Bikin Bisnismu Kian Lancar, Ini Cara Branding Produk Kosmetik Lewat Media Sosial

cara branding produk kosmetik lewat media sosial

Sudah punya brand kosmetik sendiri tapi belum bisa mendapatkan keuntungan? Atau jangan-jangan kamu malah kesusahan memasarkan produkmu atau menarik perhatian calon konsumen untuk mencoba kosmetikmu?

Well, tahukah kamu kalau berbagai masalah ini sebenarnya berkaitan dengan branding produk atau merk kosmetikmu?

Yap, kamu pasti juga telah menyadari bahwa kini banyak sekali brand-brand kosmetik baru dan lama beredar di pasaran. Produk-produk kecantikan yang dihasilkan juga sangat beragam dan inovatif.

Fenomena ini menunjukkan bahwa persaingan di bidang bisnis kosmetik pun sangat tinggi. Oleh sebab itu kamu harus pintar-pintar mengatur strategi untuk menaikkan branding atau citra merk kosmetikmu.

Buat kamu yang belum tahu, branding adalah suatu kegiatan untuk menaikkan citra, nama, ataupun identias yang bisa jadi pembeda suatu produk kosmetik dengan produk lainnya. Maka itu, penting banget bagi beautypreneur seperti kamu memiliki strategi yang tepat.

Lalu bagaimana, sih, cara branding kosmetik yang tepat itu?

Kamu jangan terlalu bingung atau khawatir, sebab di era modern ini kegiatan branding dan promosi bisa sangat mudah dilakukan. Yakni dengan memanfaatkan internet dan media sosial.

Terlebih media sosial kini bisa dibilang menjadi salah satu aspek terbesar yang bisa mempengaruhi pola pikir dan mempopulerkan bisnis kecantikan. Dan prospek ke depannya juga tampak tidak akan pernah surut.

Nah, akan sangat disayangkan kalau kamu enggak bisa memanfaatkan fenomena emas ini. Apalagi jika kamu sedang atau ingin mengelola bisnis di bidang kecantikan.

Akan tetapi, bagaimana cara memanfaatkan media sosial sebagai media promosi bisnis kecantikan kamu? Untuk menjawab pertanyaanmu itu, langsung baca artikel ini sampai habis, ya!

Alasan Mengapa Branding Itu Penting Untuk Bisnis Kosmetik

vegan skincare

Memiliki strategi untuk meningkatkan branding kosmetik memang sangatlah berpengaruh besar pada bisnis yang kamu tekuni ini.

Sebab, selain membuat produk kosmetik yang kamu jual dikenal dan sampai pada target konsumen yang tepat. Branding pun dapat mengubah prespektif masyarakat terhadap brand kosmetik milikmu.

Selain alasan di atas, sebenarnya ada banyak hal lagi yang mendasari pentingnya bagimu untuk melakukan branding. Penasaran apa saja? Langsung cek penjelasan berikut ini, Ladies!

Meningkatkan Brand Awareness

Alasan yang paling penting untuk melakukan branding adalah membuat masyarakat atau target pasara kamu menjadi sadar dan tahu tentang brand kosmetik yang kamu buat.

Ketika masyarakat sadar mengenai keberadaan brand kosmetikmu, mereka juga akan mencari tahu dan barangkali tertarik untuk melakukan transaksi.

Elemen yang paling dasar dan penting dalam branding adalah logo dari merk kosmetikmu. Sebab logo bisa dibilang merupakan wajah dari brand kosmetik itu sendiri.

Sehingga penting buatmu untuk menciptakan logo yang menarik, mudah diingat, dan powerfull sehingga bisa memberikan first impression postitif pada calon konsumen.

Meningkatkan Nilai Bisnis

Branding menjadi penting karena mampu membantu meningkatkan nilai dari bisnis kosmetik yang kamu jalankan sekarang. Bahkan bagi brand kosmetik yang sudah mapan sekali pun, branding masih bisa sangat berpengaruh pada peningkatan usaha mereka.

Untuk itu, kalau kamu merasa brand kosmetikmu tidak berkembang atau bahkan tidak mendapat konsumen setia, mungkin ada yang salah dengan cara branding yang kamu lakukan.

Sebab, dengan branding yang tepat akan mempermudah produk untuk dilirik dan menarik minat konsumen. Karena citra brand yang disampaikan sesuai atau tepat sasaran dan baik di mata konsumen.

Menarik Pelanggan Baru

Ketika sebuah bisnis memiliki brand reputasi yang kuat, berarti produk kosmetik yang dipasarkan pun telah memiliki kesan positif di mata pelanggan.

Hal ini tentunya akan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk mau mencoba dan menggunakan produk kosmetik yang kamu tawarkan, sebab merasa memiliki kesan familiar dan kepercayaan pada brand kosmetik milikmu.

Dengan begitu, produk kosmetik yang kamu tawarkan tersebut akan disebarkan atau dibicarakan oleh calon konsumen. Yang juga akan berpengaruh pada minat dan permintaan pembelian produk.

Memberikan Identitas pada Produk/Brand Kosmetik

Telah disinggung sebelumnya bahwa branding berkaitan dengan identitas pada produk kosmetik yang kamu ciptakan. Identitas ini akan menjadi pembeda produkmu dengan milik kompetitor, atau dengan kata lain menjadi ciri khas tersendiri.

Menyampaikan Nilai Brand Kosmetik

Pada saat kamu membangun sebuah brand kosmetik, pasti kamu sudah memiliki konsep atau nilai yang menjadi ciri khas produk kosmetikmu. Nilai-nilai ini akan menjadi magnet tersendiri bagi target market dari produk kosmetikmu.

Menghubungkan Brand dengan Target Pasar

Dengan adanya proses branding ini, sama dengan kamu membuka pintu komunikasi dengan target pasar dari bisnis kosmetikmu.

Karena dalam brand pastinya menyampaikan nilai, kelebihan dari produk kosmetikmu, unique selling point (USP) kosmetik, juga berbagai hal lain.

Selain itu, kehadiran brand pun memungkinkan kamu untuk mendapatkan review dari pelanggan yang telah mencoba produk kosmetik dari brand milikmu.

Cara Branding Produk Kosmetik Lewat Media Sosial

cara meningkatkan brand awareness lewat media sosial (1)

Pengguna media sosial dari waktu ke waktu semakin bertambah, juga berasal dari semua kalangan, baik remaja hingga dewasa.

Hal ini membuat media sosial menjadi lahan promosi dan branding yang paling ideal untuk kamu coba. Terlebih branding di media sosial juga enggak mengeluarkan biaya yang besar, lain jika kamu melakukannya secara konvensional.

Nah, kira-kira apa saja yang harus kamu lakukan? Simak cara branding produk kosmetik lewat media sosial berikut ini, ya!

Atur Strategi Branding

menyiapkan daftar

Sebenarnya, jauh sebelum kamu membentuk brand kosmetik ini, pasti kamu sudah memiliki atau mempersiapkan sebuah strategi.

Untuk itu, ketika melakukan branding di media sosial pun harus disesuaikan dengan strategi bisnis kamu sebelumnya. Misalnya menargetkan calon konsmuen tertentu, jumlah audiens yang ingin dicapai, informasi atau pesan utama yang ingin disampaikan, dan lain sebagainya.

Jangan lupa, perhitungkan juga seberapa besar anggaran yang akan kamu butuhkan dan seberapa lama waktu yang kamu luangkan untuk melakukan branding kosmetik di media sosial.

Pilih Media Sosial yang Tepat

media sosial

Langkah yang satu ini sangat dianjurkan kalau kamu masih memiliki tim pemasaran atau digital marketing yang minim.

Daripada terlalu banyak akun media sosial yang kamu gunakan dan akhirnya membuat pemasaran semakin tidak fokus karenan banyaknya tanggung jawab, lebih baik pilih salah satu saja.

Sesuaikan media sosial yang ingin kamu gunakan dengan target pasar dan tujuan bisnismu. Misalnya di Instagram, yang masih sangat didominasi anak muda pasti cocok untuk bisnis kosmetik yang targetnya perempuan remaja dan dewasa.

Sementara, Facebook yang lebih didominasi oleh orang-orang yang lebih dewasa hingga orang tua, maka akan lebih cocok jika digunakan untuk memasarkan produk yang memang dikhususkan untuk perempuan pada rentang usia tersebut.

Konsisten

Setelah menyusun strategi branding dan memilih platform media sosial yang paling sesuai dengan target yang ingin kamu capai, maka hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mempertahankan konsistensi.

Jangan berkecil hati jika memulai dari awal dan hanya dalam skala yang kecil, karena yang terpenting adalah menjaga konsistensi dalam melakukan promosi brand kosmetik yang kamu miliki.

Misalnya, saat kamu akan menjual kosmetik. Ini berarti pemasaran bisnis kamu akan penuh dengan foto-foto dan gambar-gambar produk kosmetik yang ditata dengan menarik.

Dalam hal itu, yang terbaik adalah memilih platform media yang menampilkan pencitraan, misalnya Facebook, Instagram, dan Pinterest.

Jangan Mengabaikan Jumlah Folowers

Bagian dari strategi untuk menaikkan brand awareness produk kosmetik di media sosial, kamu pun harus meningkatkan basis pengikut di akun media sosialmu.

Dengan begitu, akan lebih banyak orang yang melihat dan membagikan postinganmu. Untuk itu kamu harus bekerja secara aktif untuk meningkatkan jumlah pengikut dengan mempromosikan media sosial dan membuat konten yang menarik.

Posting Secara Teratur

Sering atau tidaknya memposting sebuah konten branding sebenarnya bisa menjadi pedang bermata dua. Postingan yang terlalu sedikit akan membuat orang-orang susah menemukan akun media sosial yang kamu gunakan.

Namun, terlalu sering menggunggah konten juga akan membuat postinganmu bernilai rendah. Sebab bisa saja pengikut akan bosan dan akhirnya enggan menjadi pengikut lagi.

Untuk mengakalinya, kamu harus menentukan waktu-waktu yang tepat untuk memposting sebuah konten branding secara teratur. Pilihlah waktu yang paling strategis, yakni di jam atau hari di mana banyak target marketmu menghabiskan waktu di media sosial.

Mengukur Hasil

Mau apapun strateginya dan di manapun kamu melakukannya, hal yang perlu kamu lakukan adalah selalu mengukur hasil dari usahamu.

Ada banyak cara untuk menganalisa seberapa efektif cara branding produk kosmetik di media sosial yang kamu lakukan. Termasuk dengan melihat postingan mana yang paling banyak mendapat respon, seperti komentar, like, ataupun dibagikan.

Dengan begitu kamu dapat membuat penyesuaian dan menyusun strategi branding yang lebih efektif, untuk meningkatkan engagement di media sosial.

Nah itu adalah cara branding produk kosmetik lewat media sosial yang bisa kamu coba. Meski terlihat mudah, jangan meremehkan dan membuat konten yang asal-asalan.

Sebab, apapun bisnis yang kamu jalani membutuhkan strategi yang matang. Sehingga tujuan atau target yang ingin kamu dapatkan bisa dicapai. Selamat mencoba!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Patut Dicoba, Simak Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Berikut Ini

Memulai bisnis online merupakan hal yang sangat baik untuk kamu lakukan, mengingat bisnis satu ini sedang melejit dan diperkirakan bakalan terus meroket. Terlebih sejak pandemic covid-19 merebak, kebiasaan masyarakat telah berubah dan banyak beralih menggunakan perangkat onlie, termasuk dalam...

Continue Reading

Leave a Comment