Mudah dan Sederhana, Cobain Berbagai Resep Masker Alami dari Teh Hijau Ini

masker green tea

Kamu pasti udah enggak asing lagi dengan masker wajah, yang enggak hanya bisa kamu gunakan dalam bentuk produk skincare tertentu, melainkan bisa juga dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan alami.

Masker wajah memang bukanlah bentuk perawatan wajah yang bisa kamu pakai setiap hari, meski begitu dampak penggunaannya secara teratur dapat membawa efek yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Nah, akhir-akhir ini masker organik yang dibuat dari bahan-bahan alami jadi pilihan paling populer di kalangan pecinta kecantikan. Sebab, sifatnya yang enggak mudah membuat iritasi dan pengaplikasiannya yang cukup sederhana.

Salah satu bahan alami yang bisa kamu kreasikan sebagai masker wajah adalah green tea atau teh hijau. Khasiat bahan satu ini untuk kecantikan emang enggak perlu diragukan lagi.

Gimana enggak? Green tea mengandung berbagai senyawa yang baik untuk merawat kecantikan kulit, seperti anti oksidan, asam amino, vitamin B, asam folat, magnesium, dan potasium.

Biar enggak kelamaan, langsung cek aja resep masker wajah alami dari green tea sesuai kebutuhan kulitmu di bawah ini.

Resep Masker Alami dari Green Tea Sesuai Kebutuhan

green tea

Green tea sangat kaya akan kandungan yang baik untuk merawat kesehatan kulit dan membuatnya kian cantik. Tak hanya dikonsumsi, kamu bisa memanfaatkan green tea sebagai masker organik.

Namun, kamu enggak bisa sembarangan coba-coba resep masker organik dari green tea ini. Tetap perhatikan dan sesuaikan dengan kebutuhan kulit wajahmu.

Dengan demikian, berbagai manfaat green tea untuk kecantikan bisa kamu dapatkan dengan lebih optimal.

Masker Alami dari Green Tea untuk Melembutkan Kulit

masker green tea

Punya tekstur kulit wajah yang kasar karena banyak bekas jerawat, komedo, atau bahkan karena terlalu kering?

Coba manfaatkan green tea untuk mengembalikan kelembutan alami kulit wajahmu, deh. Karena kandungan yang terdapat di dalamnya mampu memperbaiki kondisi kulit, termasuk memulihkan bekas jerawat dan menjaga elastisitas kulitmu.

Tak hanya itu, ada sebuah studi ilmiah yang menyebutkan bahwa green tea bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit dan menghilangkan luka pada kulit dalam skala ringan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mencampurkan green tea dengan krim susu. Sebab, kandungan asam laktat dalam krim susu mampu membantu menyamarkan garis halus dan kerutan di wajah.

Sehingga, kulitmu akan terasa lebih lembut dan kencang seketika. Penasaran, kan? Cek langkahnya berikut ini.

  • Siapkan dua sendok teh green tea, satu sendok teh krim susu, dan satu sendok teh gula pasir.
  • Campurkan bahan-bahan tersebut hingga  jadi pasta masker yang teksturnya agak kasar.
  • Oleskan campuran ini ke wajahmu secara merata, kemudian gosok dan pijat dengan lembut secara melingkar.
  • Diamkan kurang lebih 15 menit saja, atau sampai kandungan yang ada dalam bahan-bahan tersebut ke dalam pori-pori kulit.
  • Setelah itu bilas wajah kamu menggunakan air hangat.

Menghilangkan Jerawat dengan Masker Green Tea

masker alami untuk jerawat

Tak hanya bekasnya yang bisa kamu hilangkan, melainkan jerawat itu sendiri pun dapat kamu atasi dengan masker green tea.

Ini dikarenakan kandungan anti bakteri dan anti inflamasi dalam green tea yang mampu mencegah regenerasi bakteri penyebab jerawat, pun menenangkan jerawat yang tengah meradang.

Berikut resep masker green tea untuk kulit berjerawat yang bisa kamu praktikkan di rumah.Kamu bisa mengombinasikan green tea dengan kunyit untuk merawat kulit yang berjerawat.

Sebab, kandungan dalam kunyit  dapat memberikan efek terapeutik pada kulit, sehingga dapat menjaga dan merawat kulit dari masalah jerawat. Langsung cek langkah-langkahnya berikut, ya.

  • Siapkan satu sendok teh tepung kacang arab, seperempat sendok teh kunyit, dan dua sendok teh hijau yang baru diseduh.
  • Campurkan bahan-bahan tersebut sampai merata dan terbentuk pasta masker yang halus.
  • Aplikasikan pada wajah kamu dan tunggu selama 15 menit saja.
  • Bilas dengan air dingin, lakukan dengan lembut dan hati-hati.

Masker Alami dari Green Tea untuk Mata Panda

Under eye treatment and body care concept. Shocked young Caucasian woman applies beauty patches, removes dark circles and puffiness, looks surprisingly at herself in mirror, stands topless indoor

Mata panda emang tidak menimbulkan reaksi negatif pada kulit, namun pada beberapa orang kondisi ini bisa sangat mempengaruhi penampilan mereka dan membuat rasa percaya diri menurun.

Bayang-bayang gelap di sekitar mata ini bisa muncul karena pola kebiasaan yang buruk, tidur tidak cukup, dan terlalu banyak mengonsumsi alkohol, dan kurangnya asupan nutrisi.

Nah, kalau kamu punya mata panda dan ingin mengatasinya segera, green tea bisa jadi alternatif sederhana yang bisa kamu coba.

Sebab, kandungan tanin dalam teh hijau mampu mengurangi tampilan mata panda secara alami. Sementara zat anti oksidannya dapat menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit area mata, yang bisa jadi penyebab timbulnya pembengkakan.

Langkah merawat mata panda dengan teh hijau sangat mudah. Cukup ikuti cara-cara beriku ini, ya!

  • Seduh green tea seperti biasanya, kemudian masukkan kapas dan rendam dalam larutan tersebut.
  • Lalu dinginkan di dalam kulkas selama 30 menit hingga satu jam.
  • Tempelkan kapas tersebut ke area mata, lalu diamkan selama 15-30 menit.
  • Kemudian bilas area mata dengan lembut menggunakan air biasa.
  • Kamu bisa menggunakan perawatan mata panda ini 2x dalam sehari, agar hasilnya lebih maksimal.

Atasi Tanda Penuaan Dini dengan Masker Green Tea

penuaan dini

Seringnya terpapar sinar matahari dan polusi udara bisa menyebabkan stress oksidatif, yang bisa menimbulkan berbagai permasalahan kulit, termasuk munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Akantetapi, kamu enggak perlu khawatir sebab ada cara mudah untuk menjaga keremajaan kulit wajahmu, yaitu dengan menggunakan green tea.

Kandungan polifenol dalam green tea akan membantu kamu untuk menetralkan kulit dari radikal bebas, yang jadi penyebab munculnya keriput, noda hitam, hingga hiperpigmentasi kulit.

Kamu bisa mencampurkan green tea dengan lemon dan kunyit untuk mendapatkan manfaat satu ini. Sebab kandungan dalam kedua bahan tersebut mampu merangsang produksi kolagen dan memperbaiki jaringan kulit yang bermasalah.

Sehingga wajahmu akan tampak lebih cerah, sehat, dan awet muda. Perhatikan cara pembuatan masker green tea berikut ini.

  • Campurkan 2 sendok makan air green tea, air lemon dan sejumput kunyit bubuk.
  • Aplikasikan pada wajah secara merata, kemudian tunggu selama 10 hingga 15 menit saja, ya.
  • Lalu bilas dengan air dingin dan keringkan dengan lembut, ya.

Resep Masker Green Tea untuk Kulit Kering

skincare untuk kulit kering

Dalam green tea terdapat beberapa kandungan vitamin, termasuk vitamin E yang sangat dikenalkan kemampuannya untuk memelihara kesehatan kulit. Salah satunya untuk mengatasi kulit yang kering dan cenderung kasar.

Green tea dikenal mampu mengembalikan kelembapan alami pada kulit dan menjaganya agar tidak mudah hilang. Selain itu, kemampunyannya yang bisa mengangkat sel kulit-kulit mati bisa menjaga kulit wajahmu untuk tetap lembut.

Kamu bisa membuat masker green tea untuk kulit kering dengan mencampurnya dengan alpukat. Sebab, kombinasi keduanya akan memberi kelembapan alami pada kulit yang kering.

Tak hanya itu, karena mampu menjaga kelembapan alami kulit, menggunakan masker teh hijau dengan rutin bisa membuat wajahmu jadi terasa lebih lembut dan halus.

  • Siapkan satu buah alpukat matang dan haluskan dagingnya.
  • Campurkan dengan 2 sdt teh hijau sampai terbentuk pasta masker alami yang diinginkan.
  • Aplikasikan masker tersebut pada wajah, diamkan hingga 15-20 menit.
  • Bilas dengan air dingin, gunakan 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Masker Green Tea untuk Kulit Berminyak

kulit berminyak (2)

Penasaran enggak, sih, kenapa kulit wajahmu bisa jadi berminyak? Itu dikarenakan kelenjar sebaceous di kulit yang terlalu banyak menghasilkan sebum.

Hal inilah yang kemudian membbuat kulit berminyak, pori-pori wajah jadi tersumbat, dan akhirnya memicu munculnya komedo serta jerawat di kulit.

Tak hanya itu, sifat anti oksidan, anti inflamasi, dan anti mikroba dalam green tea dapat mengatasi masalah kulit berminyak. Kamu bisa mengendalikan sekresi sebum yang berlebihan ini dengan menggunakan masker green tea berikut ini.

  • Siapkan tiga sendok makan green tea dengan tepung beras, dalam takaran yang sama.
  • Tambahkan satu sendok teh air perasan lemon, kemudian aduk hingga menjadi pasta masker yang kamu inginkan.
  • Aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya.
  • Diamkan masker tersebut selama 20 menit, baru setelahnya cuci menggunakan air bersih.

Masker Green Tea untuk Atasi Sunburn

paparan sinar matahari

Kandungan polifenol green tea bisa bekerja untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV secara berlebihan. Yang akan bisa menimbulkan berbagai masalah pada kulit wajahmu, seperti munculnya bintik-bintik hitam, hiperpigmentasi, melanoma, dan sunburn.

Penggunaan masker green tea juga dapat mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh terbakar sinar matahari.

Kandungan asam tanat dan theobromine yang ada dalam green tea bisa membantu meredakan rasa sakit dan memulihkan kulit yang rusak karena sun burning.

Cara merawat wajah yang terkena sunburn dengan green tea sangat sederhana. Kamu hanya perlu melarutkan green tea, seperti menyeduh teh biasa.

Setelah itu dinginkan dan rendam handuk atau kain lain ke dalam green tea. Kemudian aplikasikan pada area yang terkena sunburn.

Itu adalah beberapa cara membuat masker alami dari green tea sesuai dengan permasalahan atau kondisi kulit wajahmu.

Pada dasarnya, kamu bisa mengombinasikan green tea ini dengan bahan-bahan alami lainnya yang juga sama baiknya untuk kulit. Namun, harus tetap memperhatikan kebutuhan kulit kamu.

Pasti udah enggak sabar pingin coba, deh. Ya sudah, see you di beauty tips lainnya!

About Author

Related posts

Leave a Comment