Tak Hanya Bikin Rileks, Ini Dia Manfaat Bath Oil untuk Kecantikan Kulit Tubuhmu!

manfaat bath oil untuk kecantikan

Setelah beraktivitas seharian, relaksasi sambil merawat tubuh jadi salah satu hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan.

Kegiatan ini enggak hanya bisa kamu dapatkan di salon-salon kecantikan, melainkan bisa dilakukan sendiri di rumah. Misalnya dengan menggunakan sheet mask, hingga berendam dalam bathub yang nyaman dan harum.

Berendam mungkin umum diketahui sangat berguna untuk menenangkan otot dan pikiran. Namun, lebih dari itu, berendam dengan air hangat juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit tubuh kamu.

Bahkan kini banyak orang menambahkan produk bertekstur minyak saat berendam, yang lebih dikenal dengan bath oil. Kegiatan ini rupanya sangat direkomendasikan untuk kamu yang punya kulit kering, lho!

Kok bisa? Cek ulasan lengkap mengenai pengertian dan manfaat bath oil untuk kecantikan serta kesehatan kulit di bawah ini, ya!

Apa itu Bath Oil?

carrier oil

Bath oil merupakan minyak yang digunakan saat mandi spa, khususnya untuk menangani kulit tubuh yang kering. Minyak ini diambil dari ekstrak bunga atau tumbuh-tumbuhan, yang juga dikenal dengan minyak esensial.

Sebenarnya, bath oil telah lama digunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Namun, karena manfaatnya yang sangat beragam ini, menjadikannya populer hingga kini.

Terlebih ketika minyak sudah bercampur dengan air, itu akan membuat minyak lebih meresap ke dalam kulit, sehingga akan membuatnya kian sehat pula.

Selain itu, minyak essensial biasanya bakal memberikan efek yang hangat ditubuh. Ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan sensasi menenangkan pada tubuh kita.

Manfaat Bath Oil untuk Kecantikan Kulit

manfaat bath oil

Berendam telah lama digunakan sebagai media healing dan terapi kesehatan tradisional untuk menyembuhkan sakit tertentu.

Ini dikarenakan sifat menenangkan dari air hangat yang bisa membantu merelaksasi otot-otot tubuh yang tegah karena kelelehan, memperlancar peredaran darah, hingga membantu memberikan rasa nyaman pada syaraf kita.

Nah, selain manfaatnya untuk kesehatan tubuh, rupanya air hangat juga bisa membantu menyehatkan kulit kita. Penggunaan produk bath oil sebagai tambahan ketika berendam bisa membuat manfaat yang akan kamu dapatkan pun kian beragam, khususnya untuk kecantikan kulit.

Penasaran? Langsung cek manfaat bath oil untuk kecantikan kulit berikut ini!

Membuka Pori-pori Kulit

membantu memelihara kesehatan tubuh

Setelah seharian terpapar debu dan polusi, kulit tubuh jadi mudah kotor dan pori-pori pun bisa tersumbat. Hal ini bisa membuat kulitmu tampak kusam, kering, bahkan terlihat bersisik.

Dengan berendam menggunakan bath oil, kamu bisa membuat kotoran dan minyak yang tersumbat dalam pori-pori terangkat sempurna. Sebab, suhu hangat dan membuat kulit pori-pori terbuka sehingga proses pengangkatan kotoran bisa lebih mudah.

Tak hanya itu, hal ini juga akan memberi banyak keuntungan bagi kamu yang rajin pakai produk-produk body care. Karena pori-pori yang terbuka, kandungan dari produk-produk yang kamu gunakan akan terserap lebih optimal.

Hasilnya manfaat dari produk body care yang digunakan akan jauh lebih maksimal, deh!

Melembapkan Kulit

kulit sehat

Telah disinggung sebelumnya, kalau bath oil bisa mengatasi kulit kering. Ini karena minyak alami yang dilarutkan dalam air hangat dapat membantu mengembalikan kelembapan alami pada kulit, juga memeliharanya agar tidak mudah menghilang.

Mencerahkan Kulit

mencerahkan kulit

Tahukah kamu, kalau berendam dengan bath oil bisa membuat kulit kita jadi tampak lebih cerah dan bersih? Yap, ini dikarenakan kegiatan berendam sendiri sudah dapat membantu melancarkan peredaran darah, termasuk yang ada di bawah lapisan kulit kita.

Selain itu, air hangat juga bisa membuat sel kulit mati mudah terangkat. Akhirnya, tampilan kulit yang kusam dan tampak gelap pun dapat diatasi.

Ditambah dengan adanya minyak esensial yang kita pakai, maka kandungan-kandungan yang ada dalam bath oil pun akan terserap ke dalam kulit dan menutrisinya dengan maksimal.

Menghilangkan Minyak Kulit yang Berlebihan

krim pemutih wajah

Enggak cuma mengatasi kulit yang kering, berendam air hangat juga bisa membantu menghilangkan minyak berlebihan.

Sehingga tidak hanya menyegarkan, kulitmu juga akan jadi lebih bersih dan tidak mudah berminyak setelahnya.

Menyingkirkan Kulit Pecah-pecah

kulit kering dan dehidrasi

Kondisi kulit yang terlalu kering dapat mengakibatkan tekstur kulit jadi kasar dan tampak pecah-pecah. Ini tentunya memberikan rasa nyaman dan tidak menyenangkan.

Namun, kamu enggak perlu khawatir . Karena berendam air panas bisa membantu mengatasi kulit yang pecah-pecah dengan menjaga kelembapan alami kulit, sekaligus melunakkan sel kulit mati yang kering dan kasar tersebut.

Cara Berendam yang Benar dengan Menggunakan Bath Oil

berendam dengan bath oil

Tak perlu ke salon untuk merasakan sensasi fasilitas spa, kamu bisa menggunakan bath oil sendiri di rumah. Apalagi kalau penggunaan dan pemakaiannya pun terbilang sangat sederhana.

Aroma minyak alami yang harum dan segar enggak hanya akan membantu merelaksasi pikiranmu, melainkan juga merawat kecantikan kulit tubuh serta melancarkan peredaran darah kita.

Nah, biar enggak kelamaan simak cara penggunaan bath oil yang benar saat berendam di bawah ini, ya!

Perhatikan Suhu Air dan Durasi Berendam

berendam dengan bath oil

Mandi atau berendam dengan air hangat apalagi memadukannya bersama bath oil, pasti membuat kita terlena dan keasyikan.

Namun, yang perlu kamu ketahui adalah sangat penting untuk memperhatikan seberapa suhu air dan lamanya waktu berendam.

Beberapa ahli menyebutkan bahwa suhu air yang ideal untuk berendam adalah sekitar 37-38 derajat celcius. Kalau lebih dari itu, kamu bisa mengakhiri sesi berendam dengan menggunakan air dalam suhu yang direkomendasikan.

Hal ini untuk memaksimalkan fungsi berendam dengan air hangat, khususnya yang berkaitan dengan kesehatan tubuh.

Selain itu, durasi yang terlalu lama juga tidak baik, lho. Lakukan berendam dengan bath oil selama maksimal 10 menit saja, atau setara dengan 2 putaran lagu kesukaanmu.

Dengan begitu, kulitmu enggak akan terlalu kering setelah berendam. Melainkan terhidrasi dengan baik dan lebih bersih dari sebelumnya.

Kandungan dalam Bath Oil yang Perlu Dihindari

jenis carrier oil

Untuk memilih bath oil yang baik, tentu kamu harus menghindari kandunan pewangi serta pewarna buatan. Sebagai gantinya pilih pewarna dan pewangi alami yang jauh lebih efektif dan ramah untuk kulit tubuhmu dibanding produk sintesis.

Hindari pula produk bath oil yang mengandung SLS ataupun SLES karena bisa saja membuat masalah pada kulit sensitif.

Terakhir pastikan produk tersebut minim kandungan air, produk bath oil ini memiliki 100% bahan esensial oil aktif, atau pilihan lain setikdanya kamu memilih produk dan kandungan air tidak lebih dari 30%.

Aroma seperti cedar wood dan vetire ampuh ini untuk mengurangi rasa lelah berlebih. Sementara bath oil yang mengandung lemon sangat baik untuk merangsang regenerasi kulit dan pembentukan kolagen.

Sedangkan bath oil rosemary cocok banget untuk kamu yang punya masalah sama kulit kering, plus bikin aroma tubuhmu jadi wangi dan segar.

Pilih Jenis Bath Oil yang Cocok dengan Kulit Tubuhmu

melembutkan kulit

Mandi adalah salah satu rutinitas perawatan tubuh yang selalu dilakukan selama dua kali dalam sehari.

Rutinitas ini dapat membersihkan kulit, menangkal infeksi dan membaut kulit terasa segar dan halus.

Biasanya untuk membersihkan tubuh saat mandi, kita membeli sabun yang ada di pasaran yang diformulasikan untuk membersihkan secara bersih.

Bath oil memiliki banyak jenis dan semuanya itu mempunyai manfaat serta aroma yang berbeda-beda. Sebagai gambaran berikut jenis bath oil yang bisa kamu tambahkan dalam rutinitas berendammu.

Lavender Oil

Essential oil lavender memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, harum dari lavender ini ia menambah kesegaran tubuh.

Selain itu, lavender oil pun dapat membantu menenangkan kulit yang meradang dan meringankan gejala kulit yang terlalu kering. Bahkan minyak alami satu ini bisa membasmi bakteri penyebab infeksi atau masalah lain pada kulit tutbuh kamu.

Chamomile Essential Oil

Essential oil chamomile banyak digunakan sebagai aroma terapi yang dapat membantu merileksasikan tubuh.

Menambahkannya dalam bak mandi, kamu bisa mengatasi berbagai masalah kulit.

Seperti membersihkan kulit denan baik dan juga menghilangkan bau tidak sedap.

Frankincense Essential Oil

Esensial satu ini memiliki sifat antibakterial yang dapat memantumu menyingkirkan bakteri penyebab infeksi kulit. Aroma menyenangkan dari minyak alami ini akan membuatmu semakin segar dan meningkatkan kepercayaan dirimu.

Geranium Essential Oil

Enggak kalah bermanfaatnya dari minyak alami sebelumnya, geranium essential oil bisa membantu mendorong sirkulasi darah di kulit, sehingga dapat meningkatkan serta menjaga elastisitas kulit.

Bahkan, berendam dengan menggunakan minyak alami ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati dari epidermis kulit. Sementara itu, aroma ungu dari essensial oil ini dapat membuat kulit menjadi harum dan terasa segar.

Rose Oil

Minyak mawar telah lama digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Minyak yang memiliki harum menenangkan nan elegan ini juga bisa membantu menutrisi kulit tubuh kamu dan mencegahnya jadi kering.

Merelaksasi tubuh merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk kamu lakukan. Anggap saja sebagai bentuk reward karena telah bekerja keras seharian.

Berendam dengan menggunakan bath oil ini bisa kamu gunakan sebagai alternatif relaksasi tubuh dan merawat kecantikan kulit sekaligus.

Kemudahan dan harganya yang terjangkau adalah nilai plus tersendiri. Selain mendapatkan sensasi nyaman dan menyegarkan setelah berendam dengan minyak wangi satu ini.

Gimana menurutmu? Mau coba? Tuliskan pengalamanmu setelah berendam dengan bath oil di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment