Tak Hanya Harum, Ketahui Khasiat Minyak Lavender untuk Kecantikan Ini!

khasiat minyak lavender untuk kecantikan (1)

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan minyak lavender, yang sebenarnya sudah sangat populer karena keharumannya yang menyenangkan dan menenangkan untuk sebagian besar orang.

Selain digunakan sebagai pewangi dalam deterjen, campuran parfum, dan bahan kosmetik lainnya. Kamu juga bisa menemukan kandungan minyak lavender dalam produk-produk perawatan kecantikan juga.

Sebab minyak yang didapat dari tanaman atau bunga lavender ini rupanya menyimpan keajaiban lain, lho! Yap, apalagi kalau bukan untuk merawat kesehatan kulit dan rambut kamu.

Penasaran, kan, apa saja khasiat minyak untuk kecantikan kulit dan rambut, serta bagaimana cara penggunaannya? Langsung cari jawabannya di ulasan lengkap berikut ini!

Merawat dan Mengobati Kulit Berjerawat

khasiat minyak lavender untuk kecantikan

Jerawat yang membandel apalagi meradang, enggak hanya mengganggu penampilan namun juga menimbulkan rasa tidak menyenangkan di kulit kita. Bahkan enggak sedikit yang sampai memunculkan rasa gatal, perih, dan sakit ketika disentuh.

Nah, sebenarnya penanganan jerawat ini juga enggak boleh asal-asalan. Sebab, dengan perawatan yang tidak tepat bisa memperburuk keadaan, atau malah dapat menimbulkan breakout.

Namun, kamu enggak perlu khawatir, karena rupanya khasiat minyak lavender untuk kecantikan yang pertama dalah membantu merawat dan mengobati kulit berjerawat.

Minyak lavender diyakini dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, memulihkan kulit dari bekas jerawat, hingga mencegah munculnya jerawat baru di kemudian hari.

Tak hanya itu, minyak lavender juga dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Yang tak hanya jadi sumber peradangan, melainkan salah satu penyebab munculnya berbagai masalah kulit lainnya.

Cara merawat kulit wajah yang berjerawat dengan minyak lavender cukup mudah. Yang perlu diingat kamu enggak bisa langsung mengaplikasikan minyak esensial ini ke kulit.

Melainkan larutkan dulu dengan minyak kelapa (coconut oil) atau minyak pembawa lainnya, yang tidak mengubah aroma dari minyak lavender.

Setelah melarutkannya, baru kamu boleh mengaplikasikannya ke wajah dan tunggu selama 10 menit. Kalau sudah, segera bersihkan wajahmu, ya!

Membantu Mencerahkan Kulit

mencerahkan kulit

Siapa yang enggak pingin punya kulit wajah yang tampak glowing dan cerah alami? Semua pasti pengen dong, ya!

Well, untuk mendapatkan tampilan yang maksimal ini kamu bisa menggunakan minyak lavender sebagai perawatan wajahmu, lho.

Sebab, minyak lavender mampu membuat wajahmu kian cerah, meratakan warna kulitmu, juga mengurangi tampilan flek hitam dan bekas jerawat.

Lagi-lagi, kamu enggak bisa menggunakan minyak lavender secara langsung di wajah untuk mendapatkan manfaat satu ini.

Larutkan dengan minyak pembawa terlebih dahulu, baru aplikasikan pada wajah dan jadikan masker. Namun, kamu tidak perlu menggunakannya dalam durasi yang terlalu lama. Melainkan cukup 10-15 menit per pemakaiannya.

Atau, kamu juga bisa menggunakan skincare dengan kandungan minyak lavender setiap hari secara rutin. Tentunya dengan mempertimbangkan kebutuhan dan jenis kulitmu, ya!

Menyamarkan Kerutan dan Garis Halus di Wajah

Munculnya garis halus dan kerutan di wajah tentunya sangat berpengaruh pada penampilan kamu, yakni bisa membuatmu tampak lebih tua dan lelah.

Apalagi kerutan dan garis halus ini enggak selalu muncul karena faktor usia kita, lho. Melainkan dapat muncul lebih cepat karena paparan radikal bebas dan gaya hidup yang kurang baik.

Untuk mengatasinya kamu bisa memanfaatkan minyak lavender sebagai rahasia perawatan wajahmu. Minyak alami satu ini ternyata kaya akan senyawa anti oksidan yang bisa melindungi kulit dari paparan radikal bebas dan memulihkan kondisinya.

Dengan demikian wajahmu akan senantiasa tampak segar dan awet muda. Untuk menggunakan minyak lavender, kamu bisa mengombinasikannya dengan minyak pembawa lain.

Kemudian aplikasikan kombinasi tersebut ke area yang ada garis halus dan kerutannya. Selain itu, kamu juga bisa melarutkan satu atau dua tetes minyak lavender ke dalam pelembap yang biasa kamu gunakan dan mengaplikasikannya secara rutin.

Mampu Meredakan Peradangan Kulit

Khasiat minyak lavender untuk kecantikan lainnya adalah membantu meredakan peradangan pada kulit. Ini dikarenakan adanya kandungan beta caryphyllene di dalamnya yang dapat bekerja sebagai anti radang alami.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa melarutkan beberapa tetes minyak lavender dengan dua sendok teh minyak pembawa. Kemudian aplikasikan larutan tersebut di area yang mengalami peradangan atau iritasi sebanyak tiga kali dalam sehari.

Meringankan Gejala Penyakit Kulit

rosacea

Selain membuat kulit wajahmu jadi tambah cantik, khasiat minyak lavender untuk kecantikan lainnya adalah dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh beberapa penyakit kulit tertentu, misalnya eksim atau psoriasis.

Tak hanya itu, minyak lavender pun dapat meminimalisir gejala kulit kering, gatal, mengelupas, kemerahan, hingga iritasi.

Ketika kamu ingin menggunakan minyak lavender untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, cukup campurkan dua tetes minyak lavender dengan dua sendok teh minyak kelapa dan minyak pohon teh.

Kemudian aplikasikan secara berkala kepada bagian yang teriritasi ataupun yang mengalami berbagai penyakit kulit tersebut.

Detoksifikasi Kulit

Padatnya aktivitas kita di luar ruangan seringkali membuat kulit dan tubuh kita terpapar berbagai polusi dan stressor lingkungan lainnya.

Hal inilah yang akhirnya membuat kondisi kulit jadi kotor, berminyak, dan pori-pori tersumbat. Kemudian akan menjadikan kulit tampak kusam, dan mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Kandungan anti oksidan yang tinggi dalam minyak lavender diklaim mampu membantu merawat kulit dan menangkal buruk efek dari polusi atau stressor lingkungan lainnya.

Tak hanya itu, kemampuan minyak lavender yang bisa mengangkat kotoran dari pori-pori kulit bisa membuat wajah jadi lebih bersih dan terhindari dari berbagai masalah kulit.

Memperbarui Sel Kulit

khasiat susu untuk kecantikan rambut dan susu

Penumpukan sel kulit mati pada pori-pori kulit bisa membuat wajah kamu jadi tampak lebih kusam dan memicu munculnya jerawat ataupun komedo.

Namun, kamu enggak perlu risau. Sebab minyak lavender dapat membuat kulit wajahmu kian kencang dengan melancarkan sirkulasi darah di wajah, serta merangsang proses regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat.

Demi mendapatkan khasiat minyak lavender untuk kecantikan satu ini, kamu bisa menggunakannya sebagai toner alami.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu melarutkan minyak lavender pada toner yang biasa kamu pakai dan mencampurnya dengan air mawar. Kemduian aplikasikan tipis-tipis di wajah menggunakan kapas atau dengan spray.

Memulihkan Luka

mempercepat penyembuhan luka

Kalau kamu memiliki bekas luka yang tidak kunjung hilang dari kulit, penggunaan minyak lavender bisa jadi alternatif yang patut untuk dicoba.

Sebab, minyak esensial lavender disebut-sebut mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka dengan memulihkan jaringan kulit yang sempat terluka.

Penggunaan minyak lavender untuk merawat luka ini juga terbilang sederhana, yakni dengan melarutkan beberapa tetes minyak lavender dengan minyak pembawa. Kemudian aplikasikan pada luka menggunakan kapas secara perlahan.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

khasiat susu untuk kecantikan rambut dan kulit

Selian untuk merawat kulit, minyak lavender juga bisa dijadikan sebagai perawatan kesehatan rambut dan kulit kepala, lho. Salah satunya dengan merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuatnya agar tidak mudah rontok.

Untuk mendapatkan khasiat minyak lavender untuk kecantikan satu ini, kamu bisa mengombinasikannya dengan minyak kelapa atau minyak zaitun.

Kamudian oleskan larutan tersebut pada area kulit kepala, lakukan pijatan lembut selama beberapa menit. Setelah itu diamkan selama 30 menit dan keramas seperti biasanya.

Minyak lavender diketahui mampu menstimulus pertumbuhan rambut dan membuatnya jadi tampak lebih tebal berkilau.

Mengatasi Ketombe

sampo untuk rambut berketombe

Ketombe adalah salah satu masalah pada kulit kepala yang paling sering dialami oleh banyak orang. Penyebabnya pun cukup beragam, salah satunya karena kulit kepala yang terlalu kering.

Bagu masalah satu ini, kamu bisa menggunakan minyak lavender untuk mengatasinya. Sebab, minyak lavender mampu membantu melembapkan dan menjaga minyak alami yang ada agar tidak mudah menguap.

Kamu hanya perlu mencampurkan beberapa tetes minyak lavender dengan dua sendok makan minyak zaitun. Setelah itu, panaskan campuran tersebut selama sepuluh detik saja.

Ketika larutan kedua minyak alami tersebut dingin, aplikasikan dan pijatkan ke kulit kepala dengan lembut. Lalu diamkan selama 30 menit hingga satu jam, agar kandungan yang ada meresap sempurna.

Kalau sudah, kamu bisa mencuci rambutmu sama seperti keramas biasanya. Lakukan perawatan ini secara rutin dalam 1-2 kali seminggu agar hasilnya lebih optimal.

Nah, itu adalah beberapa khasiat minyak lavender untuk kecantikan. Mulai dari berbagai khasiatnya dalam merawat kesehatan kulit, hingga menjaga kecantikan rambutmu.

Selain menggunakan beberapa resep atau langkah sederhana sendiri di rumah yang telah disebutkan di atas, kamu pun bisa mendapatkan khasiat minyak lavender untuk kecantikan melalui produk-produk skincare atau hair care yang dijual di pasaran.

Namun, apapun caranya, kamu harus mengutamakan kebutuhan dan jenis kulitmu sebelum mencoba jenis perawatan wajah yang sebelumnya jarang kamu lakukan.

Lakukan tes sederhana terlebih dahulu pada kulit bagian tubuh yang lain, dan lihat efek samping yang muncul. Bila tidak ada, kamu boleh mencobanya, begitupun sebaliknya.

Well, semoga artikel ini dapat berguna dan membantu menjawab pertanyaanmu seputar manfaat minyak lavender untuk kecantikan.

About Author

Related posts

Leave a Comment