Penting Buat Bisnismu, Kenali Dulu Jenis Iklan Kosmetik yang Baik dan Menarik Bagi Konsumen

Iklan kosmetik

Pertumbuhan bisnis kosmetik kian pesat dari tahun ke tahun. Misalnya pada tahun 2018 industri kosmetik di Tanah Air tumbuh sebesar 7,3%, dan pada tahun 2019 mencapai 9%.

Secara fisik, perkembangan pertumbuhan bisnis kosmetik ini dapat kamu rasakan dari banyaknya merk-merk kosmetik baru dan inovasi produk kecantikan yang semakin marak bermunculan di pasaran. Baik yang lokal maupun merk-merk dari luar negeri.

Pasar persaingan pun jadi lebih ketat, dan mendorong pelaku bisnis untuk lebih kreatif dalam menarik konsumennya. Misalnya dengan menunjukkan atau meningkatkan brand awareness brand kosmetik milikmu.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya membuat usaha atau bisnis kosmetik dengan brand-mu sendiri jadi lebih mencolok. Kamu harus meningkatkan daya saing dari brand kosmetikmu juga. Salah satunya dengan menggunakan iklan kosmetik yang menarik.

Iklan dapat menjadi satu salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan brand awareness bisnis kosmetik yang kamu kelola.

Iklan kosmetik yang menarik dapat memberikan pengaruh kepada konsumen untuk memberikan respon positif. Misalnya meningkatkan brand awareness produk, menjadikan konsumen mau lebih mengenal dan tahu tentang produk dari brand kosmetikmu.

Namun jika tidak hati-hati, iklan kosmetik yang salah dan tidak tepat sasaran malah akan menimbulkan respon negatif untuk brand kosmetikmu. Jadi kamu harus lebih memperhatikan kosmetik yang akan kamu buat dan tidak asal-asalan. Salah-salah, kamu malah membuat brand-mu semakin dijauhi dan tidak diminati oleh konsumen.

Kriteria Iklan Kosmetik yang Benar Menurut Badan POM

Kamu telah tahu betapa pentingnya iklan kosmetik untuk keberlangsungan brand kosmetikmu. Maka kamu harus memperhatikan betul isi-isi dari iklan kosmetik yang akan kamu buat.

Khusus untuk iklan kosmetik, pemerintah lewat Badan POM memberikan aturan tersendiri tentang periklanan produk kecantikan. Yang diatur dalam Peraturan Kepala (Perka) BPOM No. 1 tahun 2016 tentang pedoman teknis pengawasan iklan kosmetik, yang kemudian diubah dalam Perka BPOM No. 18/2016.

Kriteria iklan kosmetik menurut Badan POM lebih lanjut bisa kamu lihat sebagai berikut.

Objektif

Artinya iklan kosmetik yang kamu buat haruslah objektif dan sesuai dengan kenyataan. Kamu tidak boleh membuat iklan yang mengada-ada, atau menyimpang dari kemanfaatan, cara penggunaan dan keamanan kosmetika yang telah ditetapkan.

Tidak Menyesatkan

Artinya informasi yang ada dalam iklan yang kamu buat haruslah akurat dan bertanggung jawab. Jangan gunakan kalimat-kalimat ambigu, dan menyinggung isu-isu dalam masyarakat terkait dengan kesehatan.

Lengkap

Dalam kriteria yang satu ini kamu harus mencantumkan informasi lengkap soal brand atau produk kosmetikmu. Juga kalau bila harus menggunakan spot iklan “Baca Cara Penggunaan dan Persyaratan”.

Tidak menggunakan kata “mengobat/mencegah penyakit” atau sejenisnya

Nah yang ini penting banget kamu perhatikan. Kamu enggak boleh menggunakan istilah mengobati atau menyembuhkan, dan sejenisnya. Karena memang fungsi kosmetika tidak untuk menyembuhkan melainkan untuk menambah atau mengubah penampilan.

Jenis-jenis Iklan Kosmetik Berdasarkan Medianya Disertai Contoh

Setelah kamu mengetahui kriteria iklan kosmetik sesuai dengan aturan Badan POM. Kini kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis iklan kosmetik berdasarkan medianya. Agar kamu dapat menentukan iklan kosmetik seperti apa yang ingin kamu buat, sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

Iklan kosmetik melalui media cetak

iklan media cetak

Yang pertama adalah iklan kosmetik melalui media cetak. Iklan kosmetik ini dibuat dan dipasang dalam media cetak, misalnya lewat majalah, buletin, koran, brosur, dan lain sebagainya.

Iklan kosmetik di media cetak haruslah ditulis lengkap, namun juga lebih ringkas. Untuk brosur dan katalog biasanya juga disertai gambar-gambar yang menarik dan mewakili konsep dari produk atau brand kosmetik milikmu.

Kelebihan

  • Memberikan jangkauan cukup luas, misalnya koran dan majalah yang didistribusikan sampai di wilayah tertentu.
  • Fleksibilitas untuk menuangkan konsep iklan kosmetik yang diinginkan.
  • Paparan iklan tidak terbatas, artinya pembaca bisa membaca berulang-ulang iklan kosmetik yang kamu muat di media cetak tersebut.

Kekurangan

  • Membuat berita sangat lambat, artinya promo atau iklan yang kamu buat di media cetak tidak dapat langsung sampai ke tangan target konsumenmu.
  • Biaya produksi yang mahal, memuat iklan di media cetak membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi penghitungan biayanya juga sangat bergantung pada besarnya space yang diberikan untuk pengiklan.
  • Dengan popularitas media sosial dan internet, kini media cetak juga mengalami penurunan. Oleh sebab itu pembaca media sosial juga terbatas pada kalangan tertentu saja.

Iklan media elektronik

iklan media elektronik

Jenis iklan kosmetik selanjutnya yang bisa kamu coba adalah iklan media elektronik. Iklan kosmetik yang satu ini dipublikasikan lewat media elektronik. Misalnya lewat iklan televisi, musik, sponsor program, dan lain sebagainya.

Kelebihan

  • Memiliki jangkauan yang luas, pengguna media elektronik sangatlah beragam. Mulai dari laki-laki, perempuan, anak-anak, hingga orang tua. Oleh sebab itu jangkauannya sangat luas.
  • Hingga kini tetap digemari oleh masyarakat
  • Kualitas, warna dan fungsi produk kosmetik yang ingin dijual disampaikan dengan lebih menarik serta atraktif.

Kekurangan

  • Memakan biaya yang cukup mahal.
  • Proses produksi yang tidak murah dan banyak.
  • Jika tidak dikemas dengan baik, malah akan menimbulkan kesan negatif terhadap brand atau produk kosmetikmu.

Iklan kosmetik media luar ruangan

Yang dimaksud media luar ruangan artinya media iklan ditempatkan di luar ruangan atau tempat terbuka. Tujuannya agar iklan dapat diakses oleh target konsumen sebanyak-banyaknya.

Secara umum, karena media ini bersifat statis maka penempatannya harus di lokasi yang strategis. Artinya dapat menarik pandangan dan perhatian konsumen dengan mudah. Misalnya di tempat-tempat yang diperkirakan banyak dilalui oleh target konsumen.

Contoh iklan kosmetik media luar ruangan adalah spanduk, papan nama, umbul-umbul, balon, neon box, billboard, baliho dan lain sebagainya.

Kelebihan

  • Jika ditata di lokasi yang tepat dan didesain dengan menarik, maka iklan lewat media ini lebih efektif untuk menarik konsumen.
  • Frekuensi iklan dilihat oleh konsumen juga cukup tinggi karena diletakkan di tempat yang strategis.
  • Pemasangan iklan kosmetik lebih fleksibel, bisa disesuaikan dengan target pasar.

Kekurangan

  • Penempatan yang kurang tepat akan menimbulkan kesan mengganggu dan menjengkelkan bagi target konsumen yang melihat.
  • Isi pesan yang disampaikan lewat media ini lebih terbatas, karena ruangnya juga terbatas.
  • Karena berada di luar ruangan, maka membutuhkan biaya perawatan media iklan kosmetiknya juga.
  • Karena hanya dilihat sepintas-pintas, iklan kosmetik lewat media ini cenderung lebih mudah terlupakan oleh masyarakat yang melihatnya.

Iklan kosmetik melalui media sosial (digital marketing)

iklan media sosial

Kini membuat iklan kosmetik untuk brand milikmu cukuplah. Enggak sedikit pula brand-brand baru yang menggunakan media ini untuk memasarkan produk kosmetik mereka, dan membangun brand awareness.

Kelebihan

  • Banyaknya jenis dan pilihan ruang iklan, misalnya lewat Instagram Ads, Facebook Ads, dan lain sebagainya.
  • Memberikan hubungan pelanggan dan menawarkan jangkauan yang luas.
  • Biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah

Kekurangan

  • Penargetan sangat rendah, karena keragaman dan luasnya pengguna media sosial.
  • Pengguna media sosial cenderung kurang tertarik dengan iklan.
  • Kepercayaan terhadap brand kosmetik yang ditawarkan juga cukup rendah, apalagi untuk brand atau merk kosmetik baru.

Jenis-jenis Iklan Kosmetik Berdasarkan Isinya Disertai Contoh

Setelah mengetahui tentang jenis iklan kosmetik berdasarkan medianya, kamu juga haru tahu nih jenis iklan kosmetik jika dilihat dari isinya.

Untuk lebih jelasnya, yuk baca artikel di bawah ini sama-sama!

Iklan penawaran (niaga)

iklan niaga

Jenis iklan ini tergolong yang paling sering kita temui. Isi dari iklan niaga adalah tentang penawaran akan produk kosmetik yang kita jual pada masyarakat secara luas.

Iklan penawaran ini bisa kamu jumpai di media elektronik, cetak hingga media sosial.

Iklan layanan masyarakat

Siapa bilang iklan kosmetik isinya cuma soal dagang melulu? Well, enggak sedikit kok iklan kosmetik yang menyangkut pelayanan masyarakat.

Misalnya nih, lewat Badan POM yang memberikan edukasi metode CEKLIK untuk kosmetik. Nah, biasanya banyak pula brand-brand kosmetik besar yang turut mengingatkan konsumennya untuk selalu waspada dalam membeli produk kosmetik, dan menerapkan metode CEKLIK BPOM tersebut.

Enggak hanya itu, langkah iklan layanan masyarakat ini bisa juga dilihat dari kampanye-kampanye yang dilakukan brand kosmetik dalam menggalakkan isu tertentu.

Misalnya Innisfree, yang sempat menggalakkan kampanye menjaga lingkungan dan alam. Yakni dengan mengeluarkan produk-produk kosmetik berkemasan ramah lingkungan dan menyisipkan imbauan untuk menjaga alam.

Iklan pengumuman dan pemberitahuan

iklan layanan masyarakat

Nah iklan selanjutnya yakni berisikan pengumuman atau pemberitahuan tertentu. Iklan kosmetik yang satu ini bertujuan untuk menarik masyarakat, namun isinya tetap memberitahukan tentang adanya event, atau promo-promo kosmetik terbaru.

Iklan Permintaan

Iklan permintaan ini berisikan ajakan dan tawaran kepada masyarakat untuk bediskusi atau bahkan bekerja sama dengan brand kosmetik kamu.

Membuat Iklan Kosmetik yang Menarik dan Mencuri Perhatian Target Konsumen

photosoot

Nah, kamu telah mengetahui bagaimana pentingnya sebuah iklan untuk meningkatkan brand awareness merk kosmetik milikmu sendiri. Dengan demikian daya saing brand kosmetikmu akan lebih tinggi dan tidak kalah dengan merk lainnya.

Iklan yang menarik sangat dibutuhkan untuk mencuri perhatian target konsumen. Untuk itu kamu harus tahu bagaimana cara membuat desain yang menarik, merangkai kata yang persuasif dan juga menentukan target pasar potensial untuk brand kosmetik kamu.

Ah terdengar rumit ya, Guys? Sebenarnya ada jalan yang lebih mudah untuk membuat iklan kosmetik yang menarik dan dapat mencuri perhatian ini. Yakni dengan menggunakan jasa-jasa ahli di bidang periklanan tersebut.

Misalnya, ketika kamu menggunakan jasa maklon kosmetik di PT. Mash Moshem Indonesia, kamu juga akan dibantu untuk memasarkan dan mendistribusikan produk-produk dari brand kosmetik milikmu.

Tim marketing di PT. Mash Moshem Indonesia terdiri dari orang yang ahli dan kompeten di bidangnya. Enggak hanya memasarkan secara langsung, tapi juga lewat media-media lainnya. Seperti media sosial, cetak (brosur dan katalog), dan lain sebagainya. Enggak perlu mengkhawatirkan soal desain dan ilustrasi produk. Karena tim kami sangat mahir di bidang tersebut, kamu hanya cukup mempercayakan ide dan mimpimu dalam membangun bisnis kosmetik dengan brand sendiri bersama kami.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

startegi penjualan saat pandemi

Omset Kian Turun, Pahami Strategi Penjualan Produk Kosmetik Saat Pandemi

Selama pandemic covid berlangsung, banyak hal yang menyebabkan kebiasaan konsumsi masyarakat berubah. Karenanya, kamu bisa menentukan strategi penjualan produk kosmetik saat pandemi. Sebab, di masa yang tidak pasti ini banyak usaha yang ditutup secara sementara maupun permanen. Karenanya dengan...

Continue Reading

Leave a Comment