Gampang Banget! Yuk, Cobain Cara Memanjangkan Bulu Mata Berikut Ini

eyelash serum

Bulu mata yang lentik, panjang, dan tebal dapat dibilang bisa memberi nilai lebih pada penampilan kita. Sebab dengan bulu mata yang pajang area mata bisa lebih terdefinisi, tajam dan captivating.

Namun, enggak semua orang terlahir dan memiliki bulu mata yang panjang dan lebat. Melainkan banyak yang memiliki bulu mata tipis dan pendek.

Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang ingin memanjangkan bulu mata mereka. Baik secara instan dengan menggunakan riasan mata, hingga menggunakan berbagai perawatan atau produk kecantikan tertentu.

Penggunaan riasan mata hanya akan memberikan efek yang bersifat sementara, beda kalau kamu merawat dengan telaten dan menggunakan bahan-bahan tertentu.

Nah, sebelum terlalu jauh membahas cara memanjangkan bulu mata dan menebalkannya, enggak ada salahnya untuk cari tahu dulu mengenai pertumbuhan dan hal-hal yang memengaruhi kondisi bulu matamu di bawah ini.

Pertumbuhan dan Hal yang Mempengaruhi Kondisi Bulu Mata

close-up face of pretty girl with beautiful big blue eyes, big eyelashes and eyebrows

Bulu mata enggak hanya jadi salah satu ornamen yang bisa mempermanis mata dan wajah, melainkan pun dapat melindungi mata dari debu dan kotoran.

Selain itu, bulu mata juga berperan sebagai sensor yang dapat memperingatkan mata terhadap potensi adanya polusi atau bahaya dari benda yang mendekat.

Kamu tentu menyadari, bahwa panjang dan tebalnya bulu mata pada tiap orang berbeda-beda. Selain faktor genetik atau keturunan, ternyata ada yang menyebabkan bulu mata kita tidak sehat, sering rontok, hingga akhirnya tidak bisa panjang dan lebat.

Nah, agar kamu bisa menjaga kesehatan dan kecantikannya, enggak ada salahnya untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi bulu mata di bawah ini.

Penggunaan Maskara

eyelash serum

Apakah kamu tahu, kalau menggunakan maskara bisa jadi salah satu penyebab rontoknya bulu mata kita? Ya, sebenarnya bukan masakara saja, melainkan sebagaian besar produk riasan mata lainnya.

Meski penggunaan maskara dan riasan mata lainnya ini bisa membuat tampilan mata kita lebih lentik dan hidup. Namun, penggunaan yang terlalu sering malah menyebabkan bulu mata tidak sehat dan memicu kerontokan.

Alasannya, kamu mungkin alergi terhadap kandungannya, atau cara pakai kuas maskara yang terlalu kasar dan berulang-ulang, bahkan cara membersihkan maskara yang salah.

Penggunaan Penjepit Bulu Mata

eyelash serum

Tidak hanya penggunaan maskara yang bisa menjadi penyebab bulu mata rontok. Penjepit bulu mata pun bisa jadi biang keladi lainnya, terutama jenis penjepit bulu mata yang dipanaskan.

Selain dampaknya pada bulu mata, penggunaan penjepit bulu mata yang dipanaskan bisa juga berisiko membuat kelopak mata terbakar dan iritasi.

Selain itu, penggunaan riasan mata yang terlalu lama, termasuk lem bulu mata palsu juga bisa membuat bulu mata rontok.

Kebiasaan Mengucek Mata

Selain penggunaan berbagai produk riasan mata yang telah disebutkan sebelunya, kebiasaan mengucek mata bisa juga membuat bulu mata kita rontok, lho.

Kebiasaan ini barangkali sering kita sepelekan, padahal dengan mengucek mata telalu kasar bisa membuat bulu mata jatuh.

Karena itu, usahakan untuk tidak menggosok area mata terlalu kasar. Selain menyebabkan kerontokan pada bulu mata, hal itu juga dapat memberikan efek buruk pada kesehatan area mata kamu.

Sebab tangan yang kamu gunakan untuk mengucek mata bisa saja masih dalam keadaan kotor, dan tidak menutup kemungkinan adanya bakteri dan kuman yang bisa menimbulkan masalah baru.

Kondisi Kesehatan Tubuh

Kondisi kesehatan tubuh kita juga dapat berpengaruh pada kerontokan bulu mata. Terlebih kalau kerontokan itu terjadi secara berlebihan dan tidak tumbuh kembali.

Hal itu bisa saja menunjukkan indikasi awal munculnya penyakit-penyakit tertentu dalam tubuh. Bisa autoimune, radang kelopak mata, dan banyak lainnya.

Kalau kamu sudah mengalami hal ini, enggak ada salahnya untuk mengunjungi dokter praktik terdekat dan berkonsultasi.

Cara-cara Memanjangkan Bulu Mata yang Bisa Kamu Coba

cara memanjangkan bulu mata

Setiap orang memiliki tipe bulu mata yang berbeda-beda, bisa panjang dan lebat, lebat tapi pendek, atau bahkan tipis dan pendek.

Kondisi tersebut hal yang sangat normal, kecuali kalau bulu matamu mengalami kerontokan yang tidak wajar. Misalnya dalam jumlah yang banyak, hingga enggak bisa tumbuh kembali.

Namun, sah-sah saja kalau kamu mau memanjangkan bulu matamu. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan di rumah. Mulai dari menggunakan bahan-bahan alami, sampai memakai produk kecantikan tertentu.

Yuk, cari tahu sama-sama!

Cara Memangjangkan Bulu Mata dengan Bahan Alami

maklon kosmetik herbal

Penggunaan maskara, bulu mata palsu, dan extension, hanya akan memberikan kesan panjang pada bulu mata secara sementara.

Untuk hasil yang maksimal dan lebih permanen, kamu bisa melakukan perawatan rutin dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk memanjangkan bulu mata berikut ini.

Menggunakan Teh Hijau

green tea

Teh hijau sangat dikenal karena khasiatnya yang baik untuk perawatan kecantikan kita. Sebab dalam bahan alami satu ini terdapat senyawa kafein dan zat antioksidan yang mampu merangsang pertumbuhan bulu mata yang telah ada serta yang baru.

Karena khasiatnya ini kamu bisa menggunakan teh hijau sebagai salah satu bahan alami untuk merawat bulu matamu.

Caranya juga sangat sederhana, kamu hanya perlu melarutkan bubuk teh hijau dengan air hangat, lalu tunggu hingga mendingin. Setelah itu, oleskan ke akar bulu mata (dekat dengan kelopak mata) menggunakan cotton bud.

Kamu bisa menunggu dan membiarkannya menjadi serum bulu mata alami. Atau dapat juga kamu bilas dalam kurun waktu 15-20 menit setelah pengaplikasian.

Mengoleskan Minyak Zaitun

minyak zaitun (1)

Kamu pasti sudah enggak asing lagi, dong, dengan kandungan ini. Yap, minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang ampuh banget bikin bulu matamu jadi panjang dan lebat.

Dalam minyak zaitun terdapat vitamin A dan E, yang keduanya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut, termasuk bulu matamu.

Selain itu, minyak zaitun juga tergolong mudah menyerap ke dalam akar rambut dan pori-pori kulit. Sehingga menjadikannya sangat efektif untuk merangsang pertumbuhan bulu mata, serta membuatnya kian kuat.

Kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai serum bulu mata alami, dengan mengaplikasikannya di bagian pangkal bulu mata dengan memakai sisir bulu mata atau cotton bud.

Setelah itu, kamu bisa membiarkannya semalaman dan membilasnya saat pagi hari. Atau kalau kamu merasa kurang nyaman, cukup diamkan selama 10-15 menit dan membersihkannya.

Biar hasilnya lebih optimal, gunakan resep ini setidaknya setiap malam. Umumnya efek yang dihasilkan akan terlihat setelah 1-2 bulan penggunaan secara rutin.

Dengan begitu, minyak zaitun bisa mendorong pertumbuhan bulu mata baru dan membuatnya semakin tebal nan lentik. Tapi hasil ini bisa saja berbeda untuk tiap orang, ya.

Mengaplikasikan Minyak Kelapa (Coconut Oil)

coconut oil

Minyak kelapa atau coconut oil emang salah satu jenis minyak yang paling baik untuk merawat rambut kita, termasuk bulu mata.

Sebab, bahan alami satu ini terbilang aman dipakai di sekitar mata. Juga dapat melembapkan, melembutkan, serta mampu menguatkan bulu mata.

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan memakai minyak kelapa (coconut oil)pada rambut dan bulu mata, bisa mencegah hilangnya protein dalam folikel serta akar rambut.

Penggunaan minyak kelapa juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ke bulu mata dengan menggunakan cotton bud atau bahkan bisa langsung dengan jari.

Hanya saja, ingat untuk mengaplikasikannya dengan perlahan dan lembut, ya. Karena jika kamu menggosok terlalu kasar, bisa-bisa menyebabkan kerontokan pada bulu mata.

Menggunakan Lidah Buaya

aloe vera

Cara memanjangkan bulu mata dengan bahan alami lainnya adalah menggunakan lidah buaya. Sebab kandungan vitamin dan nutrisi yang ada di dalamnya sangat beragam dan bermanfaat untuk menyehatkan bulu mata.

Langkah pemakaiannya juga cuku sederhana, kamu hanya perlu mengoleskan sedikit gel lidah buaya ke pangkal bulu mata. Lakukan sebelum kamu tidur dengan menggunakan sisir bulu mata atau cotton bud.

Pakai Daun Sirih

khasiat daun sirih untuk wajah

Cara memanjangkan bulu mata selanjutnya adalah dengan menggunakan daun sirih. Selain dikenal baik untuk menyehatkan tubuh, bahan alami ini pun dapat bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata dan membuat bulu mata tampak lebih tebal dan panjang.

Kamu bisa menjadikan daun sirih sebagai perawatan bulu matamu secara rutin. Caranya cukup simple, haluskan satau hingga dua lembar daun sirih. Kemduian oleskan pada bulu mata dengan cotton bud.

Setelah itu tunggu hingga 20-30 menit, kemudian bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin agar hasil yang kamu inginkan segera terlihat.

Minyak Kemiri

Minyak kemiri sejak dulu telah dipercaya mampu menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Anak-anak milenials pasti paham banget, sih.

Sebab saat kecil, para orang tua akan cenderung memakaikan minyak kemiri ketika menyisiri rambut anak mereka di pagi hari.

Nah, kamu tahu enggak, kalau minyak kemiri juga bisa membantu memanjangkan bulu mata? Ya, bahkan lebih dari itu, bahan alami ini mampu menjaga kekuatan bulu mata dan merangsang pertumbuhannya.

Cara memanjangkan bulu mata dan membuatnya makin tebal dengan bahan alami ini cenderung mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kemiri pada bulu mata sebelum tidur dan membiarkannya semalaman.

Kemudian pada pagi harinya, bersihkan bulu mata dengan lembut. Kamu bisa menggunakan cara ini secara rutin tiap harinya untuk mendapatkan hasil maksimal.

Memakai Minyak Fenugreek

fenugreek oil

Apakah kamu tahu apa itu minyak fenugreek? Ataukah baru pertama kali dengar tentang bahan alami ini?

Enggak heran, sebab minyak fenugreek berasal dari tanaman yang banyak tumbuh di Yunani. Bahkan bahan alami ini sendiri kurang populer di Indonesia.

Padahal khasiatnya untuk memanjangkan bulu mata sangat menggoda, lho. Minyak fenugreek mampu merangsang pertumbuhan rambut, termausk pada bulu mata kita.

Kamu bisa menggunakan minyak fenugreek sebagai perawatan bulu mata, sehingga membuatnya tumbuh dengan cepat dan tebal.

Caranya cukup mudah, yakni dengan mengoleskan minyak fenugreek pada bulu mata dengan menggunakan cotton bud sebelum tidur. Diamkan semalam dan bersihkan pada keesokan harinya.

Dengan Tea Tree Oil

Bahan alami lainnya yang dapat membantu memanjangkan bulu mata adalah tea tree oil. Bahan yang juga acap kali dikenal dengan minyak pohon teh ini dihasilkan dari proses destilasi daun dan batang pohon teh.

Minyak sangat baik untuk mengatasi kerontokan pada bulu mata, dengan bekerja menguatkan serta menutrisi bulu mata kita.

Dengan begitu, bukan enggak mungkin kalau bulu matamu bisa jadi panjang, tebal, dan lentik. Duh, bayanginnya saja sudah bikin excited, ya!

Well, cara pemakaian tea tree oil sebagai perawatan bulu mata ini juga gampang banget. Cukup oleskan minyak pohon teh pada bulu mata sebelum tidur, lalu biarkan selama semalaman.

Kamu bisa membersihkan sisa-sisa minyak pohon teh di bulu mata pada pagi hari, sembari mencuci wajah. Tapi lakukan dengan perlahan dan lembut, ya!

Dengan Minyak Biji Rami

Bahan alami lain yang bisa membantu memanjangkan dan melebatkan bulu mata adalah minyak biji rami.

Kaya akan kandungan omega-3 dan asam lemak linoleat, minyak rami bisa merangsang pertumbuhan rambut pada bulu mata kamu, lho.

Cara penggunaannya juga simple banget, kok. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak biji rami pada akar atau pangkal bulu mata dan membiarkannya semalama. Barulah, saat pagi kamu membersihkannya sembari mencuci muka.

Dengan Minyak Biji Wijen

Yang doyan makan salad sayur pasti enggak asing sama bahan alami yang satu ini. Yap, minyak wijen rupanya bisa membantumu memanjangkan bulu mata dan menjadikannya lebih lentik.

Cara kerja minyak wijen ini bisa dibilang sama dengan minyak esensial lainnya. Yakni dengan merangsang pertumbuhan folikel agar bulu mata bisa tumbuh panjang dengan cepat.

Bahkan minyak wijen juga dipercayai bisa melindungi bulu mata kamu dari paparan sinar UV dan mencegah dampak buruknya, lho.

Kamu bisa mengaplikasikan minyak wijen pada bulu mata tiap sebelum tidur. Bisa menggunakan cotton bud, sisir bulu mata, atau memakai tangan secara langsung. Pokoknya pastikan aplikator yang kamu gunakan bersih, ya!

Kemudiankan diamkan selama semalam, bilas hingga bersih dan dengan lembut pada pagi hari.

Rosemary Essential Oil

Satu lagi  bahan alami yang bisa digunakan untuk memanjangkan bulu mata adalah rosemary essential oil.

Jenis minyak atsiri satu ini dipercayai dapat merangsang pertumbuhan rambut, termasuk pada bulu mata. Sehingga membuatnya bisa tumbuh panjang dan lebat lebih cepat.

Rosamary dikenal mampu membantu menstimulasi folikel rambut dan membuatnya kian kuat, hingga meminimalisir kerontokan pada bulu matamu.

Cara penggunaan rosemary essential oil ini sama seperti pemakaian bahan-bahan sebelumnya. Kamu hanya perlu mengoleskannya pada mata dan menunggu beberapa lama.

Karena tidak semua orang bisa cocok dengan minyak atsiri, kamu bisa mencobanya pada bagian kulit yang lain terlebih dahulu, sebelum mengaplikasikannya pada kelopak mata.

Hal ini untuk mencegah adanya reaksi yang tidak diinginkan, misalnya timbul iritasi atau masalah lainnya. Kalau tidak ada tanda-tanda kemunculan reaksi negatif, kamu bisa coba deh pakai rosemary essential oil sebagai serum bulu mata alami.

Jojoba Oil

Enggak hanya mampu menghidrasi kulit, jojoba oil rupanya bisa juga menjaga kelembapan pada rambutmu, lho. Yakni dengan membentuk lapisan lilin yang tipis pada helai rambut, sehingga rambut terlindungi dari paparan sinar matahari.

Kamu bisa menjadikan bahan alami ini sebagai perawatan bulu matamu secara rutin. Dengan begitu, bulu mata bisa tumbuh alami dan cepat karena terlindungi dari dampak buruk paparan sinar matahari yang berlebih.

Cara Memanjangkan Bulu Mata dengan Produk Perawatan Kecantikan

eyelash serum

Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, kamu juga bisa menggunakan beberapa produk kecantikan atau skincare yang memang dikhususkan dan digunakan untuk mempertebal dan memperpanjang bulu mata.

Ingin tahu produk apa saja yang bisa kamu coba di rumah? Yuk, simak ulasan di bawah ini sampai selesai, ya!

Menggunakan petroleum jelly

Popularitas petroleum jelly semakin melejit dengan adanya tren slugging skincare. Nah, selain manfaatnya untuk menjaga skin barrier makin kuat, skincare satu ini juga bisa digunakan untuk merawat bulu mata.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan petroleum jelly pada bulu mata menjelang tidur dan membersihkannya pada pagi hari. Lakukan paling tidak, selama tiga kali dalam seminggu, ya.

Dengan begitu bulu matamu bisa lebih kuat, tidak mudah rontok, dan menjadikannya semakain sehat.

Menggunakan Eyelash Serum

Salah satu cara memanjangkan bulu mata yang cukup diminati dan terbilang sangat sederhana adalah dengan menggunakan eyelash serum atau serum bulu mata.

Eyelash serum adalah salah satu produk perawatan kecantikan yang secara khusus dibuat untuk merawat bulu mata, yakni menjadikannya semakin sehat, tebal, dan lebih panjang.

Umumnya, serum bulu mata diformulasikan dengan bahan-bahan yang mendukung fungsi produk ini dengan efektif. Misalnya dengan menggunakan bahan-bahan yang diekstrak dari biji-bijian, daun, dan bunga tertentu.

Penggunaan eyelash serum ini sangat penting apabila kamu sering menggunakan riasan pada mata dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Misalnya sering memakai bulu mata palsu, maskara, hingga melentikkan bulu mata dengan jepitan.

Dengan memakai eyelash serum, batang bulu mata akan ternutrisi dan jadi semakin kuat. Sehingga tidak akan mudah rontok, meski kamu sering menggunakan berbagai riasan mata yang telah disebutkan sebelumnya.

Tips Merawat Bulu Mata Agar Lebat dan Panjang

eyelash serum

Penggunaan berbagai serum bulu mata di atas, baik yang alami maupun dengan produk kecantikan tertentu, enggak akan optimal kalau caramu merawat bulu mata salah.

Nah, biar kamu enggak salah cara, sikak beberapa tip merawat bulu mata supaya lebih lebat dan panjang di bawah ini!

Rutin Bersihkan Bulu Mata

Setelah memakai riasan mata, seperti eye shadow, bulu mata palsu (yang pasti memakai lem), maskara, dan eye liner. Pasti ada residu yang tertinggal dari kosmetik-kosmetik itu.

Nah, residu ini bisa mengganggu kesehatan bulu mata kita dan menghambat pertumbuhannya. Juga menjadikannya lebih mudah rontok.

Untuk itulah, kamu harus lebih rutin membersihkan bulu matamu, terlebih setelah memakai riasan wajah seperti di atas.

Kamu bisa membersihkan bulu mata dengan menggunakan micellar water yang dikhususkan untuk mengangkat sisa make up pada area mata.

Namun, jika tidak memakai banyak riasan, bisa cukup dengan menggunakan sikat bulu mata dan sabun yang lembut tiap hari.

Jangan Menggosok Area Bulu Mata dengan Kasar

Ketika membersihkan bulu mata atau melakukan perawatan yang lain, kamu harus ingat untuk melakukannya dengan lembut.

Gunakan juga alat-alat atau aplikator yang berbahan dasar halus. Dengan demikian bulu mata enggak akan mudah rontok.

Hati-hati Ketika Menggunakan Penjepit Bulu Mata

Kebiasaan satu ini sebenarnya enggak terlalu bagus untuk kesehatan bulu mata kita. Untuk itu ada baiknya kamu enggak menggunakan penjepit rambut terlalu sering.

Saat menggunakannya pun lakukan dengan hati-hati dan jangan terlalu kencang, sebab bulu mata bisa saja tak sengaja tercabut dan malah rontok.

Trik Membersihkan Maskara dengan Benar

Kalau tidak ada cleanser khusus area mata, kamu bisa menggunakan trik membersihkan makara dengan benar ini.

Caranya, basahi terlebih dahulu bulu mata kamu dan tunggu agar maskara agak lunak. Setelah itu kamu bisa sisir perlahan atau menghapusnya dengan kapas dengan lembut.

Cara ini dilakukan untuk meminimalisir kerontokan pada bulu mata kamu saat membersihkan sisa-sisa maskara yang menempel dan menggumpal.

Penuhi Asupan Gizi dan Nutrisi pada Tubuh

Kesehatan tubuh sangat mempengaruhi penampilan luar kita juga. Termasuk pada bagian bulu mata kita, sebab seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab kerontokan rambut adalah kondisi kesehatan tubuh yang tidak seimbang.

Untuk itu, enggak ada salahnya untuk menerapkan pola makan sehat dengan memenuhi kebutuhan proterin dan zat besi.

Itu adalah beberapa cara memanjangkan bulu mata dan membuatnya lebih tebal. Mulai dari menggunakan bahan-bahan alami, mengetahui penyebab terjadinya kerontokan bulu mata, dan menggunakan produk kecantikan tertentu.

Namun, yang perlu kamu ingat adalah selalu menyesuaikan perawatan yang kamu lakukan dengan kondisi bulu matamu. Misalnya nih, ketika kerontokannya tidak wajar, maka akan lebih baik bertemu dengan ahlinya dan berkonsultasi.

Namun jika tidak ada masalah yang tidak biasa, maka cara-cara memanjangkan bulu mata di atas bisa kamu coba di rumah.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment