Yuk Simak Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari untuk Kecantikan Kulit!

Siapa sih yang tidak mengenal biji bunga matahari? Biji dari tanaman dengan nama latin Helianthus Annuus ini sudah banyak tumbuh dan dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia, loh!

Hal ini karena biji bunga matahari dipercaya memiliki beragam manfaat, terutama dalam bidang kesehatan dan kecantikan kulit.

Biji bunga matahari umumnya dijadikan minyak terlebih dahulu sebelum dicampurkan dalam produk-produk kecantikan kulit, sehingga mempermudah pegolahan dan pemakaian dari bahan tersebut.

Kandungan protein, karbohidrat, serat, asam lemak, vitamin, dan mineralnya akan membantu menutrisi kulit serta dapat memelihara kesehatan kulitmu.

Yuk simak manfaat minyak biji bunga matahari untuk kecantikan kulit! apa saja?

Melembapkan Kulit

Young woman dropping oil with pipette on face for fresh perfect skin.

Salah satu keinginan setiap orang adalah memiliki kulit yang lembab, lembut, dan tidak mudah kering bukan? Kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut dari minyak biji bunga matahari ini, loh!

Minyak biji bunga matahari dikenal mampu melembabkan kulit karena mengandung asam linoleat, yaitu senyawa asam lemak tak jenuh yang dapat mempertahankan air pada epidermis kulit.

Kandungan tersebut sangat mudah meresap pada kulit, sehingga kulit akan terasa selalu lembab dan tidak mudah kering.

Selain itu minyak biji bunga matahari memiliki sifat emolien yang sangat baik, dimana sifat emolien tersebut akan memberikan efek menenangkan sehingga dapat digunakan oleh kulit sensitif sekalipun.

Mengurangi Tanda-tanda Penuaan Kulit

Tidak hanya berguna untuk melembabkan, nyatanya minyak biji bunga matahari juga bermanfaat untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulitmu.

Hal ini karena kandungan Vitamin E yang juga berperan sebagai antioksidan dalam biji bunga matahari mampu menjaga kolagen dan elastisitas kulit. Sehingga mencegah munculnya kerutan dan garis-garis halus pada kulit wajah.

Terlebih, antioksidan memang dikenal efektif dalam menangkal radikal bebas, sehingga kulit dapat terlindungi dan terbebas dari tanda-tanda penuaan dini.

Jadi, menggunakan produk skincare yang mengandung minyak biji bunga matahari akan membantu menjaga kulit selalu tampil sehat dan awet muda.

Menyehatkan Kulit

Tentu saja salah satu manfaat utama dari minyak biji bunga matahari adalah untuk memelihara kesehatan kulit kamu!

Minyak biji bunga matahari diperkaya dengan kandungan baik seperti vitamin A, C, D dan E yang sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kulit.

Kemudian kandungan mineralnya seperti tembaga, zinc, dan zat besi sangat berguna untuk membantu dalam meningkatkan elastisitas kulit, serta memberi perlindungan pada kulit dari sinar matahari.

Asam lemak seperti asam linoleat dan asam oleat yang terdapat dalam minyak biji bunga matahari juga dapat menjadi pelembab yang sangat baik untuk kulit kamu.

Penggunaan minyak biji bunga matahari yang sesuai takaran dan kebutuhan kulit, akan membantu kulit menjadi lebih halus dan lembut, serta terjaga kesehatannya.

Mengatasi Jerawat

Tidak banyak diketahui jika minyak biji bunga matahari memiliki manfaat untuk meredakan jerawat dan mencegahnya muncul kembali pada kulit.

Hal ini karena kandungan asam lemak, vitamin A, C, D, dan E-nya bekerja secara efektif memberi lapisan pelindung pada kulit dan bekerja sebagai obat yang sangat baik dalam meredakan jerawat.

Antioksidan dalam minyak biji bunga matahari juga berguna untuk meregenerasi sel-sel kulit, sehingga dapat membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat.

Jadi, jika kamu sedang mengalami kulit berjerawat, minyak biji bunga matahari bisa menjadi alternatif untuk dapat membersihkan dan mengobati jerawat membandel pada kulit.

Baca Juga : 6 Jenis Vitamin yang Bisa Merawat Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajahmu, Cari Tahu Yuk!

Mengurangi Peradangan pada Kulit

Jika kulit kamu sedang berada dalam kondisi kulit berjerawat, kamu bisa memakai minyak biji bunga matahari sebagai salah satu produk perawatan kulit.

Selain bisa mengobati jerawat membandel, minyak biji bunga matahari juga dapat meredakan kemerahan dan peradangan pada kulit yang sedang bermasalah.

Hal ini karena sifatnya sebagai anti-inflamasi yang mampu memberi efek menenangkan pada kulit, sehingga sangat baik dalam meredakan iritasi, kemerahan, dan rasa sakit saat kamu berjerawat atau tengah terluka.

Kandungan omega-6 (asam linoleat) dan Vitamin E akan mengurangi peradangan dan meningkatkan pembentukan sel-sel kulit baru. Sehingga minyak ini juga akan membantu menghilangkan bekas kehitaman pada kulit yang diakibatkan oleh jerawat.

Cara Penggunaan Biji Bunga Matahari

Sebagai salah satu bahan terbaik dalam perawatan kulit, minyak biji bunga matahari sudah banyak diproduksi pada produk-produk skincare dan sangat mudah ditemukan di pasaran.

Beberapa produk perawatan kulit yang mengandung minyak biji bunga matahari antara lain: whitening cream, toner, face mist, face serum, sunscreen, body lotion, dan produk lainnya yang sering kamu pakai sehari-hari.

Namun kamu juga bisa menggunakan minyak biji bunga matahari dengan cara yang berbeda dan bisa dilakukan di rumah! Bagaimana caranya?

Jadikan Masker Wajah

Sebelum diproses untuk dijadikan minyak, biji bunga matahari bisa dibuat sebagai masker wajah, loh!

Bahan-bahannya pun sederhana, kamu cukup menyiapkan ¼ cangkir biji bunga matahari, 1/3 gelas air mawar, dan 1 sdm madu.

Kemudian cara membuatnya juga mudah, kamu bisa merendam terlebih dahulu biji bunga matahari dengan air mawar semalaman di dalam kulkas.

Setelah direndam, campurkan biji bunga matahari dan air mawar tersebut dengan madu, kemudian blender sampai halus. Saat dirasa cukup halus, letakkan maskern pada wadah yang sudah disiapkan dan pastikan tidak ada gumpalan pada masker.

Jika kamu ingin menggunakan masker, tinggal oleskan saja pada wajah dan tunggu sekitar 20-30 menit sampai masker mengering. Kemudian kamu bisa membilasnya dengan air hangat, dan keringkan dengan handuk dengan lembut.

Masker ini akan membantu membersihkan pori-pori dan komedo pada kulit, sekaligus memberikan kelembapan yang sempurna untuk kulit kamu.

Mencampurnya dengan Minyak Esensial

Penggunaan minyak biji bunga matahari bisa langsung digunakan pada kulit. Namun kebanyakan minyak ini juga dicampurkan dengan minyak esensial agar mendapatkan manfaat lebih untuk kesehatan kulit.

Seperti mencampurkan minyak biji bunga matahari dengan minyak esensial lavender, yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan iritasi yang berlebih.

Kemudian mencampurkan minyak biji bunga matahari dengan minyak esensial tea tree yang sangat efektif meredakan dan mengobati jerawat.

Kamu hanya cukup mencampurkan kedua minyak tersebut dan meneteskannya pada kulit. Usahakan minyak berada dalam kondisi yang hangat agar mudah meresap pada kulit.

Setelah itu kamu bisa tinggal tidur atau melakukan aktivitas lain, dan saat sudah kering kamu bisa membilasnya dengan air mengalir.

Perlu diingat bahwa pemakaian yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi, sehingga kamu bisa memakai metode ini 2-3 kali dalam seminggu.

Nah, inilah beberapa informasi mengenai manfaat minyak biji bunga matahari untuk kecantikan kulit!

Jika ada informasi tambahan, kamu bisa tulis di kolom komentar ya! Dan jangan lupa untuk share artikel ini pada teman-teman dan kerabat!

Semoga informasi di atas berguna untuk kamu, jadi kamu bisa lebih giat dalam merawat kesehatan kulit. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

About Author

Retno Ayu Wulandari

Seorang yang suka tidur, makan, dan menulis.

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment