Vegan Skincare – Apa Sih Manfaat dan Kelebihannya Dibanding Tren Skincare Lain?

vegan skincare

Pernahkah kamu merasa takut mencoba tren skincare terbaru karena efek sampingnya? Apalagi kalau kamu memiliki tipe kulit yang sensitif dan cenderung mudah mengalami alergi kosmetik.

Tren kecantikan kini kian berkembang dan beragam, khususnya tren penggunaan produk kecantikan tertentu. Salah satu tren yang sedang marak diperbincangkan kali ini adalah vegan skincare.

Vegan skincare adalah produk atau perawatan kulit yang proses pembuatannya menghindari bahan-bahan dari hewan. Jadi konsepnya sama persis dengan makanan vegan, Ladies.

Tren ini menunjukkan bahwa kini kita enggak hanya peduli dengan apa yang kita makan dan masuk ke dalam tubuh kita. Melainkan juga sangat memperhitungkan apa yang kita aplikasikan di luar.

Tapi, memangnya selama ini ada produk kecantikan yang menggunakan bahan-bahan dari hewan? Kok bisa?

Well, sebenarnya bahan-bahan hewani ini enggak secara langsung diambil dari bagian tubuh hewan itu. Melainkan dari bahan turunan dari binatang tersebut, misalnya susu, madu, bees wax, dan banyak lainnya. Nah, bahan-bahan tersebutlah yang dihindari dalam vegan skincare.

Menariknya banyak media dan ahli yang mengklaim bahwa produk vegan ini lebih aman digunakan dibandingkan dengan animal product. Sebab bahan-bahan hewani ternyata bisa membuat kondisi wajah semakin kering dan dapat menyumbat pori-pori kulit.

Kamu yang memiliki kulit sensitif dan mudah iritasi akhirnya bisa ikutan mencoba tren skincare satu ini, dong!

Udah makin penasaran sama vegan skincare, sreg? Biar makin sreg, yuk kenalan sama vegan skincare lebih jauh lagi lewat ulasan berikut ini!

Keunggulan dan Manfaat Vegan Skincare

skincare vegan

Sebelum mencoba tren kosmetik atau skincare tertentu, hal pertama yang selalu jadi pertimbangan kita adalah memperhitungkan keunggulan dan manfaatnya untuk kulit. Begitu juga saat kamu ingin menggunakan vegan skincare.

Telah disinggung sebelumnya, bahwa vegan skincare cenderung lebih aman digunakan untuk kulit yang sensitif daripada kosmetik yang berbahan dasar hewani.

Kok bisa begitu, ya? Yuk, cari tahu sama-sama!

Tidak Menggunakan Bahan Berbahaya

Salah satu hal yang menarik dari tren skincare vegan adalah komitmen untuk tidak mengeksploitasi hewan, seperti tidak melibatkan unsur hewani apapun dalam proses pembuatan produknya.

Selain itu bahan-bahan yang digunakan dalam vegan skincare juga relatif aman karena menggunakan bahan-bahan alami dan tidak memakai bahan berbahaya, seperti paraben ataupun sodium luryl sulafate.

Ramah untuk Kulit Sensitif

Yang sangat penting, produk vegan skincare ini sangat ramah untuk kulit wajah yang cenderung sensitif. Jadi kalau kamu memiliki kulit yang rawan alergi atau teriritasi, bisa banget coba tren skincare satu ini.

Meski lebih aman bagi pemilik sensitif menggunakan produk vegan skincare, bukan berarti semua produk yang menggunakan bahan dari binatang itu berbahaya, ya.

Karena animal product juga enggak kalah baiknya, hanya saja beberapa ahli lebih menyarankan untuk menggunakan produk dengan kandungan non-hewani khusus bagi pemilik kulit sensitif.

Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Manfaat lain dari formula perawatan kulit vegan adalah bahan-bahan yang diambil dari tanaman cenderung mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, C, dan E.

Berbagai jenis vitamin ini di dapatkan dari ekstrak daun, biji, kelopak bunga, hingga akar dari tumbuhan tertentu. Beberapa kandungan yang sangat populer akhir-akhir ini adalah rosehip, alga, radish, hingga bunga sakura.

Tak hanya itu, dalam berbagai tanaman ini juga seringnya kaya akan mineral. Yang mampu menjaga kelambapan pada jaringan kulit dan membuatnya lebih lembut serta kenyal.

Kaya Antioksidan

Selain vitamin dan mineral, produk nabati biasanya juga dipenuhi dengan antioksidan, minyak, trepenoid, dan senaywa bioaktif lainnya yang sangat bagus untuk merawat kulit wajah.

Dengan senyawa antioksidan yang tinggi dalam bahan nabati, penggunaan skincare vegan mampu melindungi kulitmu dari dampak buruk radikal bebas dan paparan sinar matahari secara berelebihan.

Bahkan, berbagai kandungan yang telah disebutkan sebelumnya dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit yang bermasalah dengan merangsang proses regenerasi sel baru.

Hasilnya, kulit wajahmu bakal terlihat lebih sehat, segar, cerah, dan bahkan tampak awet muda.

Kandungan Asam Lemak pada Tumbuhan

Mengapa produk vegan skincare sangat diunggulkan dan bahkan digemari saat ini? Salah satunya adalah kandungan asam lemak pada bahan nabati yang diklaim lebih baik dari asam lemak hewani.

Ini karena kandungan esensial asam lemak tumbuhan yang ada dalam produk skincare vegan dapat bekerja lebih baik pada kulit.

Bahkan ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa lemak esensial pada tumbuhan memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan kulit kita.

Misalnya linoleic acid pada tumbuhan yang dapat membantu mengatasi pembengkakan jerawat, merawat kulit kering, mengendalikan produksi sebum, hingga meningkatkankan elastisitas kulit wajah kita.

Bahan Hewani yang Dihindari dalam Vegan Skincare

vegan skincare

Salah satu tanda untuk mengenali produk skincare vegan adalah dengan label pada kemasan dan deskripsi pada produk tersebut.

Namun, rupanya enggak sedikit juga produsen kosmetik yang nakal suka mengklaim produk mereka dengan label vegan. Akan tetapi dalam formulanya mengandung bahan-bahan hewani.

Nah, agar kamu enggak salah pilih dan pakai produk, cek berbagai bahan hewani yang dihindari dalam skincare vegan berikut ini!

Lanolin

Lanolin umumnya ditemukan dalam produk pelembap kulit, baik untuk wajah maupun tubuh. Bahan yang diambil dari bulu domba ini dapat mencegah serta mengatasi kulit yang kasar, gatal, atau iritasi.

Gelatin

Bahan yang diperoleh dari ekstraksi kolagen pada tulang rawan atau kulit hewan, misalnya ikan, sapi, dan babi.

Bahan hewani satu ini sangat berguna untuk melembapkan kulit, menjaganya agar tidak mudah kering, kasar, dan bahkan bisa membuat wajah tampak lebih kencang.

Gelatin biasanya dapat digunakan dalam produk-produk pelembap kulit, misalnya moisturizer, body losion, dan sebagainya.

Beeswax (Lilin Lebah)

Bahan hewani yang dibuat dari lebah ini biasa digunakan untuk bahan pengental dalam formula skincare.

Kandungan Susu

Susu merupakan bahan yang sangat umum digunakan dalam produk-produk perawatan kulit wajah. Khususnya dalam produk pelembap wajah, lulur, hingga body losion.

Bahan hewani ini bisa memberikan kelembapan alami pada kulit, menjadikannya lebih lembut, halus, dan tidak mudah kering.

Kolagen

Kolagen sebenarnya dapat secara alami diproduksi dalam tubuh kita. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, produksi kolagen juga akan semakin menurun.

Oleh sebab itulah, banyak produk perawatan wajah yang menggunakan kolagen dalam formula mereka. Yang umumnya didapatkan dari hewan, misalnya dari ikan dan sapi.

Kalau kamu ingin mencoba produk skincare vegan, maka bahan yang satu ini harus kamu hindari, ya. Sebagai alternatif kamu bisa mendapatkan kolagen dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bahan satu ini.

Silk Protein

Bahan hewani yang dihindari dalam produk skincare vegan adalah silk protein. Merupakan protein alami yang didapatkan dari noil sutra alami kepompong ulat sutra (bombyx mori).

Nah, itu adalah beberapa bahan hewani yang perlu kamu hindari saat akan mencoba ataupun membeli produk skincare vegan.

Membuat Produk Vegan Skincare dengan Brand Sendiri

skincare untuk menghilangkan milia

Produk skincare berlabel vegan telah banyak di produksi di Indonesia. Enggak cuma dari brand luar, namun juga dari brand-brand kosmetik lokal telah memproduksi skincare vegan.

Peminat skincare vegan sendiri hingga kini selalu tinggi. Sebab masyarakat sekarang lebih peka dan mawas diri ketika akan mencoba produk-produk kecantikan tertentu.

Konsumen akan lebih tenang menggunakan produk yang aman dan enggak menimbulkan dampak buruk pada kulit mereka. Karena itulah skincare vegan, yang terbuat dari bahan alami dan cenderung lebih aman dipakai jadi pilihan mereka.

Enggak hanya itu, dilansir dari kompas.com industri kosmetik vegan diprediksi bakal tumbuh mencapai 20,8 miliar dollar AS atau setara dengan 156 triliun rupiah pada tahun 2025, lho.

Melihat tingginya permintaan masyarakat ini, apakah kamu tidak tertarik untuk berbisnis kosmetik dengan membuat produk vegan skincare dengan brand sendiri?

Well, dari sekian banyak brand kosmetik baru yang bermunculan di pasaran, kamu pasti penasaran apakah membuat produk kosmetik memang semudah itu, hingga banyak orang yang berbondong-bondong untuk terjun ke dalam bisnis satu ini?

Yap, betul banget. Kini membuat brand kosmetik dan memproduksi produk sendiri enggaklah susah. Misalnya lewat PT Mash Moshem Indonesia, perusahan maklon kosmetik terbaik, yang bisa membantu mewujudkan mimpimu memiliki brand kosmetik sendiri.

Kamu juga bisa membuat produk skincare vegan dengan brand kosmetik milikmu sendiri. Jangan khawatirkan soal bahan dan formulanya, kami menyediakan serta melayani proses formulasi dari skincare yang ingin kamu buat.

Kamu bahkan bisa mengonsultasikan ingin membuat skincare vegan dengan bahan alami yang mana. Contohnya bisa menggunakan ekstrak centella asiatica, argan oil, dan lain sebagainya.

Tim RnD kami terdiri dari orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Sehingga mampu mewujudkan formula skincare impianmu.

Gimana, kamu tertarik?

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

cara memasarkan produk lewat tiktok

Cara Memasarkan Produk Kosmetik Lewat Tiktok, Tips Biar Brand Milikmu Jadi Viral!

Modern ini, siapa sih yang enggak menggunakan sosial media? Dari remaja, hingga orang tua menghabiskan sebagian besar waktu mereka dengan berselancar di dunia maya. Keberagaman pengguna ini memungkinkan pengusaha melakukan promosi brand kosmetik mereka lewat media sosial. Sebab, ini...

Continue Reading

Leave a Comment