5 Cara Pakai Masker Charcoal untuk Perawatan Wajah Optimal

cara pakai masker charcoal

Masker charcoal sering digunakan oleh pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Alasannya, masker charcoal diyakini mampu mengangkat komedo, menyerap minyak berlebih pada wajah, serta mencegah dan mengatasi timbulnya jerawat. Sangat penting untuk mengetahui cara pakai masker charcoal yang benar, agar manfaat masker ini bisa kamu dapatkan.

Selain itu, dengan memahami cara pakai masker charcoal yang tepat, dapat mengurangi risiko terjadinya iritasi. So, jangan anggap remeh cara pakai masker charcoal yang benar, ya! Yuk, baca artikel ini sampai habis untuk memahami cara pakai masker charcoal yang tepat.

cta cara pakai masker charcoal 1

Apa Itu Masker Charcoal?

Masker charcoal adalah produk perawatan kulit yang mengandung bahan utama arang aktif (activated charcoal). Activated charcoal merupakan arang yang dihasilkan dari pemanasan tempurung kelapa sawit tua, bambu, atau serbuk kayu. Arang ini telah melewati proses pengaktifan untuk meningkatkan daya serapnya.

Masker charcoal biasanya memiliki tekstur seperti pasta atau gel yang mudah diaplikasikan ke wajah. Saat digunakan, masker charcoal akan mengering dan mengeras, oleh karena itu kamu harus mengetahui cara pakai masker charcoal, agar bisa membersihkan  masker charcoal yang sudah mengering.

Fungsi utama dari masker charcoal adalah membersihkan kulit secara mendalam. Masker charcoal bekerja dengan mengangkat kotoran dan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori, sehingga membantu mencegah jerawat dan komedo. 

Selain itu, masker charcoal juga bisa membantu mengurangi kilap berlebih pada wajah akibat produksi minyak yang berlebihan. Namun, fungsi dan manfaat dari masker charcoal baru bisa kamu rasakan jika menerapkan cara pakai masker charcoal yang benar.

5 Cara Pakai Masker Charcoal yang Benar dan Efektif

Kamu wajib mengetahui cara pakai masker charcoal yang benar, supaya masker charcoal dapat bekerja dengan lebih maksimal. Yuk, ikuti penjelasan cara pakai masker charcoal yang benar dan tepat!

Melakukan Persiapan pada Kulit Terlebih Dahulu

Persiapan yang dimaksud adalah memastikan wajah dalam kondisi bersih sebelum mengaplikasikan masker charcoal. Bersihkan wajah dengan pembersih wajah untuk mengangkat kotoran, debu, dan minyak berlebih.

Setelah itu, basuh wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit, ini akan membantu masker charcoal bekerja lebih efektif. Keringkan wajah secara lembut dan di-tap-tap secara perlahan menggunakan handuk bersih. Disarankan juga untuk mengikat rambut ke belakang agar tidak mengganggu saat pengaplikasian masker charcoal.

Mengaplikasikan Masker Charcoal

Ambil masker charcoal secukupnya, lalu aplikasikan secara merata di seluruh wajah. Hindari mengaplikasikan masker charcoal di area sensitif seperti mata, alis, dan bibir karena bisa menyebabkan iritasi. Pastikan lapisan masker charcoal tidak terlalu tebal agar dapat mengering dengan sempurna. 

Gunakan kuas atau ujung jari yang bersih untuk meratakan masker charcoal dengan baik. Diamkan masker charcoal selama 10-15 menit atau hingga tekstur masker terasa benar-benar kering atau kulit wajah terasa kaku.

Baca juga “Masker Charcoal untuk Apa? Simak 7 Manfaatnya untuk Kulit Wajah!

Menunggu Masker Charcoal Mengering

Sembari menunggu masker charcoal mengering, usahakan untuk tidak terlalu banyak bergerak atau berbicara. Ini akan membantu masker charcoal mengering secara merata dan mengencangkan kulit. 

Masker charcoal bekerja dengan menyerap minyak berlebih dan kotoran dari pori-pori wajah, jadi pastikan seluruh permukaan masker benar-benar kering sebelum dilepas. Kamu akan merasakan kulit sedikit tertarik ketika masker charcoal mulai mengering. Hindari menggerakkan otot wajah secara berlebihan selama proses menunggu masker charcoal mengering.

Mengelupas Masker Charcoal

Mulailah melepaskan masker charcoal dari tepi wajah, tarik perlahan dari bawah (dagu), lalu bergerak ke atas secara perlahan. Jangan menarik masker charcoal dengan kasar karena bisa menyebabkan iritasi kulit. Jika ada bagian masker charcoal yang sulit dikelupas, basahi dengan sedikit air hangat untuk melonggarkannya. 

Setelah masker charcoal terlepas sepenuhnya, bilas wajah dengan air hangat untuk menghilangkan sisa masker. Selanjutnya keringkan wajah dengan handuk bersih dan lembut, jangan menggosok wajahmu keras-keras, ya!

Melanjutkan Tahap Skincare Berikutnya

Kemungkinan ada sisa masker charcoal yang masih tertinggal di kulit wajah. Oleh karena itu, kamu perlu membersihkan wajah dengan pembersih muka.

Setelah menggunakan masker charcoal, kulit mungkin akan terasa lebih kering dari biasanya. Aplikasikan pelembab wajah untuk mengembalikan kelembaban alami kulit. Gunakan masker charcoal satu hingga dua kali seminggu untuk hasil yang optimal, tergantung pada jenis dan kebutuhan kulit kamu.

cta cara pakai masker charcoal 2

Ingin Membangun Bisnis Masker Charcoal Brand Sendiri? Mash Moshem Indonesia Jawabannya!

Memahami cara pakai masker charcoal saja tidak cukup. Kamu perlu memakai masker charcoal yang aman, berkualitas tinggi, dan telah mengantongi izin edar BPOM.

Masker charcoal yang berkualitas tinggi ini bisa kamu wujudkan melalui maklon di PT Mash Moshem Indonesia, perusahaan maklon skincare dan makeup yang telah berdiri sejak tahun 2011. Berikut ini cara membuat masker charcoal di PT Mash Moshem Indonesia:

Diskusi Konsep Masker Charcoal

Kamu perlu mendiskusikan konsep bisnis masker charcoal dengan tim ahli Mash Moshem Indonesia, agar tim Mash Moshem bisa mengerti kebutuhan, keinginan, serta tantangan yang kamu hadapi. Dengan berdiskusi, tim Mash Moshem Indonesia dapat memberikan saran, solusi, dan insight yang tepat untuk bisnis masker charcoal.

Ada berbagai konsep mengenai bisnis masker charcoal yang bisa kamu diskusikan dengan tim Mash Moshem. Di antaranya: visi-misi brand masker charcoal, harga jual, target konsumen, kandungan bahan, bentuk atau jenis masker charcoal, tren masker charcoal di Indonesia, serta apa saja kelebihan dari masker charcoal-mu yang ingin ditonjolkan.

Meracik Formulasi dan Sampel Masker Charcoal

Selain mempraktikkan cara pakai masker charcoal yang tepat, masker charcoal juga harus memiliki formulasi yang tepat dan berkualitas, agar masker charcoal bisa bekerja dengan lebih optimal. Pembuatan formula dan sampel masker charcoal dikerjakan oleh tim research and development (R&D) dalam waktu 14 – 30 hari kerja.

Sampel ini lah yang akan dijadikan standar atau acuan saat nanti produksi massal masker charcoal. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memastikan apakah sampel masker charcoal sudah sesuai dengan keinginanmu. Apabila sampel masker charcoal dinilai masih kurang, kamu bisa merevisi sebanyak tiga kali.

Baca juga “7 Manfaat Peeling Gel Charcoal: Pembersihan Kulit Wajah Mendalam

Mendaftarkan Perizinan Masker Charcoal

Tim Mash Moshem Indonesia akan mengurus izin edar BPOM untuk masker charcoal. Mengantongi izin edar BPOM sangat penting agar masker charcoal bisa diedarkan di pasaran secara aman dan legal. Selain itu, izin edar BPOM akan memberikan rasa aman dan kepercayaan dari konsumen, untuk yakin membeli masker charcoal-mu karena aman.

Membuat Desain Kemasan Masker Charcoal

Mash Moshem Indonesia memiliki tim desain yang siap membuatkan desain kemasan untuk masker charcoal. Selain menarik secara visual, kamu juga harus memastikan bahwa desain kemasan mencerminkan identitas brand masker charcoal dan target konsumen.

Produksi Massal Masker Charcoal

Proses produksi massal masker charcoal hanya membutuhkan waktu 30 hari kerja. Mash Moshem Indonesia memahami bahwa kemampuan untuk memproduksi masker charcoal dalam waktu singkat sangat diperlukan, terlebih lagi dalam industri produk perawatan kulit di Indonesia yang sangat kompetitif.

Memasarkan Masker Charcoal

Mash Moshem Indonesia juga akan membantumu untuk memasarkan masker charcoal. Beberapa fasilitas yang diberikan oleh Mash Moshem Indonesia yaitu: foto katalog produk, video promosi masker charcoal, pelatihan digital marketing, hingga mendistribusikan masker charcoal kepada ratusan reseller yang merupakan mitra resmi Mash Moshem Indonesia.

Pada video promosi, kamu bisa menggunakan trik soft selling agar calon konsumen lebih tertarik. Salah satu trik soft selling-nya adalah memberikan tutorial cara pakai masker charcoal yang benar dan tepat. Video promosi masker charcoal pun memiliki nilai tambah tersendiri karena memberikan edukasi kepada konsumen.

Menerapkan cara pakai masker charcoal yang benar juga harus diiringi dengan penggunaan masker charcoal yang aman dan berkualitas. Masker charcoal yang berkualitas bisa kamu wujudkan dengan maklon di PT Mash Moshem Indonesia.

Konsistensi kualitas dan keamanan masker charcoal pun terjamin, karena Mash Moshem Indonesia telah mengantongi sertifikat CPKB (Cara Produksi Kosmetik yang Baik). Jadi, seluruh proses produksi masker charcoal, mulai dari memilih bahan baku, akan mematuhi regulasi CPKB. Yuk, tak perlu ragu lagi, kan, untuk segera konsultasi rencana bisnis masker charcoal ke tim Mash Moshem Indonesia?

cta cara pakai masker charcoal 3

About Author

Related posts