritasi? Kalau iya, kamu harus rajin memberikan nutrisi tambahan untuk kulit wajahmu, lho!

Kamu bisa menutrisi kulit dengan rajin mengonsumsi buah kurma. Sebab buah ini memiliki kandungan yang cukup tinggi sehingga dapat menutrisi kulit dan merawat lapisan pelindung yang ada agar bisa bekerja optimal.

Tak hanya itu, buah manis ini bisa membantu mencegah adanya gejala iritasi seperti kemerahan, pembengkakan, dan tanda ringan lainnya.

Merangsang Proses Regenerasi Sel Kulit

Kamu telah mengetahui bahwa buah kurma mengandung senyawa antioksidan yang cukup beragam dan tinggi. Kandungan-kandungan inilah yang bekerja untuk merawat kesehatan kulit, misalnya dengan merangsang proses regenerasi sel baru.

Sebenarnya, sel kulit kita secara alami dapat meregenerasi diri sendiri. Namun, fungsi ini bisa kian menurun seiring dengan pertambahan usia, banyaknya paparan polusi atau radikal bebas, dan asupan nutrisi yang rendah.

Untuk kembali mengoptimalkan proses ini, kamu bisa memanfaatkan buah kurma dan mengonsumsinya secara berkala. Sebab, kandungan vitamin A dan C-nya dapat membantu menghilangkan sel kulit kering dan mati.

Ini kemudian akan mendorong produksi kolagen dan memaksimalkan proses regenerasi sel kulit. Hasilnya wajah akan jadi tampak lebih kenyal, sehat, dan cemerlang.

Mencegah Munculnya Tanda Penuaan Dini

Pertambahan usia memang tidak bisa dicegah, namun tanda-tanda penuaan pada kulit masih bisa kiat akali. Yap, tentunya selain menggunakan skincare, kamu pun perlu menerapkan pola konsumsi yang sehat dan kaya akan nutrisi.

Salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi adalah buah kurma. Ya, dalam buah ini terdapat senyawa antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu menyamarkan dan menangkal kemunculan tanda-tanda penuaan dini.

Berbagai penelitian pun menyebutkan bahwa kandungan antioksidan dalam kurma diketahui ampuh untuk mencegah kerusakan sel tubuh dan mengembalikan vitalitasnya.

Tak hanya memperbaiki dari dalam, kurma pun bisa menangkal dampak buruk radikal bebas yang menyerang kulit dari bagian terluar kulit. Hebat, bukan?

Karenanya, dengan mengonsumsi kurma secara teratur kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang tampak lebih cerah, kencang, dan bebas kerutan maupun garis halus.

Memperbaiki Tekstur Kulit dan Melembutkannya

Selain antioksidan, dalam kurma pun terdapat berbagai jenis mineral dan vitamin. Kedua nutrisi ini bisa membantu menjaga kadar kelembapan alami kulit dan menguncinya agar tidak mudah hilang.

Hal inilah yang kemudian dapat membuat perubahan yang signifikan pada penampilan kulit wajah. Yap, apalagi kalau tidak dengan membuat teksturnya lebih lembut, kenyal, dan halus.

Manfaat Buah Kurma untuk Kecantikan Rambut

urang aring untuk rambut (2)

Selain untuk kulit, manfaat buah kurma untuk kecantikan rambut juga enggak kalah banyak. Misalnya dengan melihat kandungan-kandungan kurma di atas, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat yang baik untuk rambut.

Merawat Kesehatan Rambut

Apakah kamu sering merasa kesehatan rambutmu sangat buruk, sampai sangat sering mengalami rambut bercabang, kering, dan berbagai masalah lainnya?

Well, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi vitamin B5 atau asam pantotenat, yang ternyata juga ada dalam buah kurma.

Kandungan ini memiliki peranan yang sangat penting baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan rambut. Asam pantotenat akan membantu mengurangi kerapuhan rambut, membuatnya jadi lebih terawat, dan berkilau alami.

Menguatkan Kulit Kepala dan Akar Rambut

Sebenarnya berbagai masalah kecantikan rambut ini akan dapat diatasi kalau kamu memberikan nutrisi yang tepat untuk rambut dan kulit kepala.

Ya, misalnya dengan mengonsumsi buah kurma secara teratur. Buah ini memiliki berbagai mineral dan vitamin yang berperan penting dalam menjaga kekuatan dan kesehatan rambut.

Sebut saja zat besi, kalium, vitamin B5, vitamin C, dan masih banyak lainnya. Nutrisi-nutrisi ini yang kemudian akan bekerja untuk memperbaiki jaringan pada rambut dan membuatnya kembali sehat.

Karenanya, mengonsumsi kurma secara teratur diklaim sangat berpengaruh pada kesehatan rambut dan mengurangi masalah kerontokan.

Nah, itu adalah beberapa kandungan dan manfaat buah kurma untuk kecantikan kulit dan rambut yang mungkin belum kamu tahu dengan baik.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment