Bantu Atasi Masalah Kecantikan, Ini Manfaat Kopi untuk Kulit dan Cara Menggunakannya!

manfaat kopi untuk kulit wajah

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang cukup banyak digemari dan dikonsumsi oleh masyarakat. Baik laki-laki, perempuan, remaja, hingga orang tua, meski dalam dosis dan selera yang berbeda.

Konsumsi kopi pun disinyalir dapat mendatangkan banyak manfaat untuk jantung jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan.

Namun, kamu juga pasti tahu, kalau kopi sering juga dikaitkan dengan manfaatnya untuk kesehatan kulit wajah. Apalagi banyak juga produk skincare atau perawatan kulit yang menggunakan ekstrak kopi sebagai bahan dasar formulanya.

Nah, kira-kira apa saja manfaat kopi untuk merawat kesehatan kulit? Biar enggak makin penasaran, simak ulasannya di bawah ini!

Berbagai Kandungan dalam Kopi yang Baik untuk Kulit

manfaat kopi untuk kecantikan kulit dan rambut (2)

Sebelum mengetahui berbagai manfaat kopi untuk kulit, hal yang perlu kamu ketahui adalah kandungan-kandungan di dalam bahan alami satu ini.

Sebab kandungan-kandungan inilah yang nantinya akan bekerja untuk membantu mengatasi berbagai masalah kulit, membuatnya jadi lebih lembut dan terawat.

Langsung saja, ya, berikut ini beberapa kandungan dalam kopi yang dinilai baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulitmu.

Kafein

Kafein jika diminum atau dikonsumsi secara berlebihan memang akan membuat tubuh lebih mudah dehidrasi, akhirnya kulit jadi tampak lebih kusam dan kering.

Namun, jika menggunakannya sebagai secara topikal bisa membantu merawat kesehatan kulit. Baik untuk membuat wajah semakin sehat, menangkal berbagai dampak buruk dan efek negatif dari stessor lingkungan, dan masih banyak lainnya.

Antioksidan

Radikal bebas adalah salah satu penyebab munculnya berbagai masalah pada kulit wajah. Nah, kamu enggak perlu khawatir, sebab dalam kopi terdapat senyawa antioksidan yang efektif menangkal dampak buruk radikal bebas.

Selain itu, antioksidan juga dapat bekerja memperbaiki kondisi kulit yang bermasalah dan membuatnya kembali sehat.

Vitamin B3 (Niacinamide)

Kamu pasti sudah tidak asing dengan kandungan satu ini, vitamin B3 atau yang lebih dikenal sebagai niacinamide terbilang sangat populer digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan.

Niacinamide mampu menutrisi kulit, membuatnya tampak lebih cerah, kencang dan lembut. Kamu bisa menemukan kandungan ini dengan mudah di skincare untuk merawat kulit kusam.

Tak hanya itu, niacinamide juga bisa menghidrasi kulit dan membuat kelembapan alami bertahan lebih lama. Inilah yang kemudian membuat kondisi kulit lebih sehat dan tampak segar seharian.

Antiinflamator

Dalam kopi terkandung banyak senyawa yang bekerja untuk melawan inflamasi. Dengan begitu, kopi cocok digunakan untuk merawat kulit yang meradang dan mengalami iritasi.

Manfaat Kopi untuk Kulit Wajah dan Cara Penggunaannya

manfaat kopi untuk kulit wajah

Kamu telah mengetahui beberapa kandungan yang baik untuk kulit dalam kopi. Nah, kandungan-kandungan tersebutlah yang berperan penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit kamu.

Biar makin jelas, simak ulasan tentang manfaat kopi untuk kesehatan kulit dan cara pengguaannya berikut ini.

Membantu Mengurangi Selulit

skincare untuk hilangkan selulit (1)

Bagi beberapa orang selulit dinilai cukup mengganggu penampilan mereka, oleh karena itu banyak yang ingin mengatasi dan menyamarkan selulit yang mereka miliki.

Kopi dapat menjadi salah satu alternatif mudah untuk membantu mengurangi selulit pada kulit kamu. Ini dikarenakan kandungan kafein yang mampu membantu melebarkan pembuluh darah di jaringan bawah kulit, sehingga membuat aliran darah mengalami peningkatan secara keseluruhan.

Hal itu lambat laun bisa menyamarkan tampilan selulit dan membuat permukaan kulitmu jadi kembali lembut. Untuk mendapatkan manfaat ini kamu bisa menggunakan kopi sebagai scrub alami.

Scrub kopi dapat bertindak sebagai eksfoliator alami dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati, yang bisa menghaluskan dan menyamarkan tampilan selulit.

Cara Mengatasi Selulit dengan Scrub dari Kopi

– Siapkan mangkok berisi air panas dan juga bubuk kopi tradisional (yang tidak beli instan).

– Campurkan air panas dan kopi hingga jadi pasta masker.

– Kamu bisa mengombinasikan pastas scrub kopi ini dengan minyak zaitun atau gula, yang bisa membantu memberikan kelembapan pada kulitmu.

– Oleskan scrub kopi yang sudah kamu ramu ke bagian kulit yang ada selulit.

– Aplikasikan sembari memijat selama beberapa menit.

– Kamu juga bisa menggunakan bath gloves atau handuk kecil bila ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal.

– Gunakan secara rutin, setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

Menunda Munculnya Tanda-tanda Penuaan pada Kulit

mencegah munculnya tanda-tanda penuaan

Munculnya bintik-bintik hitam di wajah, kulit yang kusam, dan garis-garis halus merupakan beberapa tanda penuaan dini pada kulit.

Kemunculan tanda-tanda penuaan ini enggak cuma dipicu oleh usia kita, melainkan juga berbagai faktor eksternal lainnya. Misalnya paparan sinar UV, radikal bebas, dan kurangnya nutrisi pada tubuh kita.

Untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan yang prematur ini, kamu bisa menggunakan kopi sebagai alternatif yang mudah dan aman. Yakni menggunakannya untuk merawat wajah di rumah sebagai masker organik.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kopi juga dapat bekerja sebagai anti aging, dan mengurangi kemunculan tanda-tanda penuaan yang telah disebutkan di atas.

Salah satu kandungan antioksidan dalam kopi adalah polifenol, yang mampu memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar UV dan radikal bebas.

Penggunaan masker kopi ini juga dapat mengurangi kemunculan tanda penuaan dini lainnya, seperti flek hitam dan kerutan. jadi, gunakan masker kopi secara rutin utnuk mendapatkan kulit wajah yang awet muda.

Cara Membuat Masker Wajah dari Kopi

Untuk mendapatkan efek mengencangkan pada kulit, kamu bisa mengombinasikan kopi degan telur sebagai masker.

– Siapkan satu butir putih telur dan dua sendok makan bubuk kopi asli.

– Campurkan kedua bahan di atas hingga menyatu dengan sempurna, dan menjadi pasta masker.

– Aplikasikan ke kulit secara merata, kemudian tunggu selama 25-30 menit.

– Setelah itu bilas hingga bersih.

– Kalau mau mendapatkan hasilnya optimal, kamu bisa menggunakan resep masker ini secara rutin, ya. Yakni maksimal selama seminggu sekali.

Merawat Kulit Berjerawat

skincare untuk kulit berjerawat

Kopi memiliki kandungan yang dapat bekerja sebagai antiinflamasi dan antibakteri, yakni asam klorogenat. Yang sangat bagus digunakan untuk merawat wajah yang berjerawat.

Senyawa antiinflamasi dalam kopi mampu membantu menenangkan kulit yang meradang, termasuk yang disebabkan oleh jerawat. Sementara antibakteri yang ada dapat melawan bakteri penyebab berbagai masalah pada kulit.

Kamu bisa mendapatkan manfaat kopi untuk kulit ini dengan menggunakannya sebagai masker alami.

Cara Membuat Masker Kopi untuk Merawat Kulit Berjerawat

– Siapkan dua sendok makan bubuk kopi alami, tiga sendok makan yogurt atau susu murni, dan satu sendok makan madu.

– Campourkan ketiga bahan di atas hingga menyatu dan menjadi pasta masker.

– Aplikasikan di wajah secara merata dan diamkan selama 10-15 menit.

– Setelah selesai, bilaslah wajahmu dengan bersih dan lembut.

Pemakaian masker dari kopi untuk merawat wajah berjerawat ini membantu memberikan efek menenangkan di kulit. Juga membantu mengatasi bakteri penyebab jerawat muncul.

Untuk hasil yang lebih optimal, kamu bisa menggunakan masker ini selama 1-2 minggu sekali saja.

Menghilangkan Lingkaran Hitam di Mata

penyebab mata panda

Kamu memiliki lingkaran hitam di bawah mata dan tidak pede karenanya? Well, jangan khawatir sebab kopi dapat mengatasi masalah satu ini untukmu.

Kandungan kafein dalam kopi dapat melebarkan pembuluh darah yang ada di bawah mata, sehingga membuat tampilan mata panda bisa lebih baik.

Kamu bisa menjadikan kopi sebagai under eye mask alami, penasaran bagaimana caranya?

Cara Mengatasi Mata Panda dengan Masker Kopi

  • Siapkan satu sendok makan bubuk kopi alami dan minyak zaitun.
  • Campurkan kedua bahan tersebut dengan merata, dan mencapai konsistensi yang kamu inginkan.
  • Aplikasikan pada area bawah mata yang menghitam.
  • Biarkan masker selama 10-15 menit atau sampai kandungan meresap dengan baik, baru kemudian bilas hingga bersih.

Kamu bisa menggunakan resep masker kopi ini secara rutin untuk mengatasi mata panda. Sebab kedua bahan ini sangat aman digunakan dan minim resiko untuk menimbulkan iritasi pada kulit.

Merawat Kulit yang Terkena Sunburning

paparan sinar matahari

Terlalu sering beraktivitas di luar rungan tentunya bikin kamu tidak bisa terus-terusan menghindari sinar matahari. Padahal terlalu lama terpapar sinar matahari bisa membuat kulit terbakar atau iritasi.

Kondisi yang juga dikenal dengan sunburning ini sebenarnya sangat umum terjadi, apalagi pada pemilik kulit yang cenderung kering dan sensitif. Sebab keduanya memiliki skin barrier yang tidak begitu kuat.

Namun, kopi bisa digunakan untuk merawat kulit yang terkena sunburning, lho. Ini dikarenakan kandungan antiinflamasi dan antioksidan di dalamnya yang mampu memberikan sensasi menenangkan dan memulihkan pada kulit.

Cara Merawat Kulit yang Terkena Sunburning dengan Kopi

  • Siapkan sebaskom kecil air dingin atau yang telah dicampur dengan es batu.
  • Tambah kopi di dalamnya.
  • Gunakan handuk sebagai aplikator dan tempelkan pada wajah atau bagian kulit lain yang terkena sunburning.

Penggunaan resep ini bisa memberikan efek shoting dan calming pada kulit yang terbakar sinar matahari atau yang mengalami iritasi dan peradangan.

Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

scrub alami dari kopi

Sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk pada kulit bisa membuat wajahmu tampak kusam. Oleh sebab itu, sangat penting untukmu membersihkan sel kulit mati yang ada agar tidak menupuk.

Tak hanya itu, sel kulit mati juga bisa menyumbat pori-pori wajah dan memicu berbagai masalah lain, misalnya jerawat dan komedo.

Kamu bisa menggunakan kopi sebagai scrub wajah alami, sebab kandungan asam dalam bahan alami ini mampu melancarkan aliran darah dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara Membuat Scrub Wajah dari Kopi

  • Kombinasikan dua sendok makan kopi dengan minyak zaitun dan gula.
  • Campur dan aduk hingga terbentuk pasta masker yang mengental.
  • Oleskan pada wajah secara merata, pijat dengan lembut untuk membantu memaksimalkan proses eksfoliasi.
  • Tunggu selama 10-15 menit, kemudian pijat wajah dengan lembut dan bilas dengan air bersih.

Mengurangi Peradangan

iritasi kulit

Peradangan pada kulit sering menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan menyakitkan. Peradangan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, baik karena jerawat, reaksi alergi, dan lain-lain.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menggunakan masker kopi, sebab kandungan polifenol dan asam hidroksi yang ada dalam kopi dapat mengurangi gejala peradangan pada kulit tersebut.

Selain itu, kandungan kafein pada kopi pun diketahui dapat mengatasi pembengkakan akibat peradangan.

Cara Mengatasi Peradangan dengan Masker Kopi

  • Campurkan satu sendok makan dan satu sendok gel lidah buaya, hingga tercampur sempurna.
  • Oleskan merata pada wajah kamu, dan diamkan pada 10 menit.
  • Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lembut, ya.

Penggunaan masker alami ini akan memberikan efek yang menangkan pada kulit. Lidah buaya yang kaya akan mineral dan vitamin akan memaksimalkan kerja senyawa antiinflamasi yang ada pada kopi.

Melembutkan Kulit

melembutkan kulit

Kulit yang terasa kering dan kasar tentunya memberikan rasa tidak nyaman. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk karena radikal bebas, dehidrasi, dan masih banyak lainnya.

Namun, kamu enggak perlu khawatir, kopi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu mengembalikan kelembutan kulit wajahmu.

Kandungan Niacinamide (vitamin B3) dalam kopi bisa membantu membuat kelembapan alami pada kulit bertahan lebih lama, dan membuat wajah jadi terasa lebih halus.

Untuk mendapatkan manfaat kopi untuk kulit ini kamu bisa menggunakannya sebagai masker alami.

Resep Masker Kopi untuk Melembutkan Kulit

– Campurkan satu sendok makan kopu dan tiga makan sendok madu, hingga merata dan memiliki tekstur yang tepat.

– Aplikasikan di kulit wajah, dan biarkan paling tidak selama 15-20 menit.

– Bilas dan keringkan dengan wajah dengan lembut.

Campuran susu pada resep ini dapat membantu mengoptimalkan kerja vitamin B3 yang ada dalam kopi untuk melembapkan kulit wajahmu. Dengan begitu, kulit akan terhidrasi dengan baik dan jadi lebih lembut.

Mencerahkan Kulit Secara Alami

manfaat charcoal mask

Salah satu manfaat kopi untuk kulit lainnya adalah bisa membantu mencerahkan secara alami. Kamu bisa menggunakan kopi sebagai masker wajah alami.

Cara Mencerahkan Wajah dengan Masker Kopi

  • Kombinasikan dua sendok makan kopi bubuk alami dengan satu sendok makan susu cair.
  • Aduk hingga merata.
  • Aplikasikan ke kulit wajahmu dan biarkan sejenak selama 15 menit atau tunggu sampai masker tersebut mengering.
  • Bilas hingga bersih, ya!

Itu adalah beberapa manfaat kopi untuk kulit yang mungkin saja belum kamu ketahui. Kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas dengan mengapliksikan resap yang ada.

Namun, kamu bisa juga mengganti bahan atau kombinasi lainnya sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit wajahmu.

Selain menjadikannya masker dan scrub alami, kamu bisa menggunakan produk perawatan wajah (skincare) berbahan dasar kopi untuk mendapatkan manfaat yang sama.

Well, sampai sini dulu, ya! Jangan lupa bagikan pengalamanmu saat menggunakan masker atau scrub alami dari kopi di kolom komentar.

About Author

Related posts

Leave a Comment