Cara Memasarkan Produk Kosmetik Lewat Tiktok, Tips Biar Brand Milikmu Jadi Viral!

cara memasarkan produk lewat tiktok

Modern ini, siapa sih yang enggak menggunakan sosial media? Dari remaja, hingga orang tua menghabiskan sebagian besar waktu mereka dengan berselancar di dunia maya.

Keberagaman pengguna ini memungkinkan pengusaha melakukan promosi brand kosmetik mereka lewat media sosial. Sebab, ini membuat brand lebih mudah dikenal dan diketahui oleh target konsumen.

Salah satu media sosial yang kini sedang digemari di Indonesia adalah TikTok. Yap, akun satu ini memungkinkan penggunanya mengakses video-video pendek yang asik dan menarik.

Platform media sosial ini ramai digunakan untuk mengunggah konten kreatif yang menghibur dan dalam durasi yang cukup singkat. Sehingga pengguna tidak akan mudah bosan, dan secara tidak langsung membuat mereka terus menggunakan TikTok.

Kini, aplikasi ini terhitung telah memiliki 800 juta pengguna aktif dan menjadi salah satu sumber video viral terbesar di Internet.

Tingginya nminta dan cepatnya persebaran konten TikTok ini ke seluruh platform media sosial menjadi lahan empuk untuk pebisnis mempromosikan usaha mereka. Termasuk yang bergerak di bidang kecantikan dan kosmetik, lho.

Apalagi, enggak sedikit juga beauty influencer yang membuat konten lewat TikTok. Yang menunjukkan bahwa peminat kosmetik di media sosial satu ini juga cukup banyak.

Pengguna TikTok juga didominasi oleh anak muda, dengan rentang usia 16-24 tahun. Usia yang sangat sesuai dengan pasar kosmetik pada umumnya.

Meski pecinta kosmetik juga pakai TikTok, tapi kamu juga enggak bisa asal membuat konten promosi, lho.

Bukannya sampai di target yang tepat, konten promosi brand kosmetikmu di TikTok jika dibuat dengan asal bahkan enggak akan menarik minat audiens secara random.

Lalu bagaimana cara memasarkan produk kosmetik lewat TikTok yang benar dan menarik?

Bagi kamu yang memiliki bisnis dan ingin mencoba menggunakan TikTok untuk branding produk kosemetik, ada beberapa tips promosi yang eksklusif diberikan oleh tim creative dari PT Mash Moshem Indonesia, lho!

Penasaran? Yuk, simak tips berikut ini sampai habis!

Jadikan Akun TikTok-mu sebagai Akun Bisnis

cara memasarkan produk kosmetik lewat tiktok

Apakah kamu sudah memiliki akun TikTok sebelumnya? Kalau belum, untuk memulai melakukan branding bisnis kosmetikmu lewat media sosial ini, pastinya kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Nah, setelah mengunduh aplikasinya buatlah akun khusus untuk brand kosmetik yang kamu pasarkan. Atur juga sebagai akun bisnis, hal ini untuk memberikan kesan profesional kepada audiens.

Dengan begitu, audiens akan menaruh kepercayaan dan akan menjadikan akunmu sebagai rujukan pertama sebelum membeli produk kosmetik tertentu.

Untuk kesan yang lebih formal, edit dan lengkapi akunmu dengan memberikan profil lengkap. Misalnya, dengan memasang foto akun yang menarik dan atau sesuai logo dari toko atau brand kosmetikmu.

Juga isi bio dengan keterangan bisnismu, mulai dari brand, kontak yang bisa dihubungi, dan alamat kantor jika ada.

Buat Konten yang Menarik dan Lagi Tren

Arus informasi di TikTok sangatlah cepat, dalam satu menit barangkali sudah puluhan hingga ratusan video baru bermunculan di laman pencarian.

Untuk itu, kamu harus bisa menemukan atau membuat konten promosi yang tepat dan menarik agar video yang kamu unggah dapat bersaing.

Jika hanya mengunggah video sekadarnya, dengan kualitas standar dan monoton, mungkin saja ada yang menonton. Namun kemungkinan besar audiens itu tidak akan tertarik untuk melihat dan mencari lebih jauh tentang brand kosmetik yang kamu promosikan.

Lalu apa yang harus kita lakukan agar video promosi kita dapat menarik perhatian audiens, syukur-syukur jadi viral dan meningkatkan brand awareness produk kosmetik?

Sebenarnya, konten TikTok yang menarik ini enggak melulu berisi tentang promosi produk. Kamu bisa melakukan hal itu dengan perlahan dan secara bertahap.

Misalnya, pada konten pertama yang akan dibuat, kamu memperkenalkan tentang brand kosmetik yang kamu jual atau produksi. Kemudian pada konten selanjutnya, kamu membahas jenis kosmetik yang dijual, video ketiga mengkampanyekan konsep produk, dan seterusnya.

Untuk membuat video ini sampai pada lebih banyak pengguna, sisipkan foto terkait konten di dalamnya. Gunakan juga musik dan filter yang sedang nge-tren di kalangan pengguna TikTok.

Maksimalkan Fitur yang Ada

Salah satu yang membuat TikTok memiliki banyak pengguna adalah fiturnya yang beragam dan memungkinkan kreator untuk berkreasi dengan luwes.

Nah, fitur-fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat video brand kosmetik-mu dengan semenarik mungkin. Fitur yang dimaksud adalah musik, filter, timer, stiker dan emoji, voice changer, dan masih banyak lainnya.

Buat Caption yang Menarik

Salah satu pelengkap konten promosi di TikTok atau media sosial lainnya adalah caption. Yang fungsinya bisa memperjelas dan menjadi gambaran singkat mengenai produk atau brand kosmetik yang dipromosikan.

Kamu enggak perlu membuat caption yang terlalu panjang, seperti di Instagram atau Facebook. Sebab basic dari konten TikTok adalah audio-visualnya.

Cukup gunakan kalimat yang singat, menarik, tapi juga masih berhubungan dengan konten yang kamu buat. Misalnya memberitahukan nama produk, bahan produk, terbuat dari apa, harga produk dan lainnya.

Tambahkan Tagar Populer

Tagar dalam media sosial sama pentingnya dengan keyword dalam Google Ads. Dengan memakai tagar atau hashtag yang tepat, semakin besar juga kemungkinan kontenmu dilihat oleh audiens TikTok.

Kamu bisa mencari hashtag terkait konten yang ingin kamu buat, memilih yang beberapa yang paling populer dan menyematkannya saat akan mengunggah konten.

Untuk mengetahui tagar mana yang paling banyak dicari, kamu bisa melakukan riset sederhana di mesin pencari (search) TikTok. Di halaman tersebut tak hanya tagar yang viral, melainkan video-video dan berbagai topik nge-tren lainnya juga akan ditampilkan.

Sebagai contoh, kamu bisa lihat postingan di akun resmi Mash Moshem Indonesia berikut ini!

cara memasarkan produk lewat tiktok

Pada gambar di atas, Admin menggunakan tagar #bisniskosmetik #maklonkosmetikhalal #maklonkosmetik, dan banyak lainnya. Tagar-tagar ini berhubungan dengan jasa yang dijual PT Mash Moshem Indonesia, yakni sebagai penyedia jasa maklon kosmetik.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa hastag yang sedang viral agar video konten banyak yang melihat, seperti #fyp #foryourpage, atau masih banyak lainnya.

Perhatikan Waktu Posting

Ada satu hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan ketika akan mempromosikan brand kosmetikmu di TikTok. Yap, apalagi kalau bukan waktu posting konten promosi.

Jika kamu sejak awal sudah asal-asalan memposting video tanpa berusaha mencari waktu yang tepat, ini hanya akan membuat usahamu jadi sia-sia.

Sebab, jangankan sampai pada target konsumen, video yang kamu unggah juga bisa saja enggak dilihat oleh banyak orang.

Supaya video yang kamu buat dapat dilihat banyak orang dan bisa viral, cari waktu yang tepat dan ideal untuk memposting konten tersebut.

Penentuan waktu yang tepat ini juga harus disesuaikan dengan pengguna TikTok, ya. Misalnya karena mayoritas pengguna adalah remaja hingga dewasa, maka waktu yang tepat antara pukul 10 pagi hingga 1 siang.

Karena pada jam-jam itulah, mulai dari anak sekolahan, kuliah, hingga pekerja akan mengisi waktu luang di jam istirahat mereka dengan menonton video TikTok.

Pasang Iklan TikTok

Untuk memaksimalkan promosi bisnis kosmetik yang kamu lakukan, pertimbangkan juga untuk memasang iklan di TikTok Ads. Dengan begitu, brand kosmetikmu bisa lebih di kenal luas dan sampai pada target konsumen yang tepat.

TikTok Ads terhubung dengan pencarian di browser, hal-hal yang kamu sukai dan sering kamu cari di Internet akan muncul dan disesuikan di halaman rekomendasi TikTok.

TikTok Ads juga menawarkan berbagai jasa iklan, yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, budget, dan target yang ingin kamu capai. Berikut bberapa jenis iklan yang ada di TikTok Ads, cari tahu, yuk!

Pre-roll Ads

Jenis iklan video TikTok ini akan ditayangkan sesaat setelah pengguna membuka aplikasi. Yakni pada laman video yang direkomendasikan (For Your Page / FYP) milik pengguna.

In-feed Ads

Jenis iklan video TikTok yang kedua adalah in-feed ads, yang memungkinkan video iklan atau promosi milik brand kosmetikmu muncul saat pengguna scroll feed mereka.

Promoted Hashtag Challenges

Iklan satu ini akan mendorong pengguna untuk memakai tagar khusus, yang akhirnya membuat video promosi yang kamu buat semakin dikenal luas.

Branded Effects

Cara memasarkan produk kosmetik lewat TikTok ini memungkinkan kamu untuk menggunakan filter efek khusus yang bisa menampilkan informasi khusus brand, seperti yang ada di Snapchat dan Instagram.

Kolaborasi dengan Influencer

Bangun hubungan baik dengan influencer yang punya audience sesuai dengan target market kamu. Cara memasarkan produk kosmetik lewat TikTok ini sangat berguna untuk meningkatkan penjualan bisnis oline di TikTok.

Namun, jangan lupa untuk terus bagun reputasi dengan konten yang berkualitas. Ajaklah beauty influencer untuk membagikan dan membuat review produk brand kosmetik yang kamu jual.

Sebelum memilih beauty influencer ini, kamu perlu melakukan riset audience dan track record karya yang dibuat. Untuk memastikan bahwa audience yang ada sesuai dengan target pemasaran dari brand kosmetikmu.

Beinteraksi dengan Audiens Lewat Komentar Post

Adanya interaksi di akun TikTok bisnis kamu akan membuat akun terasa lebih hidup dan mudah ditemukan oleh target konsumen kamu. Media TikTok juga sangat mendukung frequent user engagement.

Dengan makin banyak interaksi yang kamu lakukan, maka kian baik pula citra brand kosmetikmu. Salah satu meningkatkan dan menghidupkan akun TikTokmu adalah dengan memposting komentar dan menanggapi audiens.

Konsisten Mengunggah Video

Hal terakhir yang musti kamu perhatikan adalah konsistensi ketika mengunggah video atau konten TikTok. Meski tidak setiap hari dan setiap jam, kamu harus memperhatikan frekuensi postinganmu.

Ini disebabkan TikTok akan memberikan penghargaan bagi akun yang sering atau rajin membuat konten di akunnya. Tak hanya itu, makin banyak postingan dan hashtag yang kamu gunakan, maka semakin besar juga peluang videomu ditonton oleh banyak orang.

Itu adalah beberapa cara mempromosikan brand kosmetik lewat TikTok. Meski terlihat mudah, kamu enggak boleh menyepelekan dan asal menggarap video konten promosimu.

Sebab dengan strategi yang baik, bisnis kosmetik milikmu juga akan semakin berkembang. Begitu pula dengan brand kosmetikmu yang akan semakin mudah dikenali oleh banyak orang.

Saat ingin meningkatkan penjualan bisnis online melalui TikTok. Kamu juga perlu memperhatikan kesesuaian dengan target pasar dari brand kosmetikmu.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

MMI halal

Ketahui Cara Mengurus Sertifikat Halal Produk Kosmetik – Bisa Naikkan Kepercayaan Konsumen

Klaim halal pada suatu produk telah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh produk-produk yang dijual ataupun diproduksi di Indonesia. Kebutuhan ini didorong oleh mayoritas penduduk yang memeluk agama Islam, sehingga produk yang akan dijual pun akan aman dikonsumsi...

Continue Reading
cara branding produk kosmetik lewat media sosial

Bikin Bisnismu Kian Lancar, Ini Cara Branding Produk Kosmetik Lewat Media Sosial

Sudah punya brand kosmetik sendiri tapi belum bisa mendapatkan keuntungan? Atau jangan-jangan kamu malah kesusahan memasarkan produkmu atau menarik perhatian calon konsumen untuk mencoba kosmetikmu? Well, tahukah kamu kalau berbagai masalah ini sebenarnya berkaitan dengan branding produk atau merk...

Continue Reading

Leave a Comment