Jarang yang Tahu, Ini Dia Berbagai Manfaat Bunga Kamelia untuk Kecantikan Kulit

manfaat bunga kamelia untuk kulit

Apakah kamu memperhatikan bahwa kini ekstrak bunga sangat umum digunakan sebagai bahan dasar dalam produk perawatan kecantikan?

Salah satu jenis bunga yang juga cukup populer sebagai kandungan skincare adalah bunga kamelia Jepang, atau yang juga dikenal dengan nama camellia japonica.

Bunga yang juga bernama Tsubaki ini juga banyak ditemukan di negara Asia lainnya, seperti Korea dan Cina. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat bunga kamelia untuk kulit wajah kamu sangatlah beragam.

Oleh sebab itu, penggunaannya sebagai bahan dasar kosmetik pun cukup umum. Bunga kamelia yang digunakan untuk produk kosmetik diambil saripatinya, melalui proses penyulingan hingga menjadi minyak atsiri.

Minyak hasil penyulingan inilah yang akhirnya digunakan sebagai perawatan kecantikan kulit alami perempuan Asia sejak zaman dulu.

Nah, kamu pasti penasaran mengenai manfaat bunga kamelia untuk kulit, kan? Enggak pake lama, cek ulasan berikut ini, ya!

Kandungan dalam Bunga Kamelia yang Baik untuk Kulit

manfaat bunga kamelia untuk kulit

Sebelum membahas terlalu jauh tetang manfaat bunga kamelia untuk kulit wajah, enggak ada salahnya juga buatmu untuk mengetahui berbagai kandungan baik dalam bahan alami satu ini.

Soalnya kandungan-kandungan inilah nantinya yang akan bekerja untuk merawat dan menutrisi kulit wajahmu. Langsung cek ulasan di bawah ini aja, yuk!

Vitamin

Yang menjadikan bunga kamelia ini sangat baik adalah kandungan vitaminnya yang sangat beragam dan kaya, yakni vitamin A, B, C, D, dan E.

Vitamin A atau yang juga dikenal dengan retinoid adalah senyawa yang paling sering kamu temui di berbagai komposisi produk kosmetik, khususnya yang mengklaim dapat mencerahkan kulit wajah.

Ini dikarenakan vitamin A dapat menghambat produksi melanin secara berlebihan, sehingga kulit tampak lebih cerah alami dan tidak lagi kusam.

Sementara itu, vitamin B juga enggak kalah bermanfaatnya untuk menjaga kesehatan kulit wajahmu. Sebab senyawa ini bisa membantu mempertahankan kelembapan alami kulit, menjadikannya tetap kencang, dan tidak mudah dehidrasi.

Dalam bunga kamelia terdapat juga vitamin C, yang pastinya sudah sering kamu dengar atau baca soal khasiatnya yang sangat beragam untuk kecantikan kulit.

Vitamin C dikenal sebagai salah satu senyawa antioksidan alami yang sangat efektif menangkal dampak buruk radikal bebas. Juga mampu mengurangi tampilan bintik atau flek hitam di wajah.

Inilah yang menyebabkan vitamin C sering digunakan dalam produk-produk untuk perawatan kulit kusam dan yang mampu mencerahkan kulit.

Tak ketinggalan, camellia juga mengandung vitamin D yang bisa membantu memperkuat pertahanan kulitmu. Yakni dengan bekerja melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh faktor eksternal.

Selain itu, senyawa ini juga dapat bekerja sebagai antiinflamasi, dengan menenangkan kulit yang mengalami peradangan atau iritasi.

Terakhir, ada vitamin E yang jadi pelengkap dan penyempurna kerja bunga kamelia untuk merawat kulit wajah. Vitamin E dikenal mampu menjaga kelembapan kulit, menangkal radikal bebas, dan melembutkan kulit wajah.

Asam Galat

Dalam bunga cammelia japonica terdapat kandungan asam galat, yang berfungsi sebagai agen antioksidan alami.

Radikal bebas adalah salah satu penyebab kerusakan atau masalah pada kulit yang paling sering dan umum dialami oleh banyak orang.

Mulai dari munculnya garis halus dan kerutan, kulit yang jadi lebih kusam, dan permukaan wajah yang tampak tidak halus. Dan juga merupakan tanda-tanda penuaan pada kulit.

Asam Lemak Omega 9

Kandungan dalam bunga camellia ini mampu mendukung proses penyerapan nutrisi lainnya pada kulit, seperti vitamin.

Tak hanya itu, asam lemak omega-9 juga mampu bekerja untuk mengunrangi peradangan pada tubuh.

Inilah yang menyebabkan minyak bunga camellia dapat dikategorikan sebagai tumbuhan yang menghasilkan asam lemak yang hampir mirip dengan yang ditemukan pada kulit kita.

Polifenol

Polifenol merupakan salah satu bentuk antioksidan alami yang dapat ditemukan dalam ekstrak bunga camellia.

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa polifenol mampu mencegah kerusakan pada sel kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain keempat kandungan yang telah disebutkan di atas, ada banyak senyawa positif lain dalam bunga kamelia yang bisa kamu manfaatkan. Baik untuk menjaga kesehatan tubuh, rambut, dan kulit kamu.

Berbagai Manfaat Bunga Kamelia untuk Kulit

menutrisi kulit

Bunga cantik yang berwarna putih dan merah muda ini tak hanya enak dipandang, namun juga bisa menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah kamu.

Dilansir dari Paulaschoice, bunga yang banyak ditemukan di Jepang ini memiliki kemampuan antioksidan, anti-polutan, dan anti-inflamasi yang sangat mengesankan.

Untuk itulah, penggunaan bunga kamelia dalam produk perawatan wajah topikal sangatlah baik untuk kesehatan kulit kamu.

Selain khasiat yang kita singgung sebelumnya itu, ada banyak manfaat bunga kamelia untuk kulit lainnya yang perlu kamu ketahui. Apa saja, ya? Cek di bawah sini, ya, Ladies!

Menjaga Kelembapan Alami Kulit

manfaat minyak zaitun untuk wajah

Banyak orang yang mengira, kondisi kulit yang kering dan bebas kilap adalah kondisi yang paling ideal. Padahal, kulit yang terlalu kering bisa menimbulkan masalah lain, seperti membuatnya tampak kusam, kasar, dan mudah keriput.

Selain itu, kulit yang kering juga membuat proses penyerapan kandungan dalam skincare jadi tidak maksimal. Hasilnya, perawatan wajah yang kamu lakukan pun tidak akan optimal dan bahkan sia-sia.

Kabar baiknya, bunga kamelia dapat membantumu menjaga kelembapan alami kulit. Dengan catatan tidak akan membuat kulitmu semakin berminyak dan menyebabkan masalah baru lagi.

Menangkal Radikal Bebas

Manfaat bunga kamelia untuk kulit satu ini berkali-kali dibahas dalam ulasan sebelumnya, ya. Kamu pasti mengingat kandungan plifenol dan asam galat yang dapat bekerja sebagai antioksidan alami dari bunga camellia.

Yap, selain kedua kandungan ini, sebenarnya masih banyak lagi senyawa antioksidan dalam ekstrak bunga kamelia.

Dengan menggunakan skincare berkandungan bunga kamelia, maka keberadaan beberapa enzim antioksidan yang secara alami pada kulit kita akan semakin meningkat.

Antioksidan alami yang dimaksud adalah superosida dismutase, katalase, dan glutathione peroksidaser. Yang keberadaannya dapat meminimalisir dampak buruk radikal bebas, dan memperbaiki kondisi kulit yang bermasalah karena masalah tersebut.

Melawan Munculnya Tanda-tanda Penuaan

rosacea

Penggunaan bunga kamelia secara topikal, baik ketika kamu meramunya secara alami sendiri atau menggunakan skincare, dapat merangsang produksi kolagen pada kulit.

Kolagen merupakan senyawa alami yang sebenarnya bisa diproduksi tubuh secara alami. Namun karena faktor usia dan paparan radikal bebas, produksi kolagen secara alami dapat berkurang.

Untuk itulah, bunga camellia ini sangat membantu kamu yang ingin menjaga keremajaan kulit. Sebab bahan alami  ini juga bisa menghambat kerja enzim pengurai kolagen yang dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput, kulit yang kasar dan kering, dan lainnya.

Mengatasi Pori-pori Besar

Pori-pori yang besar enggak cuma bikin penampilan kita tak bisa maksimal, karena riasan wajah yang kita gunakan juga enggak bisa menyatu dengan kulit dan tidak dapat bertahan lama.

Pori-pori yang besar juga menyebabkan kulit wajahmu jadi lebih mudah berminyak, hasilnya pori-pori akan tersumbat dan memicu munculnya jerawat atau komedo.

Untungnya, bunga kamelia bisa menjadi pilihan yang efektif untuk mengatasi masalah pori-pori wajah yang besar. Ini dikarenakan, kemampuan camellia japonica yang dapat merangsang produksi kolagen mampu memperkecil ukuran pori-pori wajah.

Mampu Mencerahkan Kulit

mencerahkan kulit wajah

Kulit yang kering dan kusam pastinya bikin penampilanmu enggak maksimal. Bahkan pada beberapa orang kondisi ini bisa menurunkan rasa percaya diri.

Kulit yang kusam dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk paparan sinar matahari berlebihan, penumpukan sel kulit mati, dan radikal bebas.

Nah, kandungan vitamin A, E, B, dan C dalam ekstrak kamelia mampu membantu mencerahkan kulit wajahmu secara alami.

Kandungan antioksidan yang ada dalam bunga kamelia juga bisa membantu mempertahankan kulit dengan baik terhadap pengaruh eksternal yang dapat mengurangi penampilan sehat wajahmu.

Well, kamu telah mengetahui berbagai kandungan dalam bunga kamelia dan manfaatnya yang baik untuk merawat dan menutrisi kulitmu.

Menarik, kan? Apakah setelah membaca artikel ini kamu tertarik untuk mencoba atau memanfaatkan ekstrak kamelia sebagai perawatan kecantikan harianmu?

Atau jangan-jangan kamu sudah pernah mencoba menggunakan ekstrak kamelia sebelumnya? Apapun itu, bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment