Intip Manfaat Bunga Chamomile untuk Kecantikan – Bikin Penampilanmu Kian Maksimal!

manfaat bunga chamomile untuk kecantikan (3)

Seiring dengan banyaknya inovasi pada produk-produk kosmetik, bahan-bahan yang digunakan dalam formulanya pun kian beragam dan bervariasi dari waktu ke waktu.

Salah satu bahan yang kini cukup popular digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan adalah ekstrak bunga-bungaan, misalnya ekstrak bunga chamomile.

Bunga chamomile adalah tanaman yang pada dasarnya telah banyak digunakan sebagai obat herbal untuk penyakit ringan. Seperti mengobati sakit perut, penenang ringan, hingga mengatasi masalah kulit.

Dalam chamomile terdapat berbagai senyawa yang mampu bekerja sebagai anti mikroba (anti bakteri), anti alergi, anti radang, anti oksidan, dan analgesic untuk radang pada kulit, mengobati luka karena iritasi maupun yang disebabkan oleh luka bakar.

Nah, selain manfaat-manfaat medis yang telah disinggung di atas, ada banyak manfaat bunga chamomile untuk kecantikan.

Mau tahu apa saja? Langsung cek ulasan berikut ini sampai habis, ya, Guys!

Menghilangkan Lingkaran Hitam Mata

penyebab mata panda

Manfaat bunga chamomile untuk kecantikan yang pertama adalah mampu menyamarkan lingkaran hitam pada area mata, atau yang sering disebut sebagai mata panda.

Mata panda sangat umum dialami oleh semua orang, enggak cuma perempuan dan orang dewasa, melainkan laki-laki dan anak-anak juga bisa mengalami hal serupa.

Lingkaran hitam di area mata ini bisa muncul karena kebiasaan yang buruk, seperti kurangnya durasi tidur, suka merokok dan minum-minuman beralkohol, atau kurangnya asupan nutrisi.

Nah, kalau kamu punya masalah dengan mata panda, bunga chamomile bisa jadi alternatife mudah dan aman untukmu mengatasinya. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini, ya!

Cara menghilangkan mata panda dengan chamomile

  • Siapkan kantung teh chamomile dan seduh dengan air secukupnya.
  • Setelah dingin, tempelkan kantung teh tersebut ke area mata.
  • Tunggu selama beberapa saat, hingga kandungan dalam teh chamomile bisa terserap dalam kulit. Kira-kira selama 15 menit saja sudah cukup, deh.
  • Kalau sudah selesai, kamu bisa membilas area tersebut hingga bersih.

Merawat Kesehatan Kulit

manfaat bunga chamomile untuk kecantikan

Selain dikarenakan faktor alami atau dalam diri kita sendiri, kesehatan kulit juga dipengaruhi oleh kondisi lingkungan kita.

Pada lingkungan yang polusinya sangat tinggi, maka akan semakin besar juga kemungkinan kesehatan kulit terganggu karena stress oksidatif.

Untuk menjaga kondisi kulit agar selalu prima dan sehat kamu bisa memanfaatkan bunga chamomile untuk perawatan kecantikan alami.

Sebab sifat anti inflamasi, anti bakteri, dan anti oksidan dalam bunga chamomile dapat membuang racun-racun dalam tubuh. Anti oksidan yang ada pun dapat bekerja meminimalisir efek negatif yang dipicu oleh paparan radikal bebas.

Cara mendapatkan manfaat bunga chamomile untuk kecantikan satu ini sangat mudah. Kamu bisa menggunakannya sebagai perawatan topical, atau mengonsumsinya dalam bentuk teh.

Meringankan Peradangan pada Kulit

skincare untuk rosacea

Telah banyak disinggung sebelumnya bahwa dalam bunga chamomile terdapat senyawa anti inflamasi, yang bisa meredakan gejala peradangan pada kulit.

Ini disebabkan tanaman ini dapat melawan bakteri penyebab infeksi dan mempercepat proses penyembuhan pada kulit yang terluka.

Bahkan, terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa penggunaan chamomile secara topikal dapat membantu mengobati eksim dan inflamasi ringan.

Meremajakan Kulit Wajah

mencerahkan kulit wajah

Tahukah kamu, kalau tanda penuaan pada kulit bisa datang sebelum waktunya alias secara premature? Yap, kondisi ini sering kali disebut dengan penuaan dini.

Penuaan dini ini bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, pengaruh buruk radikal bebas, hingga karena pola kebiasaan kita yang buruk.

Namun, kamu enggak perlu resah. Sebab dalam chamomile terdapat berbagai kandungan yang mampu bekerja melawan radikal bebas, misalnya flavonoid dan polyphenols.

Kedua kandungan ini mampu menjaga kesehatan kulit serta merangsang produksi kolagen dalam jaringan kulit. Yang akhirnya akan membuat regenerasi kulit baru jadi lebih optimal dan keremajaan kulitmu pun bakal lebih terjaga.

Mengatasi Sunburn

paparan sinar matahari berlebihan (2)

Terik sinar matahari memang bisa merangsang produksi vitamin D pada tubuh, namun jika berlebihan dan telah melewati jam-jam tertentu justru bisa menimbulkan masalah pada kulit kita.

Yap, salah satu masalah yang paling sering muncul karena paparan sinar matahari adalah sunburn. Atau kondisi di mana kulit kita iritasi, terluka, bahkan terbakar karena panas matahari.

Kandungan anti inflamasi dalam bunga chamomile mampu memberikan sensasi menenangkan pada area yang terbakar atau teriritasi. Sementara kandungan anti oksidannya dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan memperbaiki kondisi kulit yang terbakar.

Nah, untuk merawat kulit yang terkena sunburn dengan bunga chamomile kamu bisa memadukannya dengan minyak zaitun.

Sebab, bahan alami ini bisa memberikan sensasi menenangkan dan mendukung kerja chamomile dalam memulihkan kondisi kulitmu.

Cara merawat kulit yang terkena sunburn dengan bunga chamomile

  • Siapkan satu kantung teh chamomile dan satu sendok teh minyak zaitun.
  • Campurkan kedua bahan alami tersebut hingga merata.
  • Apliksikan pada kulit yang terkena sunburn.
  • Diamkan beberapa saat, kemudian bilas pakai air dingin dan lakukan dengan lembut.

Mencerahkan Kulit Wajah

mencerahkan wajah

Salah satu tanda penuaan dini yang paling sering terjadi adalah perubahan warna kulit jadi kian kusam. Yang biasanya juga disertai kulit yang kering, mudah keriput, dan terdapat garis-garis halus pada spot-pot tertentu.

Kamu bisa menggunakan bunga chamomile untuk mengatasi masalah kulit kusam ini. Enggak Cuma mencerahkan wajah, bunga ini pun bisa membantu memudarkan tampilan bintik hitam dan bekas jerawat di wajah.

Cara mencerahkan wajah dengan bunga chamomile

  • Siapkan tiga sendok makan bunga chamomile kering, kemudian rebus dalam secangkir air selama 10 menit saja.
  • Campurkan dengan satu sendok makan madu manuka dan air mawar secukupnya. Kedua bahan ini bisa memperkaya manfaat dari masker alami ini.
  • Tunggu hingga dingin, lalu aplikasikan secara merata pada wajah dan leher kamu.
  • Biarkan selama 20 menit, dan bilas dengan lembut memakai air dingin.

Melembapkan Kulit

mengembalikan kelembapan kulit

Kata siapa, kalau kulit kering bebas kilap itu menandakan kulit wajah kita sehat? Pendapat itu salah besar, ya, Guys!

Sebab, kulit yang kering juga bisa memicu masalah yang lain. Seperti adanya iritasi, warna kulit yang jadi kusam, hingga garis halus dan keriput kian tampak.

Itu dikarenakan, skin barrier kamu juga akan tak sekuat saat kelembapan alami pada kulit terjaga dengan baik. Tak hanya itu, kulit yang kering juga akan lebih susah menyerap kandungan dari produk skincare apapun.

Agar kelembapan alami pada jaringan kulit terjaga, kamu bisa memanfaatkan bunga chamomile sebagai perawatan kecantikan rutinmu.

Antioksidan dalam bunga chamomile mampu merangsang produksi collagen dalam kulit, yang bisa menjaga kandungan air dalam jaringan kulit. Hasilnya, kulitmu enggak akan mudah kering dan tetap lembap seharian.

Untuk mendapatkan manfaat bunga chamomile satu ini kamu bisa memadukannya dengan minyak almond, madu, dan oatmeal. Semua bahan ini mampu menutrisi dan menjaga kelembapan alami kulit, yang akhirnya juga akan membuat wajahmu jadi cerah alami.

Cara menjaga kelembapan kulit dengan masker chamomile

  • Siapkan satu kantung teh chamomile, satu sendok makan oatmeal, dua sendok makan madu, dan tiga tetes minyak almon.
  • Keluarkan daun chamomile dan campurkan dengan bahan tambahan lainnya.
  • Setelah diaduk hingga merata, aplikasikan masker ini pada wajah.
  • Biarkan masker selama 15-20 menit sampai kandungan di dalamnya terserap.
  • Ketika selesai, kamu bisa membersihkan wajah dengan air dingin.

Setelah mengetahui berbagai manfaat bunga chamomile untuk kecantikan di atas, pasti kamu paham mengapa tanaman satu ini sangat sering digunakan dalam formulasi kosmetik.

Apakah kamu tertarik untuk merawat wajahmu dengan bunga chamomile? Atau malah kamu sudah dan sedang melakukannya sekarang?

Nah, daripada terus-terusan jadi konsumen kamu bisa juga memproduksi skincare dengan brand kosmetikmu sendiri. Selain bunga chamomile, kamu dapat menggunakan ekstrak bunga lain yang kamu inginkan.

Ketahui mengenai cara pembuatan skincare sendiri di sini.

PT. Mash Moshem Indonesia bakalan membantumu menciptakan brand kosmetik impianmu. Mulai dari skincare, body care, parfum, dan banyak lainnya.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment