Jangan Ketinggalan, Ketahui 5 Jenis Vitamin untuk Cegah Rambut Rontok Ini

jenis vitamin untuk cegah rambut rontok

Sama halnya dengan kulit tubuh dan wajah, kesehatan serta kecantikan rambut merupakan hal yang harus kamu perhatikan dengan baik pula.

Pasalnya, jika tidak dirawat dengan baik, berbagai masalah pada rambut pun akan bermunculan. Mulai dari rambut yang terlalu kering, muncul ketombe, ujung yang bercabang, hingga memicu kerontokan rambut.

Ngomongin, soal rambut rontok, enggak sedikit juga lho yang mengalami kebotakan dini akibat kerontokan rambut yang parah.

Penyebab masalah ini juga cukup beragam, mulai dari perawatan rambut yang salah, terlalu sering menggunakan alat-alat styling yang panas, ataupun memakai pewarna rambut kimiawi, hingga kurangnya asupan nutrisi tertentu.

Karenanya, selain menggunakan berbagai produk perawatan kecantikan rambut yang banyak ditemukan di berbagai retail kosmetik. Kamu pun dapat membantu memperkuat dan menyehatkan rambut dengan mengonsumsi beberapa vitamin untuk rambut rontok, lho!

Bahkan dengan nutrisi yang tepat dan cukup, proses pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat akan jauh lebih optimal.

Kira-kira apa saja jenis vitamin untuk cegah rambut rontok dan bisa mempertebal rambutmu tersebut? Yuk, cek daftanya di bawah ini, ya!

Vitamin A

manfaat almond oil untuk kecantikan (3)

Bagi kamu yang sudah sering mengikuti berbagai tren kecantikan, pasti udah enggak asing lagi dengan yang namanya vitamin A atau retinoid.

Yap! Kandungan ini terbilang sangat popular digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit wajah, khususnya skincare antiaging dan juga brightening.

Nah, jangan salah! Tak cuma baik untuk kulit, vitamin A juga bisa berguna untuk mengatasi atau mencegah kerontokan rambut, lho!

Saking pentingnya, nih. Jika tubuh kekurangan vitamin ini, maka dapat menyebabkan masalah kecantikan khususnya keronrokan rambut.

Karena pada dasarnya semua sel dalam tubuh kamu membutuhkan vitamin A untuk bertumbuh, tak terkecuali jaringan pada rambut.

Vitamin A pun rupanya bisa membantu merangsang produksi minyak alami pada kulit kepala, sehigga kelembapan alami pada area tersebut akan terjaga dan berpengaruh besar terhadap kesehatan rambut.

Sumber Vitamin A

Nah, melihat banyanya manfaat vitamin A untuk kecantikan dan kesehatan rambut di atas, kamu pasti ingin segera memulihkan kondisi rambutmu dengan kandungan ini, bukan?

Ada beberapa makanan yang mengandung vitamin A dan cukup mudah untuk didapatkan. Misalnya ubi, wortel, labu, bayam, hingga kale yang sangat tinggi akan pro vitamin A.

Selain dari produk-produk nabati, kamu pun bisa mendapatkan asupan vitamin A dari bahan hewani. Seperti yogurt, susu, dan telur ayam.

Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah jangan mengonsumsi vitamin A ini dalam kadar berlebihan pula. Sebab, ada beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa kelebihan vitamin A pun bisa menjadi sumber kerontokan pada rambut kamu.

Vitamin B

manfaat coconut oil untuk kecantikan (1)

Dalam dunia kecantikan, vitamin B pun dikenal sebagai bahan alami yang sangat baik untuk merawat kesehatan kulit. Lantas apakah hal yang sama juga terjadi untuk rambut?

Yap! Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara kerontokan rambut dengan minimnya asupan biotin pada tubuh manusia.

Fungsi vitamin B secara umum, dapat membantu memproduksi sel darah merah. Sehingga proses distribusi oksigen dan nutrisi pada jaringan tubuh akan lebih optimal, khususnya ke area kulit kepala dan folikel rambut.

Proses ini terbilang sangatlah penting, mengingat berkaitan erat dengan kekuatan dan proses pertumbuhan rambut baru yang sehat.

Sumber Vitamin B

Untuk mendapatkan manfaat vitamin B bagi kecantikan rambut ini, kamu bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan kandungan tersebut dengan mengonsumsi beberapa bahan pangan sumber vitamin B.

Misalnya pada biji-bijian untuh, kacang almond, daging merah, ikan, makanan-makanan laut, hingga sayuran-sayuran hijau.

Selain makanan, kini pun banyak suplemen biotin yang dijual bebas di pasaran. Kamu bisa mengonsumsinya secara teratur untuk menyehatkan tubuh dan mencegah kerontokan pada rambut.

Vitamin C

lemon essential oil

Selain vitamin A dan B, kamu bisa juga menggunakan vitamin C untuk mencegah kerontokan rambut. Sebab, kandungan ini merupakan jenis antioksidan yang sangat kuat, sehingga dapat membantu melindungi kesehatan rambut dari stress oksidatif.

Stress oksidatif ini terjadi ketika partikel radikal bebas dalam tubuh melebihi dari kadar maksimalnya, akhirnya sel-sel tubuh akan terdampak dan berkemungkinan mengalami kerusakan.

Akhirnya, proses pertumbuhan sel dalam tubuh pun akan berkurang, termasuk pada rambut. Hal ini pulalah yang akan mengakibatkan rambut jadi menua, rapuh, dan mudah sekali rontok.

Tak cuma menangkal radikal bebas, vitamin C pun bisa mendorong produksi kolagen. Protein ini merupakan bagian penting yang ada dalam struktur rambut.

Selain itu, vitamin C juga bisa membantu tubuh kamu menyerap zat besi dengan baik. Tentu kabar yang sangat baik, sebab mineral ini sangat dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rambut dan membuatnya selalu kuat.

Sumber Vitamin C

Untuk mendapatkan manfaat jenis vitamin untuk cegah rambut rontok satu ini, kamu bisa mengonsumsi bahan-bahan pangan yang mengandung senyawa vitamin C.

Misalnya dengan ragam buah-buahan, seperti strawberry, pisang, jambu biji, jeruk, lemon, dan blue berry. Selain itu, kamu pun bisa menemukan kandungan vitamin C yang tinggi dalam madu, lho!

Vitamin D

Jenis vitamin untuk cegah rambut rontok selanjutnya adalah vitamin D. Kamu pasti udah sering mendengar soal keterkaitan vitamin satu ini dengan kesehatan dan kekuatan rambut, bukan?

Ya, sebab beberapa artikel kesehatan pun menyebutkan bahwa kekurangan vitamin B sering dihubungkan dengan alopecia. Yaitu kondisi rambut yang rontok atau kebotakan akibat autoimun.

Karenanya, dengan mengonsumsi vitamin ini, maka diyakini dapat mencegah kerontokan rambut dan merawat folikel. Sehingga, pertumbuhan rambut baru pun akan jadi lebih subur dan efektif.

Sumber Vitamin D

Sumber vitamin D ini bisa kamu dapatkan dari berbagai jenis sumber pangan, bisa melalui susu, yogurt, madu, ikan berlemak, minyak hati ikan kod, beberapa jenis jamur, dan makan terfortifikasi.

Selain dair makanan, kamu pun bisa mendapatkan asupan vitamin D secara sederhana dan murah dengan cara berjemur secukupnya di bawah sinar matahari pagi.

Vitamin E

Green olives in oil

Jenis vitamin untuk cegah rambut rontok lainnya adalah vitamin E. Agak mirip dengan vitamin C, kanduangan ini pun dikenal sebagai antioksidan yang snagat efektif utnuk menangkal dan meminimalisir dampak buruk kondisi stress oksidatif.

Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi vitamin E yang teratur selama beberapa bulan, bisa mengurnagi kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut sebanyak 34,5 persen.

Tak hanya itu, vitamin E pun dikenal memiliki kemampuan yang baik dalam memperbaiki sel-sel yang bermasalah. Sebab kandungan ini bisa menutrisi, melembapkan, hingga merawat kesehatan kulit kepala serta rambut kamu.

Sumber Vitamin E

Selain dapat mengonsumsi suplemennya, kamu pun dapat merasakan manfaat vitamin E ini melalui berbagai jenis sumber pangan seperti biji bunga matahari, kacang almond, alpukat, minyak zaitun, sayuran hijau, dan masih banyak lainnya.

Nah, itu adalah beberapa jenis vitamin untuk cegah rambut rontok yang bisa kamu coba dan konsumsi secara rutin serta cukup tiap hari.

Ingat, perawatan dari luar saja tidak akan memberikan hasil yang optimal bila kesehatan tubuh tidak kamu rawat dengan baik. Karena sejatinya apa yang baik untuk tubuh kamu, juga akan memberikan dampak yang sama terhadap penampilan kulit serta rambutmu.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh kamu agar selalu prima. Well, semoga artikel ini dapat membantu dan menjawab pertanyaanmu. Selamat mencoba dan selalu sehat, ya, Cantik!

Sampai jumpa di artikel tip kecantikan lainnya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment