12+ Manfaat Minyak Alga untuk Kecantikan Kulit dan Rambut, Apa Saja?

manfaat minyak alga untuk kecantikan

Keberadaan alga dalam industry kosmetik bukanlah hal baru. Namun, belakangan ini, bahan tersebut cukup ramai di kalangan masyarakat akibat banyaknya spesies baru, praktik dan riset yang berkelanjutan. Memangnya, apa sih manfaat minyak alga untuk kecantikan?

Membicarakan soal kosmetik, tentu tak akan ada habisnya. Ketertarikan masyarakat akan kecantikan sendiri sudah ada sejak beribu tahun lalu. Hanya saja trennya yang berubah-ubah, menyesuaikan dengan kondisi sosial dan minat masyarakat.

Nah, yang terjadi sekarang, penggunaan bahan-bahan alami menjadi sorotan oleh konsumen pasar kosmetik. Tak hanya karena kepedualian akan isu lingkungan yang meningkat, penelitian berkelanjutan yang mengklaim manfaat bahan organic juga sangat berpengaruh terhadap tren ini.

Salah satu bahan yang belakangan sangat popular adalah minyak alga. Bahan ini sebenarnya telah lama digunakan sebagai formula kosmetik, khususnya untuk merawat kulit dan rambut.

Lantas, apakah kamu tahu apa saja manfaat minyak alga untuk kecantikan? Baca artikel ini sampai habis, agar kamu tahu soal bahan alami tersebut!

Apakah Alga Itu?

Sebelum kita membahas manfaat alga untuk kecantikan secara khusus, mari kita pelajari dulu tentang ap aitu alga dan dari mana asalnya.

Ada berbagai jenis ganggang, termasuk di dalamnya rumput laut, spirulina, dan banyak lainnya. Namun, para ahli percaya bahwa tak semua ganggang memiliki manfaat yang sama.

Namun pada umumnya, spesies ganggang terbagi dalam dua kategori utama, yakni mikro dan maklon. Ganggang makro adalah ganggan yang dapat terlihat secara kasat mata. Sementara yang mikro hanya dapat terlihat dengan mikroskop. Keduanya juga memiliki manfaat untuk kecantikan.

Ini karena alga memiliki kandungan karbohidrat, lipid, protein, asam amino, dan mineral yang tinggi. Sehingga ketika digunakan sebagai formula kosmetik, alga dapat berperan besar dalam meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Manfaat Minyak Alga untuk Kecantikan Kulit

Minyak alga memberikan banyak manfaat untuk kecantikan kulit, seperti yang akan kita bahas dalam ulasan berikut ini.

Membantu Menghidrasi Kulit

Manfaat minyak alga untuk kecantikan kulit yang pertama adalah untuk membantu menghidrasi kulit. Yap! Ini adalah kabar baik untuk kamu yang bermasalah dengan kulit kering, kusam dan kasar.

Beberapa ahli menyebutkan bahwa alga merupakan humektan alami yang bisa bekerja sangat baik, bahkan daripada asam hialuronat.

Dengan kata lain, bahan alami ini dapat membantu mencegah kelembapan pada kulit menghilang dan menjaganya sepanjang hari. Sehingga, kulit tidak akan mudah kering dan membuat tekstur wajah jadi lebih halus.

Mengurangi Munculnya Hiperpigmentasi

Kalau kamu sedang mencari bahan yang tepat untuk mengurangi kemunculan hiperpigmentasi, alga adalah ide brilian yang harus kamu coba.

Menurut ahli, baik alga merah, hijau, biru, maupun coklat memiliki sifat mencerahkan alami. Dan dari sinilah manfaat alga untuk kecantikan ini terjadi.

Memformulasikan alga ke dalam skincare bisa membantu membuat warna kulit cerah dan meringankan bintik-bintik gelap di wajah. Bahkan, sebuah penelitian pada sel kulit manusia menunjukkan bahwa ekstrak alga laut dan karbohidrat alga dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi.

Kemampuan alga ini diperoleh dari kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Seperti yang kamu tahu, senyawa ini telah alam terkenal dengan sifat pencerahnya.

Menenangkan Peradangan

Peradangan kulit dapat terjadi karena banyak hal termasuk kerusakan akibat sinar matahari, stres oksidatif, dan polusi. Tak hanya menimbulkan rasa tak nyaman, peradangan juga pada akhirnya dapat memicu hiperpigmentasi dan kemunculan garis-garis halus.

Kabar baiknya, minyak alga dapat menjadi cara proaktif dalam meredakan peradangan dan berbagai masalah kuit lainnya.

Sifat antiinflamasi dalam alga berpotensi menghentikan proses peradangan yang dapat menyebabkan efek pigmentasi dan kerutan pada kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan alga di dalamnya.

Melindungi dari Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Selain polusi, sinar matahari juga berpengaruh besar dalam kerusakan kulit. Ini karena, sinar UVA dan UVB dari matahari dapat menembus pori-pori kulit, menimbulkan kerusakan pada sel-sel yang ada, hingga menyebabkan inflamasi.

Nah, selain menggunakan tabir surya secara teratur, kamu bisa menggunakan skincare berkandungan minyak alga untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Manfaat ini utamanya dapat kamu peroleh dari minyak alga merah dan coklat. Keduanya menghasilkan molekul asam amino mikosporin yang bertindak sebagai pelindungan UV tambahan.

Tak hanya itu, molekul ini juga dapat menangkal radikal bebas yang beracun dengan menghilangkan energi UV menjadi bentuk panas yang tak berbahaya. Dengan kata lain, ini memiliki kerja yang hampir sama dengan tabir surya.

Eits! Harus kamu ingat, meski begitu peranan tabir surya sangat penting, jadi jangan kamu tinggalkan begitu saja. Tetap gunakan tabir surya, dan tambahkan skincare dengan kandungan alga untuk menambah manfaatnya.

Membersihkan Pori-pori Tersumbat

Tidak ada yang ingin pori-pori tersumbat, tetapi menemukan bahan yang dapat mendetoksifikasi dan membersihkan pori-pori kita dengan lembut juga cukup tricky.

Untungnya, ganggang penuh dengan antioksidan, vitamin B, magnesium, seng, dan mineral detoksifikasi yang dapat membantu membersihkan kotoran dan penumpukan di pori-pori.

Mengurangi Munculnya Garis-Garis Halus

Karena ganggang sarat dengan antioksidan, bahan ini membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan dengan cukup efektif.

Kandungan dalam alga menghambat enzim yang memecah kolagen dan mengurangi peradangan akibat paparan sinar UV. Bahkan, menurut beberapa studi, astaxanthin pada alga terbilang lebih kuat 6000 kali daripada Vitamin C.

Dengan kata lain, bahan kosmetik alami dari laut ini adalahs angat efektif dalam hal memperbaiki kulit kita. Khususnya dalam membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi kemunculan garis-garis halus penuaan.

Tak heran, kalau bahan ini pun dapat kamu temukan dengan mudah pada produk-produk antiaging. Baik dalam bentuk krim wajah, serum, toner, bahkan essence.

Manfaat Minyak Alga untuk Kecantikan Rambut

Selain untuk kulit, manfaat minyak alga untuk kecantikan rambut pun tak kalah banyaknya. Ini karena, kandungan asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral yang ada dapat bekerja sangat efektif dalam menyehatkan kulit kepala.

Penasaran apa saja manfaat minyak alga untuk kecantikan rambut dan kesehatan kulit kepala? Langsung cek penjelasannya berikut ini, Beautypreneurs!

Mengurangi Peradangan dan Iritasi Kulit Kepala

Kandungan DHA dan EPA dalam minyak alga memiliki kemampuan untuk menenangkan kulit kepala, serta mengurangi gejala peradangan. Bahkan, beberapa ahli juga menyebutkan bahwa minyak alga dapat mengurangi peradangan akibat ketombe juga.

Mengatur Produksi Minyak

Sebelumnya, alga adalah humektan yang sangat kuat, tapi bukan berarti penggunaannya bisa membuat kulit berminyak. Justru, manfaat minyak alga untuk kecantikan rambut selanjutnya adalah membantu mengatur produksi minyak.

Hal ini juga akan dapat membantu kulit kepala selalu segar dan tidak mudah kotor. Serta dapat mencegah kemunculan ketombe.

Menyeimbangkan Mikrobioma Kulit Kepala

Tak hanya sebum, merawat kulit kepala dengan minyak alga juga membantu menyeimbangkan mikrobioma yang ada. Manfaat minyak alga untuk kecantikan rambut ini sangat penting, mengingat menyeimbangkan mikrobioma dapat mengurangi dermatitis seboroik.

Dapat Meningkatkan Ketebalan dan Pertumbuhan Rambut

Meski belum ada penelitian pasti mengenai manfaat minyak alga untuk kecantikan rambut satu ini. Menurut Byrdie, para ahli berpendapat bahwa kandungan asam lemak Omega-3 dan 6, serta antioksidan dalam alga berpotensi merangsang pertumbuhan rambut.

Selain itu, kolagen dalam minyak alga juga terbilang ampuh dalam membantu pertumbuhan kembali rambut dan mencegah penipisan rambut.

Menghaluskan dan Melembutkan Rambut

Meski berperan dalam mengendalikan sebum, menggunakan minyak alga atau produk olahannya juga bisa menghaluskan dan melembutkan rambut, lho.

Yap! Ini karena minyak alga dapat menghidrasi kulit kepala serta dapat memberikan semua nutrisi yang rambutmu butuhkan.

Memperkuat dan Melindungi Rambut

Last but not least, manfaat minyak alga untuk kecantikan rambut selanjutnya adalah membantu memperkuat dan melindungi rambut.

Seperti yang tadi kita singgung, alga memiliki komponen antioksidan dan nutrisi yang sangat tinggi. Sehingga, mampu menangkal radikal bebas dan memperbaiki kesehatan kulit kepala maupun rambut secara menyeluruh.

Bahkan bahan ini cukup popular berkat kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan rambut dan membalikkan tanda-tanda kerusakan.

Memanfaatkan Minyak Alga sebagai Formula Produk Perawatan Kecantikan

Setelah memahami berbagai manfaat minyak alga untuk kecantikan kulit dan rambut di atas. Kamu pasti setuju kalau bahan ini sangat potensial untuk diformulasikan dalam produk perawatan kecantikan, baik hair care, body care, maupun skincare.

Apalagi membuat produk kosmetik dengan brand sendiri sekarang tidaklah rumit. Sebab ada jasa maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia.

Ya, kami menyediakan jasa pembuatan formula, proses produksi massal produk, pengemasan, hingga menyediakan layanan aftersales menarik untuk kamu.

Lalu bagaimana dengan modal yang harus dikeluarkan?

Well, kamu tak perlu khawatir, karena kami bisa membantumu menyesuaikan spesifikasi produk dengan modal yang telah kamu miliki saat ini.

Enggak percaya? Langsung hubungi dan dikusi bareng tim kami via Contact Us, yuk!

About Author

Related posts

Leave a Comment