Manfaat Daun Pandan Wangi untuk Kulit, Bantu Cegah Penuaan Dini

manfaat panda wangi untuk kulit

Siapa sih yang nggak tahu daun pandan wangi? Di Indonesia, tanaman yang satu ini sudah sangat terkenal di dunia kuliner. Hampir seluruh minuman, kue, dan masakan tradisional tanah air memanfaatkan daun pandan yang memang memiliki aroma wangi ini.

Tapi sebenarnya, bukan untuk makanan atau minuman saja lho, ternyata daun pandan wangi memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. 

Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa daun pandan wangi mengandung banyak banget sumber nutrisi yang bagus buat kesehatan dan kecantikan kulit. Mau tahu apa saja? Yuk simak artikel ini sampai tuntas ya!

Kandungan dalam Pandan Wangi yang Baik Untuk Kecantikan

Selain aromanya yang wangi, ini dia beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam daun pandan wangi yang bermanfaat untuk menjaga kecantikan.

Vitamin

Ada banyak vitamin yang terkandung dalam daun pandan, misalnya saja Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin C. Nah, vitamin-vitamin ini sangat berguna bagi kesehatan kulit.

Vitamin A

Vitamin A, misalnya. Walaupun selama ini terkenal karena khasiatnya untuk kesehatan mata, tetapi Vitamin ini juga memiliki sifat antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan kulit. 

Pasti kamu ingin dong memiliki kulit yang sehat? Nah, vitamin A ini ternyata sangat berkhasiat untuk bikin kulit kamu jadi glowing.

Selain itu, buat kamu yang sering bermasalah dengan jerawat, nah Vitamin A juga salah satu yang bisa mengatasi masalah ini sekaligus juga menyehatkan kulit.

Masih kurang?

Nah, vitamin A juga merupakan senjata rahasia untuk mengatasi kerutan di wajah. Kok bisa? Iya dong, soalnya vitamin A bisa membantu memproduksi kolagen. 

Masih ada lagi. Selain bisa menyehatkan kulit, ternyata vitamin A juga punya khasiat yang sama untuk menjaga kesehatan rambut. Wah, banyak banget yah manfaatnya!

Vitamin B1

Vitamin yang punya nama lain yaitu Tiamin ini, punya fungsi yang tak nggak kalah menakjubkan lho buat kulit kita. Jadi, Vitamin B bisa membantu mencegah datangnya jerawat yang menyebalkan itu. 

Bukan cuma soal acne, tapi masalah luka pada kulit juga bisa banget disembuhkan dengan bantuan vitamin B1, karena memang vitamin ini punya kekuatan untuk mempercepat proses sembuhnya luka.

Vitamin B2

Sekarang kita akan berkenalan dengan salah satu vitamin lainnya yang terkandung dalam daun pandan wangi, yaitu vitamin B2. Nah, Vitamin ini punya peran dalam membantu regenerasi alias pergantian sel dalam tubuh.

Bukan hanya itu lho, vitamin B2 juga ampuh banget dalam memelihara kolagen tubuh kita, melindungi kulit, sampai menyembuhkan peradangan dan luka dengan lebih cepat.

Vitamin B3

Vitamin selanjutnya yang terkandung dalam daun pandan wangi adalah Vitamin B3, yang sangat bermanfaat untuk mengobati dermatitis, kulit kering, rosacea, jerawat, hingga hiperpigmentasi. 

Wah banyak juga ya? Tapi ternyata itu belum semua lho! 

Vitamin B3 juga bisa membantu menghindari penuaan dini. Jadi, buat kamu yang mulai muncul-muncul garis halus dan kerutan di wajah, bisa banget memanfaatkan vitamin ini untuk mengatasinya. 

Asam Lemak Esensial

Kandungan nutrisi lainnya yang terdapat di dalam daun pandan wangi adalah Asam Lemak Esensial, yang berfungsi sangat penting untuk memperlancar seluruh sistem tubuh, termasuk untuk urusan kesehatan kulit.

Asam lemak esensial mempunyai efek anti inflamasi, yang bisa mengurangi warna kemerahan pada kulit wajah juga mengurangi bengkak di kulit.

Selain itu, zat ini juga bisa mencerahkan kulit, melembabkan kulit yang kering, mengurangi stres, dan menyehatkan kulit. 

Asam Amino

Kalau kamu melihat kulit di wajah mulai mengendur, mungkin ini adalah tanda bahwa produksi asam amino dalam tubuh sudah mulai menurun. 

Nah, selain untuk mengatasi kerutan di wajah serta mengencangkan kulit, asam amino juga berfungsi untuk melembabkan kulit dan mengatasi kulit yang terlalu kering.

Kenapa bisa begitu? Hal ini karena Amino acid bisa menyerap dan mengikat air di permukaan kulit, sehingga kadar air di sana tidak mudah menguap.

Asam amino juga bisa membuat kulit wajah terasa lebih kenyal dan segar, meregenerasi kulit, dan menjaga kulit sehat sehingga wajah Anda akan tetap glowing tanpa jadi berminyak.

Mineral

Ada beberapa mineral yang terkandung di dalam daun pandan wangi, yaitu zat besi, kalsium ,dan fosfor. Lalu apa saja ya manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan kulit?

Zat besi

Selain berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh, ternyata zat besi juga punya banyak manfaat lho, bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satu tanda tubuh kekurangan zat besi bisa terlihat dari kulit yang pucat dan terdapat lingkaran hitam di sekitar mata. 

Sehingga, kalau kamu ingin memiliki kulit yang cerah dan glowing, berarti tubuh kamu memerlukan lebih banyak unsur zat besi.

Kemudian, zat besi juga bisa menyembuhkan luka dengan lebih cepat karena membantu suplai oksigen ke seluruh tubuh.

Tak hanya untuk kulit saja, tapi zat besi juga bermanfaat banget untuk memperbaiki tekstur rambut dan mengatasi rambut rontok dengan cara meningkatkan aliran oksigen ke kulit kepala dan juga akar rambut.

Kalsium

Selama ini, kalsium terkenal sebagai zat yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Tapi, tahukah kamu kalau kalsium juga penting banget untuk kesehatan kulit?

Hal ini memang belum banyak diketahui orang. Tapi, kekurangan kalsium ternyata bisa mengakibatkan kulit jadi kering dan terlihat tak segar. Sebab, mineral ini memiliki fungsi untuk membuat proses regenerasi kulit menjadi lebih cepat.

Makanya, penting banget nih buat kita menggunakan produk kecantikan yang mengandung kalsium, karena kalsium berperan dalam menstimulasi proses pembentukan antioksidan dan juga melindungi pigmen kulit dari sinar UV.

Fosfor

Fosfor adalah salah satu mineral yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Itu sebabnya, kamu tidak boleh sampai defisiensi fosfor ya.

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    Manfaat Daun Pandan Wangi untuk Kecantikan Kulit

    Nah, secara umum, ada banyak banget manfaat daun pandan wangi untuk kecantikan kulit kita, di antaranya:

    Merawat Kulit yang Terbakar

    Tak hanya memiliki aroma yang wangi banget, tapi daun pandan juga bisa membantu kamu menyembuhkan luka pada kulit, termasuk luka bakar. 

    Hal ini karena, sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, daun pandan mengandung zat bisa mengobati luka dan mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga kulit kamu yang terluka bisa mulus kembali seperti sedia kala.

    Merawat Jerawat Membandel

    Duh, paling sebal memang ya kalau sudah berurusan dengan jerawat? Tapi, kamu tak perlu kuatir. Dengan menggunakan daun pandan, kamu sudah bisa mengobati jerawat pada kulit wajah. 

    Tadi sudah disebutkan bahwa berbagai vitamin dan mineral yang terkandung di dalam daun pandan mengandung unsur antioksidan yang berkhasiat sekali dalam mengatasi kulit berjerawat. 

    Kamu juga bisa mencampurkan daun pandan wangi dengan beberapa tanaman lain, seperti tomat atau lemon untuk mengobati jerawat.

    Mengurangi Pori-pori Kulit

    Pori-pori yang besar dan terlihat jelas biasanya datang sepaket dengan kulit berminyak dan berjerawat. Hal ini memang menyebalkan, ya! 

    Tapi kamu tak perlu cemas, daun pandan wangi juga bisa banget lho untuk membersihkan pori-pori di wajah hingga tak terlihat terlalu besar dan mengganggu.

    Mencegah Penuaan Dini

    Ini pastinya jadi salah satu manfaat daun pandan favorit kamu deh, yaitu mencegah penuaan dini! Yup, siapa sih yang nggak mau kulit wajahnya terlihat awet mudah dan glowing terus? 

    Ternyata, daun pandan mengandung zat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan segera regenerasinya dengan sel baru. Kamu pasti langsung bisa merasakan bahwa kulit jadi tampak lebih cerah dan mulus, deh.

    Memudarkan Kulit Kusam

    Masalah kulit kusam juga bisa diatasi dengan daun pandan. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin B3, vitamin B1, vitamin C, vitamin, dan lainnya, bisa menyehatkan kulit dan memudarkan kulit kusam.

    Menyamarkan Kerutan

    Usia muda bukan berarti kamu bisa terbebas dari kerutan. Nah, itu sebabnya penting banget untuk memilih produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan yang bisa menghindarkan kulit kamu dari kerutan halus. 

    Untungnya daun pandan wangi bisa banget menjaga kehalusan kulit wajah dan mencegah timbulnya kerutan.

    Melawan Radikal Bebas

    Daun pandan wangi juga memiliki manfaat untuk melawan radikal bebas dan mencegah kulit wajah rusak. Ada zat yang terkandung dalam daun pandan yang disebut flavonoid. Nah, zat inilah yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. 

    Cara Memanfaatkan Daun Pandan Wangi sebagai Bahan Kosmetik 

    formulasi produk kosmetik

    Dengan banyaknya informasi di atas tentang beragam manfaat daun pandan wangi, yakin nih kamu nggak mau memanfaatkan tanaman yang satu ini sebagai ingredients produk kosmetik kamu? 

    Apalagi, sejak dulu daun pandan wangi kan terkenal sebagai salah satu bahan pembuatan kosmetik dan obat. Caranya juga gampang banget lho! 

    Kalau kamu berminat banget nih untuk memanfaatkan daun pandan wangi sebagai bahan kosmetik, kamu tinggal klik tombol WhatsApp di bawah ini buat langsung berkonsultasi dengan tim Mash Moshem Indonesia.

    Tenang, nanti kamu bakal dibantu kok oleh tim ahli kami, mulai dari konsep, pembuatan formula, sampai proses produksi dan pemasarannya.

    Jadi, tunggu apa lagi? Yuk mari manfaatkan daun pandan wangi biar brand kosmetikmu makin dicari konsumen!

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

    Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

    Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

    Continue Reading