Wajah Mulus dan Sehat, Ini Cara Memilih Skincare Untuk Kulit Berjerawat yang Tepat

iritasi kulit

Siapa sih yang pingin punya kulit wajah berjerawat? Apalagi kalau jerawatnya meradang dan susah dihilangkan? Pasti bikin sebel dan akhirnya riweuh nyari produk-produk skincare untuk kulit berjerawat.

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit wajah yang cukup mengganggu. Enggak hanya mengganggu penampilan, jerawat yang meradang juga akan terasa sakit dan bisa saja malah berubah infeksi.

Agar jerawat cepat sembuh dan hilang, kita harus rajin merawat kulit wajah kita dengan benar. Dengan demikian minyak berlebihan, kotoran dan sebum yang menumpuk akan berkurang. Sehingga kebersihan pori-pori wajah tetap terjaga.

Untuk itu, perawatan wajah berjerawat tidaklah boleh dilakukan dengan sembarangan. Selain membuat jerawat kian membandel, dengan perawatan yang kurang tepat, bisa-bisa jerawat yang ada malah semakin parah dan infeksi.

Nah, biar enggak salah pilih produk skincare yang cocok untuk kulit berjerawat. Yuk sama-sama simak ulasan di bawah ini sampai habis, ya!

Tips Memilih Produk Skincare untulk Jerawat yang Tepat Untukmu

skincare untuk kulit kering

Telah dijelaskan bahwa ketika memiliki kulit berjerawat, kita enggak boleh sembarangan memilih skincare atau produk perawatan wajah lainnya. Takutnya, jerawat makin membandel dan malah berubah infeksi.

Berikut ini beberapa tips dan hal yang harus kamu perhatikan ketika memilih jenis produk skincare untuk kulit berjerawat.

Perhatikan Tipe Jerawat yang Dimiliki

Hal yang paling utama adalah mengenali jenis jerawat yang kamu alami. Sehingga kamu bisa menyesuaikan produk skincare untuk kulit berjerawat sesuai dengan kebutuhanmu.

Dengan demikian proses penyembuhan jerawat juga akan lebih efektif. Nah, secara umum jenis jerawat di bagi jadi dua, yakni non peradangan dan peradangan.

Non peradangan

Jerawat non peradangan adalah jenis jerawat yang ringan dan tidak mengalami peradangan. Penyebab kemunculannya biasanya dikarenakan pori-pori kulit mengalami sumbatan. Yang kemudian memicu kemunculan komedo, baik yang kepalanya hitam maupun putih.

Peradangan

Jerawat tipe ini cenderung berwarna kemerahan, bila disentuh sakit dan lebih susah hilang. Dari ukurannya, jelas lebih besar dan lebih mengganggu dibanding dengan jerawat non peradangan.

Bentuk jerawat peradangan, cenderung menonjol dan keras. Semakin lama, benjolan merah dan keras tersebut berkembang menjadi bernanah. Nah, hal inilah yang menyebabkan jerawat peradangan akan sakit bila disentuh.

Karena mengalami peradangan, maka penanganan jerawat tipe ini juga agak lebih merepotkan. Karena kalau salah, jerawat bisa jadi infeksi dan lebih susah dihilangkan. Enggak hanya itu, ketika telah sembuh pun, bekasnya juga akan sulit dihilangkan.

Perhatikan Jenis Kulit Wajahmu

Selain tipe jerawat, dalam memilih skincare untuk kulit berjerawat kamu juga harus memperhatikan jenis kulit wajahmu. Apakah kamu memiliki kulit berminyak, kering, ataupun kombinasi keduanya.

Hal ini penting karena dengan menyesuaikan jenis kulit wajahmu, maka perawatan jerawat makin tepat dan efektif. Karena kulit juga harus dijadikan patokan saat akan membeli skincare.

Misalnya, jenis kulit yang umumnya berjerawat adalah yang memiliki minyak berlebih. Namun, kulit kering pun bukan mustahil terkena jerawat. Karena kulit kering juga rawan mengalami peradangan yang akhirnya membuat mikroba mudah mengontaminasi kulit wajah.

Bahan Aktif yang Harus Ada dalam Skincare untuk Kulit Berjerawat

Selain mengetahui jenis jerawat dan tipe kulit wajahmu, kamu juga harus memperhatikan bahan aktif yang terkandung dalam skincare yang hendak dibeli. Umumnya bahan-bahan aktif ini disesuaikan dengan jenis jerawat.

Nah, berikut ini ada beberapa bahan aktif yang biasanya ada dalam skincare untuk kulit berjerawat. Simak sama-sama, yuk!

Asam salisilat

Bahan satu ini sangat umum digunakan dalam formula skincare untuk kulit berjerawat. Asam salisilat berguna untuk membuka pori-pori wajah dan mengurangi peradangan pada kulit.

Produk skincare dengan kandungan ini sangat ideal untuk mengatasi komedo dan jerawat tipe ringan. Tak hanya itu, bahan ini juga cocok untuk mengatasi jerawat bernanah agar cepat sembuh, dan lebih mudah hilang.

Glyolic acid

Glyolic acid adalah bahan aktif lain yang sering ditemukan dalam skincare untuk kulit berjerawat. Bahan aktif yang satu ini bisa kamu temukan dalam serum dan toner.

Asam glikolat sangat berguna untuk membantu pengelupasan kulit secara kimia. Dengan demikian proses pergantian sel kulit wajah jadi lebih cepat.

Benzoil peroksida

Jika produk skincare mengandung bahan ini, artinya produk tersebut memang dikhususkan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Itulah kenapa produk ini direkomendasikan untuk mengatasi jerawat.

Retinoid

Enggak jauh beda sama asam glikolat, retinoid ini juga bisa membantu mengelupas permukaan kulit wajah. Dengan demikian, sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dapat tersapu dan dibersihkan dari wajah.

Selain itu, retinoid ini juga sangat berguna untuk menghentikan peradangan dan meredakan perkembangan semua jenis jerawat. Baik yang peradangan maupun non peradangan.

Asam alfa hidroksi

Kandungan bahan aktif lain yang perlu ada dalam skincare untuk kulit berjerawat adalah asam alfa hidroksi (AAH). AAH sangat membantu dalam meredakan jerawat dengan membuang sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menutupi pori-pori.

Selain itu, kandungan ini juga akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan mengecilkan pori-pori. Dengan demikian, kulit wajahmu akan terbebas dari minyak berlebih dan mengecilkan resiko terkena jerawat lain.

Perhatikan Kandungan Bahan Alami dalam Skincare untuk Kulit Berjerawat

maklon kosmetik herbal

Selain bahan aktif dalam skincare untuk kulit berjerawat, bahan-bahan alami yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit juga enggak sedikit yang sangat berguna untuk mengatasi jerawat membandel.

Nah berikut ini beberapa bahan alami yang berguna untuk menyembuhkan jerawat membandel. Baca sampai habis, ya!

Minyak tea tree

Salah satu bahan alami yang bisa menghilangkan jerawat membandel adalah tea tree oil. Pasalnya, kandungan yang satu ini dapat menjadi obat jerawat alami yang berfungsi sebagai antibakteri dan antimikroba.

Enggak hanya itu minyak tea tree juga dapat membantu membersihkan kotoran penyumbat pori-pori pada kulit wajah kamu.

Namun, saat menggunakan skincare berbahan tea tree kamu harus selalu menggunakan tabir surya. Karena tea tree dapat membuat kulit rentan terhadap paparan sinar ultra violet.

Witch hazel

Bahan alami lainnya yang berguna untuk mengatasi jerawat adalah witch hazel. Bunga yang cantik ini, sangat berguna sebagai astringen dan disinfektan untuk membantu membersihkan kulit wajah secara mendalam. Bahkan juga bisa menenangkan peradangan dan iritasi akibat jerawat, lho.

Enggak hanya itu, witch hazel juga dapat berfungsi membersihkan noda bekas jerawat, juga untuk menghaluskan pori-pori wajah. Dengan demikian, potensi terinfeksi bakteri penyebab jerawat lebih kecil.

Karena formulanya yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit, baik yang normal maupun sensitif. With hazel sering digunakan dan diformulasikan kedalam produk-produk perawatan wajah, misalnya berupa toner atau penyegar kulit wajah.

Aloe Vera (Lidah Buaya)

Bahan yang satu ini emang efektif banget ya, untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Mineral dan vitamin yang terdapat dalam aloe vera dapat membantu untuk meringankan dan mengatasi jerawat membandel.

Berbagai kandungan yang ada dalam aloe vera atau lidah buaya, bisa deh kamu baca di sini.

Enggak hanya itu, menggunakan skincare atau produk perawatan kulit lainnya dengan ekstrak aloe vera juga dapat memberikan sensasi menenangkan dikulit. Karena gel aloe vera bisa mengatasi dan meredakan peradangan akibat jerawat.

Daun Sirih

sirih merah

Enggak hanya baik untuk kesehatan tubuh kita, daun sirih ini juga sangat berguna untuk merawat kecantikan kulit wajah. Berbagai kandungan yang terdapat dalam daun sirih juga bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah akibat jerawat membandel.

Misalnya kandungan minyak atsiri yang ada dalam daun sirih, mengandung berbagai senyawa yang dapat berguna sebagai antibakteri, antiseptik dan astringen. Yang mampu membunuh dan mencegah infeksi akibat bakteri penyebab jerawat.

Berbagai manfaat daun sirih lainnya, bisa kamu lihat di sini.

Biar Jerawat Nggak Tambah Parah, Hindari Hal-hal Berikut

kulit berjerawat

Selain berusaha untuk menghilangkan jerawat yang dialami, kamu juga harus menjaga agar jerawat yang ada enggak semakin parah. Caranya kamu harus menghindari hal-hal di bawah ini.

Mencoba banyak produk

Menghilangkan jerawat membandel emang enggak mudah, malah kadang bisa memakan waktu yang cukup lama. Untuk itu, kamu harus lebih sabar dan telaten dalam menggunakan sebuah produk skincare untuk kulit berjerawat.

Karena ketika kamu tidak sabaran dan akhirnya gonta-ganti banyak produk, hasilnya juga tidak akan lebih baik. Malah akan memperburuk keadaan dan memperparah jerawat yang kamu alami.

Paling tidak, kamu bisa menunggu hasil dari produk kosmetik yang kamu gunakan selama 6 – 8 minggu. Bila tidak ada perubahan, kamu bisa pelan-pelan berpindah pada produk yang lain.

Memakai Skincare dengan bahan yang keras

Sekali lagi, kamu harus mengingat-ingat kalau memilih produk perawatan wajah harus disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulitmu. Karena nih, ada beberapa skincare yang kadang tidak sesuai dengan kondisi kulit kamu. Akhirnya malah bikin jerawat muncul.

Sering memakai alat-alat kosmetik orang lain

make up brush

Kadang kita kurang aware nih sama yang satu ini. Padahal menjaga kebersihan alat-alat kosmetik juga perlu diperhatikan.

Misalnya dengan berbagi alat make up dengan teman atau saudara bisa mengundang kehadiran bakteri, lho. Dan akhirnya bakteri tersebut bisa saja mengiritasi kulit wajah dan akhirnya menyebabkan jerawat muncul di wajah kita.

Bersihkan wajah ketika hendak tidur

cuci muka

Ladies, jangan lupa bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum tidur. Hal ini wajib banget kalian lakukan ya!

Karena setelah seharian beraktivitas di luar, menggunakan berbagai make up di wajah. Maka bisa dibayangkan gimana banyaknya kotoran yang nempel di muka kita. Nah kotoran ini akhirnya menumpuk dan menyumbat pori-pori.

Enggak hanya itu, bahkan bakteri dan kuman juga pasti suka nempel di wajah kita. Bukan hanya jerawat, masalah kulit lain juga bakalan numpuk kalau kamu lupa mencuci wajah sebelum tidur.

Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berjerawat

skincare untuk kulit berjerawat

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi skincare untuk kulit berjerawat yang bisa kamu coba. Jangan lupa juga terapkan tips-tips memilih produk untuk mengatasi jerawat yang sebelumnya telah dijelaskan, ya!

Water dan Milk Cleanser

Pembersih wajah adalah hal yang sangat wajib kamu miliki, baik berjenis water maupun milk cleanser. Karena skincare satu ini sangat berguna untuk menjaga kebersihan kulit wajahmu.

Sebaiknya sebelum tidur dan memakai urutan skincare lainnya, gunakan cleanser terlebih dulu. Agar kuman dan bakteri yang tak sengaja menempel di kulit wajahmu hilang.

Facial Wash / Facial Foam

Biar makin bersih, kamu juga harus cuci muka, ya! Sesuaikan jenis sabun cuci muka dengan tipe kulit wajahmu. Misalnya nih, kulit wajahmu kering, pakai facial foam yang tidak membuat kulit semakin kering.

Dengan memilih produk atau jenis sabun wajah yang tepat, akan mengurangi kemungkinan jerawat jadi semakin parah. Dan perawatan kulit berjerawatmu juga akan lebih maksimal dan efektif.

Toner

toner

Skincare yang satu ini wajib banget untuk mengatasi jerawat, lho. Karena toner bisa membantu menenangkan dan meredakan peradangan yang terjadi akibat peradangan.

Pilihlah toner sesuai dengan kebutuhan kulit berjerawat yang kamu alami. Pertimbangkan juga berbagai kandungan alami yang ada dalam toner, misalnya seperti kandungan-kandungan yang telah disebutkan sebelumnya.

Sunblock

Sunblock atau sunscreen adalah salah satu produk skincare yang wajib kamu miliki. Dengan kulit yang berjerawat, maka kulit wajahmu jadi tambah sensitif dengan paparan sinar ultraviolet.

Untuk itu, produk ini sangat perlu untuk kamu miliki dan aplikasikan. Dengan demikian, jerawat yang  kamu alami tidak makin parah dan malah infeksi.

Scrub

scrub

Melakukan eksfoliasi berkala juga bisa mencegah timbulnya jerawat. Dengan demikian, sel-sel kulit mati dan kotoran yang terlanjur menumpuk bisa dihilangkan dari wajah kita.

Oleh karena itu, pori-pori jadi tidak tersumbat dan munculnya jerawat bisa dihindari.

Krim Khusus Jerawat

moisturizer

Selain produk-produk skincare untuk kulit berjerawat yang telah disebutkan sebelumnya, ada banyak juga obat atau salep yang dibuat untuk menyembuhkan jerawat. Nah krim-krim khusus jerawat ini biasanya dengan mudah dapat kamu temukan di apotik.

Namun, sebelum membeli kamu harus memperhatikan berbagai kandungan yang ada dalam krim jerawat itu. Pastikan formulanya aman digunakan dan tidak malah membuat jerawat kian infeksi.

Masker Wajah

Meskipun tidak tiap hari digunakan, masker wajah juga sangat berguna untuk mengatasi jerawat. Karena masker cenderung bersifat menangkan dan memberikan banyak nutrisi untuk kulit wajah kita.

Kamu bisa menggunakan masker-masker organik yang memiliki resiko lebih rendah daripada makser dengan bahan aktif.

Berbagai jenis masker organik dengan kandungan alami, bisa kamu ketahui di sini.

Nah itu adalah berbagai hal tentang kulit berjerawat yang mungkin saja belum kamu ketahui. Yakni mulai dari penyebab munculnya jerawat, tips memilih skincare untuk kulit berjerawat, dan hal-hal lain yang enggak boleh kamu lakukan agar jerawat tidak semakin parah.

Kalau kamu punya tips atau rekomendasi produk skincare untuk kulit jerawat lain, bisa nih kamu kasih tahu kami lewat kolom komentar.

Well, semoga artikel kali ini bermanfaat buatmu. Jangan lupa like, share and comment, ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment