Castile Soap – Produk Kecantikan Paling Ramah Lingkungan, Multifungsi dan Zero Waste!

castile soap

Kebayang enggak, sih, kalau saja seandainya ada sebuah produk perawatan kecantikan yang multifungsi, zerowaste, dibuat dari bahan alami, dan minim resiko alergi?

Well, sebenarnya ada produk kecantikan yang sama persis dengan karakteristik tersebut. Namanya castile soap atau sabun castile, yang bisa kamu buat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Castile soap adalah produk yang bisa dibilang sangat ramah lingkungan, sebab tidak mengandung bahan sintetis apapun dan bersifat biodegrable. Oleh sebab itu, penggunaannya juga tidak akan meninggalkan limbah berlebihan seperti produk kecantikan lainnya.

Sabun berbahan dasar alami ini mulanya dibuat di daerah mediterania, sebelum benar-benar menyebar ke Eropa dan diinovasikan dengan wujud yang lebih padat.

Dulu sabun castile dibuat dari minyak zaitun, namun sekarang ini juga banyak dibuat dari bahan-bahan alami lainnya, seperti minyak kelapa, kastor, almond, alpukat, dan lain sebagainya.

Selain dibuat dari bahan alami dan ramah lingkungan, sabun castile juga memiliki berbagai macam kegunaan.

Enggak cuma untuk kecantikan, melainkan dapat dipakai sebagai detergen, pembersih perabot rumah, hingga untuk memandikan hewan peliharaan.

Namun, yang enggak kalah penting castile soap ini juga wajib banget dicoba bagi para pecinta kosmetik, lho. Gimana enggak, sebab penggunaan produk ini rupanya hampir tidak memberikan efek buruk pada kulit.

Bahkan banyak klaim yang mengungkapkan bahwa castile soap juga sangat bagus untuk pemilik kulit sensitif dan mampu merawat peradangan di kulit.

Yang lebih menarik lagi, penggunaan castile soap ini juga bisa dibilang zero waste. Sebab, dengan menggunakan satu produk sabun castile saja, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dan berguna untuk banyak hal.

Manfaat Sabun Castile untuk Kecantikan dan Pemakaiannya

castile soap (1)

Sabun castile terbilang sangat multifungsi, enggak hanya untuk kulit wajah dan tubuh. Kamu juga bisa menggunakan produk kecantikan satu ini untuk merawat rambut dan menghilangkan bau badan, lho.

Kok bisa, ya? Cari tahu jawabannya di ulasan berikut ini, ya!

Deodoran

Bau badan yang tidak sedap pastinya bikin kita enggak pede. Kondisi ini sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari keringat berlebihan, sel kulit mati yang menumpuk, dan lain sebagainya.

Cari tahu juga tentang Produk Deodoran untuk Ketiak Hitam yang Bisa Kamu Coba.

Nah, kalau kamu bermasalah dengan bau badan, bisa banget coba menggunakan castile soap sebagai deodoran.

Caranya, kamu hanya perlu melarutkan setengah sendok teh sabun cair castile bersamaan dengan satu sendok teh garam ke dalam air.

Setelah itu, tuangkan pada botol spray dan gunakan sebagai deodoran alami. Dijamin, deh, kulitmu bakal tetap segar, tidak gampang lembap, dan bau tidak sedap pun berkurang.

Sampo

Castile soap juga bisa digunakan sebagai sampo alami, yang bisa membantu mengangkat minyak, kotoran, dan debu yang menempel pada rambutmu.

Sifat antioksidan dan antibakterial pada bahan-bahan alami yang digunakan dalam sabun castile juga bisa membantu mencegah rambutmu rontok dan terkena masalah lainnya.

Penggunaan sabun castile sebagai sampo bisa dibilang sangat mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok makan sabun ini ke dalam secangkir air.

Kemudian gunakan secukupnya larutan castile ini untuk mencuci rambut, atau bisa juga dengan hanya mengoleskan sedikit sabun castile tanpa campuran ke bagian batang rambut dalam keadaan basah.

Face Wash

mencuci muka (1)

Kamu pasti berpikir, menggunakan sabun yang sama untuk tubuh dan wajah sekaligus apakah baik? Atau apakah pH sabun castile bakal cocok untuk wajah dan tidak membuatnya jadi tambah kering?

Well, kamu enggak perlu khawatir. Sebab sabun castile memiliki tekstur yang sangat lembut dan tidak mudah membuat kulit teriritasi.

Selain itu, karena dibuat dengan minyak alami maka castile soap juga memiliki sifat yang melembapkan. Sehingga kulitmu enggak akan kering dan bersisik setelah menggunakan sabun alami ini.

Sabun ini juga terbilang cukup ampuh untuk mencegah dan membunuh bakteri jahat yang menjadi penyebab berbagai masalah pada kulit wajah.

Cara penggunaan sabun castile sebagai facial wash juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menggosokkannya pada permukaan kulit wajah, dan membasuhnya dengan air.

Body Wash

rangkaian skincare untuk kulit kusam

Yang satu ini memang bisa dibilang adalah fungsi utama sabun castile, ya. Kamu tentunya bisa menggunakan sabun alami ini sebagai body wash.

Caranya sederhana, tuang secukupnya castile soap ke atas telapak tangan dan basahi dengan air. Gosok hingga berbusa, lalu aplikasikan ke seluruh tubuh.

Untuk bisa memberikan efek eksfoliasi, kamu bisa menggunakan waslap atau bath gloves saat memakai body wash dari castile soap.

Pengganti Krim Cukur

Kabar baik untuk kamu yang suka waxing, cukur kumis atau jenggot, sebab castile soap juga bisa digunakan sebagai pengganti krim cukur, lho!

Teksturnya yang lembut akan membantu menjaga kulit agar tidak mudah teriritasi dan menenangkannya bila kamu tidak sengaja menimbulkan luka gores.

Penggunaannya cukup mudah, siapkan secukupnya sabun castile murni di area yang akan dicukur. Bisa juga menambahkan sedikit minyak alami lainnya untuk membantu memberikan kelembapan tambahan.

Foot Bath

Setelah bekerja keras seharian tentunya akan sangat menyenangkan kalau kita bisa mendapatkan perawatan yang bisa memberikan sensasi nyaman dan menenangkan otot-otot tubuh yang kaku.

Nah, kamu bisa menggunakan castile soap untuk relaksasi. Yakni dengan memakainya untuk foot bath atau foot spa sendiri di rumah.

Selain tidak memerlukan banyak biaya, cara melakukan foot bath dengan castile soap juga sangat sederhana.

Kamu cuma perlu menyiapkan sebaskom air hangat dan menuangkan dua sendok teh sabun castile cair. Tambahkan minyak esensial dengan aroma favoritmu untuk menambah sensasi menenangkan.

Masukkan kaki ke dalam baskom dan pijat dengan lembut. Lakukan paling tidak selama 20 menit, dengan begitu kamu akan merasa segar dan otot-otot tubuhmu bisa jadi lebih rileks.

Berendam

Tak hanya untuk merendam kaki, kamu juga bisa menggunakan sabun castile untuk mandi berendam. Untuk memberikan kelembapan ekstra, kamu dapat mengkombinasikannya dengan satu sendok makan minyak alami.

Sementara untuk menambah aroma yang menyenangkan dan menenangkan, kamu juga bisa mencampurkan dengan minyak esensial favoritmu.

Makeup Remover

Satu lagi kegunaan castile soap untuk kecantikan, yakni sebagai makeup remover. Cocok banget buat kamu yang suka dandan dan menggunakan riasan wajah hampir setiap hari.

Castile soap dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lain, seperti witch hazel atau minyak alami lain untuk dijadikan sebagai pembersih riasan wajah alami.

Kamu hanya perlu menggunakan kombinasi dari ketiga bahan tersebut di atas kapas, dan mengaplikasikannya ke riasan wajah yang ingin dihapus.

Setelah itu, usap wajahmu dengan lembut dan bilas dengan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat. Ini dilakukan untuk memastikan wajahmu benar-benar bersih dan tidak ada residu yang tertinggal.

Mouthwash

Kalau kamu tahan dengan rasanya, castile soap bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut dengan cara menggunakannya sebagai mouthwash.

Sederhana saja, kamu hanya perlu menggunakan satu tetes castile soap ke dalam segelas kecil air. Kemudian tambahkan daun mint untuk membuat rasanya lebih baik.

Makeup Brush Cleaner

brush kosmetik

Membersihkan aplikator makeup dan skincare adalah hal yang sangat penting untuk kamu lakukan. Sebab, jika tidak rajin dibersihkan bisa saja dalam aplikator itu akan ditempati bakteri, debu, dan kuman yang bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajahmu.

Kamu bisa menggunakan sabun castile untuk membersihkan aplikator kosmetik juga, termasuk untuk brush make up.

Caranya mudah, kamu hanya perlu menyiapkan segelas air hangat dan meneteskan beberapa tetes sabun castile di dalamnya.

Mulanya bersihkan dulu brush atau aplikator kosmetik lainnya dengan air biasa. Kemudian, rendam dalam sabun castile yang telah disiapkan sebelumnya.

Tunggu selama beberapa menit, lalu bilas dengan air biasa dan keringkan.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Akan Menggunakan Castile Soap

castile soap (6)

Mengetahui manfaat sabun castile yang sangat beragam untuk kecantikan, pasti membuatmu tak sabar mencoba produk yang satu ini.

Namun, rupanya kamu juga enggak bisa sembarangan pakai sabun castile, lho. Sebab ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan hindari ketika akan menggunakan produk ajaib satu ini.

Biar kamu enggak salah cara pakai, simak hal-hal yang harus kamu perhatikan saat akan menggunakan castile soap berikut ini!

Jenis Air Mandi yang Digunakan

Tahu enggak, ternyata air yang sering kita gunakan sebagai sanitasi ada dua macam. Yakni air sadah dan air lembut, yang keduanya bisa kamu bedakan dengan cukup mudah.

Air sadah adalah air yang mengandung beberapa jenis mineral, yang akan menyebabkan air menjadi keruh dan mengurangi daya kerja sabun.

Nah, ketika air mandi kamu ternyata adalah air sadah maka ada baiknya untuk mencampurnya dengan air yang lebih jernih. Sebab air sadah akan membuat castile soap meninggalkan residu putih di kulit.

Jangan Kombinasikan Castile Soap dengan Cuka

cuka apel

Mengkombinasikan sabun castile dengan cuka sangat enggak direkomendasikan, ya. Sebab bisa membuat sabun castile yang kamu pakai meninggalkan bekas berwarna putih di kulit.

Ini dikarenakan sifat basa pada sabun yang bertolak belakang dengan sifat asam dari cuka bereaksi. Maka keduanya saling menghilangkan dan membuat sabun kembali ke bentuk minyak asalnya.

Tidak Boleh Dicampur dengan Jus Lemon

masker wajah lemon

Jus lemon atau perasan lemon juga enggak disarankan untuk dicampurkan dengan sabun castile. Hal ini dikarenakan kandungan asamnya yang sama tinggi dengan cuka, dan bisa menimbulkan masalah yang sama pula.

Jangan Pakai Sampo Castile ketika Rambutmu Diwarnai

Meski sangat baik untuk antibakterial, sayangnya bagi kamu yang suka dan sedang mewarnai rambut harus menghindari penggunaan sabun castile sebagai sampo.

Pasalnya sabun castile dapat membuat warna dari semir yang kamu pakai akan memudar, dan lama kelamaan akan menghilang.

Cara Membuat Sabun Castile Sendiri di Rumah

castile soap (2)

Di awal telah disinggung sebelumnya, bahwa sabun castile bisa dibuat secara pribadi di rumah. Berbagai resepnya pun sebenarnya bisa dengan mudah kamu temukan di Internet.

Castile soap umumnya dibuat dari 100% minyak zaitun, namun kamu juga bisa mengombinasikannya dengan bahan-bahan alami lain yang kamu inginkan. Dengan catatan yang tidak mengubah sifat basa sabun seperti asam.

Cara membuat sabun castile tidak bisa dibilang sederhana juga, tapi masih bisa kamu coba sendiri di rumah, kok.

Penasaran, kan? Yuk, cek resepnya di bawah ini!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

– 500 gr pomace olive oil, seperti yang kamu tahu jenis minyak zaitun satu ini memang sangat umum digunakan untuk bahan dasar kosmetik.

– 190 gram air suling

– 63,67 gram NaOH (boleh dibulatkan ke bawah)

– Siapkan essential oil (minyak atsiri) untuk pewangi alami.

Pastikan kamu menghitung dengan tepat, ya. Gunakan timbangan untuk memastikan kepasan volume yang dibutuhkan.

Langkah Pembuatan Sabun

– Tuangkan air suling ke dalam wadah tahan panas, kamu bisa gunakan wadah apa saja, kecuali yang berbahan dasar logam aluminium.

– Masukkan NaOH perlahan lalu aduk hingga larut sempurna ke dalam air. Kemudian diamkan sampai setara dengan suhu ruangan, yakni sekitar 28-30 derajat celcius.

– Setelah suhunya sesuai, campurkan minyak zaitun ke dalam  adonan tersebut. Aduk menggunakan aplikator apapun sampai teksturnya mengental seperti krim atau puding.

– Untuk menambahkan aroma, warna, dan sensasi menyenangkan lainnya. Kamu bisa mengombinasikannya dengan minyak esensial, clay, bubuk coklat, dan lain sebagainya.

– Setelah selesai, kamu bisa memasukkan calon castile soap ini ke dalam loyan atau cetakan yang kamu inginkan. Gunakan yang tahan panas, ya!

– Tunggu selama 2X24 jam sampai sabun memadat dan dapat dikeluarkan dari cetakan.

Resep ini bisa menghasilkan 10 pcs sabun castile dengan ukuran sedang. Namun, sabun castile tidak bisa langsung digunakan, melainkan harus ditunggu selema beberapa bulan terlebih dahulu.

Sabun castile memang terbilang sangat multifungsi, yang enggak hanya dapat digunakan untuk keperluan kecantikan, melainkan juga untuk membersihkan prabot rumah tangga, binatang, dan lain sebagainya.

Kamu bisa membuat sabun castile sendiri dengan resep di atas. Namun bila kamu takut atau ragu untuk menggunakan bahan kimia sendiri, maka bisa juga kamu membeli castile soap di toko yang terpercaya.

Sesuaikan resep dengan kebutuhan kulitmu dan lihat produk alami lainnya yang bisa dikombinasikan dengan sabun castile untuk menambah inovasi.

Selamat mencoba! Dan jangan lupa membagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment