11 Cara Meningkatkan Jangkauan Instagram Secara Organik

cara meningkatkan jangkauan instagram

Instagram saat ini menjadi salah satu platform sosial media yang paling digandrungi massa. Hampir pengguna internet di seluruh dunia menggunakan Instagram.

 Bahkan di Indonesia sendiri penggunanya mencapai 99,9 juta. Angka tersebut membuat Indonesia menjadi pengguna Instagram paling banyak nomor empat di dunia.

Tak heran bila pebisnis menyasar Instagram untuk promosi produk . Mereka juga berlomba-lomba untuk meningkatkan engagement demi mendapat awareness dari pengguna. Engagement tersebut meliputi like, komen share hingga save. Yakni apapun yang berhubungan dengan interaksi yang dilakukan pelanggan.

Selain engagement, jangkauan Instagram juga sangat penting untuk ditingkatkan. Dengan jangkauan yang semakin luas akan membuat akunmu berpotensi untuk ditemukan banyak orang. Sehingga pengikutmu  pun akan semakin meningkat.

Follower yang banyak akan membuat akunmu semakin dikenal orang. Hal tersebut juga sangat berpotensi untuk membuat pelangganmu semakin bertambah. Lantas bagaimana sih cara meningkatkan jangkauan di Instagram?

Ada berbagai macam cara untuk meningkatkannya. Seperti melakukan iklan. Namun jika beriklan di Instagram pastinya kamu harus merogoh kocek. Buat kamu yang ingin berhemat dengan pengeluaran tidak perlu khawatir, sebab kamu bisa meningkatkannya dengan cara organic.

Nah, sebelum masuk ke cara meningkatkan jangkauan Instagram organic, kamu harus mengetahui cara kerja algoritma Instagram. Berikut penjelasannya.

Bagaimana Algoritma Instagram Bekerja?

Ketika pertama kali di buat pada 2010 lalu, algoritma Instagram berfokus pada foto dan gambar saja. Namun seiring berjalannya waktu dan teknologi yang semakin canggih, algoritma itu bergeser. Kini video lebih memegang kendali pada algoritma Instagram.

Namun sebelum lebih jauh mengenal lebih dalam mengenai algoritma Instagram, kamu perlu mengeetahui apa itu jangkauan Instagram dan kaitannya dengan algoritma. Jangkauan Instagram sendiri adalah jumlah audience yang melihat ataupun berinteraksi dengan konten yang kamu buat.

Jangkauan Instagram secara organic memang sulit untuk dicapai. Namun bukan berarti tidak bisa. Salah satunya dengan memahami algoritma Instagram. Ada tiga faktor penting yang sangat berpengaruh terhadap algoritma Instagram. Berikut penjelasannya:

Minat

Hal pertama yang berpengaruh terhadap algoritma Instagram adalah minat. Sangat penting bagi kamu untuk mengetahui minat dari audience. Dengan begitu kamu akan mengetahui apa saja yang mereka inginkan. Sehingga kontenmu akan menjawab permasalah yang mereka alami.

Untuk mengetahui minat tersebut kamu bisa melihat apa saja yang sedang tren. Mengikuti tren juga dapat mengangkat jangkauan. Sebab semakin banyak orang yang mencari tren tersebut, algoritma Instagram akan membaca semua konten yang juga menggunakan tren sama. Bagaimana caranya?

Kamu bisa membuat caption atau menggunakan tagar yang sesuai dengan tren tersebut. Sehingga kontenmu akan mudah ditemukan.

Timing

Pengaturan waktu atau timing juga sangat penting untuk menjangkau lebih banyak audience. Sebelum mengatur waktu posting, kamu harus mengetahui terlebih dahulu jam berapa saja followermu aktif. Dengan begitu kamu bisa posting tepat pada waktu dimana mereka sedang aktif.

Lantas bagaimana caranya? Cukup mudah. Kamu perlu melihat data followermu aktif melalui Insight. Setelah mengetahui waktu terbaik. Kamu bisa mulai memposting sesuai dengan waktu tersebut.

Jika kamu memposting sesuai dengan waktu tersebut, algoritma Instagram akan dengan mudah membaca. Juga membuat postinganmu lebih berpotensi tinggi untuk dilihat orang.

Interaksi yang Bermakna

Selain timing, algoritma Instagram juga akan menganalisis teraksi antara kamu dengan audience. Semakin intens komunikasi antara kamu dengan audience, maka algoritma Instagram juga akan memunculkan konten yang kamu buat kepada pengguna tersebut.

Sehingga komunikasi bisa terus berjalan dan awareness juga akan semakin terbangun. Oleh karena itu penting sekali untuk meningkatkan engagement di Instagram. Mulai dari komentar, likes hingga share.

Begitulah bagaimana algoritma Instagram bekerja. Setelah memahami hal tersebut, kini saatnya kamu mengetahui cara meningkatkan jangkauan oraganik Instagram. Berikut adalah 11 cara meningkaykan jangkauan organic Instagram.

Kamu juga bisa mengetahui berbagai cara iklan di Instagram yang menguntungkan di sini.

11 Cara Meningkatkan Jangkauan Organik Instagram

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa jangkauan Instagram sangatlah penting untuk kesuksesan bisnis. Maka tak heran bila para pemilik akun berusaha sangat keras untuk meningkatkan jangkauan organic ini.

Untuk kamu yang baru memulai bisnis dan ingin mendapatkan jangkauan yang luas tanpa keluar budget, berikut cara-caranya:

Tentukan Tujuan dari Akun Instagram-mu

Cara meningkatkan jangkauan Instagram secara organic pertama adalah menentukan tujuan. Jika tujuanmu di awal sudah jelas, maka kamu tidak akan bingung untuk menentukan langkah selanjutnya.

Apabila tujuan utama membuat akun hanyalah untuk pribadi bersenang-senang saja, maka jangkauan tidak perlu penting. Apalagi jika untuk sharing momen secara privat.

Namun jika tujuan awalmu membuat akun adalah untuk bisnis, maka jangkauan sangatlah penting. Engagement menjadi poin penting yang harus kamu tingkatkan.

Komentar, like dan share sangat berpegaruh terhadap algoritma Instagram. Semakin banyak engagement yang kamu dapat, akan semakin luas pula jangkauan yang bisa kamu raih.

Ketahui Hashtag yang Tepat

Untuk mendapat jangkauan yang luas, kamu juga bisa menggunakan hastag yang tepat. Dengan menggunakan hastag yang tepat, algoritma Instagram akan dengan mudah membaca dan menilai kontenmu. Sehingga akan semakin banyak pula akun yang akan melihat.

 Hashtag atau tagar sendiri terbagi menjadi tiga. Yakni tagar untuk umum, tagar yang sedang trend dan juga tagar untuk perusahaan. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut:

Tagar Untuk Umum

Tagar untuk umum ini biasanya digunakan oleh banyak orang. Misalnya kamu sedang memasarkan produk facial foam untuk jerawat. Nah, untuk lebih menjangkau lebih ke audience yang luas, kamu bisa menggunakan hastag #kosmetik #facialfoam. Dengan begitu produkmu akan muncul ke orang yang memiliki interest terhadap kosmetik dan skincare.

Tagar yang Sedang Trend

Tagar yang satu ini memang sangat tepat untuk membuatmu menjangkau audience yang lebih luas. Sebab tagar yang sedang trend ini akan dicari banyak orang. Sehingga potensim untuk dilihat banyak orang pun semakin besar.

Biasanya dari ketiga jenis tagar tersebut, tagar jenis inilah yang paling dicari banyak orang. Juga cepat menjangkau banyak audiene. Oleh karena itu jika kamu ingin menjangkau audience yang lebih luas, riset mengenai hashtag juga sangat penting untuk dilakukan.

Unggah Konten secara Konsisten

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengunggah konten secara konsisten. Dengan mengunggah konten secara konsisten, algoritma Instagram juga akan semakin mengenalimu. Sehingga konten-kontenmu akan berpotensi untuk dilihat lebih banyak orang lagi.

Konsistensi ini mencangkup berbagai hal. Seperti waktu untuk mengunggah konten tersebut, topic dan hastag. Semakin konsisten kamu, maka semakin tercipta pula cirri khas yang akan tumbuh. Sehingga audience akan lebih bisa mengenalimu.

Kombinasikan Berbagai Jenis Konten

Selain konsisten, kamu juga bisa mengkombinasikan berbagai jenis konten supaya tidak monoton. Misalnya kamu bisa mengkombinasikan konten foto dan video secara bersamaan. Buatlah sekreatif mungkin agar membuat audience tidak bosan.

Perlu diketahui bahwa di Instagram sendiri terdapat beragam jenis konten. Seperti meme, carousel, video, gambar atau foto. Semua jenis konten tersebut bisa kamu padu-padankan dengan yang lainnya. Atau bisa juga salah beberapa kurun waktu tertentu kamu memposting jenis konten yang berbeda.

Misalnya hari ini kamu memposting konten jenis video. Kemudian keesokan harinya adalah gambar. Semakin bervariasi konten yang kamu buat, akan semakin beragam pula audience yang kamu dapatkan. So, jangan monoton ya.

Bangun Kepercayaan dan Pengikut dengan UGC

Membangun kepercayaan dengan audience juga sangat penting hukumnya. Untuk membangun kepercayaan tersebut kamu juga perlu melibatkan mereka ke dalam konten. Yakni dengan User Generated Content atau UGC.

UGC sendiri adalah pembuatan konten berbasis video atau foto yang dilakukan oleh audience. jadi kamu bisa meminta mereka untuk membuat konten lagu dan melakukan tag pada akun bisnismu. Biasanya hal ini dilakukan dalam rangka lomba atau giveaway.

Dengan cara ini kamu juga bisa mengetahui seberapa besar minat mereka terhadap akun bisnismu. Tak hanya itu, interaksi ini juga akan membangun bounding dan kepercayaan audience terhadap produk yang kamu promosikan.

Baca Juga: Pengertian User Generated Content (UGC) dan Keuntungannya untuk Bisnis

Gunakan Instagram Story

Tak hanya berfokus pada tampilan feed. Kamu juga harus menggnakan Instagram Story untuk menjangkau lebih banyak audience. Dengan menggunakan story, kamu bisa menjangkau audience dengan cara menambahkan link ataupun lagu yang sedang trend.

Bahkan kamu juga bisa menggunakan hastag seperti yang ada pada feed. Instagram Story juga bisa membuatmu mendapatkan insight yang berbeda dari feed. Yakni message. Melalui message ini audience bisa langsung mengirim pesan kepadamu secara privat. Sehingga komunikasi antara kamu dan audience pun akan semakin terbaca.

Balas Interaksi Audience dengan Cepat

Agar terlihat seperti akun yang aktif dan interaktif, kamu juga bisa membalas reaksi audience dengan cepat. Sebab respon cepat tersebut juga akan sangat berpengaruh terhadap algoritma Instagram. Selain itu audience juga akan sangat merasa dihargai. Karena dengan respon tersebut, keluhan ataupun petanyaan mereka akan dengan mudah dijawab.

Berikan Feedback pada Akun Populer

Pansos atau panjat sosial rupanya juga tak kalah penting di Instagram. Namun dengan cara yang positif ya. Misalnya dengan memberikan feedback pada akun-akun popular. Seperti komen ataupun like di postingan mereka.

Dengan berkomentar tersebut, pasti banyak juga dari follower mereka yang juga akan melakukan hal yang sama. Nah, di situlah mereka akan menemukan akunmu. Sehingga dengan memberikan feedback tersebut kamu juga bisa melakukan branding dengan bisnis yang kamu jalankan. Namun perlu diingat ya, tetap berkomentar dengan positif.

Analisis dan Pelajari Konten Terbaikmu

Mengecek insight setiap waktu sangatlah penting. Sebab itu dapat membantumu menemukan strategi untuk ke depannya. Dengan mempelajari insight tersebut kamu akan mengetahui konten mana yang mendapat respon terbaik dan mana yang buruk.

Dari konten terbaik terebut kamu bisa memberikan ukuran sekaligus mempelajarinya untuk membuat konten yang hampir sama. Sehingga bisa membuat kontenmu akan mendapat respon yang positif pula.

Lakukan Live secara Teratur

Tidak hanya rajin mengunggah konten, hal yang harus kamu lakukan untuk menambah jangkauan adalah melakukan live. Apalagi jika kamu melakukan kolaborasi dengan public figure atau akun popular. Dengan begitu secara otomatis, follower mereka juga akan melihat akunmu.

Nah, itulah beragam cara untuk meningkatkan jangkauan organic di Instagram. Kamu bisa menerapkan tips di atas untuk membuat brand awareness bisnis kosmetikmu di Instagram kian sukses.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment