Yuk, Coba Cara Merawat Wajah Pakai Minyak Zaitun Ini! Dijamin Bikin Glowing Alami

cara merawat wajah pakai minyak zaitun

Setiap perempuan pasti ingin memiliki wajah yang halus dan glowing. Sebab kedua hal ini pastinya bikin kepercayaan diri kian naik dan memberikan kesan nyaman dibanding kulit yang bermasalah.

Nah, karena alasan inilah yang akhirnya membuat banyak orang rela merogoh kocek yang cukup dalam dan menjajal beberapa produk skincare yang sedang ngetren di media sosial.

Namun, tahukah kamu kalau ada perawatan yang lebih sederhana dan mudah? Yap, yakni dengan menggunakan bahan-bahan alami yang minim resiko iritasi, seperti menggunakan minyak zaitun.

Bagi beauty lovers, pasti enggak asing dengan yang namanya minyak zaitun. Bahan alami satu ini hingga kini masih digemari dan digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Minyak yang diambil dari ektraksi buah zaitun, yang banyak dijumpai di daerah Mediterania dan Timur Tengah ini bahkan sering digunakan dalam formula skincare dan kosmetik.

Sebelum membahas khasiat minyak zaitun untuk wajah terlalu jauh, ada baiknya kamu mengetahui berbagai hal tentang bahan alami satu ini. Mulai dari jenisnya, hingga kandungan gizinya.

Jenis Minyak Zaitun yang Biasa Digunakan Sebagai Perawatan Kecantikan

Green olives in oil

Apakah kamu tahu, kalau minyak zaitun sebenarnya punya beberapa jenis yang dibagi berdasarkan konsentrasi dan proses pengolahannya?

Yap, sebenarnya ada delapan jenis minyak zaitun berdasarkan metode atau cara pengolahannya. Namun tidak semua jenis itu bisa dan baik digunakan dalam produk-produk kosmetik.

Sebab pada beberapa jenis yang tidak begitu memiliki kandungan nutrisi untuk kulit, akan lebih cocok digunakan untuk dijadikan bahan masakan.

Nah, biar kamu enggak salah memilih minyak zaitun untuk merawat kulit dan wajahmu. Yuk, kenali beberapa jenis minyak zaitun yang biasa digunakan dalam kosmetik berikut ini.

Minyak Zaitun Asli (Pure Olive Oil)

Jenis minyak zaitun pertama yang akan kita bahas adalah pure olive oil atau minyak zaitun asli. Minyak yang berwarna keemasan ini biasanya dibandrol dengan harga yang cukup ekonomis dibanding dengan jenis lainnya.

Pure olive oil dihasilkan dari proses atau metode penyulingan, namun sayangnya kandungan nutrisi pada minyak zaitun ini tergolong cukup rendah.

Meski sering digunakan sebagai bumbu masak atau penguat rasa pada masakan, kamu dapat menemukan pure olive oil dalam berbagai produk kecantikan.

Misalnya pada oil cleanser, atau dijual secara langsung dan dipadukan dengan body scrub. Dengan demikian, proses eksfoliasi sel kulit mati akan lebih efektif dan kulit jadi tampak lebih lembut.

Virgin Olive Oil

Jenis minyak zaitun kedua yang sering digunakan dalam produk perawatan kecantikan adalah virgin olive oill. Didapatkan dengan menggunakan teknik cold press, virgin olive oil memiliki kadar keasaman yang tergolong cukup tinggi.

Selain cocok digunakan dalam bahan-bahan pelengkap makanan, jenis minyak zaitun ini juga sangat berguna untuk merawat kecantikan wajah kita.

Mulai dari melembapkan, menenangkan, hingga membuat kekenyalan kulit kita tejaga. Hasilnya wajah jadi lebih glowing dan tampak lebih awet muda.

Extra Virgin Olive Oil

Selain virgin olive oil, ada juga extra virgin olive oil juga dihasilkan melalui proses atau metode cold press. Dengan tambahan, tidak ada bahan-bahan yang digunakan ke dalam proses ekstraksinya.

Disebut ekstra, sebab jenis minyak zaitun ini memiliki kualitas yang paling tinggi. Harganya juga tergolong mahal dibanding jenis yang lain.

Ini dikarenakan, extra virgin olive oil didapat melalui proses cold press dan tanpa proses pembakaran. Sehingga kandungan-kandungan penting dalam jenis minyak zaitun ini tidak hilang ataupun berubah.

Selain itu, karena banyaknya nutrisi dan vitamin yang ada dalam extra virgin olive oil ini, banyak produk-produk kosmetik yang dibuat dengan campuran atau bahan dasar bahan alami tersebut.

Minyak zaitun dengan warna kehijauan ini memiliki kadar keasaamn yang cukup rendah, sekitar 0,8 persen saja. Melainkan jenis ini kaya akan antioksidan dan vitamin E, yang mampu mengurangi dampak buruk radikal bebas pada kulit wajah.

Enggak hanya itu, extra virgin olive oil juga mampu bekerja sebagai antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membunuh bakteri atau kuman jahat penyebab munculnya masalah-masalah kulit.

Pomace Olive Oil

Beda dengan ketiga jenis minyak zaitun yang telah disebutkan sebelumnya, pomace olive oil terbilang memiliki kualitas yang cukup rendah.

Sebab jenis minyak zaitun ini terbuat dari ampas atau residu minyak zaitun yang telah melalui proses ekstraksi.

Meski kandungan nutrisinya tak begitu banyak, atau kadang malah hilang. Pomace olive oil cukup sering digunakan sebagai bahan-bahan kosmetik atau make up.

Kandungan Minyak Zaitun yang Baik untuk Kulit dan Wajah

masker dari minyak zaitun

Kamu pasti sering mendengar, membaca, atau barang kali melihat iklan yang menggaungkan berbagai manfat dari minyak zaitun untuk menjaga kulit wajah kita.

Namun, apakah kamu tahu mengapa demikian? Jawabannya adalah karena minyak zaitun kaya akan senyawa dan vitamin yang baik untuk menutrisi kulit.

Nah, berikut ini beberapa kandungan minyak zaitun yang baik untuk kulit dan wajah. Yuk, simak sama-sama!

Kaya Vitamin

Dalam minyak zaitun terdapat banyak vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah kita. Kandungan vitamin yang dimaksud antara lain A, D, K, dan E.

Vitamin A telah lama diketahui dapat membantu merawat dan menutrisi kulit wajah kita. Vitamin ini pun sering digunakna dalam formula skincare, terutama yang menawarkan manfaat untuk mencerahkan dan membersihkan wajah dari noda hitam.

Sementara itu Vitamin E, sangat baik untuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas dan mencegahnya dari kerusakan atau dampak buruk stressor lingkungan lainnya.

Vitamin E pun dipercaya dapat membantu memperbaiki kondisi kulit yang rusak, membantu melembapkan dan menenangkan kulit.

Selain baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, vitamin D terbilang ampuh untuk merawat kecantikan kulit kita.

Vitamin D memiliki sifat antiinflamasi, yang mampu menenangkan dan mengurangi gejala-gejala inflamasi. Tak hanya itu, vitamin D juga mampu melindungi kulit dan mengurangi resiko ancaman kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas.

Kalsium

Tak hanya vitamin, dalam minyak zaitun juga terdapat mineral yang sangat baik untuk kulit kita, salah satunya kalsium. Mineral yang banyak ditemukan pada lapisan epidermis kita ini rupanya mampu mempercepat regenerasi kulit.

Hasilnya, kulit akan tampak lebih sehat dan cerah. Saking berpengaruhnya kalsium bagi kulit, kurangnya mineral ini dapat menyebabkan kulit jadi kusam dan tidak bercahaya.

Selain itu, meski bukan tergolong antioksidan, kalsium juga dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker kulit, lho.

Sebab mineral ini pun dapat membantu merangsang pembentukan antioksidan alami dan mengatur pigmen kulit, sehingga terhindari dari dampak buruk paparan sinar UV dari matahari.

Asam Lemak

Minyak zaitun mengandung beberapa jenis asam lemak yang sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh dan kulit.

Misalnya pada asam lemak omega-3 yang diketahui dapat memberikan perlindungan pada kulit dari kerusakan dan penuaan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Selain itu, asam lemak juga mengurangi munculnya reaksi kulit sensitif dan gejala peradangan akibat penyakit kulit lainnya.

Antioksidan

Sebagian besar kerusakan kulit dipicu karena paparan radikal bebas dan stressor lingkungan lainnya. Misalnya munculnya jerawat, kulit yang jadi kusam, dan berbagai tanda-tanda penuaan dini.

Untuk itulah sangat penting bagi kita untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan perawatan wajah yang mengandung antioksidan.

Minyak zaitun, sebagai salah satu bahan alami yang kerap digunakan dalam berbagai produk perawatan wajah, pun kaya akan senyawa antioksidan. Seperti flavonoid, saponin, dan sebagainya.

Ketiga senyawa ini mampu melindungi kuli dan menangkal dampak buruk radikal bebas di kulit kita. Serta membantu menyehatkan kembali sel-sel kulit yang telah rusak akibat oksidasi lingkungan.

Berbagai Khasiat Minyak Zaitun untuk Kulit dan Wajah

manfaat minyak zaitun untuk wajah

Kamu telah mengetahui berbagai jenis dan kandungan yang ada dalam minyak zaitun, bahkan beberapa fungsinya pun telah disinggung dalam ulasan di atas.

Khasiat minyak zaitun untuk kulit dan wajah memang sangatlah banyak, oleh sebab itu tidak sedikit brand-brand kosmetik lokal maupun internasional yang menggunakan bahan alami ini dalam produk mereka.

Untuk tahu lebih jelas khasiat minyak zaitun untuk kulit dan wajah, baca ulasan di bawah ini, yuk!

Melembapkan Kulit

melembutkan kulit

Kandungan mineral, vitamin, dan asam lemak dalam minyak zaitun dapat membantu merawat dan mengatasi kulit kering.

Sebab ketiga kandungan tersebut dapat membantu melembapkan kulit dan menjaga minyak alami pada tubuh agar tidak cepat menghilang.

Khasiat minyak zaitun untuk kulit dan wajah inilah yang akhirnya membuat bahan alami tersebut sering digunakan dalam produk pelembap kulit. Seperti body losion, moisturizer, hand cream, dan lain sebagainya.

Eskfoliasi atau Pengelupasan Sel Kulit Mati

manfaat skincare probiotik 2

Selain bisa melembapkan dan mengatasi kulit kering, minyak zaitun juga dikenal bisa membantu proses eksfoliasi sel kulit mati.

Kamu bisa membuat scrub wajah alami dengan mencampurkan minyak zaitun dengan kandungan lain. Ataupun menuangkan sedikit minyak zaitun ke dalam produk body scrub yang kamu miliki.

Selain membantu mengangkat sel-sel kulit mati, dijamin kulitmu bakal jadi lebih mulus.

Mambantu Membersihkan Riasan Wajah

membantu membersihkan sisa make up

Siapa yang enggak kesal, kalau saat membersihkan sisa make up atau riasan wajah susah dilakukan? Apalagi kalau sebenarnya kita sudah lelah dan pingin banget segera beristirahat?

Ketika kamu merasa sulit membersihkan sisa make up, bahkan setelah menggunakan cleanser, kamu bisa coba menggunakan minyak zaitun.

Sebab bahan alami satu ini mampu memecah zat yang tahan air pada wajah dan mata, yang membuatnya lebih mudah dibersihkan.

Memudarkan Bintik Hitam dan Bekas Jerawat

bekas jerawat

Kombinasi vitamin A, E, dan antioksidan dalam minyak zaitun, terbilang sangat efektif menyamarkan serta memudarkan noda hitam bekas jerawat.

Sebab ketiga kandungan minyak zaitun itu mampu merangsang proses regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat. Dan memperbaiki kondisi kulit yang telah rusak akibat paparan sinar matahari secara berlebihan.

Dapat Menyamarkan Stretch Mark

menghilangkan stretch mark

Bagi kamu yang ingin menghilangkan stretct mark bisa kok menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan rutin.

Sebab minyak zaitun kaya akan vitamin dan senyawa antioksidan yang dapat membantu menyamarkan bekas luka, juga stretch mark dengan menstimulasi proses regenerasi kulit kita.

Menenangkan Kulit

menenangkan kulit

Khasiat minyak zaitun lainnya adalah mampu meredakan gejala iritasi kulit. Misalnya kulit yang kering, gatal, memerah, hingga mengalami peradangan.

Ini dikarenakan minyak zaitun mengandung oleochantal yang bekerja sebagai antiinflamasi, yang mampu menghilangkan rasa tidak nyaman dan menenangkan peradangan di kulit.

Cara Merawat Wajah Pakai Minyak Zaitun

minyak zaitun (1)

Kamu telah mengetahui berbagai jenis, kandungan, hingga manfaat dari minyak zaitun. Nah, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara merawat wajah pakai minyak zaitun ini?

Biar kamu enggak salah langkah, berikut cara merawat wajah dengan minyak zaitun yang cukup aman untuk kamu coba di rumah.

Cara Merawat Wajah Berjerawat Pakai Minyak Zaitun

muncul jerawat dan beruntusan

Telah dijelaskan sebelumnya kalau minyak zaitun memiliki khasiat mengatasi jerawat.

Nah, manfaat ini bisa kamu rasakan dengan mengikuti langkah cara merawat wajah berjerawat wajah dengan minyak zaitun di bawah ini:

– Ambil satu sendok makan minyak zaitun, lebih baik pakai jenis extra virgin olive oil.

– Oleskan pada area wajah yang berjerawat dengan lembut.

– Setelah itu, pijat wajah dengan lembut selama 4-5 menit agar menimbulkan sensasi menenangkan pada kulit.

– Kemudian biarkan selama 15-20 menit, dan bersihkan wajah menggunakan kain lap yang bersih dan hangat.

– Untuk hasil optimal, kamu bisa rutin melakukan hal ini setiap harinya.

Cara Merawat Kulit yang Kering dan Kasar dengan Minyak Zaitun

slugging skincare untuk kulit kering

Minyak zaitun merupakan jenis minyak alami yang dapat meresap dengan baik dalam kulit wajah.

Dengan menggunakan bahan alami ini, kamu bisa membuat wajahmu lebih lembut dan lembap.

Agar hasilnya maskimal, kamu bisa mengombinasikan minyak zaitun dengan bahan alami lainnya. Misalnya dengan menggunakan buah alpukat.

Buah alpukat dapat memberikan kelembapan ekstra pada kulit wajahmu. Sehingga membuatnya tampak lebih kencang dan terasa halus.

Kamu bisa menjadikan kedua bahan alami ini sebagai masker organik, lho.

Nah, tanpa menunggu lama lagi, simak langkahnya di bawah ini!

– Haluskan alpukat

– Campurkan dengan 2 sendok makan minyak zaitun

– Aplikasikan secara merata pada wajah

– Tunggu selama 10-15 menit

– Bilas hingga bersih dengan lembut.

– Kamu bisa menggunakan masker wajah ini selama dua kali dama seminggu.

Cara Merawat Wajah Berminyak Pakai Minyak Zaitun

aplikasikan proteleum jelly

Enggak cuma mengatasi wajah yang kering dan kasar, minyak zaitun juga efektif digunakan bagi pemilik kulit berminyak, lho.

Sebab, minyak zaitun membantu mengontrol kadar minyak dan mencegah tumbuhnya jerawat di wajah.

Nah, mau tahu bagaimana cara merawat wajah berminyak dengan minyak zaitun? Perhatikan langkah di bawah ini, deh!

– Cuci bersih wajahmu, bisa menggunakan metode double cleasing biar bersihnya nampol.

– Keringkan wajah perlahan dengan handuk bertekstur lembut, agar wkulit wajahmu tidak iritasi.

– Oleskan minyak zaitun ke kulit wajah, kemudian pijat dengan gerakan memutar secara lembut.

– Lakukan selama 3-4 menit, setelah itu biarkan minyak zaitun semalaman.

– Dan kemudian bilas pada pagi hari, kalau bisa gunakan air hangat, ya!

Cara Merawat Kulit Wajah dengan Skincare Berekstrak Minyak Zaitun

skincare untuk menghilangkan milia

Selain menggunakan beberapa resep di atas, cara merawat kulit wajah dengan minyak zaitun juga bisa kamu rasakan dengan menggunakan skincare berkandungan bahan alami ini.

Hingga kini, banyak sekali produk skincare dan perawatan kecantikan lainnya menggunakan minyak zaitun ke dalam formulanya.

Misalnya dalam produk pelembap wajah, body losion, serum, dan masih banyak lainnya.

Cara merawat wajah pakai minyak zaitun satu ini dapat dibilang lebih praktis untuk kamu coba, karena tidak perlu repot meracik sendiri.

Itu adalah beberapa hal mengenai minyak zaitun yang barangkali baru kamu ketahui. Mulai dari jenis-jenisnya yang bisa digunakan untuk merawat kulit, kandungan, hingga manfaatnya untuk kecantikan.

Berbagai cara merawat wajah pakai minyak zaitun di atas bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulitmu. Termasuk dalam memilih jenis minyak zaitun mana yang ingin kamu gunakan.

Semoga artikel ini dapat membantumu!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment