Gak Banyak yang Tahu, Ini 5 Jenis Pewangi Badan Menurut Kadar Minyak Esensial dan Daya Tahannya

jenis pewangi badan

Produk pewangi badan merupakan salah satu jenis kosmetik yang paling penting. Bukan hanya untuk kaum perempuan, tapi semua orang secara umum juga membutuhkan produk kosmetik yang satu ini.

Tak hanya memberikan harum wangi di tubuh kita, pewangi badan juga dapat memberikan suntikan kepercayaan diri saat dipakai. Sehingga, kini produk pewangi sudah seperti kebutuhan yang harus dipenuhi.

Namun tahukah kamu, kalau ternyata produk pewangi badan ini memiliki ragam dan jenis yang berbeda. Ragam ini digolongkan dari kandungan minyak esensial serta kadar perfume oil dalam wewangian itu. Yang akan sangat memengaruhi aroma dan daya tahan keharuman dari wewangian itu ketika dipakai.

Semakin banyak kadar minyak esensial yang digunakan dalam sebuah parfum, maka daya tahannya pun akan lebih lama.

Sebenarnya ragam wewangian ini bisa kamu temukan di setiap kemasan parfum. Jika diperhatikan lebih baik, dalam kemasan tidak hanya tertera kandungan atau ekstrak apa yang digunakan sebagai aroma wewangian tersebut. Melainkan nama-nama jenis wewangian tersebut.

Jenis Pewangi Badan Berdasarkan Kadar Minyak Esensial dan Daya Tahannya

jenis pewangi badan

Telah dijelaskan sebelumnya jika pewangi badan memiliki ragam tersendiri, yang dipengaruhi oleh banyaknya kadar minyak esensial yang digunakan. Biar enggak salah sebut lagi, ini nih lima jenis pewangi badan yang harus kamu tahu.

Parfum

parfum

Jenis pewangi badan yang pertama adalah parfum. Jenis ini memiliki aroma yang cukup kuat dan daya tahan yang tinggi. Sehingga parfum sangat cocok digunakan untuk kamu yang ingin tetap wangi meskipun beraktivitas seharian.

Kadar minyak esensial yang digunakan dalam parfum yakni sekitar 15 hingga 30 persen. Jumlah kadar ini membuat aroma kian kuat dan dapat bertahan sepanjang hari. Parfum memiliki tekstur yang berminya, sehingga aromanya dapat menyebar dengan luas ke udara di sekitar.

Parfum murni juga memiliki sifat serupa lipstick, yakni dapat ditransfer kepada orang lain. Karena sifatnya yang tahan lama, parfum juga berharga sangat mahal.

Eau de Parfum (EDP)

parfum edf

Jenis pewangi badan yang kedua adalah eau de parfum atau EDP. Meski tak sekuat parfum, jenis ini bisa bertahan di kulit sepanjang hari.

Kadar minyak esensial yang digunakan dalam EDP yakni sebanyak 15 hingga 20 persen. Sehingga Eau de Perfume dapat bertahan selama 6 hingga 8 jam di tubuh kita.

Eau de Parfume termasuk jenis pewangi badan yang paling umum dan banyak dijual di pusat perbelanjaan.

Eau de Toilette (EDT)

parfum edt

Jenis pewangi badan yang ketiga adalah Eau de Toilette (EDT). Jenis ini memiliki konsentrasi minyak pafum paling rendah, yakni umumnya hanya lima hingga 15 persen kandungan minyak esensial.

Karena kadarnya yang rendah, ketahanan Eau de Toilette juga tidak begitu lama. Yakni bisa saja bertahan hingga tiga jam saja.

Oleh sebab itu, parfum ini cocok digunakan untuk kamu yang suka dengan harum yang tidak terlalu kuat dan tidak beraktivitas dalam ruangan ber-AC.

Eau de Cologne (EDC)

parfum edc

Jenis pewangi badan yang keempat adalah Eau de cologne. Parfum jenis ini biasanya diidentikkan dengan aroma maskulin, padahal Eau de Cologne menggambarkan istilah konsentrasi pewangi badan yang didominasi oleh air dan alkohol.

Parfum jenis ini tidak bertahan lebih lama dari Eau de Toilette, melainkan hanya sekitar 2 jam dan tidak dapat dipakai sepanjang hari. Kalau kamu menggunakan pewangi badan jenis ini, maka kamu harus sering-sering menyemprotkannya.

Eau Fraiche

Nah yang terakhir ada Eau Fraiche, yang merupakan jenis parfum paling ringan di antara semua kategori yang sebelumnya telah disebutkan. Pewangi badan ini memiliki konsentrasi alkohol yang sangat rendah dan pada umumnya hanya mengandung 1-3 persen minyak esensial.

Karena kadarnya yang rendah, maka eau fraiche hanya bertahan kurang dari satu jam saja. Maka kamu harus sering mengaplikasikan parfum ini agar tetap wangi seharian.

Berbagai Manfaat Memakai Produk Pewangi Badan

manfaat memakai pewangi badan

Umumnya orang hanya mengira bahwa produk pewangi badan hanya dapat membuat tubuh jadi wangi. Padahal nih, ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan ketika memakai produk pewangi tubuh.

Untuk lebih jelasnya, yuk baca artikel ini lebih lanjut.

Sebagai Aromaterapi

aromaterapi

Rupanya salah satu manfaat pewangi badan yakni bisa membantumu memperbaiki suasana hati, lho. Jadi ketika kamu telah menjalani hari yang berat, kamu bisa menemukan kembali semangat dan ketenangan setelah menghirup aroma parfum kesukaanmu.

Dengan demikian, kamu mengunakan pewangi badan yang dapat menenangkan pikiran dan tubuh kamu yang telah lelah seusai menjalani hari yang berat. Untuk manfaat yang maksimal, kamu bisa menyesuaikan produk pewangi badan yang ingin kamu sukai.

Memperkuat Kepribadian dan Karakter

memperkuat karater

Kamu pasti paham, tanpa disadari pun ketika memilih parfum pasti kamu menyesuaikan dengan diri dan gayamu. Nah dapat dibilang, pewangi badan seolah menjadi salah satu cara untukmu mengekspresikan kepribadianmu.

Namun ada pula yang menggunakan parfum dengan aroma berbeda sesuai dengan suasana hati setiap hari. Apapun merknya, kamu pasti lebih memperdulikan bagaimana harum pewangi badan itu dengan kepribadianmu.

Diri Menjadi Lebih Menarik

Tahu enggak sih, dengan memakai pewangi badan kamu juga bisa membuat dirimu jedi lebih menarik? Hal ini karena produk pewangi badan kaya akan feromon yang dapat digunakan untuk menarik lawan jenis. Atau dengan kata lain membuat kita jadi menarik bagi orang lain.

Menangani Insomnia

Nah manfaat yang satu ini enggak banyak orang yang tahu. Selain berguna sebagai aromaterapi,  pewangi badan juga bisa membantumu untuk menangani insomnia.

Hal ini dikarenakan pewangi badan juga dapat membantu kamu untuk tidur lebih nyanyak di malam hari. Kandungan minyak esensial dapat membuat tubuhmu rileks dan menikmati tidur nyenyak di malam hari.

Meningkatkan Rasa Percaya diri

percaya diri

Satu lagi nih manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika memakai pewangi badan, yakni dapat meningkatkan rasa percaya diri. Ini terjadi karena kamu mengetahui dan merasa memancarakan aroma yang menyenangkan, yang kemudian akan menyuntikkan rasa percaya diri yang lebih besar lagi ke dalam dirimu.

Dengan demikian kamu jadi lebih percaya diri dan siap menghadapi tantangan yang akan datang.

Tips Memilih Wewangian yang Cocok dengan Dirimu

kepercayaan pelanggan

Kamu telah mengetahui beberapa hal mengenai produk pewangi badan, mulai dari jenis hingga berbagai manfaat ketika memakainya.

Kamu juga memahami bahwa pewangi badan bisa menjadi salah satu cara untuk mengekspresikan dan memperkuat karakter diri. Maka kamu enggak bisa asal-asalan aja nih dalam memilih produk pewangi badan.

Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan ketika memilih produk pewangi badan yang cocok dengan dirimu. Simak sama-sama yuk, Guys!

Sesuaikan dengan Karakter dan Kepribadianmu

Ini penting banget sih, karena terkadang orang juga suka menilai dari bau badan kita. Bayangkan ketika kita salah memakai pewangi badan, misal yang terlalu memabukkan atau menyengat yang sebenarnya bukan kita sama sekali. Hasilnya orang bisa salah mengartikan bagaimana kepribadian kita.

Dengan memakai jenis pewangi badan yang tepat, kita dapat memperkuat karakter pribadi kita. Misalnya nih, kamu adalah seorang yang ceria dan aktif. Kamu dapat memperkuat imej itu dengan menggunakan jenis pewangi badan yang memiliki keharuman serupa.

Bisa dengan menggunakan cologne yang memiliki aroma buah, bunga-bunga yang menyegarkan dan juga tidak terlalu kuat, tapi tetap bisa membuat siapapun nyaman.

Atau kalau kamu dengan karakter tegas, berani dan anggun, bisa nih kamu menggunakan jenis pewangi badan beraoma oriental. Yakni dengan harum musk, sweet vanilla, spice, sumtuous flower dan oriental resins.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Kamu juga bisa memilih jenis pewangi badan dengan mempertimbangkan kebutuhanmu. Misalnya nih ketika kamu sering beraktivitas di luar ruangan dan bertemu banyak orang, kamu butuh parfum yang bisa bertahan lama.

Dengan demikian kamu bisa menggunakan jenis pewangi badan yang memiliki kadar minyak esensial tinggi. Contohnya parfum, Eau de Parfum dan Eau de Cologne yang bisa tahan sampai seharian.

Namun ketika kamu bekerja di dalam ruangan ber-AC dan tidak mengeluarkan banyak aktivitas, maka lebih baik menggunakan parfum dengan kadar minyak esensial rendah. Karena bau yang terlalu kuat justru akan mengganggu, bukan hanya dirimu tapi bisa juga untuk orang lain.

Untuk itu kamu bisa menggunakan jenis pewangi badan yang tidak terlalu kuat, seperti Eau de Toilette dan Eau Fraiche. Kalau wanginya hilang meski jam kerjamu belum selesai, kamu bisa dengan santai menyemprotkan kembali jenis pewangi badan ini.

Perhatikan Kandungan Wewangian

transparan

Ini penting banget ya! Selain karena keamanannya, kandungan yang ada dalam produk pewangi badan juga mempengaruhi keharuman yang dihasilkan, lho.

Karena minyak esensial ini bisa didapat dari berbagai jenis tumbuhan, jadi pasti aromanya juga akan berbeda-beda. Misalnya minyak esensial dari mawar dan minyak esensial dari bunga matahari pasti memiliki aroma yang berbeda.

Nah, dengan memperhatikan kandungannya kamu juga bisa menyesuaikan jenis parfum yang cocok dengan dirimu.

Itu dia berbagai jenis pewangi badan yang perlu kamu ketahui. Agar tidak salah pilih kamu juga bisa ikuti tips di atas, ya!

Atau kalau kamu punya tips lain atau bahkan tahu manfaat lain tentang jenis pewangi badan di atas, bisa deh kasih tahu kami di kolom komentar.

Meski belakangan ini cukup sulit dilalui, jangan patah semangat, Guys! Tetap jadi menawan dan penuh energi positif!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment